Tempat Makan Enak dan Murah di Jogja yang Wajib Anda Coba

Bicara soal destinasi wisata yang murah, namun memiliki nilai historis tinggi, salah satunya adalah Kota Yogyakarta. Selain terkenal budaya dan adat istiadat Jawa yang kental, Yogyakarta juga menawarkan banyak sekali destinasi wisata alam dan destinasi wisata kuliner yang menggugah selera. Salah satu kuliner yang sudah tersohor di Yogyakarta adalah gudeg. Tapi ternyata bukan hanya gudeg saja yang bisa Anda nikmati di provinsi ini.

Tempat Makan di Jogja yang Perlu  Kamu Coba Sekarang

Artikel kali ini akan membahas mengenai beberapa destinasi wisata kuliner atau tempat makan yang dapat Anda jadikan referensi saat berwisata ke Yogyakarta. Berikut ulasan selengkapnya.

Baca Juga: 6 Destinasi Wisata Asik dan Murah di Indonesia

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. The Manglung Cafe

loader The Manglung Cafe via indonesia.tripcanvas.co.id

Salah satu kabupaten yang terkenal dengan destinasi wisata alam di Provinsi Yogyakarta adalah Kabupaten Gunung Kidul. Selain itu, buat Anda yang ingin menghabiskan malam di Kabupaten Gunung Kidul, Anda bisa mengunjungi The Manglung Cafe yang terletak di Jalan Ngoro Ngoro Ombo No.16, Patuk. Salah satu kelebihan dari The Manglung Cafe ini adalah view yang indah saat malam hari, membuat suasana Anda yang berada di kafe ini semakin romantis.

The Manglung Cafe menawarkan konsep kafe outdoor yang didominasi kayu antik. The Manglung Cafe memiliki satu spot menarik yang dapat Anda jadikan sebagai area untuk swafoto yakni rantai dedaunan berbentuk hati dengan latar belakang view Kota Yogyakarta dari ketinggian.

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke kafe ini buka antara pukul 12.00 hingga 22.00. Khusus untuk hari minggu dan hari libur, tempat makan ini buka lebih awal pukul 11.00.

Soal menu yang ditawarkan oleh tempat makan di Jogja ini di antaranya makanan dan minuman hangat yang dapat menemani Anda selagi menikmati pemandangan khas dataran tinggi. Salah satu menu andalan dari tempat ini adalah bakmi dan nasi goreng, selain itu tempat ini juga menawarkan tahu kemul, sandwich, dan masih banyak lagi.

2. Warung Sawah Gondang Legi

Tempat makan di Jogja yang kedua adalah Warung Sawah Godang Legi. Tak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan tempat makan dengan view yang indah. Cukup ke kawasan Sleman. Tak jauh dari Ring Road utara, Anda bisa mampir ke Warung Sawah Gondang Legi. Rumah makan ini terletak di Jalan Gito Gati, Dusun Gondanglegi, Ngaglik. Letaknya yang berada di tangah sawah membuat rumah makan ini memiliki suasana yang asri khas pedesaan.

Selain pemandangan yang indah, rumah makan ini juga menawarkan nuansa tradisional yang didominasi oleh ornamen kayu. Untuk Anda yang penasaran dengan menu andalan Warung Sawah Gondang Legi beberapa di antaranya adalah sate lilit, bebek krispi, dan sambal kecombrang. Rumah makan ini juga menawarkan tropical salad dengan buah-buahan yang segar yang cocok untuk Anda jadikan pencuci mulut.

3. House of Raminten

Siapa yang tak kenal dengan tempat makan di Jogja yang satu ini? Rumah makan yang menyajikan berbagai kuliner khas Jogja dalam satu lokasi ini patut untuk Anda kunjungi saat berlibur ke Yogyakarta. Beberapa menu makanan khas Yogyakarta yang patut untuk Anda coba di antaranya adalah gudeg, nasi kucing, sate lilit dan masih banyak lagi.

House of Raminten sendiri saat ini telah memiliki beberapa cabang, salah satu di antaranya adalah yang terdapat di Jalan FM Noto No.7 kawasan Kotabaru. Memiliki ciri khas bangunan yang kental dengan nuansa khas jawa ditambah dengan pelayan yang mengenakan pakaian tradisional kemben Jawa. Nuansa jawa pun semakin kental berkat alunan gending lagu jawa.

4. Sate Klathak Pak Bari

Setelah masuk dalam film Ada Apa dengan Cinta 2, sate klathak Pak Bari ini semakin terkenal  dan menjadi salah satu destinasi tempat makan di Jogja yang paling dicari. Berbeda dengan sate pada umumnya, Sate Klathak ini tidak ditusuk dengan lidi maupun bambu khusus untuk membakar sate, melainkan menggunakan ruji besi.

Alasannya mudah saja, ruji besi dapat menghantarkan panas hingga ke bagian dalam daging yang dibakar, berbeda jika sate dibakar dengan menggunakan lidi atau bambu yang sering kali hanya matang bagian luarnya saja.

Satu porsi Sate Klathak Pak Bari dibanderol dengan harga Rp 20.000, terdiri dari dua tusuk sate dan sepiring nasi. Selain menyediakan menu sate, di sini Anda juga bisa mencoba menu lain seperti gulai yang bisa menambah kenikmatan hidangan sate. Untuk Anda yang ingin mencoba cita rasa sate klathak, cukup datang ke kios sate klathak Pak Bari yang terletak di Pasar Jejeran di Jalan Imogiri Timur, Wonokromo, Bantul.

5. Bakmi Pak Pele

Selain gudeg yang merupakan menu makanan khas Yogyakarta, Anda juga bisa menemukan Bakmi Jawa yang banyak dijual di Kota Pelajar ini. Namun salah satu yang terkenal adalah Bakmi Pak Pele. Yang membedakan antara Bakmi Pak Pele dengan bakmi pada umumnya yakni penggunaan telur bebek yang membuat sajian menu satu ini menjadi lebih gurih.

Sebagai sajian khas Yogyakarta, Bakmi Jawa biasanya dimasak dengan mencampurkan bakmi kuning dengan bihun, namun di sini Anda bisa memilih apakah akan menggunakan bakmi kuning saja atau bihun saja. Selain itu, Anda pun bisa memilih tipe pengolahan bakmi jawa di antaranya adalah bakmi goreng, bakmi godhog (rebus), dan bakmi nyemek (tumis). Di warung Bakmi Pak Pele Anda juga bisa memesan menu lain, seperti nasi goreng magelangan yang merupakan olahan nasi goreng yang dicampur dengan bakmi.

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke Bakmi Pak Pele, tempat ini buka mulai pukul 17.30 hingga habis. Oleh karenanya, pastikan Anda datang secepat mungkin setelah kedai tersebut buka agar tidak kehabisan. Bakmi Pak Pele terletak di bagian selatan alun-alun Yogyakarta tepatnya berada di depan SD Keputran.

6. Jejamuran

Sesuai dengan namanya, Jejamuran yang terletak di Jalan Pendowoharjo Niron RT 01 RW 20, Niron, Pandowoharjo merupakan tempat makan di Jogja yang menyediakan berbagai macam olahan jamur. Untuk Anda yang pertama kali datang ke rumah makan ini bisa memesan menu unggulannya, yakni jamur tumis pedas, sate jamur, fuyunghai jamur, serta telur dadar jamur.

Selain menyediakan berbagai macam makanan olahan jamur, rumah makan ini juga terletak satu lokasi dengan perkebunan jamur yang dapat Anda kunjungi. Rumah makan ini setiap harinya, buka mulai pukul 09.00-21.00.

7. Angkringan KR

Salah satu tempat makan di Jogja yang tak pernah dilewatkan oleh traveler yang berkunjung ke Yogyakarta adalah menikmati angkringan. Meskipun saat ini sudah ada banyak sekali angkringan di kota besar seperti Jakarta, namun nuansa angkringan di kota asalnya tak ada yang bisa menggantikan.

