Tempat Makan di Malang yang Enak dan Murah Buat Para Penjelajah Kuliner

Menjadi salah satu kota dengan banyak destinasi wisata, Kota Malang tak hanya menyajikan keindahan alam dan uniknya kebudayaan khas Jawa Timur.

Tempat Makan di Malang yang  Wajib Dikunjungi

Malang pun saat ini telah memiliki banyak sekali destinasi wisata kuliner yang patut Anda coba. Berikut beberapa destinasi wisata kuliner di Malang yang harus Anda kunjungi saat berlibur di Kota ini. Berikut ulasan selengkapnya:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Bakso President (sejak 1977)

Bakso President.
Bakso President via jarangpanas.com

Tak diragukan lagi, tempat makan di Malang dengan bahan utama daging ini menjadi salah satu makanan yang paling dicari traveler di Malang. Salah satu bakso yang terkenal di Malang adalah Bakso President yang konon katanya berdiri sejak tahun 1977.

Merintis bisnisnya sebagai penjual bakso pikul, Abah Sugito yang merupakan pendiri Bakso President saat ini telah sukses menjadikan merek Bakso President sebagai wisata kuliner utama yang sangat populer di Malang.

Disebut Bakso President dikarenakan letaknya yang berada di belakang bioskop President yang saat ini justru telah beralih fungsi menjadi pusat perbelanjaan. Meskipun letaknya bersebelahan dengan rel kereta api, namun kedai bakso ini tak pernah sepi pengunjung.

Harga yang ditawarkan oleh Bakso President sendiri adalah mulai dari Rp10.000 untuk bakso saja, hingga Rp20.000 untuk menu bakso campur spesial. Selain menyediakan menu sajian utama bakso, di kedai ini Anda juga bisa membeli oleh-oleh berupa kerupuk bakso yang garing dan enak.

Untuk Anda yang penasaran dengan cita rasa Bakso President, Anda bisa mengunjungi kedainya yang terletak di Jl. Batanghari No.5, Malang, Jawa Timur.

2. Toko Oen (sejak 1930)

Toko Oen
Toko Oen via surabaya.panduanwisata.id

Masih di seputaran pusat Kota Malang, adalah Toko Oen yang terkenal dengan menu andalan utamanya yakni es krim. Toko Oen sendiri terletak di Jalan Jenderal Basuki Rahmat No.5, Kauman, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur. Sedangkan jam buka dari Toko Oen sendiri adalah antara pukul 08.00 hingga 21.30, sedangkan untuk range harga makanan yang dijual yakni antara Rp20.000 hingga Rp50.000.

Kelebihan dari es krim buatan tempat makan di Malang ini adalah arian es krim yang merupakan homemade, yang mirip seperti es krim Ragus yang populer di Jakarta. Varian rasa es krim dari Toko Oen diantaranya adalah Tutti Fruity Cassata yang berasal dari buah-buahan, Sparkling Delight atau es krim buah yang disajikan dengan kembang api yang menyala, hingga Morus yang merupakan olahan es krim dengan rasa kopi yang kuat.

3. Depot HTS / Han Tjwan Sing (Tahun 1927 – Sekarang)

Depot  Han Tjwan Sing
Depot  Han Tjwan Sing via merdeka.com

Untuk Anda yang berkunjung ke Malang untuk tujuan backpacker, Anda patut mengunjungi Depot HTS (Han Tjwan Sing) yang terkenal dengan makanan yang enak dan murah meriah. Depot HTS terletak di Jalan DR Wahidin Nomor 123, Kalijero, Lawang, Malang Jawa Timur. Sedangkan untuk jam buka rumah makan ini adalah antara pukul 07.00 hingga 21.00 WIB.

Tempat makan di Malang yang berdiri sejak tahun 1927 ini merupakan salah satu spot favorit traveller yang singgah di Kota Apel ini, utamanya yang hendak melakukan perjalanan keluar Kota Malang, ke arah utara misalnya ke Surabaya.

