Tampilan 7 Gaun Pesta Paling Indah di Dunia, Harganya Bikin Melongo!

Berbicara soal pakaian dan fashion, pasti ada banyak orang yang antusias menunjukkan selera berpakaian mereka. Ada banyak jenis baju, celana, hingga sepatu yang bisa menjadi identitas untuk si pemakai.

Padahal, rata-rata orang zaman dahulu menganggap pakaian sebagai salah satu kebutuhan primer untuk melindungi dan menutupi tubuh saja. Dengan alasan tersebut, tak ayal jika pakaian menjadi salah satu komoditas penting sebagai penunjang hidup manusia agar lebih kebal terkena penyakit.

Namun, pemikiran bahwa baju hanya berfungsi sebagai pelindung tubuh bisa dikatakan kurang relevan saat ini. Pemahaman masyarakat mengenai pakaian sudah lebih dari sekadar kebutuhan primer saja. Masyarakat masa kini banyak yang menganggap bahwa pakaian juga merupakan bagian dari diri dan gaya hidup.

Untuk bisa mendapatkan penampilan yang sesuai dengan taste fashion-nya atau sekadar ingin tampil menarik, tak sedikit orang yang rela merogoh kocek yang cukup dalam. Berbagai item mulai dari atasan, bawahan, outer, tas, sepatu, hingga aksesoris pun hampir selalu tercantum dalam daftar belanja. 

Produk Fashion Semakin Berkembang untuk Menunjukkan Gengsi

Karena itulah, kompetisi pada bisnis sandang pun semakin terasa. Perusahaan brand ternama maupun brand lokal sama-sama berlomba menunjukkan model fashion yang unik dan mempunyai ciri khas. Hadirnya pakaian dengan berbagai model dalam waktu yang tergolong singkat adalah contoh bukti persaingannya. 

Apalagi di kalangan entertainer terkenal, pakaian tentu menjadi hal yang wajib diprioritaskan sebelum tampil di layar publik. Terlebih di acara-acara besar yang juga dihadiri oleh rekan sesama selebritis. Selain untuk mempercantik penampilan, gaun pesta yang menawan jelas mampu menarik perhatian, sehingga namanya juga akan ikut melejit.

Di momen-momen tersebut, artis-artis perempuan juga akan berusaha untuk tampil menarik dengan balutan gaun dari desainer maupun brand ternama. Sudah jelas jika harga pakaiannya bukan lagi “mahal” tetapi “sangat mahal”. 

Walaupun demikian, berlandaskan prinsip “demi penampilan”, budget untuk memiliki pakaian idaman pun tak lagi jadi masalah. 

Nah, menyinggung tentang pakaian dengan harga yang tak murah, tahukah Anda bahwa ada gaun pesta yang dibanderol dengan harga selangit? Bahkan, ada pula yang dibanderol seharga jet pribadi. 

Penasaran dengan desain gaun pesta termahal yang pernah dibuat di dunia? Untuk itu, simak ulasan tentang 7 gaun pesta paling kontroversial yang dijual dengan harga miliaran berikut ini. Dijamin harganya akan membuat siapa saja tercengang.

Baca Juga: Fashion Ala K-pop Idol yang Paling Banyak Ditiru oleh Para Kpopers

7 Gaun Pesta dengan Harga Selangit

1. Valentino, US$ 100.000

  Gaun Pesta Valentino Termahal

Sumber: alux.com

Satu dari sekian gaun termahal yang pernah dikenakan oleh Kate Winslet kala hadir di acara Oscars adalah karya dari desainer kondang, Valentino. Pada 2017 pemeran Rose dalam film “Titanic” tampil anggun dengan rambut pirang dan mengenakan gaun berwarna hijau mint lembut dengan desain yang sederhana.

Meskipun terlihat simpel karena tak memiliki banyak aksen, gaun dengan bagian menjuntai pada bagian bahu tersebut dibanderol dengan harga US$ 100.000 atau sekitar 1,4 miliar Rupiah. Harga yang setara dengan sebuah rumah mewah.

Nah, karena sudah mengetahui fakta-fakta di atas, pecinta dunia fashion tidak akan heran ketika gaun tersebut dibanderol dengan harga yang fantastis.

2. Giorgio Armani, US$200.000

  Model Gaun Pesta Giorgio Armani

Sumber: wolipop.detik.com

Hampir sama dengan Kate Winslet, Cate Blanchett juga menghadiri acara Oscars di tahun 2007 silam dengan rambut yang juga berwarna pirang. Untuk membuat penampilan jadi serasi, ia mengenakan gaun dengan desain yang unik nan sederhana. Namun, lagi-lagi, gaun tersebut dihargai sangat mahal meski terlihat simpel.

Dengan model off-shoulder, gaun dengan nuansa perak karya Giorgio Armani tersebut ternyata memiliki harga US$200.000 atau sekitar 2,8 miliar rupiah. Untuk ukuran gaun dengan desain yang jauh dari kesan rumit, tentunya nominal tersebut tergolong tidak masuk akal.

Salah satu alasan mengapa gaun pesta yang dikenakan pemain film “Ocean’s 8” dibanderol sangat tinggi yakni karena adanya kristal Swarovski yang menghiasinya. Jadi, berlian tersebutlah yang membuat long dress yang dikenakan Cate Blanchett terlihat berkilauan di bawah sorotan cahaya. 

3. Jean-Louis Berthault, US$ 1.300.000

Model Gaun Pesta Termahal di Dunia

Sumber: pinterest.com

Jika harga dua gaun yang sudah dibahas sebelumnya berada pada angka 1-2 miliaran saja, kali ini langsung melompat ke gaun dengan harga belasan miliar. Tepatnya, US$ 1.300.000 atau setara 18,5 miliar rupiah!

