Tak Sulit, Ini Resolusi-Resolusi Tanpa Modal dan Mudah Diwujudkan!

Bicara resolusi, tak sedikit yang merasa sebagian besar resolusi itu sulit diwujudkan. Tentu saja, tak semua resolusi itu berat.

Kalau kata Dilan dalam novel remaja 90an itu, hanya rindu saja yang berat. "Rindu itu berat, kamu takkan kuat, biar aku saja!”

Tentu saja, resolusi bukanlah sepenggal kalimat dalam secarik novel itu. Resolusi adalah bagian hidup nyata yang penting untuk diwujudkan.

Tanpa resolusi, kita tidak pernah tahu cara menggapai keinginan, kapan bisa mewujudkan impian, atau bahkan tidak terbayangkan apa yang diinginkan ke depannya.

Lupakan sejenak resolusi-resolusi yang dinilai cukup sulit seperti ingin punya rumah dalam waktu dekat, mobil, keliling dunia, punya perusahaan, dan lainnya yang butuh duit banyak.

Bagi yang bergaji besar mungkin tak jadi soal, tapi tentunya berbeda bila ternyata pendapatan pas-pasan, bukan? Bisa punya ini-itu pun seolah sebatas mimpi belaka.

Tapi memang tak ada yang mustahil tentunya. Selama ada niat dan upaya kerja keras serta tahu cara mencapainya, semua keinginan bisa diwujudkan.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Penyebab Resolusi Terasa Berat Diwujudkan

Resolusi
Apa resolusi Anda?

Awal tahun sudah dilalui dan kini memasuki bulan kedua 2019. Apakah sudah ada resolusi yang kamu jalankan? Apakah sudah ada tanda-tanda sebagian resolusimu bakal berhasil? Atau justru sudah merasa pesimis dengan beberapa resolusi itu?

Ada banyak alasan kenapa mewujudkan resolusi itu seolah melakukan sesuatu yang berat. Tak sedikit pula resolusi itu hanya sekadar daftar yang ditulis menjelang bergantinya tahun (Tahun Baru).

Begitu setahun berlalu, resolusi itu pun masih harus diagendakan lagi dengan harapan tahun depan bakal terealisasi. Begitu seterusnya.

Lalu, apa penyebab resolusi itu terasa berat diwujudkan? Tentu saja ada banyak faktor yang memengaruhinya. Mulai dari mungkin tak punya waktu karena sibuk kerja, hingga alasanya tak punya modal untuk merealisasikannya.

Baca Juga: Anda Wanita yang Mandiri Secara Finansial, Bila...

Resolusi Tanpa Modal yang Mudah Diwujudkan

Mewujudkan Resolusi
Resolusi apa yang selalu Anda rencakan ulang?

Apapun itu, berbagai alasan tersebut bagi sebagian orang menjadi hambatan dan tantangan besar untuk mewujudkan resolusi. Tapi ingat, tak semua resolusi itu berat diwujudkan.

Sebab, ada banyak target-target yang sebenarnya perlu dilakukan dan dimasukkan dalam daftar resolusi. Bahkan, untuk mencapainya pun tak butuh modal! Resolusi apa sajakah itu?

Berikut Cermat.com ulas beberapa resolusi yang bisa dimasukkan dalam daftar keinginan dan target mudah diwujudkan, bahkan tanpa modal.

1. Resolusi Bangun Pagi

Alarm Bangun Pagi

Apakah selama ini kamu sulit bangun pagi?

Bangun pagi. Kebiasaan ini seolah hal remeh saja. Tapi sejatinya tak sedikit orang yang ternyata sangat sulit untuk bangun pagi.

Tak jarang harus menghadapi keribetan saat mau berangkat kuliah atau bekerja di pagi hari gara-gara bangun kesiangan. Stres pun menghampiri karena mesti terburu-buru.

Belum lagi bila ada barang penting yang tertinggal di rumah. Ditambah lagi bila ternyata dihadapkan pada kondisi jalanan yang macet parah. Duh, siap-siap menghadapi bad day!

Nah, daripada harus seperti itu setiap hari, lebih baik masukkan target bisa bangun pagi setiap hari ini dalam daftar resolusi kamu. Tentu saja, sebenarnya resolusi ini merupakan resolusi yang mudah dan tak perlu biaya untuk mewujudkannya.

