Tempat Makan di Surabaya yang Enak, Murah dan Cocok untuk Para Backpacker

Sebagai salah satu Kota terbesar di Indonesia, Kota Surabaya tak hanya menjadi salah satu kota pusat bisnis di Indonesia. Berbagai destinasi wisata di Surabaya pun cukup banyak, mulai dari wisata edukasi, wisata alam, hingga wisata kuliner. Berkat banyaknya destinasi wisata kuliner, membuat banyak traveller pun ingin kembali lagi berkunjung ke ibukota Jawa Timur tersebut.

Tempat Makan di Surabaya yang Cocok untuk Backpacker

Apakah Anda sedang merencanakan untuk berkunjung ke Surabaya? Ini dia beberapa destinasi wisata kuliner yang patut dicoba selama berada di Kota Pahlawan tersebut:

1. Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

Sate Klopo Bu Asih
Sate Klopo Bu Asih via paketwisata.id

Tempat makan di Surabaya pertama yang segera perlu kamu kunjungi adalah sate klopo ondomohen Bu Asih. Pernahkah menikmati sate yang disajikan dengan parutan kelapa? Selain cita rasa daging yang juicy tentu saja bercampur dengan rasa gurihnya kelapa tersebut. Sate klopo adalah bahasa jawa dari sate kelapa yang merupakan sajian yang disediakan di rumah makan tersebut.

Bentuknya dari sate klopo tidak seperti sate pada umumnya yang menggunakan bumbu kacang sebagai sausnya, sate yang disediakan rumah makan ini justru disajikan bersama dengan parutan kelapa .

Selain menu sate, sebagai pelengkapnya pun bisa memesan nasi putih maupun lontong yang telah ditaburi dengan serundeng atau parutan kelapa yang digoreng yang dapat disantap bersama dengan sate klopo. Sate Klopo Ondomohen Ibu Asih sendiri terletak di Jalan Walikota Mustajab 36 terletak berdekatan dengan kantor pemerintahan walikota Surabaya.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

2. Nasi Babat Madura Mbok Lemu

Nasi Babat Madura Mbok Lemu
Nasi Babat Madura Mbok Lemu via idntimes.com

Tempat makan di Surabaya yang bernama Kedai Nasi Babat Madura Mbok Lemu ini menyajikan nasi yang dipadukan dengan mie, babat goreng, paru goreng, dan usus sapi goreng. Namun salah satu daya Tarik dari nasi campur ini adalah adanya sambal yang sangat pedas namun akan membuat Anda ketagihan dengan cita rasa gurihnya. Selain itu lauknya pun terasa pas bumbunya dan tentunya empuk.

Karena rasanya yang lezat, tak jarang banyak orang yang rela antri hanya untuk menikmati kuliner satu ini. Nasi Babat Madura Mok Lemu ini sejak dari buka pertama kali memang tak pernah sepi dari pengunjung.

Beberapa artis Indonesia pernah berkunjung di kedai ini, diantaranya adalah Giorgino Abraham, Chef Juna, hingga Hedi Yunus. Untuk dapat menikmati nasi babat ini cukup mengarahkan kendaraan ke Jalan Raya Darmo Permai I No. 27 Kota Surabaya.

3. Rujak Cingur Ahmad Jais

Rujak Cingur Ahmad Jais

Rujak Cingur Ahmad Jais via pesona.travel

Sebagai salah satu kota asal rujak cingur, tak heran jika Anda dengan sangat mudah akan menemukan rujak cingur. Namun diantara banyaknya rujak cingur yang ditemui di Kota Pahlawan, adalah Rujak Cingur Ahmad Jais yang paling terkenal.

Dinamakan rujak cingur Ahmad Jais dikarenakan lokasinya yang berada di Jalan Achmad Jais nomor 40. Karena rasanya yang terkenal lezat, tak jarang banyak artis ibukota yang mampir ke kedai satu ini.

Salah satu kelebihan dari rujak cingur ini adalah rasa bumbu rujaknya yang lezat yang diulek oleh sang pemilik kedai yani Ny. Giok Tjoe. Selain itu tekstur hidangan hidung sapi yang disajikan dalam rujak pun dinilai lebih empuk dibandingkan kedai rujak cingur lain.

