Tempat Makan di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Buat Anda yang tinggal di Jakarta dan ingin menghabiskan weekend tapi tidak ingin terlalu jauh, tentunya kota Bandung menjadi pilihan yang sering dijadikan sebagai tempat tujuan. Selain dekat dengan Jakarta, Bandung juga memiliki banyak sekali tempat wisata yang menjadi daya tarik pengunjung. Mulai dari wisata alam yang memukau, wisata kearifan lokal budaya sunda, dan wisata kuliner yang patut dicoba.

Tempat Makan di Bandung yang Wajib Anda Kunjungi

Berikut ini tempat makan pilihan yang bisa dijadikan referensi saat menghabiskan waktu liburan di kota kembang, Bandung:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Cie Rasa Loom Buah Batu

loader
Cie Rasa Loom via blogger.com

Tempat makan di Bandung yang pertama harus Anda kunjungi adalah Cie Rasa Loom. Hobi makan malam di tempat yang merakyat dan mencari kedai yang buka selama 24 jam? Anda bisa mengunjungi Cie Rasa Loom yang terletak di daerah Buah Batu, Kota Bandung. Kedai dengan sajian utama makanan khas Aceh ini selalu ramai pada malam hari. Bagaimana tidak, makanan yang disediakan oleh Cie Rasa Loom ini cukup murah, yaitu tak lebih dari Rp 35.000 per porsinya.

Walau tempatnya tak se-instagramable seperti pada rumah makan lainnya, Cie Rasa Loom Buah Batu memiliki masakan sederhana seperti nasi goreng, mie goreng dan mie rebus dengan cita rasa yang kuat akan rempah-rempahnya.

2. Kampung Daun  

Siapa yang tidak mengenal Kampung Daun? Tempat makan yang menawarkan konsep Café and Culture Gallery ini memanjakan pengunjungnya dengan suguhan alam yang hijau, dan suasana pedesaan khas sunda yang hening dan tetap berhawa dingin khas dataran Lembang.

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke Kampung Daun, highly recommended datang pada saat sore hari menjelang malam. Sebab, disana akan benar-benar merasakan suasana tersebut sambil menikmati beberapa santapan.

Beberapa menu yang ditawarkan antara lain menu khas Indonesia, western food, snack dan berbagai pilihan minuman seperti Coffee, Bajigur, Juice, Bandrek, Es Goyobod, Es Selasih, dan masih banyak lagi.

Lokasinya memang agak jauh dari kota Bandung tidak menjadi masalah. Sebab, ketika sampai di Kampung Daun, rasa lelah akan terbayarkan dengan melihat konsepnya yang kehijauan dan hidangannya yang lezat, sehingga liburan bersama keluarga menjadi lebih menyenangkan.

3. Iga Bakar Si Jangkung

Tempaat makan di Bandung yang harus Anda kunjungi selanjutnya adalah iga bakar si jangkung. Liburan di Bandung, jangan lupa mengunjungi Iga Bakar Si Jangkung yang terkenal dengan menu andalannya. Sesuai dengan namanya, makanan terpopuler dari rumah makan ini adalah iga bakar. Berbeda dengan iga bakar lainnya, iga bakar yang disediakan oleh rumah makan ini sudah tanpa tulang dan dihidangkan menggunakan hot plate dan harga nya tak terlalu mahal, yaitu 1 porsi iga bakar sapi hanya dibanderol dengan harga Rp 35.000. Uniknya lagi, selain menyediakan makanan yang lezat, rumah makan ini juga kerap mengadakan live performance music, sehingga suasana makan ini pun semakin meriah.

4. Nasi Kalong

Kedai yang buka dari pukul 19.00 hingga 03.00 dini hari ini banyak sekali didatangi pemburu kuliner malam karena menu yang disediakan cukup variatif. Nasi kalong sendiri adalah nasi berwarna hitam yang merupakan nasi merah yang dicampur dengan olahan kluwek hingga nasinya menjadi berwarna hitam dan ditambah bumbu seperti cabai, bawang merah, daun salam, kelapa parut dan lain sebagainya.

Tak lengkap jika makan nasi tanpa ditemani sayuran dan lauk, beberapa masakan yang bisa menjadi pilihan diantaranya adalah tumis buncis bakar, dan ayam goreng madu. Harganya pun terjangkau, seporsi nasi kalong beserta dengan lauk pauknya dibanderol antara Rp 20.000 hingga Rp 30.000, tergantung lauk dan sayur.

5. Yoghurt Cisangkuy

loader
Yoghurt Cisangkuy via blogger.com

Tempat makan di Bandung yang kelima adalah yoghurt cisangkuy. Bila liburan ke Bandung, jangan lewatkan destinasi wisata kuliner yang cukup terkenal ini Yoghurt Cisangkuy. Tempat kuliner yang berdiri sejak 1976 hingga sekarang ini memiliki citarasa yang tidak berubah dan sangat unik. Campuran yoghurt merupakan buah-buahan segar dan memiliki keasaman yang cenderung manis.

Untuk menyantap lezatnya yoghurt tersebut hanya perlu merogoh kocek Rp20.000 per porsinya sana. Sementara snack yang disediakan disini pun tak terlalu mahal yakni mulai dari Rp23.000.

6. Roemah Nenek Resto Café

Siapa yang meragukan Bandung sebagai salah satu destinasi wisata kuliner di Indonesia? Salah satu tempat makan di Bandung yang menjadi destinasi wisata kuliner yang wajib dicoba adalah Roemah Nenek Resto Café. Rumah makan bergaya bangunan jaman dulu yang classic ini menyediakan sajian yang variatif, mulai dari makanan khas bandung, Chinese food, Japanese Food, hingga makanan bergaya western.

Dengan banyaknya pilihan menu makanan, ternyata harga yang dibanderol pun terbilang cukup ramah di kantong. Satu porsi makanan di hargai antara Rp 13.000 hingga Rp 40.000, sedangkan untuk minuman berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 17.500, murah sekali bukan?

7. Raja Rasa

Rumah makan yang terletak di bilangan Setiabudhi, Kota Bandung ini terbilang tak pernah sepi dari pengunjung setianya, terutama pada saat akhir pekan. Sebenarnya sekilas tidak ada yang berbeda antara Raja Rasa dengan rumah makan khas sunda lainnya. Namun, menu yang dihidangkan Raja Rasa, berupa berbagai olahan laut yang tentunya menggugah selera. Untuk menikmati menu andalan, yakni nasi ulam, hanya perlu dibanderol seharga Rp40.000. Dengan harga tersebut sudah termasuk dalam pilihan lauk pauk yang disediakan.

Baca Juga: Restoran Unik dan Hemat di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

8. Paskal Food Market

Ingin mencari tempat makan di Bandung yang cocok untuk nongkrong sekaligus wisata kuliner? Anda bisa mencoba Paskal Food Market. Paskal Food Market terletak di Paskal Hypersquare tepatnya di Jalan Pasir Kaliki No. 25, Kota Bandung. Letaknya yang tak jauh dari stasiun Bandung membuat banyak wisatawan yang mampir ke tempat makan disini untuk sekedar beristirahat, maupun berwisata kuliner.

Paskal Food Market menyuguhkan konsep dengan ruang terbuka yang menyediakan lebih dari 50 stand dan berbagai macam kuliner yang harga relatif terjangkau. Paskal Food Market beroperasi setiap hari, dengan jadwal Senin hingga Jumat, pukul 11:00 sampai 23:30 WIB, dan pada hari Sabtu atau weekend jam operasi dari tempat ini adalah mulai pukul 11:00 sampai 00:30 WIB, sedangkan Minggu jam operasi mulai pukul 10.00 sampai 00.00 WIB.

9. Atmosphere Resort Café

loader
Atmosphere Resort Cafe via blogger.com

Tempat makan di Bandung yang terletak di kawasan Lengkong ini cukup ramai pada akhir pekan. Jika dilihat dari segi interiornya memiliki desain yang simple dan dikelilingi dengan sentuhan alam yang khas rumah makan di Bandung, sehingga sangat menyejukan pandangan mata. Semenatara untuk menu makanan, restoran ini menyediakan paket makan yang terbilang cukup terjangkau.