Caranya:

  • Pasang jam alarm sebelum tidur
  • Atur alarm berbunyi pada pukul 5 setiap harinya
  • Siapkan air putih di dekat tempat tidur
  • Buka mata begitu alarm bunyi, lalu duduk sebenar, dan minum air putih yang disediakan
  • Lakukan aktivitas kecil agar rasa kantuk tidak datang lagi
  • Lakukan olahraga ringan di luar rumah dan hirup udara segar
  • Jangan begadang
  • Tidurlah tepat waktu setiap hari setidaknya mulai pukul 9 atau 10 malam

2. Turunkan Berat Badan dengan Olahraga

Olahraga
Apakah menjadi langsing adalah resolusi Anda?

Apakah selama ini kamu selalu mencantumkan resolusi menurunkan berat badan dengan berbagai macam cara diet ketat? Tapi, hasilnya nihil!

Ada banyak faktor juga yang menyebabkan diet menurunkan berat badan berlebih itu menjadi sekadar wacana. Salah satunya adalah keterbatasan modal. Kok, bisa?

Ya, jika ingin melakukan diet yang tepat dan sesuai dengan kondisi tubuh, diperlukan konsultasi pada ahli gizi. Tentu saja, konsultasi ke ahli gizi itu butuh menyisihkan uang lebih, bukan?

Belum lagi, asupan makanan sehat yang dianjurkan. Tak jarang program diet itu mengharuskan mengonsumsi berbagai bahan makanan yang dinilai sehat serta bisa efektif menurunkan berat badan, dan itu perlu duit juga.

Kalau kita jeli, untuk menurunkan berat badan tak melulu hanya melalui program diet ketat dari asupan makanan. Akan tetapi bisa juga melalui rutin berolahraga.

Kenapa tidak berolahraga ini dijadikan media untuk mencapai resolusi menurunkan berat badan? Syaratnya, harus rajin. Tak melulu olahraga berbayar seperti di gym atau pusat-pusat kebugaran lainnya.

Kamu bisa berolahraga sendiri setiap hari di rumah atau lingkungan sekitar rumah. Lalu, olahraga apa saja yang bisa dilakukan tanpa modal?

  • Jogging setiap pagi selama 30 menit
  • Jangan malas naik turun tangga di kantor atau maupun jembatan penyeberangan
  • Kalau jarak yang ditempuh bisa dengan jalan kaki, jangan selalu mengandalkan naik ojek
  • Berlari setiap akhir pekan di taman atau di car free day selama 1 jam atau lebih
  • Banyak minum air putih
  • Hindari makanan mengandung minyak berlebih
  • Makan secukupnya, porsi makan jangan terlalu banyak

3. Mahir Berbahasa Asing

Bicara Bahasa Inggris

Apakah mahir bahasa Inggris jadi target kamu?

Menguasai bahasa asing di era globalisasi seperti sekarang ini sudah menjadi suatu keharusan. Minimal adalah bahasa Inggris. Sebab bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang umum digunakan di banyak negara.

Kalau pun kamu sudah menguasai bahasa Inggris dan ingin mahir bahasa asing lainnya, sah-sah saja, malah itu lebih bagus lagi. Sebab kamu menguasai beberapa bahasa asing sekaligus.

Semakin banyak bahasa yang dikuasai, semakin banyak pula peluang karier yang bisa diambil nantinya. Tak ada salahnya memasukkan keinginan mahir bahasa asing itu dalam resolusimu.

Jangan sampai niat belajar bahasa asing itu hanya sekadar wacana saja. Realisasikan dengan cara yang mudah dan tanpa modal sekalipun. Bagaimana caranya?

  • Pasang komitmen yang kuat
  • Tak harus kursus, belajar sendiri juga bisa
  • Unduh aplikasi belajar bahasa asing (misal, Inggris, Perancis, Jepang, Jerman, Korea, dan lainnya)
  • Luangkan waktu mempelajari bahasa asing setiap hari, minimal sebelum tidur
  • Dengarkan siaran radio atau bentuk percakapan lainnya untuk memperlancar mendengar bahasa asing (ini bisa diunduh juga melalui aplikasi yang sudah banyak ditemui di smartphone)
  • Ke mana pun pergi, jika ada kesempatan, gunakan waktu yang ada untuk mempelajarinya walau sebentar (misal, sedang menunggu transportasi umum, sambil menunggu makanan yang dipesan datang, dan sebagainya)
  • Jangan pernah sekali-kali kompromi dengan rasa malas walau sehari saja

Baca Juga: 4 Hal Sepele ini Bisa Membuat Rumah Tangga ‘Ambruk’

4. Bisa ‘Me Time’

Me Time
Sudahkah Anda punya waktu buat diri sendiri?

Eit, urusan punya waktu untuk diri sendiri alias me time ternyata penting untuk diperhatikan. Bagaimana tidak? Dengan me time, maka kita akan memulihkan dan mengisi energi kembali sehingga siap menghadapi rutinitas hari esok.