Baca Juga: 7 Menu Masakan Indonesia dengan Harga Murah Namun Sehat

4. Warung Bu Kris

Warung Bu Kris
Warung Bu Kris via garnesia.com

Warung Bu Kris adalah salah satu tempat makan di Surabaya yang memiliki cabang cukup banyak, oleh karenanya tak sulit untuk menemukan Warung Bu Kris. Warung Bu Kris sendiri menyediakan berbagai olahan ayam goreng, bebek goreng, tahu tempe goreng, bakwan penyet dan masih banyak lagi.

Namun satu hal yang membuat rumah makan ini istimewa dan membuatnya menjadi banyak dikunjungi oleh traveller adalah sambal yang disajikan bersama dengan menu yang di pesan, Lauk yang gurih dipadukan dengan sambal yang pedas dan nasi yang hangat tentunya semakin membuat Anda ketagihan dengan rumah makan satu ini.

Untuk yang penasaran dengan Warung Bu Kris, Anda bisa mengunjungi beberapa cabangnya yang terletak di Villa Bukit mas, Jalan Kayun, Jalan Manyar Kertoarjo, Jalan Menganti Wiyung dan Jalan Tenggilis Utara.

5. Warung Pak Ghofar

Warung Pak Ghofar
Warung Pak Ghofar via kulinersby.co.id

Meskipun terlihat biasa saja dari luar, namun warung pak gofar ini tak pernah sepi dari pengunjung. Bahkan beberapa pengunjungnya rela mengantri sebelum penjualnya datang hanya untuk sekedar menikmati olahan dari Warung Pak Gofar. Salah satu kelebihan dari rumah makan di Surabaya ini adalah karena menu yang disediakan selalu berbeda setiap harinya.

Misal, untuk setiap hari selasa Anda bisa menikmati nasi campur dan rawon. Sedangkan setiap hari rabu bisa menikmati nasi pecel, dan nasi asem-asem, kami tersedia menu andalan warung ini yakni nasi lodeh sedangkan setiap hari jumat ada nasi sambel terong dan nasi asem-asem, dan yang terakhir setiap hari sabtu Anda bisa menikmati nasi urap-urap dan nasi bali.

Sebagai kota yang terkenal dengan santapan yang serba pedas, Warung Pak Gofar pun demikian dimana hampir semua olahan yang disediakan bercita rasa pedas. Warung Pak Gofar sendiri terletak di Jalan Darmo Permai Utara X No. 18 Kota Surabaya.

6. Depot Bu Rudy

Depot Bu Rudy
Depot Bu Rudy via pinterest.com

Terkenal karena sambal bawangnya yang lezat, tempat makan di Surabaya ini cukup terkenal hingga masyarakat luar Kota Surabaya. Tak jarang pula banyak yang datang ke rumah makan ini untuk memborong sambal yang dijual. Selain menjual sambal, rumah makan ini menyediakan sajian utama yaitu Nasi Udang.

Namun tak hanya itu saja, ada banyak pilihan menu khas Indonesia yang dapat dicoba. Misalnya, nasi campur, rujak cingur, nasi bakar, sayur asem, dan masih banyak lagi.

Semua makanan yang disediakan rumah makan ini menurut beberapa review memang terkenal lezat, ditambah lagi cita rasa sambal bawangnya. Hingga saat ini di Surabaya Depot Bu Rudy telah memiliki cabang, diantaranya adalah Dharmahusada, Kupang Indah, dan Anjasmoro.

7. Lontong Balap Pak Gendut

Lontong Balap Pak Gendut
Lontong Balap Pak Gendut via oknusantara.com

Selain rawon dan berbagai olahan pedas lainnya, salah satu tempat makan di Surabaya yang cukup banyak dicari oleh traveller di Kota Surabaya adalah Lontong Balap Pak Gendut. Lontong Balap sendiri terdiri dari lontong, tahu, tauge, lento dan bumbu petis yang disajikan bersama dengan taburan bawang goreng yang menambah cita rasa lontong balap semakin nikmat.

