Tak Hanya Impian, Beasiswa di Universitas Cambridge Bisa Didapat dengan 4 Tips ini!

Kuliah dengan beasiswa penuh tentu akan menjadi hal yang sangat menyenangkan, apalagi jika kuliahnya di universitas ternama seperti Universitas Cambridge. Semua orang tentu tahu bahwa universitas ini menjadi salah satu kampus terbaik di dunia dan sudah memiliki banyak prestasi di berbagai bidang. 

Menjejakkan kaki dan mendapatkan kesempatan untuk kuliah di sana bukan hal yang mudah, mengingat universitas yang satu ini menjadi salah satu yang paling diminati oleh para calon mahasiswa dari berbagai belahan dunia. Lalu, mungkinkah ada peluang untuk kamu mendapatkan beasiswa penuh kuliah di universitas bergengsi ini?

Meski sulit dan membutuhkan kerja keras, selalu ada kemungkinan mendapatkan beasiswa penuh di Universitas Cambridge. Hal ini setidaknya sudah dibuktikan oleh Sabrina Anjara, mahasiswa Indonesia pertama yang berhasil mendapatkan beasiswa penuh dari program Gates Cambridge Scholarship untuk meraih gelar PhD. 

Sabrina menempuh pendidikan selama 3 tahun dengan jurusan kuliah yang diambil adalah Public Health dan berhasil menjadi doctoral researcher di Universitas Cambridge. Ini tentu menjadi salah satu bukti bahwa kuliah dengan beasiswa penuh di Universitas Cambridge bukanlah hanya impian semata, kamu juga bisa meraihnya asalkan ada usaha yang dilakukan.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Program Gates Cambridge Scholarship

beasiswa
Program Gates Cambridge Scholarship

Gates Cambridge Scholarship merupakan salah satu program beasiswa yang dimiliki oleh Universitas Cambridge. Beasiswa yang diberikan oleh Biil Gates ini menawarkan berbagai program yang berbeda setiap tahunnya, antara lain: program PhD (3 tahun riset), program MSc atau Mlitt (2 tahun riset), dan juga beberapa program pascasarjana (1 tahun riset) seperti: LLM, MASt, MBA, Mphil, dan yang lainnya.

Beasiswa yang ditawarkan Gates Cambridge Scholarship terbilang lengkap, meliputi biaya visa masuk, biaya kuliah, tunjangan pemeliharaan, termasuk tiket keberangkatan dan kembali ke tanah air. 

Baca Juga: Kuliah Di Luar Negeri, Ini Cara Bertahan Hidup Di Sana

Tips dapat Beasiswa di Universitas Cambridge

beasiswa
Tips dapat beasiswa di Universitas Cambridge

Untuk mendapatkan semua ini, kamu wajib memiliki persiapan yang matang, sehingga bisa bersaing dengan kandidat lainnya. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan beasiswa penuh di Universitas Cambridge yang telah dilansir dari berbagai sumber oleh Cermati.com.

1. Punya Kemampuan akademik

Keunggulan akademik akan menjadi salah satu pertimbangan utama dalam seleksi ini. Kamu harus mampu membuktikan jika kamu memenuhi standar intelektual yang sudah ditetapkan oleh Cambridge. 

Hal ini bisa ditunjukkan dalam beberapa bidang, seperti prestasi apa saja yang pernah dicapai, nilai akademik yang memadai, pengalaman dalam memimpin organisasi, dan yang lainnya. 

Semua ini akan menjadi pertimbangan penting bagi Cambridge, sebab universitas ini tentu mengharapkan mahasiswa yang cakap dan bisa ikut berkontribusi dalam kegiatan belajar di kampus tersebut nantinya.

2. Miliki Keahlian di bidang kepemimpinan

Keahlian kepemimpinan juga menjadi hal penting yang akan dijadikan sebagai penilaian dalam seleksi beasiswa ini. Hal ini bisa dilihat dari pengalaman dalam berorganisasi, khususnya ketika kamu menjadi pemimpin di dalam organisasi tersebut. 

Tunjukkan keahlian kepemimpinan berdasarkan pengalaman-pengalaman kamu selama ini, misalnya: memimpin organisasi kemanusiaan, memimpin organisasi kampus, menjadi ketua proyek amal, dan yang lainnya. 

3. Komit untuk ikut mengembangkan kehidupan orang lain

Cambridge juga menjadikan poin yang satu ini sebagai pertimbangan. Tidak hanya sekedar memperbaiki kehidupan diri sendiri saja, namun kamu juga harus memiliki komitmen yang tinggi untuk berkontribusi dalam mengembangkan kehidupan orang lain di sekitarmu. 

Hal ini bahkan menjadi salah satu poin terpenting dari konsep beasiswa yang sudah menghasilkan banyak lulusan dari berbagai negara ini. Dalam hal ini, berbagai aktifitas yang dilakukan harus menunjukkan komitmen tersebut dengan baik, dimana terlihat keinginan untuk membuat kehidupan orang lain dan lingkungan sekitar menjadi lebih baik lagi. 

Hal ini bisa saja berupa kebiasaan-kebiasaan yang positif dan berkontribusi atau bahkan dalam bentuk keterlibatan kamu dalam sebuah gerakan kampanye dan yang lainnya.

4. Penyesuaian diri dengan akademik Cambridge

Setiap Universitas tentu akan memiliki keunikan tersendiri dalam sistem belajarnya, begitu juga dengan Cambridge. Kamu harus bisa memahami dan menyesuaikan diri dengan semua ini. Untuk bisa masuk ke dalam sistem pendidikan Cambridge, kamu harus terbiasa mandiri dan menikmati semua proses seleksi yang diberikan oleh Cambridge. 

Kamu harus memiliki gambaran yang jelas tentang program yang akan diambil di sana dan meyakinkan mereka bahwa kamu siap dan mampu untuk hal tersebut. Hal ini akan sangat membantumu bisa mendapatkan beasiswa yang diimpikan.

Baca Juga: 7 Persiapan untuk Kamu yang Ingin Kuliah di Luar Negeri

Siapkan Diri dengan Matang Sejak Awal

Mendapatkan beasiswa penuh dan melanjutkan kuliah ke Universitas Cambridge tentu bukan hanya impian semata. Hal ini sangat mungkin kamu dapatkan, jika berusaha keras untuk memenuhi kualifikasi dengan baik. Mulailah siapkan dirimu dengan matang sejak dari sekarang dan dapatkan informasi yang akurat tentang hal ini, sehingga bisa mendapatkan beasiswa penuh seperti yang kamu impikan.

Baca Juga: Cara Jitu untuk Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri