Tempat Makan di Medan yang Wajib Anda Singgahi

Kota Medan menawarkan berbagai macam destinasi wisata menarik yang patut Anda kunjungi. Salah satunya menikmati beragam kuliner nan lezat yang ada di seputaran ibu kota Sumatera Utara (Sumut) ini.

Tempat Makan di  Medan yang  Wajib Dikunjungi

Bicara soal makanan khas Medan, bukan cuma durian saja loh. Masih banyak kuliner lain yang bisa Anda cicipi selagi ada di sana. Kalau bingung, ini nih rekomendasi tempat makan di Medan yang enak. Berikut selengkapnya.

Baca Juga: Tempat Makan di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Rumah Makan Sipirok Medan

Untuk Anda pecinta kuliner berkuah, coba kunjungi Rumah Makan Sipirok yang ada di Jalan Raya Sunggal Nomor 14, Simpang Tanjung, Medan. Daya tarik utama dari tempat makan di Medan ini adalah sajian sup daging. Resepnya sudah turun temurun. Saking enaknya, Rumah Makan Sipirok selalu ramai pengunjung. Harga makananan di rumah makan ini cukup murah, mulai dari Rp13.000.

2. Merdeka Walk

Merdeka Walk
Merdeka Walk via tobadetour.com

Salah satu tempat makan di Medan paling terkenal adalah Merdeka Walk. Ada sekitar 30 outlet kuliner yang menyediakan berbagai menu, seperti soto, lontong sayur, sushi, steak, sop buntut, dan masih banyak lainnya. Makanan khas yang dijajakan di sana yakni mie balap seharga Rp5.000 per porsi.

Jangan khawatir tidak kebagian tempat duduk, karena area Merdeka Walk cukup luas dan menyediakan 700 bangku untuk mengakomodir pengunjung. Jadi Anda bisa membawa keluarga untuk makan bersama.

Uniknya saking luasnya, tempat ini sering dijadikan tempat lomba, contohnya saja pertandingan bola. Kalau datang ke Medan, sangat mudah menemukan lokasi Merdeka Walk. Tepatnya di Jalan Denai, depan SPBU Denai membuat tempat ini cukup mudah ditemukan.

3. Mie Ayam Akong/Acim

Salah satu tempat makan di Medan yang cukup tua adalah Mie Ayam Akong/Acim lantaran berdiri sejak tahun 1978 di Jalan Perniagaan, Kota Medan. Untuk satu porsi mie ayam dibanderol seharga Rp23.000. Selain menyediakan sajian utama mie ayam, di kedai ini juga ada lumpia udang, chicken wings, cheese potato skin, durian tempura, serta berbagai pilihan jus segar. Nah Anda bisa mencicipi mie ayam legendaris ini di Jalan STMK Dalam Nomor 2A.

4. Kuliner Rujak Kolam Takano Juo Medan

Rujak Kolam Takano Juo di seberang Masjid Raya Medan sudah terkenal sejak 45 tahun silam. Pengunjung rela antre untuk seporsi rujak ini karena rasanya yang nikmat dan segar dan membuat pengunjung kembali ke suasana masa lalu. Satu porsi Rujak Kolam Takano Juo dibanderol Rp15.000. Kedainya buka dari pukul 10 pagi hingga 10 malam.

5. Kawasan Kuliner Pagaruyung

Jika di Surabaya ada kawasan Sunan Ampel, di Kota Medan punya kawasan yang mirip, yakni kawasan Kampung Madras. Kalau mau makan enak, salah satu destinasi wisata kuliner di Kampung Madras yang selalu ramai pengunjung adalah Kawasan Kuliner Pagaruyung. Kawasan Kuliner Pagaruyung buka mulai dari jam 6 sore sampai lewat tengah malam.

Menu yang disediakan tempat makan di Medan ini cukup beragam, seperti martabak India, roti cane, nasi briyani, teh tarik, dan lain sebagainya dengan harga mulai dari Rp11.000. Kawasan Kuliner Pagaruyung terletak di Jalan dr. Mansur, tepatnya dekat dengan simpang Jalan Setiabudi. Kawasan kuliner ini buka mulai dari pukul 7 pagi hingga 11 malam.