Lontong Balap Pak Gendut sendiri berbentuk warung kaki lima yang terletak di Jalan Prof Dr. Moestopo atau yang biasa dikenal masyarakat Surabaya dengan nama Jalan Kranggan. Lebih tepatnya kedai lontong balap ini terletak bersebelahan dengan pusat perbelanjaan BG Junction.

Baca Juga: 7 Tempat Kuliner Mewah di Jakarta dengan Harga Murah

8. Bebek Goreng Sinjay

Bebek Goreng Sinjay
Bebek Goreng Sinjay via pergikuliner.com

Jika selama ini Kita mengenal bebek goreng memiliki tekstur yang keras, berbeda dengan bebek goreng khas Madura, Sinjay. Bebek Goreng Sinjay sendiri terletak di Jalan Raya Ketengan Nomor 45, Bangkalan, Madura.

Pemilik dari usaha bebek goreng ini, Ibu Mulisha memiliki resep khusus yang dapat membuat rasa bebek goreng semakin nikmat dan berbeda dari olahan bebek goreng lain yang ada di Madura.

Untuk dapat menikmati bebek goreng Sinjay, Anda cukup mengarahkan kendaraan ke Jembatan Suramadu, letak Bebek Goreng Sinjay terletak 13 KM dari pintu keluar jembatan suramadu dan buka antara pukul 07.00 hingga 17.00, namun karena pelanggan bebek goreng Sinjay cukup banyak, sering kali membuat bebek goreng sudah habis sebelum jam 17.00.

Jika tidak sempat ke Madura, Bebek Goreng Sinjay telah memiliki 2 cabang di Surabaya, yakni di Kaza City Lt 3 Blok B-5 dan Ruko Grand Ahmad Yani Blok K-151.

9. Pecel Bu Joyo Pandegiling

 Pecel Bu Joyo Pandegiling  
Pecel Bu Joyo Pandegiling via surabayakuliner.co.id

Selain kuliner malam, untuk yang hobi bangun pagi pun ternyata di Kota Pahlawan memiliki beberapa pilihan wisata kuliner yang bisa dicoba. Salah satunya adalah Pecel Bu Joyo yang terletak di Jalan Pandegiling No. 314A. Pecel ini buka mulai dari pukul 06.30 hingga pukul 09.30 saja. Karena rasanya yang lezat sering kali kedai satu ini hanya buka sampai pukul 08.00 saja.

Salah satu daya Tarik dari tempat makan di Surabaya ini adalah bebas memilih jenis saus pecel yang pedas maupun yang biasa. Selain itu harga yang ditawarkan pun tidak terlalu mahal. Untuk satu porsi nasi pecel beserta empal daging hanya dibanderol Rp 25.000, murah bukan?

10. Kober Mie Setan

Kober Mie Setan
Kober Mie Setan via syafiradp.blogspot.com

Mie setan sendiri adalah sebutan untuk olahan mie yang sangat pedas. Karena cita rasanya yang lezat banyak orang yang rela antri untuk dapat menikmati mie setan tersebut. Namun untuk yang tak suka dengan makanan yang pedas, Anda bisa mencoba level mie yang rendah atau menu mie yang sama sekali tidak menggunakan cabai atau yang biasa disebut dengan mie angel. Menu minuman yang ditawarkan disini pun cukup unik, salah satunya adalah jus kuntilanak, jus pocong, jus genderuwo dan lain sebagainya.

Meskipun namanya menyeramkan namun rasanya sangat segar. Untuk yang penasaran dengan olahan mie setan, Anda bisa mengunjungi tempat makan di Surabaya ini di Jalan Kacapiring No.14 (Pojok Kusuma Bangsa).

Enak, Murah dan Nyaman

Liburan boleh ala backpacker tapi bukan berarti tidak nyaman juga. Namanya berlibur tentu harus dinikmati semaksimal mungkin jadi tidak apa jika dirangkaian rencana liburan hemat Anda, menyisakan satu hari untuk benar-benar memanjakan diri sepuas mungkin dengan memakan makanan dengan harga yang cukup murah dan memiliki tempat yang nyaman sebagai salah satu wisata kuliner di daftar liburan Anda.

Baca Juga: 15 Tempat Kuliner Enak dan Murah di Jakarta Paling Pas Saat Lapar