10. The Peak

Kembali ke daerah Lembang yang menyediakan banyak sekali pilihan tempat makan istimewa. Berikutnya kuliner yang wajib dicicipi adalah The Peak yang lokasinya tidak jauh dari Kampung Daun, Sapu Lidi, Dusun Bambu, dan tempat wisata lembang lainnya.

Satu hal yang membedakan antara tempat makan ini dengan yang lain adalah letaknya yang berada di puncak perbukitan Lembang, sehingga bisa menikmati indahnya pemandangan alam Bandung yang sangat menawan.

The Peak Lembang menawarkan berbagai macam olahan western serta pilihan minuman yang cukup variatif dengan harganya mulai dari Rp 50.000. Terbilang cukup mahal memang, namun jika Kita perhatikan dari tempat makan ini memang mengusung konsep fine dining dengan kualitas masakan yang tak perlu diragukan lagi. Jam operasional dari The Peak Resort Dining adalah pukul 09.00 pagi hingga 00.00.

11. The Valley Bistro Café

Anda sedang mencari tempat makan di Banding yang yang tak terlalu jauh dari pusat namun tetap menawarkan pemandangan yang bagus? Coba lah ke The Valley Bistro Café yang terletak di daerah Dago Pakar. The Valley Bistro Café menawarkan pemandangan Kota Bandung dari atas yang cukup menarik. Sngat dianjurkan datang saat sore menjelang malam maka bisa menikmati sunset dan gemerlap lampu perumahan di Kota Bandung yang terlihat dari ketinggian.

Tak hanya itu saja, The Valley Bistro Café ini juga menawarkan makanan yang sangat nikmat, salah satunya adalah aneka hidangan daging seperti steak seperti Ribs Steak, Beef Valentine, Beef Stew Stroganoff, Tenderloin Steak, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk menu minuman, rumah makan ini juga menyediakan berbagai macam jenis minuman yang dapat harus dicoba dengan harga yang cukup terjangkau.

12. Maja House

Rumah makan yang terletak tak jauh dari Hotel Stevie G  ini menawarkan berbagai pilihan makanan Indonesia. Porsinya yang cukup besar membuat menu makanan yang disajikan pun terbilang worth the price.

Beberapa menu yang dihidangkan di Maja House diantaranya adalah pasta, pizza, nasi goreng, hingga mie tek tek.

Desain dari Maja House sendiri terbagi atas dua bagian, yakni Indoor dan outdoor. Bagian dalam Maja House ditata cukup artistik dengan lighting yang redup, semakin membuat ambience di Maja House ini semakin menyenangkan terlebih untuk candle light dinner. Sementara bagian luar dari Maja House, Anda bisa menikmati pemandangan Kota Bandung dari ketinggian, menyenangkan bukan?

13. Sapu Lidi

loader
Sapu lidi via blogger.com

Siapa yang tak mengenal Sapu Lidi? Rumah makan yang terletak di Jalan Sersan Bajuri, daerah Lembang ini cukup dikenal dengan tempat makan yang rindang dengan menyediakan bungalow yang dapat disewa.

Untuk Anda yang tertarik ke Sapu Lidi Resto, tempat ini menawarkan berbagai menu andalan yang rasanya lezat. Menu kuliner di Sapu Lidi pun dibagi menjadi 4 jenis, yakni All Day Dining, Package Menu, Special Menu dan Banquet. Beberapa menu andalan dari Sapu Lidi diantaranya adalah Ayam Kahaseupan, Sapi Gibrik dan ayam bakar warisan. Untuk dapat menikmati sajian lezat tersebut, cukup merogoh kocek mulai dari Rp 50.000 per orang.

14. Sate Anggrek

Bicara soal tempat makan di Bandung, kedai sate satu ini terbilang cukup sederhana namun selalu ramai pengunjung. Terletak di persimpangan antara Jalan Riau dengan Jalan Anggrek membuat kedai ini dinamakan Sate Anggrek.

