Tempat Belanja di Bandung yang Murah dan Bikin Gaya Makin Kece

Kota Bandung yang dijuluki sebagai Paris Van Java bukan lah tanpa alasan. Kota dengan destinasi wisata belanja fashion salah satu yang terbesar di Indonesia ini nyatanya memiliki banyak sekali destinasi wisata belanja yang dapat Anda eksplorasi.

Tempat Belanja di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Meskipun Bandung identik dengan Factory Outlet (FO), nyatanya ada beberapa destinasi wisata belanja fashion yang belum banyak masyarakat ketahui. Menawarkan barang yang berkualitas, dan tentunya harga yang ramah di kantong, berikut ini adalah destinasi wisata belanja di Kota Bandung yang dapat Anda kunjungi: 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Pasar Baru Trade Center

Pasar Baru Trade Center
Pasar Baru Trade Center via explorewisata.com

Pasar Baru Trade Center disebut-sebut sebagai pasar modern pertama di Kota Bandung. Meskipun tampilannya cukup modern, namun tempat belanja di Bandung ini tetap tradisional dimana Anda bisa tawar-menawar dengan penjual barang untuk bisa mendapatkan harga termurah. Kawasan Pasar Baru Trade Center tak ubahnya seperti kawasan Tanah Abang yang berada di Jakarta dan menjadi salah satu pusat penjualan tekstil terbesar di Kota Kembang ini.   

Jika semua tempat ini hanya menjajakan produk fashion atau tekstil, namun saat ini Pasar Baru Trade Center telah bertambah menjadi pusat penjualan gadget serta kebutuhan pangan lainnya. Pasar Baru yang berada di Bandung sediri telah buka dari zaman penjajahan Belanda, hal tersebut mengukuhkan tempat ini sebagai sentra penjualan tekstil dan fashion tertua di Kota Bandung.

2. Gang Tamim

Gang Tamin
Gang Tamin via destinasibandung.co.id

Gang Tamim adalah tempat belanja di Bandung yang terletak tak jauh dari Pasar Baru, tepatnya di belakang dari Pasar Baru. Tempat ini adalah sentra penjualan jeans yang telah dikenal dengan luas oleh masyarakat Kota Bandung. Dengan hanya Rp100.000 hingga Rp200.000 sudah bisa mendapatkan celana jeans yang berkualitas dengan bahan pilihan sendiri.

Gang Tamim sendiri di klaim sebagai pasar tekstil terbesar kedua di Indonesia setelah kawasan Tanah Abang yang sudah terkenal hingga asia tenggara. Hal tersebut dikarenakan komoditas utama dari Gang Tamim adalah denim dan pembuatan jeans yang berkualitas juga murah.

Berdasarkan beberapa sumber, harga rata-rata denim yang dipatok di Gang Tamim adalah antara Rp55.000 hingga Rp70.000 per satu bahan celana atau ukuran 1,5 meter. Sedangkan ongkos jahit per satuan adalah beriksar antara Rp40.000 hingga Rp100.000 untuk pengerjaan antara 1 hingga 10 hari.

Tak perlu khawatir jika tidak banyak memiliki waktu untuk berkunjung ke tempat tersebut kembali, Anda bisa meminta penjahit untuk mengirimkan barang pesanan dan cukup membayar Rp10.000 hingga Rp20.000 untuk ongkos kirim.

Jika dikalkulasi untuk membuat pakaian dengan bahan denim satu potongnya hanya dikenakan Rp 100.000 saja. Tak perlu takut soal model jahitan yang dihasilkan, penjahit di Gang Tamim selalu update dengan tren fashion serta bisa custom mengikuti kemauan konsumen. Menarik bukan?

3. Pasar Cibaduyut

Pasar Cibaduyut
Pasar Cibaduyut via threexie.blogspot.com

Percayakah Anda jika beberapa merek kenamaan sepatu sneakers berasal dari Kota Bandung? Salah satu sentra penghasil sepatu berkualitas adalah kawasan Cibaduyut. Untuk yang sedang berkunjung di Bandung, sempatkan lah mampir ke Pasar Cibaduyut yang berlokasi berdekatan dengan terminal Leuwi Panjang.

Jika membawa kendaraan pribadi, arahkan kendaraan keluar melalui Tol Kopo atau Tol Pasir Koja. Namun sangat disarankan untuk yang hendak berkunjung ke kawasan Cibaduyut untuk menggunakan kendaraan umum lantaran akses parkirnya yang cukup sulit.

Cibaduyut dikenal karena kualitas sepatu hasil pengrajin yang memiliki kualitas bagus dan harga yang cukup terjangkau. Meskipun harganya terjangkau, tempat belanja di Bandung ini memungkinkan Anda untuk menawar barang hingga harga terbaik yang bisa Anda dapatkan.

Baca Juga: 10 Tempat Belanja Termurah di Jakarta

4. Pasar Sentra Rajut

 Pasar Sentra Rajut  
Pasar Sentra Rajut via nusantara.medcom.id

Sentra kerajinan rajut yang terletak di Jalan Binong nyatanya memiliki kualitas baju rajutan yang tak kalah dengan baju rajutan bermerek. Selain itu sentra rajut ini pun berusaha memberdayakan masyarakat sekitar dengan mempekerjakan masyarakat sekitar sendiri. Produk pakaian rajutan hasil dari kawasan ini pun hingga saat ini telah diekspor hingga keluar negeri seperti Malaysia, Singapura hingga Nigeria.