6. Sate Memeng

Kuliner Sate Memeng terletak di Jalan Irian Barat Nomor 1 Gang Buntu, Kota Medan Timur. Kedai ini menyediakan berbagai pilihan sate, yakni daging ayam, sapi, hati, serta usus atau jeroan yang dipotong cukup besar. Nah untuk sambal atau bumbu sate yang digunakan ada 3 varian, yakni sambal kacang, kecap, dan padang.

Jika Anda ingin mencoba semua jenis sambalnya, mintalah sambal secara terpisah. Satu porsi Sate Memeng dihargai Rp20.000. Isinya 5 tusuk sate, belum termasuk dengan lontong atau nasi. Jangan sampai kehabisan karena kedai Sate Memeng buka pukul 18.00 hingga 01.00 WIB.

7. Durian Ucok Medan

Siapa yang tak kenal Durian Ucok Medan? Para pelancong pasti akan menyempatkan untuk menikmati lezatnya buah berduri itu. Durian Ucok bahkan disebut-sebut sebagai salah satu ‘surga’ bagi para pecinta durian karena rasanya yang khas membuat siapapun yang menikmatinya ketagihan. Banyak penjual durian Medan di sepanjang Jalan Wahid Hasyim.

tempat makan di Medan ini populer karena menyajikan durian yang buahnya tebal, teksturnya lembut, dan rasa yang legit. Selain dapat menikmati dalam bentuk buah, Anda juga dapat makan durian dalam panganan pancake serta es krim. Tertarik untuk mencoba?

8. Soto Kesawan Enak Tenan

Soto Kesawan Enak tenan yang terletak di jalan Ahmad Yani Nomor 116 sangat unit karena menggunakan udang sebagai topping utamanya. Untuk membuat aroma soto semakin nikmat, udang yang ditambahkan pada soto, sebelumnya digoreng terlebih dahulu.

Jadi rasa udang yang disajikan pun semakin gurih. Bila tidak menyukai udang, tempat makan di Medan ini menyediakan soto lainnya, yaitu soto daging ayam dan soto daging sapi. Tersedia juga soto campur, yang terdiri dari perpaduan udang, daging ayam, dan daging sapi. Lezat ya sepertinya?

9. Mie Ayam Jamur Kumango

Selain mie ayam Akong/Acim, kuliner lain yang dapat Anda nikmati adalah Mie Ayam Jamur Kumango. Kedainya berada di kawasan Jalan Mangkubumi, dan menyediakan mie dengan tekstur tipis, kenyal dengan tambahan lauk berupa irisan daging ayam serta jamur. Untuk melengkapi cita rasanya, ditambahkan taoge, sawi, dan taburan bawang goreng sehingga menambah kelezatan mie ayam ini.

Tempat makan di Medan ini sudah berdiri sejak tahun 1958 dan menjadi salah satu tempat makan yang cukup terkenal. Bukan hanya menyediakan mie ayam, tapi juga kopi tradisional khas Medan.

10. Roti Tisu Martabak Gapa, Perniagaan

Kuliner unik, namun tetap menyajikan rasa yang autentik di Medan, yaitu Roti Tisu Martabak Gapa. Roti tisu ini berbentuk sejenis crepes dengan adonan kulit yang renyah dipadukan dengan rasa manis dan gurih dengan taburan keju dan lelehan susu kental manis. Untuk satu porsi Roti Tisu Martabak Gapa di kedai ini dibanderol mulai dari Rp25.000. Kedai ini terletak di Jalan Perniagaan Nomor 15, daerah Medan Barat. Jam buka pukul 00.00 hingga 12.00, dan dilanjutkan kembali dari pukul 18.00 hingga 00.00.

