Tahun 2018, Transaksi Kartu Kredit dan Debit MasterCard Tidak Perlu Tanda Tangan

“Bayarnya pakai kartu kredit atau debit? Ini mau pakai PIN atau tanda tangan, Mbak?

Kalimat itu pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita saat bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit atau debit. Saat membayar, kasir akan akan bertanya apakah Anda ingin memproses pembayaran dengan tanda tangan atau menggunakan PIN.

Saat ini, tanda tangan memang menjadi salah satu syarat untuk verifikasi transaksi pembayaran kartu kredit/debit itu sah dilakukan. Tapi mulai April 2018, Anda tak perlu lagi tanda tangan saat melakukan pembayaran dengan kartu kredit dan debit berlogo MasterCard.

Informasi terkini bersumber langsung dari mastercard.com, Mastercard akan menghapuskan syarat tanda tangan pengguna kartu saat bertransaksi dengan kartu kredit/debit berlogo mastercard.

Alasan MasterCard Menghapuskan Tanda Tangan
transaksi kartu kredit dengan tanda tangan

sebagian orang masih menggunakan tanda tangan untuk verifikasi pembayaran kartu kredit

MasterCard mengatakan penghapusan syarat tanda tangan menjadi salah satu evolusi digital sistem pembayaran dan keamanan bertransaksi menggunakan kartu. Terlebih, dari hasil penelitian konsumen Mastercard, sebagian besar masyarakat mengakui transaksi lebih mudah dan cepat dilakukan tanpa tanda tangan.

Oleh sebab itu, tujuan dari penghapusan tanda tangan ialah menciptakan pengalaman berbelanja yang cepat dan mudah ketika menggunakan kartu kredit/debit berlogo MasterCard.

Hal ini dilatarbelakangi oleh hasil survei MasterCard, bahwa lebih dari 80% transaksi pembelanjaan di Kanada dan Amerika Serikat saat ini sudah tidak memerlukan tanda-tangan pemegang kartu ketika transaksi pembayaran barang. Diproyeksikan pada April 2018,  angka ini akan mencapai 100%, di mana transaksi di pusat pembelanjaan tidak akan lagi memerlukan tanda tangan ketika pembayaran dengan menggunakan kartu kredit maupun debit.

Transaksi Tetap Aman Meski Tanpa Tanda Tangan

Di sisi lain, terkadang timbul kekhawatiran bagaimana dengan keamanannya? Apakah aman kalau tanpa tanda tangan lagi?

Soal keamanan transaksi, sudah menjadi prioritas bagi MasterCard. MasterCard menegaskan bahwa penghapusan tanda tangan tidak akan berdampak pada keamanan transaksi dengan kartu kredit maupun debit.

Mereka memiliki sistem keamanan dengan menggunakan jaringan dan sistem mutakhir yang dikombinasikan dengan metode pembayaran digital baru seperti penggunaan chip, token, sistem biometrik, dan platform digital khusus yang berfungsi sebagai bukti identitas pengguna kartu sehingga transaksi tanpa tanda tangan tetap aman.

MasterCard menegaskan bahwa dibalik apa yang terlihat saat bertransaksi, sebetulnya di balik layar itu ada teknologi canggih yang bekerja setiap detiknya dan selalu siap memproteksi setiap transaksi yang Anda lakukan.

Sebagai bagian dari inovasi, MasterCard juga meluncurkan Early Detection System (Sistem Pendeteksi Dini) yang berfungsi membantu lembaga keuangan mendeteksi dan mencegah berbagai persoalan transaksi yang muncul. Layanan baru ini akan memberikan peringatan unik bagi penerbit kartu dan penggunanya jika terjadi pembobolan maupun kebocoran data.

Fingerprint di Kartu Kredit MasterCard

fingerprint kartu kredit nantinya pengamanan kartu kredit akan menggunakan metode fingerprint

Untuk mendukung transaksi yang lebih praktis, cepat dan aman, inovasi terkini telah dilakukan MasterCard yakni menciptakan kartu kredit dengan sensor sidik jari yang tersemat di bawah kartu. Jadi saat transaksi, pengguna tidak perlu lagi menggunakan tanda tangan atau PIN lagi, cukup dengan sentuhan jari saja.

Kartu dengan fingerprint sensor ini sedang diuji coba di Afrika Selatan, dan uji coba tambahan di Eropa dan kawasan Asia Pasifik. Ditargetkan implementasi kartu kredit MasterCard fingerprint ini siap diluncurkan pada akhir tahun 2017.

Nyaman dan Aman Transaksi dengan Kartu

Disamping keamanan, kenyamanan juga menjadi perhatian MasterCard. Terungkap bahwa konsumen menginginkan metode pembayaran yang praktis dan mudah saat berbelanja. Penghapusan syarat tanda tangan merupakan salah satu dukungan yang dilakukan MasterCard terhadap merchant-merchant MasterCard.

Langkah ini dipercaya akan membantu pedagang mempercepat proses pembayaran, dan penghematan bagi merchant dalam hal penyimpanan tanda-tangan, dan tentunya kenyamanan lebih bagi konsumen.

MasterCard yakin konsumen siap melakukan evolusi transaksi tanpa tanda-tangan. Sebagian besar orang tidak khawatir dan merasa aman ketika harus transaksi tanpa tanda tangan. Semua ini akan diimplemetasikan pada April 2018.