Tambah Penghasilan Kala Pandemi, Ini Dia Tips Memulai Usaha Takjil Dadakan di Bulan Ramadhan

Sebentar lagi bulan Ramadhan tiba, untuk kamu yang sedang menganggur atau membutuhkan tambahan pendapatan bisa coba memanfaatkan bulan suci tahun ini sebagai ladang bisnis dadakan untuk tambah penghasilan.

Bulan penuh berkah untuk semua orang, salah satu bisnis dadakan yang bisa kamu di Ramadhan ini adalah bisnis jajanan berbuka puasa/takjil.

Nah, untuk kamu yang tertarik untuk memulai bisnis takjil dadakan kala Ramadhan, berikut tips-tips ide menu takjil yang bisa dilakukan:

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Siapkan Modal dan Lokasi

modal

Hal yang paling utama dari berbisnis adalah mempersiapkan modal yang cukup, mulai dari modal untuk membeli bahan-bahan masakannya, biaya beli packaging, biaya sewa tempat jika kamu memutuskan berjualan di depan rumah orang atau pinggir jalan yang bisa jadi milik seseorang.

Modal yang bisa dipersiapkan meliputi harga bahan makanan dan kemasannya.

Contohnya: Modal yang dibutuhkan hanya sekitar Rp81.000 dan dapat menghasilkan sekitar 25 porsi es buah.

Modal sudah termasuk:

  • Buah-buahan perkilonya diperkirakan sekitar Rp15.000
  • Agar-agar instan sekitar Rp5.000
  • Susu kental manis sekitar harga Rp20.000
  • Sirup satu botol Rp17.000.
  • Harga Gelas 12oz (Plus tutup)/ Gelas plastik / Gelas pop ice isi 50pcs Rp13.000

Setelah memiliki modal berikutnya adalah pemilihan lokasi. Kalo disekitar rumah kamu sudah ramai maka kamu tidak perlu jauh-jauh lagi mencari lokasi. Cukup depan rumah saja berjualannya.

Tapi jika daerah rumah kamu adalah perumahan yang cukup sepi. Cobalah berdagang di depan atau jalan masuk perumahan mu. Jika dilarang, coba cari lokasi berdagang di pinggir jalan seperti depan mini market seperti Indomaret/Alfamart yang strategis yang banyak di lewati atau ramai lalu lalang kendaraan.

Tapi jangan lupa untuk meminta izin dengan pihak cabang setempat.

2. Terapkan Sistem PO dan Promosi Menarik

Untuk lebih banyak menarik pelanggan cobalan melakukan PO untuk menu takjil tertentu yang bisa dicustom untuk disesuaikan dengan selera atau untuk kebutuhan acara buka bersama dengan keluarga besar atau teman kantor.

Jangan lupa juga melakukan promo menarik seperti bonus 1 pastel untuk pembelian 5/10 pastel. Bisa juga melakukan promo PO 10 orang tercepat mendapatkan potongan dari 10-30%. Dengan promo menarik seperti ini, pembeli akan berfikir harga takjil ditempat kamu lebih murah dari toko sebelah.

Baca Juga: Ngabuburit Jajan Takjil, Ini Tips Memilih Makanan yang Aman

3. Siapkan Paketan Takjil untuk Dijual Online

jual makanan online

Dijaman serba online seperti sekarang, pasti ada saja orang yang lebih memilih membeli takjil secara online lewat aplikasi online atau e-commerce. Nah, biar tetap bisa mengikuti tren, cobalah menjual paketan takjil untuk 3-4 orang atau sekeluarga.

Kalo bisa, cobalah membuat paketan siap masak sendiri agar pembeli bisa memasak/membuat sendiri takjil tersebut sesuai dengan selera mereka.

4. Promo di Lapak yang Gratis

Karena bisnis dadakan, kamu tidak perlu repot-repot menyiapkan budget khusu untuk mempromosikan usaha kamu. Cukup lakukan promosi di akun media sosial kamu seperti Instagram, Twitter dan Facebook. Kalo bisa promosikan juga dagangan mu di grup bersama teman kantor, kuliah dan keluarga besar.

5. Pilih Menu yang Pas dan juga Selera Banyak Orang

takjil

Dari ratusan menu takjil yang ada, cobalah pilih 10 menu saja. Karena jika terlalu banyak, takutnya kamu tidak sanggup memenuhi pesanan yang berbeda yang datang secara bersamaan.

Pilihlah menu jajanan takjil yang disukai oleh banyak orang. Kalau bisa pilihan menu manisnya lebih banyak. Karena orang cenderung lebih memilih makanan yang manis untuk berbuka puasa.

Berikut 20 rekomendasi menu takjil yang bisa kamu pilih untuk dijual:

    1. Bubur Sumsum
    2. Biji salak
    3. Es buah
    4. Sop buah
    5. Pie buah
    6. Pie susu
    7. Molen unyil
    8. Donat kentang mini
    9. Kolak
    10. Puding buah
    11. Agar-agar
    12. Panacotta
    13. Cireng isi daging ayam atau sapi
    14. Pastel isi bihun
    15. Pastel isi mayonnaise dan telur/daging ayam
    16. Tahu isi
    17. Es mutiara
    18. Es pisang ijo
    19. Es dawet
    20. Es cincau

6. Pertimbangkan untuk Melakukan Inovasi pada Beberapa Menu

Agar pilihan lebih banyak variasi dan bisa menggaet lebih banyak pelanggan cobalah melakukan inovasi pada beberapa menu. Seperti menu gorengan yang isian gorengannya bisa ditambah dengan pilihan daging lain seperti udang atau bahan-bahan yang ramah untuk vegan.

Bisa juga dengan menambahkan beberapa toping untuk menu minuman seperti boba, jelly dan nata de coco.

Baca Juga: 12 Peluang Bisnis Menjanjikan di Bulan Ramadhan, Bisa Jadi Jutawan Dadakan

7. Sesuaikan Harga dengan Lokasi Berjualan

lokasi dagang

Jika kamu berjualan di daerah perumahan elit, maka patokan harganya juga harus berbeda dan tentunya lebih mahal jika berdagang di pinggir jalan atau daerah lain. Tapi tingginya harga haruslah dibarengi dengan kemasan yang menarik agar seimbang.

8. Perhatikan Pilihan Menu dari Pesaing/Toko Sebelah

Pilihan menu yang berbeda dari toko sebelah akan meningkatkan kesempatan pembeli membeli menu dari tokomu karena terbatasnya pilihan yang ada pada toko sebelah.

Jangan hanya pilihan menu, jenis promosinya juga harus berbeda dan lebih menarik agar lebih banyak lagi menarik perhatian calon pembeli.

Jangan Sia-Siakan Berkah Ramadhan

Kesempatan untuk berbisnis takjil hanya terjadi di bulan Ramadhan yang artinya hanya mampir sekali dalam setahun. Jadi jika benar-benar serius ingin berjualan takjil manfaatkan lah semaksimal mungkin. Jangan setengah-setengah!

Lakukan persiapan dari sekarang, jangan lupa juga siapkan modalnya. Jika tidak punya, kamu bisa coba mengajukan dari pinjaman online atau jika memiliki kartu kredit cobalah untuk tarik tunai.

Selamat mencoba!

Baca Juga: Tips Sukses Jalankan Bisnis Musiman di Bulan Ramadhan