Sukses dan Inspiratif, Ini Sosok Pebisnis Muda Gibran yang Jadi Calon Walikota Solo

Enggak ada yang bisa menyangka, sosok yang lebih dikenal sebagai pebisnis muda yang sukses, kini namanya juga tiba-tiba mencuat di perbincangan politik. Ya, Gibran Rakabuming Raka terpilih menjadi calon Walikota Solo untuk periode 2020-2025.

Bukan calon tunggal, melainkan ia bersama sang adik Kaesang dan dua politisi lainnya juga turut masuk dalam daftar calon Walikota Solo. Hasil ini didapatkan berdasarkan survei kepada warga Solo yang sebelumnya dilakukan pihak Laboratorium Kebijakan Publik Universitas Slamet Riyadi. Ini menjadi sebuah tanda bahwa warga Solo mempercayai Gibran menjadi Walikota Solo.

Dilansir dari berbagai sumber, Gibran pun memberikan tanggapan atas hasil survei tersebut. Gibran mengungkapkan, dirinya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada warga Solo yang sudah memberikan penilaian positif untuk dirinya.

Mungkin banyak orang yang belum mengenali Gibran lebih dalam. Biar lebih dekat lagi, simak ulasan lengkapnya mengenai sosok Gibrang yang bisa jadi inspirasi yang berhasil Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: 8 Motivasi yang Bikin Usaha Anda Sukses

Lulusan Luar Negeri

gibran
Gibran via mediaindonesia.com

Gibran merupakan putra sulung dari pasangan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana. Semasa kecilnya, pria yang lahir di Solo pada 1 Oktober 1987 ini mengenyam pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di kota kelahiran tersebut yang terkenal dengan kerajinannya.

Pada 2002, ia memilih melanjutkan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Orchid Park Secondari School, Singapura. Kemudian, lanjut lagi keperguruan tinggi di Management Development Institute of Singapore (MDIS) dan lulus pada 2007.

Tak puas berhenti di situ saja, Gibran mengenyam pendidikan lagi di University of Technology Insearch di Sydney, Australia dan lulus pada 2010.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Punya Gurita Bisnis

Jika biasanya kebanyakan orang akan memilih karier yang sesuai dengan jurusan selama pendidikan yang ditempuhnya, Gibran justru tak meniti karier yang sesuai dengan background pendidikannya. Ia lebih memilih menjadi pengusaha dari nol yang kini telah membesarkan namanya sebagai pebisnis muda yang telah sukses. Hingga kini, sudah ada 8 bisnis yang ia bangun, di antaranya:

1. Chilli Pari

View this post on Instagram

A post shared by CHILLI PARI CATERING SERVICES (@chillipari) on

Chilli Pari merupakan bisnis pertama Gibran yang bergerak di bidang kuliner, yaitu berupa katering. Untuk mendirikan bisnis besar ini ia beranikan diri dengan bermodalkan dari pinjaman bank. Berjalannya waktu, perjuangan mendirikan kateringnya tersebut membuahkan hasil yang besar. Kini, Chilli Pari sudah makin berkembang, dimana ia sudah mampu menawarkan ragam kebutuhan pernikahan mulai dari gedung, dekorasim pengantin, souvenir dan masih banyak lagi.

2. Markobar

Melihat masyarakat Indonesia tak bisa jauh dari camilan martabak, Gibran pun memanfaatkan peluang ini dengan membangun Markobar bersama rekannya Arif Setyobudi pada 2014 lalu. Kreativitasnya yang tinggi dalam menyajikan martabak dengan varian rasa membuat markobar disukai banyak orang. Demi memenuhi rasa penasaran masyarakat untuk mencicipi markobar, kini Gibran telah memiliki 33 cabang yang tersebar di 15 kota besar di 4 pulai besari di seluruh Indonesia.

