Tahukah Kamu, Daun Salam Bisa Usir Ketombe sampai Cegah Kanker Payudara

Pastinya pernah dong masak menggunakan daun salam? Daun berwarna hijau yang merupakan salah satu jenis bumbu dapur penyedap masakan. Aromanya khas membuat masakan jadi lebih enak.

Daun salam memiliki nama latin atau ilmiah Syzygium Polyanthum. Tanaman rempah terkenal pada masakan Indonesia. Tumbuh di mana saja, tumbuhan ini termasuk liar. Bukan saja digunakan untuk bumbu masakan, daun salam dipercaya mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan. Juga membantu penyembuhan sejumlah penyakit.

Bagaimana tidak, daun salam punya kandungan vitamin C, vitamin A, niasin, tanin, dan antioksidan. Karena memiliki kandungan senyawa yang komplit, banyak orang mengolah daun salam menjadi bentuk serbuk maupun minyak untuk pengobatan berbagai penyakit.

Kalau penasaran dengan manfaat dan kegunaan daun salam bagi kesehatan tubuh, berikut ulasannya:

Baca Juga: Cara Daftar BPJS Kesehatan, Seperti Apa Prosesnya?

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Mengurangi rasa sakit

Keseleo
Mengurangi rasa sakit

Rasa nyeri karena keseleo, rematik, radang sendi tentu saja dapat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Tapi dengan minyak yang terbuat dari ekstrak daun salam, kandungan anti-inflamasi akan mengurangi rasa sakitnya. Cukup dengan membaluri minyak daun salam di area yang sakit, kemudian dipijat lembut, maka rasa nyeri akan berkurang. 

2. Mencegah batu ginjal

Batu Ginjal
Mencegah batu ginjal

Penyakit batu ginjal yang didiamkan berlarut-larut, akan berujung pada gagal ginjal. Penyakit yang mengharuskan penderitanya cuci darah secara rutin. Oleh karenanya, cegah sedini mungkin dengan daun salam.

Tanaman rempah tersebut dapat mencegah pembentukan batu ginjal. Itu karena daun salam mampu mengurangi produksi urease berlebih yang menimbulkan gangguan ginjal.

Urease adalah salah satu enzim yang apabila jumlahnya berlebihan akan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, salah satunya yaitu tebentuknya batu ginjal. Dengan mengonsumsi air rebusan daun salam secara teratur, dua kali sehari dipercaya dapat membantu mencegah batu ginjal. 

3. Mengusir ketombe yang membandel

Ketombe
Mengusir ketombe yang membandel

Punya masalah ketombe? Apalagi kalau pakai baju hitam, ketombe sering jatuh dan mengganggu penampilan. Pasti malu kan. Tenang, daun salam ternyata ampuh mengatasi ketombe yang membandel.

Cara menghilangkannya mudah. Cukup menghaluskan daun salam, lalu campur dengan air hingga membentuk pasta. Setelah selesai, balurkan ke rambut hingga menyentuh kulit kepala.

Sebagai saran, ada baiknya pasta daun salam dicampur dengan minyak kelapa. Kandungan kedua bahan tersebut apabila dicampurkan, dapat memperkuat folikel rambut. Selain itu, mengurangi rasa gatal di kulit kepala yang disebabkan oleh ketombe.

4. Membasmi kutu rambut

Kutu Rambut
Membasmi kutu rambut

Ini masalah yang besar juga bagi beberapa orang, yakni memiliki kutu rambut di kepala. Ih gak keren banget ya, karena dapat mengganggu penampilan. Kepala jadi sering gatal hebat, dan kalau telur kutu sudah bersarang di rambut, tentu saja dapat merusak keindahan mahkota pria dan wanita ini.

Daun salam dapat membasmi kutu-kutu rambut, termasuk telurnya yang ada di kepala. Caranya gampang banget, cukup rebus daun salam sesuai kebutuhan rambut. Semakin tebal rambut, makin banyak pula daun salam yang dibutuhkan.

Nah rebusan air daun salam, kemudian disaring. Tunggu sampai dingin, lalu siramkan ke rambut hingga basah seluruhnya, seperti keramas. Akan tetapi, jangan langsung dibilas ya. Tunggu 2-3 jam untuk hasil yang lebih maksimal.

Jika sudah, bilas rambut dengan air bersih. Maka kutu-kutu akan terhempas dari rambut dan kepalamu. Rambut jadi lebih indah dan tidak gatal-gatal lagi. 

Baca Juga: Iuran BPJS Kesehatan Bakal Naik, Ini Penjelasan Lengkapnya

5. Menurunkan kadar gula darah

Kadar Gula Darah
Menurunkan kadar gula darah

Sebuah penelitian membuktikan dengan mengonsumsi bubuk daun salam secara teratur akan menyusutkan kadar gula dalam darah. Selain itu, insulin yang terkandung di dalam daun salam juga dapat membantu tubuh dalam pembentukan insulin. 

Walaupun sudah terbukti, namun tingkat konsumsi daun salam bagi penderita gula darah tinggi tidak boleh berlebihan. Jika berlebihan, maka akan kesulitan untuk mengontrolnya. Ada baiknya, konsultasi juga ke dokter sebelum atau ketika menjalani terapi pengobatan dengan daun salam.

6. Mengurangi gatal-gatal di kulit

Gatal
Mengurangi gatal-gatal di kulit

Gatal-gatal pada kulit disebabkan berbagai macam hal. Tidak jarang gatal-gatal pada kulit bisa menyebabkan ruam kemerahan hingga peradangan. Kamu bisa memanfaatkan daun salam untuk mengatasi maslah tersebut.

Caranya mudah, yaitu haluskan daun salam. Lalu campur dengan air hingga membentuk pasta. Kemudian oleskan pasta tadi pada kulit yang gatal. Antioksidan dan anti inflamasi yang terkandung dalam daun salam akan mencegah peradangan di kulit. Selain itu, kandungan airnya juga akan membuat kulit menjadi lebih segar dan mengurangi ruam kemerahan. 

7. Mencegah kanker payudara

Kanker
Mencegah kanker payudara

Ekstrak daun salam dipercaya dapat membantu dalam pencegahan kanker payudara. Ini karena daun salam mengandung senyawa antioksidan yang berguna memperlambat dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Memang masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan bahwa daun salam memang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

Proteksi Diri dengan Asuransi Kesehatan

Sebetulnya selain jalan medis, kamu dapat mengobati, bahkan mencegah berbagai macam penyakit secara alami. Salah satunya dengan daun salam. Namun, risiko penyakit tidak ada yang tahu kapan datangnya. Begitu divonis menderita penyakit tertentu, pasti biaya berobatnya sangat mahal.

Oleh karena itu, lindungi diri dari risiko penyakit kritis maupun non-kritis dengan asuransi kesehatan. Kamu dapat langsung mengajukannya di perusahaan asuransi maupun marketplace produk keuangan, seperti Cermati.com. Sekarang ini banyak produk asuransi yang menawarkan premi terjangkau.

Baca Juga: Cara Buat Sertifikat Layak Kawin, Wajib Buat Kamu yang Mau Nikah di Jakarta