11. Rumah Makan Khas Binjai, Nasi Ayam Mama Koki

Nasi Ayam Mama Koki adalah tempat makan di Medan yang menyediakan olahan ayam yang cukup istimewa dengan cita rasa yang nikmat. Saus manis berpadu dengan daging ayam diolah secara sempurna membuat Anda tentunya ingin kembali ke rumah makan ini. Satu porsi nasi ayam di Rumah Makan Khas Binjai dibanderol mulai dari Rp29.000. Untuk yang ingin mencoba kuliner nasi ayam ini, Anda dapat mengunjungi rumah makan yang terletak di Jalan Singa, Pandau Hulu II, Kota Medan. Buka mulai pukul 10.30-14.30, dan dilanjutkan kembali pukul 17.00 hingga 21.30.

12. Es Pokat Kocok Simpang Glugur

Wisata kuliner dessert di Kota Medan? Singgah deh di kedai Es Pokat Kocok Simpang Glugur. Letaknya di Jalan K. L. Yos Sudarso Nomor 21K, Glugur Kota, Medan Barat, dan buka pukul 13.00 hingga 23.00. Es Pokat Kocok Simpang Glugur rasanya begitu nikmat, tak heran jika antrean di kedai ini bisa mencapai nomor 100. Harga yang ditawarkan pun murah, hanya Rp9.000 untuk satu porsi es alpukat.

Baca Juga: Tempat Makan di Surabaya yang Asik dan Enak, Dijamin Bikin Nagih

13. Jalan Semarang

Kuliner malam di Kota Medan yang cukup terkenal terdapat di kawasan Jalan Semarang. Buka mulai pukul 17.00, jalan ini selalu ramai dengan penjual makanan Chinese. Pasalnya Jalan Semarang ini merupakan sebuah kawasan pecinan. Beberapa menu Chinese food yang dapat Anda cicipi, seperti samcan goreng, ifumie, ciongfan atau wokfen. Semakin malam, kawasan Jalan Semarang ini akan semakin ramai dengan pengunjung yang siap berburu makanan.

14. Warkop Elisabeth

Anda kelaparan di tengah malam dan tinggal tidak terlalu jauh dari Rumah Sakit Santa Elisabeth? Ini nih ada Warkop Elisabeth yang terletak di Jalan H. Misbah. Buka 24 jam nonstop, membuat warkop ini tak pernah sepi pengunjung. Menu andalannya adalah nasi perang yang mirip seperti nasi kucing dengan lauk telur, ikan atau ayam. Tempat ini cocok untuk dijadikan tempat nongkrong maupun tempat menikmati kuliner yang murah meriah.

15. Lontong Kak Lin

Sesuai dengan namanya, kedai Lontong Kak Lin menyediakan kuliner serba lontong, seperti lontong sayur, lopis, sampai lontong pecel. Kuliner satu ini cocok untuk menu sarapan maupun menu makan siang karena kedai ini buka mulai dari pukul 07.30 hingga 18.00. Selain menyediakan berbagai menu dengan sajian berupa lontong, ada pula makanan ringan lain seperti kue sus, klepon, dan martabak.

Kedai Lontong Kak Lin berdiri sejak tahun 1994. Pendirinya bernama Nuzulina. Berawal dari sebuah kios kecil, kini kedai Lontong Kak Lin telah menempati sebuah bangunan berupa ruko. Kedai ini terletak di Jalan Teuku Cik Ditiro Nomor 76, tepatnya di depan SMA 1 Medan.

16. Mie Balap Wahidin

Selain terdapat di Merdeka Walk, sajian mie balap yang cukup terkenal di Medan adalah Mie Balap Wahidin yang diambil dari nama lokasi kedai in di Jalan Wahidin. Tepatnya berada di simpang Jalan Gajah. Mie Balap adalah sajian mie khas Medan yang menggunakan bahan utama bihun maupun kwetiau. Penamaan Mie Balap diambil dari teknik pengolahan yang yang dilakukan sang penjual dengan sangat cepat.

Teknik memasak mie balap cukup unik, yakni dengan cara digoreng di atas kuali dengan sumber api dari kayu bakar. Teknik memasak tersebut yang membuat cita rasa kuliner satu ini menjadi khas. Anda pun bebas memilih lauk, mulai dari telur, bakso ikan, cumi-cumi, atau lainnya.  

