Tak Cuma Menyehatkan Sel Darah Merah, ini 7 Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

Dalam dunia kesehatan donor darah bukanlah kegiatan yang menakutkan, justru sebagai salah satu kegiatan mulia yang bisa dilakukan oleh seseorang. Selain bermanfaat untuk sesama manusia yang sedang membutuhkan darah, donor darah juga memiliki manfaat bagi diri sendiri khususnya kesehatan. 

Bagi Anda yang belum tahu apa saja manfaat dari donor darah untuk kesehatan, simak ulasan berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber. 

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

 

 

 

 

 

 

donor darah
Donor Darah

1. Bermanfaat untuk Jantung dan Pembuluh Darah jadi Sehat

Donor darah memiliki manfaat yang cukup penting terhadap kesehatan jantung dan pembuluh darah. Dengan donor darah maka kandungan zat besi di dalam darah akan berkurang sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Jika kandungan zat besi dalam darah stabil maka tingkat oksidasi kolesterol akan menurun sehingga bermanfaat bagi kesehatan pembuluh darah Anda. Begitu sebaliknya, jika kadar oksidasi kolesterol bisa menumpuk di pembuluh darah arteri bisa membuat darah jadi kental. 

2. Bermanfaat Bagi Sel Darah Merah

Mendonorkan darah juga berperan penting bagi sel darah merah yang ada dalam tubuh. Donor darah bisa membuat jumlah sel darah merah bisa lebih stabil. Namun tidak perlu khawatir karena donor darah sama sekali tidak mengurangi pasokan darah baru.

Dengan kondisi stabil sel darah merah tentu bisa membuat Anda terbebas dari penyakit darah yang berbahaya seperti pada penyakit hemochromatosis akibat kelebihan zat besi dalam darah.

3. Bermanfaat Bagi Kesehatan Organ Hati

Organ hati Anda bisa sehat bila kegiatan donor darah yang dilakukan secara rutin. Kandungan zat besi akan stabil karena donor darah bisa meminimalisir risiko penyakit hati seperti hepatitis C yang disebabkan oleh kadar zat besi berlebih dalam tubuh.

4. Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat lain donor darah juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam diri. Jika teratur donor darah kadar kolesterol terutama trigliserida bisa turun dengan sendirinya. Meski efektif, cara ini bukanlah cara yang tepat mengingat kolesterol juga dipengaruhi pola makan dan kegiatan lainnya.

Baca Juga: Waspadai Gejala Gula Darah Tinggi dan Kenali Cara Mengatasinya Sejak Dini

5. Bisa Membuat Berat Badan Turun

Donor darah memang terbukti bisa mengurangi kalori sehingga bisa bermanfaat menjadikan berat badan turun. Karena dalam setiap kali mendonorkan darah sekitar 450 ml, bisa membuat 650 kalori akan berkurang.

Meski begitu jangan jadikan kegiatan donor darah ini sebagai pengganti olahraga, sebab pembakaran kalori terbaik adalah dengan melakukan olahraga. Selain itu, donor darah yang terlalu sering apalagi dilakukan dalam waktu yang berdekatan juga membuat tubuh menjadi lemas dan bisa membuat kesehatan menjadi menurun.

6. Bisa Membuat Bahagia dan Stres Hilang

Dengan melakukan donor darah tentunya bisa menolong orang lain yang sedang membutuhkan darah. Hal ini tentunya akan membuat diri Anda merasa bermanfaat secara psikologis, sehingga menimbulkan rasa bahagia karena bisa berbagi dengan sesama dan stres juga ikut hilang.

7. Dapat Mendeteksi Penyakit dan Melihat Kondisi Kesehatan Diri

Dalam proses donor darah tentu kondisi kesehatan Anda akan dicek terlebih dahulu apakah darah terjangkit penyakit berbahaya seperti Hepatitis, Demam Berdarah, bahkan HIV atau tidak. Dengan begitu donor darah berperan dalam mendeteksi penyakit ini serta bisa mencegah penularan penyakit lewat transfusi darah. 

Selain itu dengan donor darah juga akan menerima pemeriksaan kesehatan gratis secara umum. Pemeriksaaan terhadap berat badan, tekanan darah, suhu, serta persentase hemoglobin dilakukan sebelum donor darah. Tentu ini akan menjadi manfaat dan bonus bagi Anda selaku pendonor.

8. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Bagi orang yang rutin donor darah, risiko penyakit kanker bisa diminimalisir dengan baik. Hal ini karena kandungan zat besi stabil dan bisa menangkal radikal bebas yang merupakan penyebab utama timbulnya kanker.

Baca Juga: Darah Tinggi: Kenali Gejala, Penyebab, Pencegahan, dan Cara Menangani

Lakukan Donor Darah Secara Rutin

Siapa yang tidak mau memiliki tubuh sehat. Selain dengan menjaga pola makan yang teratur dan berolahraga, nyatanya Anda juga perlu melakukan donor darah secara rutin kepada instansi terkait seperti rumah sakit, Palang Merah Indonesia (PMI) atau acara-acara donor darah lainnya. Namun perlu diingat sebelum donor darah pastikan kesehatan Anda harus memenuhi syarat, yaitu kondisi fisik yang sehat.

Baca Juga: Mau Kesehatan Tetap Terjaga? Inilah 7 Tes Kesehatan yang Harus Anda Lakukan