Siapa yang tak kenal Marilyn Monroe? Mendiang entertainer cantik yang popularitasnya seolah tak lekang oleh waktu tersebut adalah orang yang pernah mengenakannya. Gaun rancangan Jean-Louis Berthault tersebut ia kenakan saat menghadiri pesta yang diselenggarakan untuk merayakan ulang tahun ke-45 presiden Amerika kala itu, John F. Kennedy.

Mulanya, model gaun pesta berpayet tersebut dibanderol dengan harga US$ 12.000 saja, atau kira-kira 171 juta rupiah. Barulah setelah melalui proses lelang, harganya langsung melejit mencapai di angka US$ 1.300.000. Terima kasih untuk Marilyn Monroe yang membuat model gaun pesta tersebut semakin meroket harganya. 

Baca Juga: 4 Ide Bisnis Fashion Wanita yang Laku di Pasaran

4. Dior, US$ 2.000.000

Gaun Dior

Sumber: pinterest.com

Selanjutnya, gaun termahal datang dari brand sekaligus desainer terkenal dunia, Dior. Di tahun 1997 lalu, artis Nicole Kidman tampil menarik di acara Oscars dengan gaun berwarna kuning kecoklatan yang dilengkapi aplikasi sulaman sederhana. Akan tetapi, pengaplikasian sulaman tersebut malah membuat gaun tampak menjadi lebih manis.

Untuk kalangan artis dengan nama besar, gaun tersebut jelas bukanlah gaun murah dan bisa dimiliki oleh siapa saja. Pernyataan tersebut dibuktikan dengan harga dari dress tersebut yakni US$ 2.000.000 atau setara dengan 28 miliar rupiah. 

5. Debbie Wingham, US$ 5.500.000

  Gaun Pesta Black Diamond

Sumber: lifestyle.okezone.com

Selanjutnya, gaun termahal yang pernah ada adalah yang pernah dirancang oleh Debbie Wingham. Nilai plus dari model gaun pesta tersebut dan yang juga menjadi alasan mengapa harganya begitu mahal adalah adanya berlian putih dan hitam yang jika dihitung, jumlahnya bisa mencapai 1.000 buah.

Tentunya, pengerjaan gaun yang diberi nama “Black Diamond” tersebut membutuhkan ketelatenan, khususnya saat proses pengaplikasian berlian. Adapun waktu yang dibutuhkan desainer asal London untuk merampungkan gaun tersebut mencapai 6 bulan lamanya.

Karena effort yang luar biasa, gaun seberat 1,45 kg tersebut pun diberi harga yang tak main-main. Jika Anda tertarik, siapkan saja dana sebanyak US$ 5.500.000 atau sekitar 78 miliar Rupiah untuk membelinya. 

6. Scott Henshall, US$ 9.000.000

Gaun Scott Henshall

Sumber: perisakti.info

Hampir semua orang di dunia tentu mengenal Spiderman. Karakter superhero yang memiliki kekuatan layaknya laba-laba tersebut muncul dalam layar lebar pertama kali pada 2004 silam. Melalui film box office itu pula Spiderman sukses membuat banyak orang mengaguminya. 

Nah, pada saat pemutaran perdana film superhero tersebut, Samantha Mumbai hadir dengan gaun yang masuk dalam kategori termahal di dunia. Pasalnya, gaun dengan aksen jaring laba-laba tersebut dihargai sangat tinggi, yakni US$ 9.000.000 atau di Indonesia kurang lebih setara dengan 128 miliar rupiah. 

Gaun unik yang disebut “Diamond Dress” rancangan desainer Scott Henshall tersebut dibanderol dengan harga tinggi karena bertahtakan berlian dengan jumlah mencapai 3.000 buah. Wajar bukan jika harganya selangit dan fantastis?

7. Nightingale, US$ 30.000.000

Gaun Nightingale

Sumber: confettissimo.com

Terakhir, posisi teratas dari gaun termahal di dunia ditempati oleh Nightingale yang merupakan rancangan desainer Malaysia, Faiyzali Abdullah. Gaun merah dengan desain bersusun tersebut dihargai super duper mahal, yakni US$ 30.000.000 atau jika dirupiahkan menjadi sekitar 427 miliar rupiah!

Dengan bertahtakan 70 berlian dan juga 751 Swarovski, sudah jelas bukan mengapa gaun tersebut diberi predikat sebagai gaun termahal di dunia? Namun, bukan itu saja yang membuat gaun tersebut dihargai sangat tinggi.

Untuk membuat model gaun pesta tersebut semakin cantik, sang desainer juga mengkombinasikan kain taffeta, sutra, serta satin. Pastinya, dengan banyaknya batu mulia dan bahan gaun yang bervariasi, seharusnya tidak jadi hal yang mengejutkan jika gaun tersebut memiliki harga yang fantastis.

Baca Juga: 6 Desainer Indonesia yang Pamer Karya di Amerika Serikat Ini Punya Kisah Inspiratif

Gaun dengan Harga Fantastis Adalah Bukti Bahwa Fashion Bukan Lagi Hal Sepele

Fashion memang bisa dibilang sebagai salah satu hal yang menunjukkan strata sosial dan pamor yang dimiliki oleh seseorang. Tak ayal jika selebritis papan atas dunia rela mengucurkan dana hingga puluhan bahkan ratusan miliar Rupiah hanya untuk sebuah gaun yang akan dikenakan pada event penting. 

Jadi, adakah gaun pesta yang menarik perhatian Anda dan berniat untuk memilikinya?