Sukses di Usia Muda, 7 Hal ini Menjadi Kuncinya

Mencapai sukses di usia muda bukan hal yang mustahil untuk diwujudkan. Ada tiga kunci utama yang dibutuhkan adalah usaha, kerja keras, dan pengorbanan. Jika ketiga kunci ini sudah dilakukan, maka kesuksesan akan segera datang.

Namun, perjalanan menuju sukses tidak pernah mulus. Ada berbagai hal lain yang sering kali menjadi penghalang kesuksesan. Tak perlu ragu, tetaplah kejar berusaha dan perhatikan tujuh kunci sukses berikut ini agar sukses di usia muda bisa Anda raih.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Tetapkan Tujuan Hidup yang Realistis

tujuan
Tetapkan tujuan hidup yang realistis

Kebanyakan orang menghabiskan masa muda untuk bersenang-senang tanpa memikirkan dampak dari kebiasaan tersebut di masa tua. Kebiasaan seperti ini tidak perlu Anda ikuti dengan berlebihan karena sifatnya hanya sementara. Lebih baik investasikan waktu dan uang untuk menetapkan tujuan hidup dalam 10 atau 20 tahun ke depan.

Tujuan hidup yang ditetapkan hari ini akan sangat mempengaruhi kehidupan Anda di masa mendatang. Pertimbangkan plus dan minus dari setiap poin yang ditetapkan. Jangan sungkan untuk meminta bantuan orang lain jika membutuhkannya.

2. Berani Menjadi Sosok yang Unik

Setiap orang memiliki sisi keunikan masing-masing, termasuk Anda. Keunikan ini akan menonjolkan ciri khas yang akan membedakan Anda dengan orang lain. Manfaatkan keunikan ini dalam membangun sebuah karier, misalnya membangun persaingan sehat dengan para kompetitor, baik di dunia kerja maupun di dunia bisnis.

Menjadi sosok yang unik ini tentu tidak mudah. Ada saja satu atau dua orang yang tidak suka dengan kepribadian Anda. Tidak perlu memikirkan apa yang orang lain katakan selagi apa yang dilakukan tidak merugikan orang lain.

3. Menghilangkan Pikiran Negatif

nilai
Hilangkan pikiran negatif

Pro dan kontra bukan hal yang tabuh lagi dalam suatu kehidupan. Saat Anda ingin melebarkan sayap menuju sukses, ada saja orang yang tidak suka bahkan berencana untuk merusak apa yang sudah direncanakan dengan memberikan asumsi-asumsi tidak baik yang justru akan membuat pikiran menjadi negatif.

Jika Anda menemui orang yang seperti ini, sebaiknya segera menjauh agar tetap fokus untuk mewujudkan mimpi. Sebaiknya bangun pola pikir positif dan yakinkan diri kalau Anda mampu mewujudkan mimpi-mimpi tersebut. Imbangi dengan usaha dan kerja keras agar perjalanan menuju sukses semakin dimudahkan.

4. Menghindari Kebiasaan Pasif

Jadilah sosok yang aktif di dunia kerja, artinya tidak malu saat berkomunikasi dengan sesama rekan kerja di kantor. Komunikasi ini tentu akan sangat membantu Anda saat menyelesaikan pekerjaan secara tim sehingga pekerjaan cepat terselesaikan. Coba bayangkan jika Anda dan rekan kerja hanya diam saat bekerja, tugas pasti akan terbengkalai.

Membangun komunikasi tidak sulit. Percakapan akan mengalir seperti air apabila salah satu pihak berinisiatif untuk membuka pembicaraan. Mulai percakapan dengan topik pembahasan yang ringan terlebih dahulu, seperti menanyakan kabar atau perkembangan tugas.

Baca Juga: Ingin Sukses? Yuk, Baca Kumpulan Quote Sukses dari Pengusaha Sukses

5. Berteman dengan Orang Sukses

rekan kerja
Berteman dengan orang sukses

Jika ingin sukses, coba bergaul dengan orang sukses yang ada di sekitar Anda, seperti di kawasan tempat tinggal, kantor, komunitas dan sebagainya. Kisah sukses yang disampaikan oleh orang-orang di sekitar akan membuat Anda semakin termotivasi untuk mengejar kesuksesan meskipun telah berkali-kali mengalami kegagalan.

Pilih lingkungan pergaulan yang dapat membuat Anda maju, bukan menjadi terbelakang. Jaga hubungan baik dengan orang-orang yang ada di dalam lingkungan pergaulan agar hubungan pertemanan semakin kuat.

6. Membeli Barang Sekaligus Berinvestasi

Sah-sah saja jika ingin membeli gadget atau kendaraan baru. Namun, pertimbangkan apakah barang yang dibeli dapat dijadikan sebagai investasi jangka panjang atau tidak. Usahakan agar uang yang dikeluarkan hari ini bermanfaat untuk masa yang akan datang agar terhindar dari kesan membuang-buang uang.

Ada banyak jenis barang yang bisa dipakai sekaligus dijadikan investasi. Misalnya, rumah, perhiasan, tas dan sepatu branded, hingga jam tangan. Harga beli barang yang bisa diinvestasikan memang mahal, tetapi harga jualnya tetap atau bertambah mahal karena adanya kenaikan permintaan.

Baca Juga: Tiru Cara Sukses Bisnis Kylie Jenner, Ini Rahasianya!

7. Jangan Menghindari Kegagalan

gagal
Jangan menghindari kegagalan 

Kegagalan dan kesuksesan ibaratkan parasit yang menempel dengan tumbuhan inang, dimana keduanya tidak bisa dipisahkan begitu saja. Jika ingin sukses, Anda harus bersedia menghadapi kegagalan yang bisa terjadi kapan saja.  

Tidak ada kegagalan yang manis, semuanya pahit. Dari sinilah banyak hal yang bisa dipetik. Ambil nilai positif dari sebuah kegagalan dan buang nilai negatifnya agar tidak merasa terbebani saat mewujudkan kesuksesan.

Kesuksesan Hanya Masalah Waktu, Tetap Berusaha

Semuanya yang ingin dicapai butuh proses, jadi jangan terburu-buru untuk mencapai kesuksesan, atau malah memilih jalan yang instan. Sebaiknya, nangun komitmen Anda sejak dini agar semakin fokus untuk mengejar hal-hal yang diinginkan. Jika usaha yang dilakukan sudah maksimal, sabarlah menunggu hingga kesuksesan tiba di depan mata.

Baca Juga: Sukses Berkat Coding, CEO CoderBunnyz Samaira Mehta Berbagi Resep Sukses