Salah satu angkringan yang wajib Anda kunjungi saat di Yogyakarta adalah Angkringan KR. KR sendiri adalah singkatan dari Kedaulatan Rakyat yang merupakan nama koran harian asal Yogyakarta. Dinamakan KR karena letak angkringan ini berada di depan kantor harian tersebut, tepatnya di Jalan P. Mangkubumi, Gowongan, Jetis.

Satu alasan kenapa angkringan ini harus Anda kunjungi adalah karena menu yang disediakan cukup lengkap seperti sate usus, sate hati, sate telur puyuh, nasi kucing, dan lain sebagainya. Selain itu harga yang ditawarkan pun cukup murah. Karena harganya yang murah, angkringan ini sering dijadikan sebagai tempat berkumpul mahasiswa serta komunitas.

8. Restoran Bukit Indah

Selain The Manglung Café, salah satu tempat makan di  Jogja yang menawarkan view yang bagus adalah Restoran Bukit Indah. Menawarkan view Kota Yogyakarta dari ketinggian 150 mdpl menjadikan rumah makan ini sebagai salah satu destinasi wisata kuliner sekaligus wisata alam yang cukup dicari. Restoran ini terletak di Jalan Yogyakarta-Wonosari Hargo Dumilah KM 15, Srimulyo. Lokasi restoran ini pun sering kali disebut dengan nama Bukit Bintang karena pemandangan kota Yogyakarta dari ketinggian yang mirip seperti bintang yang bertaburan di langit saat malam hari.

Beberapa menu yang disediakan oleh rumah makan ini, di antaranya adalah olahan ikan, udang, dan lain sebagainya. Selain itu, juga terdapat hidangan tradisional khas Yogyakarta seperti bakmi, ayam goreng, ayam bakar, hingga nasi merah yang sehat. Namun jika Anda tidak mau menyantap makanan yang berat, cobalah memesan camilan, seperti roti bakar, jagung bakar dan lain sebagainya.

Baca Juga: 'Traveller' Wajib Punya Kartu Kredit ini, Kenapa?

9. Ayam Geprek Bu Rum

Menu ayam satu ini belakangan tengah naik daun berkat inovasi ayam geprek yang cukup variatif. Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya Ayam Geprek itu adalah menu khas Yogyakarta? Jika Anda tengah berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa untuk mampir ke Ayam Geprek Bu Rum yang terkenal dengan rasanya yang lezat.

Rumah makan yang terletak di Jalan Wulung Lor, Papringan, ini setiap harinya selalu ramai oleh pengunjung, khususnya kalangan mahasiswa. Harga yang ditawarkan oleh warung makan ini pun cukup terjangkau, yakni antara Rp 10.000 hingga Rp 15.000 saja.

Menu ayam geprek yang disediakan oleh rumah makan ini, terdiri dari ayam crispy yang di geprek atau diulek dengan cabai rawit dan disajikan dengan nasi putih hangat. Salah satu keistimewaan dari ayam geprek ini, Anda bisa memilih level kepedasan dari jumlah cabai yang digunakan.

10. Oseng-oseng Mercon Bu Narti

loader Oseng-oseng Mercon Bu Narti via tanahnusantara.com

Sangat salah jika banyak orang yang mengidentikkan Kota Yogyakarta dengan olahan yang serba manis. Selain menu ayam geprek yang terkenal pedas, adapun oseng-oseng mercon yang memiliki cita rasa tak kalah pedas dari ayam geprek. Salah satu warung oseng mercon yang cukup laris adalah oseng mercon Bu Narti.

Oseng-oseng mercon sendiri terdiri dari olahan seperti kikil, kulit, tulang muda dan gajih yang dicampur dengan cabai rawit. Oseng mercon biasanya disajikan bersama dengan menu babat, ampela, bebek, lele, dan burung dara. Untuk Anda yang penasaran dengan olahan oseng mercon dapat mengunjungi Mercon Bu Narti yang terletak di Jalam KH Achmad Dahlan, Gang Purwodiningratan.