Menu makanan yang disediakan di HTS salah satu yang terfavorit diantaranya adalah onde-onde khas KTS dan rawon merah. Kelebihan dari onde-onde yang dibuat oleh HTS adalah bentuknya yang bulat dan kenyal atau tidak keras dengan warna merata kekuningan. Selain itu isi dari onde-onde tersebut pun memiliki banyak varian, diantaranya adalah kacang hijau yang cukup mainstream, kelapa, hingga kacang merah .  

4. Warung Lama Haji Ridwan (sejak 1925)

Warung Lama Haji Ridwan
Warung Lama Haji Ridwan via merdeka.com

Destinasi wisata kuliner untuk yang mencari tempat makan di Malang yang murah selanjutnya adalah Warung Lama Haji Ridwan yang terkenal dengan cita rasa yang lezat. Makanan yang disediakan di warung ini pun akan membawa Anda kembali ke jaman jawa kuno.

Beberapa menu andalan yang bisa Anda coba diantaranya adalah ayam panggang bumbu rujak. Selain itu bisa juga mencoba sate komoh, sate usus sapi, hingga nasi rawon khas jawa timur. Untuk yang penasaran dengan menu makanan yang disediakan, Anda bisa mengunjungi Warung Lama Haji Ridwan yang terletak di Jalan K.H Zaenal Arifin No. 45B, Kota Malang.

Untuk menu sate yang disediakan di warung ini pertusuknya di harga Rp5.000, sedangkan untuk Anda yang ingin mencoba nasi gule sapi dan nasi campur di warung ini dihargai sekitar Rp9.000 hingga Rp11.000. Jika ingin berkunjung ke warung ini pastikan datang antara pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

5. Soto Daging Rahayu (sejak 1928)

 Soto Daging Rahayu
Soto Daging Rahayu via monggomampircip.blogspot.com
 

Untuk Anda penggemar makan berkuah seperti Soto, wajib mengunjungi kedai Soto Daging rahayu. Kedai satu ini disebut-sebut merupakan soto paling enak di Malang. Letak Soto Daging Rahayu sendiri tak jauh dari Warung Lama Haji Ridwan tepatnya di Jalan Danau Maninjau, Kedungkandang, Malang.

Kedai soto ini buka antara pukul 08.00 hingga pukul 18.00, sedangkan range harga soto di kedai ini berkisar antara Rp10.000 hingga Rp20.000 saja, murah bukan?

Meskipun kedainya terlihat sangat sederhana, namun pamor kuliner Malang ini tak kalah dengan destinasi wisata kuliner yang telah Kita bahas di atas. Soto daging di kedai ini memang memiliki cita rasa yang khas, yakni menggunakan koya dari kelapa, bukan dari kerupuk layaknya soto daging yang sering kita temui.

6. Rumah Makan Cairo (sejak 1952)

Rumah Makan Cairo

Rumah Makan Cairo via malangculinary.com

Sama seperti namanya, Rumah Makan Cairo adalah rumah makan yang menyediakan sajian khas timur tengah. Terletak di Jalan Kapten Tendean, No 1, tempat makan di Malang ini cukup terkenal dengan sajian sate kambingnya. Oleh karenanya tak heran jika banyak traveler dari berbagai kota menyempatkan diri datang ke rumah makan ini.

Kelebihan dari sate kambing Rumah Makan Cairo adalah bahan utamanya, yakni daging kambing yang memiliki irisan cukup besar dan cita rasanya yang khas dan memiliki tekstur yang lembut. Selain itu aroma daging kambing nya pun tidak bau prengus.

Selain menyediakan sate kambing, rumah makan ini juga menyediakan susu kambing etawa yang kono katanya baik untuk kesehatan. Sedangkan range harga makanan dan minuman di rumah makan ini adalah antara Rp4.000 hingga Rp40.000.  

7. Depot Rawon Nguling

Depot Rawon Nguling
Depot Rawon Nguling via merdeka.com

Jika Anda berkunjung ke Kota Malang dan kota-kota di jawa timur, dengan mudah Anda akan menemukan warung yang menyediakan rawon. Salah satu tempat makan di Malang yang wajib dikunjungi untuk menikmati rawon adalah Depot Rawon Nguling yang terletak di Jalan Zainal Arifin No. 62.