Buka mulai pukul 16.00 akan terlihat antrian panjang serta kepulan asap karena proses pembakaran sate yang terkenal cukup panjang yakni hingga 2 meter. Menariknya, proses pembakaran sate tersebut dilakukan sejak kedai dibuka hingga menjelang maghrib. Setelah sate dibakar, nantinya sate tersebut akan disiram menggunakan bumbu kacang panas.

Salah satu kelebihan dari Sate Anggrek ini bukan hanya mengenai rasa saja, namun harganya yang terbilang cukup terjangkau, yakni satu porsi sate berisi 10 tusuk hanya dihargai Rp 12.000 saja.

15. Kupat Tahu Gempol

loader
Kupat tahu gempol via blogger.com

Meskipun terletak jauh dari keramaian, salah satu makanan terkenal di Kota Bandung yakni Kupat Tahu Gempol yang kini menjadi viral berkat ucapan Kang Emil yang saat itu menjabat sebagai Walikota Bandung. Meskipun buka di pagi hari, namun pengunjungnya tak pernah sepi bahkan sering kali mengular. Untuk seporsi Kupat Tahu Gempol hanya seharga Rp15.000.

Untuk mencari Kupat Tahu Gempol, sebenarnya tak terlalu sulit, bahkan letaknya pun tak jauh dari Gedung Sate. Namun karena letaknya di jalan yang kecil, Anda perlu bertanya dengan warga sekitar atau jika perlu menggunakan GPS.  

16. Bebek Ali (Bebek Borromeus)

Tempat makan di Bandung selanjutnya adalah bebek Ali. Makanan dengan menu hidangan utama bebek, sering kali tak disukai karena teksturnya yang alot dan keras. Namun berbeda dengan Bebek Ali Borromeus atau yang biasa disebut dengan Bebek Ali Borme yang kebetulan letaknya yang tidak terlalu jauh dari Rumah Sakit Boromeus.

Bebek Ali Borme memiliki tekstur yang empuk dan kering, berbeda dengan olahan bebek pada umumnya. Harnya pun cukup murah, hanya Rp20.000 per porsinya.

Baca Juga: 15 Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi

17. Batagor Hanjuang

Berbicara mengenai tempat makan di Bandung tentunya akan langsung teringat dengan batagor. Salah satu batagor yang terkenal di Bandung adalah Batagor Hanjuang. Makanan hasil akulturasi antara kebudayaan tionghoa dengan Indonesia ini cukup dikenal oleh banyak orang.

Di Bandung sendiri, batagor sangat mudah ditemui mulai dari kaki lima, café hingga restoran terkenal. Namun satu batagor yang cukup terkenal adalah Batagor Hanjuang yang terletak di Jalan Astina daerah Cicendo.

Batagor Hanjuang sendiri mulai berdiri sejak tahun 1990-an. Karena banyak pembeli yang rela mengantri, penjual Batagor Hanjuang mampu menjualnya hingga 1.500 potong setiap harinya. Untuk satu porsi Batagor, di kedai ini hanya dibanderol Rp10.000 untuk 6 potong. Sedangkan jika menggunaan mie, porsi batagornya menjadi 3 potong dan dibanderol dengan harga yang sama. Tertarik untuk mencoba?

18. Bebek Garang

Nama bebek garang bagi warga Bandung cukup terkenal berkat banyaknya pilihan sambal yang bisa dibeli secara terpisah. Kedai yang terletak di jalan Braga dengan salah satu menu andalannya yakni Bebek sambal rica-rica yang pedas menggoda.

Untuk seporsi bebek dibanderol dengan harga Rp30.000, sedangkan untuk menu ayam dibanderol dengan harga yang lebih murah. Selain menyediakan berbagai pilihan ayam dan bebek, disini juga bisa memilih hidangan penutup yang tak kalah enak, yakni banana split.

Rencanakan Wisata Kuliner Anda ke Bandung

Selain menjadi tempat kota wisata alam, Bandung juga memiliki wisata kuliner yang patut dikunjungi. Nah, berhubungan kota kembang ini dekat dengan Jakarta, tak ada salahnya rencanakan di saat weekend untuk mencicipi semua wisata kuliner Bandung.

Baca Juga: 11 Tempat Menarik yang Wajib Dikunjungi Pecinta Hello Kitty