11. Nasi Goreng Kambing Kridosono

Di Yogyakarta, Anda dapat dengan mudah menemukan olahan nasi goreng. Namun ada satu nasi goreng yang cukup terkenal di Yogyakarta. Jika di Jakarta terkenal dengan nasi goreng Kebon Sirih, maka di Yogyakarta ada Nasi Goreng Kambing Kridosono. Meskipun berbentuk kedai kaki lima, namun rasa yang ditawarkan di tempat makan di Jogja ini mungkin sekelas menu restoran bintang 5.

Potongan daging sapi yang nikmat dipadukan dengan rempah-rempah membuat rasanya semakin nikmat. Lokasi kedai nasi goreng kambing Kridosono ini terletak berdekatan dengan Stadion Kridosono, yakni tepatnya di Jalan Yos Sudarso, Kotabaru, Gondokusuman. Kedai ini buka antara pukul 17.00-24.00.

12. Gudeg Pawon

Untuk Anda penggemar kuliner malam, patut mencoba tempat makan satu ini, yakni Gudeg Pawon. Pawon sendiri adalah bahasa jawa dari dapur di mana untuk Anda yang makan di rumah makan ini harus memesan dan mengambil sendiri makanan yang Anda order di pawon atau dapur.

Saat Anda masuk ke rumah makan ini tentunya yang akan terasa pertama kali adalah seperti masuk ke rumah nenek zaman dulu. Bau asap bercampur dengan aroma makanan semakin membuat tempat ini sulit untuk Anda lupakan.

Tempat makan di Jogja ini biasanya buka mulai pukul 22.00. Meskipun buka pada malam hari, namun tempat makan satu ini tak pernah sepi pengunjung. Bahkan beberapa pengunjung rela antre sebelum jam buka untuk menghindari antrean yang panjang. Untuk Anda yang penasaran dengan olahan gudeg pawon bisa berkunjung ke Jalan Janturan  UH/IV No.36, Warungboto, Umbulharjo.

13. Gudeg Mbah Lindu

Selain Gudeg Pawon, salah satu gudeg yang terkenal di Yogyakarta adalah Gudeg Mbah Lindu. Meskipun olahan gudeg sangat mudah ditemui di berbagai sudut kota Yogyakarta, namun gudeg buatan Mbah Lindu yang terletak di kawasan Sosrowijayan ini adalah salah satu yang paling dicari oleh traveler karena rasanya yang nikmat. Hal tersebut dikarenakan menu yang digunakan oleh penjualnya telah digunakan untuk berjualan sebelum zaman penjajahan Jepang.

Nama gudeg tersebut pun diambil dari nama penjualnya yakni Mbah Lindu yang hingga saat ini berusia hampir 100 tahun. Bumbunya pun telah digunakan sejak dulu hingga saat ini tanpa adanya perubahan resep untuk menjamin cita rasa yang asli. Beberapa lauk yang disediakan masih sama, yakni krecek, tahu, tempe, dan telur ayam.

Untuk dapat merasakan gudeg buatan Mbah Lindu, Anda cukup mengeluarkan uang antara Rp 15.000 hingga Rp 20.000 saja. Untuk Anda yang ingin berkunjung pastikan datang ke tempat makan enak dan murah di Jogja ini antara pukul 05.00 hingga pukul 10.00 setiap harinya.

14. Mie Ayam Bu Tumini

Bagi penggemar mie ayam, Anda wajib mencoba Mie Ayam Bu Tumini Sari Rasa Jati Ayu yang sudah ada sejak sekitar tahun 1990. Tempat makan di Jogja yang legendaris  ini begitu istimewa karena dibuat menggunakan mie yang dibuat sendiri. Dalam sehari, pembuat mie menghabiskan terigu hingga 70 kg untuk membuat adonan. Selain mie yang kenyal, kuahnya kental dan gurih karena bercampur dengan bumbu ayamnya.

Ada berbagai menu mie ayam yang bisa kamu pesan di Mie Ayam Bu Tumini, yakni mie ayam ceker, mi ayam jumbo, hingga mie dengan tambahan ekstra ayam. Tempat makan yang beralamat di Jalan Imogiri Timur No 187, Umbul Harjo ini menjual satu porsi mie ayamnya mulai dari Rp8.000 saja.