Kendati terdengar sepele, namun me time memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan fisik dan mental. Tak jarang orang mengalami stres akibat tak punya waktu untuk diri sendiri.

Setiap hari hanya disibukkan mencari uang dan ke sana ke mari bertemu dengan teman-teman di akhir pekan. Hingga lupa bahwa diri membutuhkan waktu rehat sejenak untuk lepas dari berbagai rutinitas itu guna mengembalikan energi.

Jadi, sudah sepatutnya ‘me time’ ini masuk dalam daftar resolusi kamu, terutama bila ternyata kamu selama ini seperti itu, yakni bekerja dan bekerja, serta menyenangkan semua orang hingga tak punya waktu untuk diri sendiri.

Oleh karena itu, lakukan resolusi me time tanpa modal ini dan perbaiki kualitas hidup kamu. Caranya?

  • Dalam seminggu, luangkan waktu sehari saja untuk sendirian
  • Lakukan me time dengan hobi (misal, membaca buku favorit, menggambar, memancing, dan lainnya)
  • Pergi berlibur jika memang punya bujet atau liburan yang dekat dan tak butuh banyak biaya
  • Me time tak selalu berarti harus sendirian, jika kamu lebih suka bersama keluarga, lakukan ‘me time’ dengan meluangkan waktu berkumpul dengan keluarga

5. Punya Pasangan

Pasangan

Ilustrasi pasangan muda

Bagi yang masih lajang, punya pasangan sepertinya jadi resolusi yang terus diagendakan setiap tahunnya bila selalu gagal mewujudkannya. Meski terkesan mudah, tapi sejatinya mencapai resolusi yang satu ini tak gampang-gampang amat.

Karena ini soal hati! Tak bisa dibeli di toko mana pun. Kita juga enggak mampu membeli perasaan, bahkan di toko online sekalipun.

Sebab, hati dan perasaan juga tidak bisa dipesan. Dan kemunculannya pun tidak bisa diundang. Dari mata turun ke hati. Tidak semua orang saling punya perasaan yang sama. Sama-sama klop dan klik.

Itu semua tak lepas dari hukum relativisme. Semua hal adalah relatif. Relatif siapa yang melihat, relatif selera seseorang. Menurut kita dia cantik/ganteng, belum tentu menurut mereka. Begitu seterusnya mengenai hal apapun.

Nah, bicara ingin punya pasangan. Jangan lagi anggap ini resolusi yang susah banget diwujudkan. Kamu hanya perlu terus berusaha tanpa lelah dan jangan pernah berkecil hati.

Jangan pula putus asa hingga menyerah dan beranggapan kalau sudah waktunya pasti akan datang dengan sendirinya. Ingat, Tuhan memang menciptakan manusia berpasang-pasangan, tapi bukan berarti tak memberikan kesempatan manusia untuk berusaha.

Begitu juga dengan rezeki, Tuhan pasti memberikan rezeki pada umatnya dengan syarat manusia harus mengupayakannya. Jika ingin kaya, jangan pernah hanya berdiam diri tanpa usaha. Itu sesuatu yang absurd (tidak masuk akal/mustahil).

Kembali ke soal pasangan, berikut tips yang bisa dilakukan:

  • Perbanyak teman
  • Jika merasa sulit berinteraksi secara langsung, cari teman online, tapi harus cerdas jangan sampai kena tipu (banyak-banyak baca seputar interaksi dunia maya, bisa dari blog-blog orang maupun artikel-artikel yang berkaitan)
  • Jika memang suka berinteraksi langsung, masuk komunitas yang diinginkan (misal, komunitas kerohanian, komunitas relawan sosial, komunitas seni, dan masih banyak lagi)
  • Terus perbaiki kualitas diri

Segera Wujudkan Resolusimu

Akhir tahun merupakan waktunya melihat kembali daftar resolusi yang dibuat tahun sebelumnya. Melakukan review, resolusi mana saja yang sudah berhasil diwujudkan dan mana yang hanya jadi sebuah rencana semata.

Nah, sekarang awal tahun 2019 sudah berjalan. Apakah kamu sudah siap dengan resolusi yang dibuat akhir tahun lalu dengan daftar ingin begini dan begitu? Jika kebetulan resolusimu seperti yang di atas, maka cepat lakukan dan pastikan tahun ini kamu bisa merealisasikannya. Segera wujudkan resolusimu, semoga berhasil!

Baca Juga: 5 Resolusi Tahun Baru yang Jadi Wacana Terus dan Cara Mencapainya