3. Pasta Buntel

View this post on Instagram

A post shared by CHILLI PARI CATERING SERVICES (@chillipari) on

Pasta buntel merupakan sebuah kafe yang dibangun bersama dengan putra putra Solo, yaitu Agnar Juan, Jefrry Lintang dan Sri Palgunadi. Sesuai namanya, bisnis kuliner kali ini menjual pasta yang diolah dengan resep masakan khas Indonesia. Misalnya saja, pasta cabe ijo, pasta opor, dan sebagainya. Menariknya hidangan ini membuat Pasta Buntel langsung melejit dipasaran.

4. Icolor

Tak hanya jago di bisnis kuliner, Gibran juga mecoba bisnis di bidang lain yaitu bisnis service smartphone khusus Apple. Bisnis jasanya yang diberi nama Icolor ini berbeda dengan jasa reparasi smartphone pada umumnya yang mengharuskan datang ke toko, dengan Icolor tukang reparasi akan datang ke rumah dan langsung mengerjakan Hp di rumah pemilik.

5. Goola

View this post on Instagram

A post shared by Goola Drinks (read: Gu-la) (@goola.id) on

Bisnis kuliner Gibran yang sekarang ini sedang menjadi perhatian banyak orang adalah Goola. Bagaimana tidak, bisnis yang berupa minuman es doger dan minuman segar lainnya ini telah mendapat suntikan dana sebesar Rp71 miliar dari firma modal ventura Alpha JWC Ventures.

Dari dana tersebut, Gibran telah menyusun beberapa rencana yang matang untuk perkembangan Goola, di antaranya berencana membuka 15 gerai di akhir 2019 dan membuka 100 gerai pada 2020. Bukan hanya itu saja, Gibran juga akan membuka toko Goola di beberapa negara Asia Tenggara lainnya.

Selain kelima bisnisnya tersebut, suami dari Selvi Ananda ini juga memiliki beberapa bisnis sampingan, yaitu ada Mommilk. Bahkan ada beberapa bisnis lainnya juga yang dijalankan bersama sang adik, Kaesang Pangarep, di antaranya ada jas hujan ‘Tugas Negara Bos’,  aplikasi Madhang, Ternak Kopi, dan Mangkoku.

Aktif di Media Sosial untuk Bisnis

Gibran tak seperti adik-adiknya, Kahiyang Ayu dan Kaesang yang sangat aktif di media sosial. Gibran yang memiliki kepribadian pendiam, juga membuat ia menjadi pasif di media sosial. Media sosial yang ia gunakan seperti instagram, twitter dan facebook bukan untuk berbagi momen bersama keluarga terutama anaknya, Jan Ethes, melainkan hanya untuk kepentingan bisnisnya.

Dengan menggunakan nama akun yang sama, yaitu Chilli Pari, Gibran memanfaatkan media sosialnya untuk mempromosikan ragam bisnisnya, mulai dari hadirnya menu baru, pembukaan cabang baru hingga sekedar menjawab singkat dari pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan para penggemar dan pelanggan bisnis setianya.

Baca Juga: Inspirasi Bisnis dari 5 CEO Brand Terkenal yang Tak Populer

Raih Sukses sesuai Prinsip Hidup yang Matang

Meski ayahnya adalah seorang Presiden Republik Indonesia, Gibran tetap menjalani hidup dan meraih karier suksesnya sesuai dengan prinsip hidupnya yang matang, yaitu harus mandiri.

Artinya, Gibran harus menjadi pengusaha yang mandiri. Hal ini tentunya sudah terbukti, tanpa bantuan orang tua, pria yang sedikit senyum ini berhasil membangun bisnis pertamanya dengan bermodalkan pinjaman bank, kemudian hasilnya ia putarkan lagi dengan membangun bisnis lain dan begitu seterusnya hingga sekarang ini Gibran sudah memiliki gurita bisnis.

Begitu juga nantinya kalau Gibran terjun di dunia politik. Ia akan menjadi politikus yang mandiri, bukan karena paksaan atau pengaruh dari orang tua atau pihak lainnya. Sebab orang tuanya saja selalu memberikan kebebasan dalam meraih suksesnya, Jadi semua keputusan tergantung dari diri  Gibran sendiri.

Baca Juga: Bangun Usaha dari Nol Hingga Beromzet Miliaran, 5 Pelaku UKM Indonesia ini Bisa Jadi Inspirasi