17. Rumah Makan Tabona

Kalau mau makan makanan rumahan, singgah di Rumah makan Tabona yang terletak di Jalan Mangkubumi Nomor 1. Menu andalan rumah makan ini dia ntaranya bihun kari, kari ayam, kari sapi, sampai kari kambing. Anda bisa menikmati sajian kari tersebut mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 17.00 WIB.

18. Kedai Kopi Apek

Kedai Kopi Apek
Kedai Kopi Apek via goodindonesianfood.com

Anda pecinta kopi? Jangan lupa berkunjung ke Kedai Kopi Apek yang terletak di Jalan Hindu Nomor 37, Kota Medan. Kedai ini disebut-sebut sudah berdiri sejak 1922 dan masih eksis sampai sekarang. Satu hal yang membuat kopi di kedai ini berbeda adalah ketelitian pemilik kedai dalam meracik kopi, mulai dari pemilihan biji kopi yang digunakan, pengaturan suhu air, maupun teknik mengaduk sangat diperhatikan, sehingga menciptakan rasa kopi yang nikmat. Sembari minum kopi, Anda pun dapat memesan makanan ringan, seperti roti bakar dan roti kukus.

19. Bihun Bebek Asie

Di Jalan Kumango terdapat salah satu destinasi wisata kuliner Bihun Bebek Asie. Tempat makan di Medan ini cukup legendaris lantaran rasanya yang nikmat. Selain itu, potongan daging bebek, sawi serta taburan daun bawangnya pun semakin menambah cita rasa bihun ini semakin lezat.

20. Sate Padang Al-Fresco

Sate Padang di Kota Medan, bagaimana rasanya? Jika penasaran, datang lah ke kedai Sate Padang Al-Fresco. Sate padang ini disajikan lengkap dengan taburan keripik singkong pedas sehingga makin menggoyang lidah. Kedai Sate Padang Al-Fresco mulai buka pukul 07.00-24.00.

21. Mie Aceh Titi Bobrok

Di Medan, tidak sulit menemukan kedai yang menyediakan menu mie Aceh. Yang paling sering dikunjungi adalah Mie Aceh Titi Bobrok. Berada di Jalan Setia Budi, kedai ini buka pukul 11.00 hingga 21.00. Salah satu menu andalannya adalah mie dengan campuran kepiting.

Jika tidak suka kepiting atau seafood, Anda bisa memesan mie Aceh biasa, mie Aceh telur, atau mie Aceh daging. Bahan utama dari mie Aceh ini adalah mie kuning yang dimasak pedas dengan campuran berupa daging, atau kepiting.

22. Seafood Jalan Wajir

Kalau lagi mau makan seafood di Medan, ada kedai seafood terletak di Jalan Wajir. Di sana berderet penjual makanan laut. Berbagai olahan seafood di kawasan ini cukup lengkap, ada belut cabai hijau, cumi telur asin dan ikan steam, serta masih banyak lainnya. Tak perlu khawatir, harga yang ditawarkan kedai-kedai seafood di Jalan Wajir cukup ramah di kantong, dan rasanya pun lezat.

23. Sop Sumsum Langsa

Penasaran dengan sop sumsum di Medan? Datang ke kedai Sop Sumsum Langsa yang terdapat di Jalan Yos Sudarso Nomor 73. Satu porsi sop sumsum dijual seharga Rp47.000, terdiri dari tulang sumsum besar dengan sisi sumsum yang dapat Anda makan dengan menggunakan sedotan. Tempat makan di Medan ini menawarkan rasa kuah yang gurih ditambah perasan jeruk nipis, dan sambal merah membuat Sop Sumsum Langsa pun semakin nikmat.

Yuk Melancong ke Medan

Indonesia begitu luas, dan Medan salah satu destinasi liburan yang menawarkan berbagai tempat wisata menarik, termasuk kulinernya. Anda bisa memanfaatkan promo atau diskon kartu kredit untuk membeli tiket pesawat. Lumayan kan bisa menghemat bujet.

Baca Juga: Tempat Makan di Malang yang Enak dan Murah Buat Para Penjelajah Kuliner