Tak Harus Mahal, Barang Bekas Ini Murah dan Berkualitas

Membeli barang baru bisa dibilang adalah saat yang menyenangkan. Apalagi kalau Anda sudah mengidamkannya sejak lama. Tapi, dalam rangka penghematan belanja bulanan, tampaknya hal itu harus ditahan dulu. Sebagai gantinya, pertimbangkanlah untuk membeli barang bekas layak pakai. Selain harganya yang lebih murah, kualitasnya juga masih sangat layak untuk digunakan. Nah, berikut ini barang-barang yang bisa Anda beli meskipun bekas pakai, dan bahkan lebih baik daripada membeli baru.

1. Buku dan Majalah

Jual Buku Bekas

Jual Buku Bekas via riftom.com

 

Hobi membaca tak harus membuat Anda menghabiskan banyak uang untuk membeli buku dan majalah baru. Pergilah ke toko-toko buku bekas yang ada di kota Anda dan lihatlah betapa akan terpesona oleh koleksi buku yang masih mulus dan sangat layak baca. Percaya atau tidak, harga buku yang mungkin harganya di toko buku besar bisa sampai Rp100.000 per buah, di sana bisa dijual seharga Rp25.000.

Di samping mencari di tempat tersebut, Anda juga bisa membelinya secara online di Amazon, atau menjual buku-buku bekas untuk mendapatkan uang cash. Beberapa toko buku bekas menawarkan penukaran buku bekas dengan buku yang dijual di lapak toko tersebut.

 

Baca Juga: 10 Buku Inspiratif Terbaik Untuk Kamu Yang Mau Kaya

2. Mobil

Jual Mobil Bekas

Jual Mobil Bekas via wordpress.com

Mobil baru nilainya akan langsung turun setelah diperbaiki di bengkel karena kerusakan tertentu. Jadi, agar hemat pertimbangkanlah membeli mobil bekas yang kualitasnya masih bagus. Ingat, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu tentang kondisi mobil bekas yang Anda beli. Jangan langsung percaya janji manis sales mobil yang menjualnya pada Anda.

Pada umumnya, salah satu cara untuk mengetahui apakah kualitas mobil yang ingin dibeli masih bagus atau tidak adalah dengan melakukan tes. Minta si penjual untuk memberi izin Anda untuk membawa mobilnya sebentar untuk melihat kualitasnya.

3. Pakaian

Jual Pakaian Bekas

Jual Pakaian Bekas via radarcirebon.com

 

Anda bisa mendapatkan baju bagus bekas dari keluarga ataupun teman Anda daripada menghabiskan banyak bujet untuk berbelanja di butik. Jika Anda teliti, sesekali pergilah ke lapak baju bekas untuk mencari baju-baju yang masih sangat layak pakai. Tapi ingat, Anda harus mencucinya agar steril dari kuman dan penyakit. Di samping itu, kita juga harus jeli untuk melihat kualitas dari pakaian tersebut. Karena, terkadang ada juga pakaian bekas yang dijual, namun kondisinya sudah tidak layak.

4. Tas Desainer

Jual Tas Bekas

Jual Tas Bekas via wordpress.com

Tas vintage dan kuno dari merk desainer tas ternama? Wow, selain gayanya unik tentu nilai esteikanya tak kalah menarik. Jangan ragu membeli tas bekas desainer di toko lokal atau Anda bisa membelinya secara online. Kalau kualitasnya masih bagus, tas juga bisa digunakan sebagai alat investasi.

5. Alat Furnitur

Jual Alat Furnitur Bekas

Jual Alat Furnitur Bekas via daro-cane.co.uk

 

Furnitur bekas tak kalah menarik untuk ditambahkan pada item belanja barang bekas Anda. Beberapa furniture berbahan dasar kayu kualitasnya akan tetap bagus meski telah dipakai beberapa waktu. Anda bisa membelinya di toko lokal ataupun mencarinya di website toko online. Harganya? Terkadang bisa lebih mahal dari yang baru. Karena kualitas kayu dan desainlah yang menentukan berapa tinggi harga sebuah furnitur. Jadi, sesuaikan dengan budget ya!

6. Baju Pengantin

Baju Pengantin Bekas

Baju Pengantin Bekas via jlmcouture.com

 

Membeli baju pengantin bekas bukan berarti meruntuhkan kesakralan pernikahan Anda. Jika itu jadi salah satu cara berhemat kenapa tidak? Toh baju pengantin hanya Anda pakai seumur hidup. Anda bisa memanfaatkan baju pengantin bekas milik ibu atau kakak Anda. Kalau sudah dipakai, kalau mau ternyata dia juga bisa diturunkan sampai anak cucu.

Baca juga: 10 Cara Berhemat Saat Kuliah (Part 1)

7. Perabotan bayi

Perabot Bayi Bekas

Perabot Bayi Bekas via netdna-ssl.com

 

Kereta bayi, mainan dan pakaian bayi tak akan digunakan dalam jangka waktu lama. Jika bayi tumbuh besar dan tidak berencana punya anak lagi, maka peralatan itu tak akan berguna lagi dan hanya akan menumpuk di gudang. Jadi untuk berhemat, Anda bisa membeli barang-barang tersebut yang bekas pakai saja.

Baca juga: 10 Cara Berhemat Saat Kuliah (Part 2)

Jangan Utamakan Gengsi Semata

Membeli barang bekas bukan berarti Anda tak mengapresiasi kebutuhan diri sendiri. Jika itu cara terbaik untuk berhemat, mengapa tidak? Jangan gengsi untuk membeli barang bekas karena yang penting adalah kuailitas barang tersebut, bukan prestise ataupun kebanggaan semata. Lebih baik, Anda menyisihkan uang untuk membeli barang yang memang benar-benar harus dibeli dalam kondisi baru atau membiayai rencana startegis di masa depan.