15. Mangut Lele Mbah Marto

Yogyakarta juga memiliki satu olahan ikan khas yang jarang orang ketahui, yakni olahan mangut lele. Salah satu penjual mangut lele yang terkenal adalah Mangut lele Mbah Narto yang terletak di Jalan Parangtritis KM 6,5, Dusun Sewon, Panggungharjo, Bantul. Berdiri sejak tahun 1945 membuat rumah makan satu ini cukup terkenal dan banyak dikunjungi pecinta kuliner.

Olahan mangut lele sendiri adalah olahan lele yang diasapi kemudian diolah meggunakan kuah santan kuning, mirip seperti olahan pesmol. Keunikan dari olahan Mangut Lele Mbah Marto adalah Anda harus masuk ke tempat proses masak berlangsung untuk dapat menikmati hidangan. Di dapur tersebut, Anda bebas mengambil sendiri nasi dan lauk yang telah disediakan. Untuk satu porsi mangut lele Anda hanya dikenakan Rp 20.000 saja. Murah bukan?

16. Bakmi Mbah Mo

Saat Anda berkunjung ke daerah jalan Parangtritis, jangan lupa untuk mencoba bakmi legendaris dari Bakmi Mbah Mo. Terletak di Jalan Parangtritis KM 11 membuat lokasi kedai ini cukup tersembunyi lantaran terletak di tengah desa. Mampir lah ke kedai tersebut saat Anda selesai mengunjungi Pantai Parangtritis, maka lelah akan terbayarkan. Kedai yang buka antara pukul 17.00 hingga 23.00 ini memiliki cita rasa yang tak pernah berubah dari 30 tahun lalu.

Setiap pesanan dari pengunjung akan diolah satu persatu di atas arang yang membara sehingga menghasilkan aroma yang khas. Untuk jenis telur yang digunakan di bakmi ini pun cukup istimewa, yakni menggunakan telur bebek sehingga menambah rasa gurih. Seperti kedai bakmi pada umumnya, bakmi jawa ala Mbah Mo ini tersedia dalam tiga bentuk olahan, yakni goreng, rebus, dan nyemek (tumis dengan sedikit kuah).

17. Angkringan Lik Man

loader Angkringan Lik Man via travel.detik.com

Selain angkringan KR, salah satu destinasi angkringan yang wajib Anda coba adalah angkringan Lik Man. Dari sekian banyak angkringan yang berjejer angkringan Lik Man ini menyediakan satu menu yang saat ini sudah banyak dikenal masyarakat, yakni Kopi Joss. Berdiri sejak tahun 1960, membuat angkringan ini dikenal sebagai pelopor angkringan di Yogyakarta.

Khasiat Kopi Joss disebut-sebut dapat mengobati masuk angin. Dinamai Kopi Joss karena penyajian kopi tersebut disajikan dengan arang membara dan pada saat memasukkan arang ke dalam kopi terdengar bungi “joss”.

Sebagai pelengkap minum kopi pun tersedia banyak sekali pilihan makanan ringan hingga makanan berat, seperti sate usus, sate telur, puyuh, dan gorengan. Keistimewaan dari angkringan, Anda bisa meminta pelayannya untuk memanggang menu yang dipilih agar dapat disajikan dalam kondisi hangat.

Angkringan Lik Man terletak di Jalan Wongsodirjan, Gedongenten, Sosromenduran. Sebagai salah satu destinasi wisata kuliner malam, maka tak jarang angkringan ini selalu ramai pada malam hari.

Yuk Kunjungi Yogyakarta

Demikianlah beberapa destinasi wisata kuliner di Yogyakarta yang dapat Anda jadikan referensi. Selain menjadi destinasi wisata alam yang anti mainstream, Yogyakarta juga nyatanya memiliki banyak sekali destinasi wisata kuliner yang patut Anda coba. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Dengan di Mancanegara