Berbagai macam jenis pakaian rajutan pun dengan sangat mudah Anda temui di tempat ini, misal jenis cardigan, jaket, baju hangat, dan syal yang ditawarkan dengan harga sangat terjangkau namun tetap memiliki taste fashion tersendiri dan bagus untuk dipakai sehari-hari. Meskipun kualitas ekspor, namun harga yang ditawarkan sentra pengrajin rajut disini pun tak kalah murahnya dengan pakaian yang dijual di FO.  Harganya mulai dari Rp40.000 hingga Rp100.000 saja sweater rajut pun sudah bisa Anda miliki.

Untuk yang penasaran dengan kualitas baju rajut yang dihasilkan oleh sentra pengrajin ini bisa langsung datang ke Jalan Binong Jati No 17 Bandung. Jika berada di kawasan perempatan Jalan Ibrahim, sentra kerajinan rajut ini terletak di antara Jalan Ibrahim dengan Jalan Terusan Kiara Condong. Di sentra kerajinan ini Anda bisa menemukan hingga 400 industri pengrajin rajutan. Untuk yang ingin membeli baju rajutan dapat membeli secara grosir  untuk mendapatkan harga terbaik.

5. Pasar Cimol Gedebage

Pasar Cimol Gedebage
Pasar Cimol Gedebage via dolandolen.com

Untuk Anda yang ingin mendapatkan banyak barang namun budget ‘pas-pasan’, Anda bisa mengunjungi tempat belanja di Bandung yang bernama Pasar Cimol Gedebage. Di tempat ini Anda bisa menemukan berbagai macam barang branded seperti Calvin Klein, Zara hingga Levi’s dalam kondisi yang bagus namun harga yang relatif terjangkau.

Pasar Cimol Gedebage sendiri adalah pusat penjualan barang-barang bekas impor atau barang impor yang reject dari Jepang, Korea, China, dan Thailand, oleh karenanya tak jarang Anda dengan mudah menemukan barang yang berkualitas dengan harga yang murah.

Penjual pakaian di tempat ini biasanya membeli barang yang dijual dalam bentuk karungan dimana dalam satu karung berisi berbagai macam pakaian yang masih dalam kondisi bagus hingga yang kurang diminati. Saat berkunjung ke tempat ini, pastikan memilih barang secara teliti agar kualitas barang yang Anda beli pun bagus. Tips untuk Anda yang berminat mencari pakaian di tempat ini, pastikan datang setiap hari kamis karena tempat ini akan mendatangkan koleksi baru.

6. MD Plaza

MD Plaza Bandung
MD Plaza Bandung via rumah.com

Jika dulu ada tempat memburu pakaian yang murah meriah di Bandung dengan nama Kings Shopping Center, namun usai peristiwa kebakaran yang menimpa tempat tersebut beberapa waktu lalu pedagang yang berlokasi di Kings Shopping Center pindah ke lokasi baru dengan MD Plaza yang terletak di Jalan Dalem Kaum, Balong Gede. Karena penjualnya yang sama seperti di Kings Shopping Center maka harga yang ditawarkan pun masih sama.

7. Pusat Kain Cigondewah

Pusat Kain Cigondewah

Pusat Kain Cigondewah via dolandolen.com

Jika Jakarta memiliki Tanah Abang dan Mayestik sebagai sentra memburu kain, maka Bandung memiliki pusat kain Cigondewah yang disebut-sebut sebagai surganya bahan tekstil. Kelebihan dari sentra tekstil Cigondewah adalah harganya yang murah lantaran dijual dalam bentuk kiloan.

Selain itu tempat belanja di Bandung ini juga sering dijadikan lokasi memburu bahan oleh pengusaha bisnis pakaian atau konveksi baik dari Bandung maupun Ibu Kota. Hal tersebut dikarenakan koleksi barang yang ditawarkan cukup lengkap seperti kawasan Tanah Abang di Jakarta.

Untuk yang hendak ke tempat ini, lokasi Pusat Kain Cigondewah terletak tak jauh dari pusat kota atau sekitar 30 menit jarak tempuh. Harga kain yang ditawarkan pun cukup terjangkau dan variatif mulai dari Rp 16.000 hingga Rp 40.000 per meter atau Rp50.000 hingga Rp70.000 per kilo.

Baca Juga: Tips Pintar Memilih Tempat Belanja Online yang Aman tanpa Menggunakan Kartu Kredit

8. Pasar Jumat Pusdai

Pasar Jumat Pusdai
Pasar Jumat Pusdai via motorsportvideo.tv

Sesuai dengan namanya, tempat belanja di Bandung yang terletak dekat Pusdai ini hanya buka pada hari Jumat saja dan buka mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB. Pasar ini menyediakan berbagai macam kebutuhan dan barang – barang bekas hingga yang baru dan dengan kualitas impor dari luar seperti Tiongkok.

Produk yang disediakan sebagian besar adalah pakaian, namun tak jarang pula Anda dapat menemukan produk lain seperti peralatan rumah tangga dengan harga yang cukup terjangkau.  Jangan heran jika pengunjung pasar Jumat Pusdai selalu ramai oleh pengunjung lantaran harga yang menarik.

9. Jalan Cihampelas

Jalan Cihampelas
Jalan Cihampelas via myeatandtravelstory.wordpress.com

Tempat belanja di Bandung yang kini menjadi salah satu icon Kota Bandung ini adalah salah satu destinasi yang paling banyak dikunjungi oleh traveler Kota Bandung. Maka tak jarang kawasan ini selalu padat oleh pengunjung dan warga Bandung khususnya.

Jika ingin mencari kaos dengan harga yang terjangkau namun memiliki desain yang lucu, di sepanjang jalan Cihampelas ini banyak terdapat toko yang dapat Anda kunjungi, selain itu di tempat ini juga Anda dapat berburu oleh-oleh khas Bandung seperti dodol, atau berbagai macam keripik seperti keripik tempe dan peuyeum.

Baca Juga: Tips Tampil Berkelas Walaupun Budget Pas-Pasan