Sajian rawon sendiri merupakan sup daging yang disajikan dengan kuah hitam karena menggunakan bumbu berupa kluwek dan rempah-rempah khas Indonesia seperti bawang merah, bawang putih,lengkuas, ketumbar, serai, kunir, cabai, dan lain sebagainya.

Kelebihan rawon nguling dibandingkan dengan rawon lain di daerah Kota Malang yakni kuah yang tidak terlalu pekat dan tidak terlalu berlemak, selain itu potongan dagingnya pun besar dan empuk.

Untuk yang ingin mencoba Rawon Nguling, cukup sediakan uang antara Rp 14.000 hingga Rp 35.000 saja. Sedangkan untuk jam buka kedai ini adalah antara pukul 07.00 hingga 15.30. Namun pastikan datang lebih cepat agar tidak kehabisan rawon dari Depot Nguling ini.

8. Rawon Brintik (sejak 1942)

Rawon Brintik
Rawon Brintik via travelingyuk.com

Selain rawon nguling, Rawon Brintik pun wajib dicoba antaran menawarkan harga yang relatif murah namun memiliki rasa yang lezat. Dinamakan rawon brintik lantaran istri sang perintis usaha kuliner ini konon kabarnya memiliki rambut yang keriting atau biasa orang jawa menyebutnya dengan istilah brintik.

Untuk Anda yang penasaran dengan Rawon Brintik, Anda bisa mengunjungi kedainya yang terletak di Jalan K.H Ahmad Dahlan No 39, Kota Malang. Sistem penyajian nasi rawon di rumah makan ini pun terbilang tak ada yang berbeda dengan warung makan lain yang menyediakan rawon, yakni sama-sama mencampur kuah rawon dengan nasi. Satu porsi rawon di rumah makan ini dibanderol sekitar Rp20.000.

9. Soto dan Bakso Geprak Mbah Djo (Tahun 1935 – Sekarang)

Soto dan Bakso Geprak Mbah Djo
Soto dan Bakso Geprak Mbah Djo via ksmtour.com

Tak punya cukup waktu untuk berkeliling mencari tempat makan di Malang? Anda bisa mencoba makanan yang disajikan di Soto dan Bakso Geprak Mbah Djo. Selain tempat kuliner yang murah, rumah makan ini juga menyajikan sajian yang enak berkat resep rahasia sejak tahun 1935 yang dirintis oleh pendirinya. Selain soto dan bakso, Anda juga bisa mencoba menu ayam, dan bebek goreng di kedai ini.  

Sesuai dengan namanya, Mba Djo adalah pendiri kedai Soto dan Bakso yang dibuka pada tahun 1935 ini. Namun resep rahasia dari kedai ini baru diketahui beberapa tahun belakangan oleh cucu dan cicit beliau berupa tulisan tangan resep yang bertahun-tahun dipergunakan.

Proses pengolahan dagingnya pun cukup unik, yakni dengan cara menumbuk atau menggeprak daging hingga halus hingga serat daging terpisah dengan sendirinya tanpa menggunakan proses pemotongan serat yang biasa dilakukan oleh penjual soto maupun bakso pada umumnya.

Namun untuk menjaga kebersihan, kesehatan serta efektivitas dalam setiap pengolahannya, saat ini kedai ini telah memiliki mesin penumbuk daging yang sistemnya sama seperti dengan proses penumbukan manual guna mempertahankan cita rasanya. Lokasi dari Soto dan Bakso Geprak Mba Djo terletak di Jalan Letjen S. Parman No 77-7, Kota Malang.  

Enak, Murah dan Mengenyangkan

Demikian lah beberapa destinasi tempat makan di Malang. Tak hanya terkenal dengan destinasi air terjun dan wisata alam lainnya yang indah, namun Kota Apel ini juga memiliki banyak destinasi wisata kuliner yang dapat Anda eksplorasi lebih jauh.