Tempat Makan Murah untuk Berbuka Puasa

Bulan suci Ramadan telah tiba. Puasa merupakan kewajiban di bulan ini. Di samping menahan rasa lapar dan haus, tujuan di balik ini semua adalah untuk menahan hawa nafsu, yakni nafsu makan, nafsu amarah, dan nafsu negatif lainnya. Sebagian lagi, khususnya para wanita, melakukan puasa untuk kesehatan seperti puasa diet.

Oleh karena hanya boleh makan pada saat sahur dan buka puasa, penting bagi umat Muslim untuk menjaga pola makan, terutama pada saat berbuka puasa. Tempat-tempat makan menjadi ramai untuk yang mau berbuka. Banyak orang asal memilih makanan untuk berbuka, tanpa memperhatikan isinya, walaupun sebenarnya penting untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Untuk membantu Anda memilih tempat-tempat makan murah, enak, dan bergizi, sekaligus lokasi dan kisaran harganya. Berikut beberapa tempat makan murah untuk buka puasa

Baca Juga: Jadwal Puasa Ramadhan Tahun ini dan 3 Tips yang Perlu Dilakukan Agar Puasa Lancar

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Warung Tenda di Perempatan Bulungan dan GOR Bulungan

Soto Ambengan
Soto Ambengan via blogspot.com

Pilihan makanan sangat bervariasi di sini, mulai dari yang berat sampai yang ringan. Dari ayam goreng renyah dan gurih, siomay bulungan, gulai tikungan alias ‘gultik’, sampai soto Ambengan bisa ditemukan. Untuk kalian yang mau ringan, di sini juga dijual roti bakar, gorengan, dan jajanan tenda lainnya. Harga sangat murah, dimulai dari Rp5.000. Di sekitar GOR Bulungan Jakarta Selatan ini juga tersedia warung tenda yang menyediakan dimsum dengan harga terjangkau.

2. Bazar Ramadan di Masjid Raya Pondok Indah


Bazaar Ramadan via afizaazmee.files.wordpress.com

Di kawasan Jakarta Selatan ini, terdapat Bazar Ramadan yang biasanya sangat ramai mulai jam 2 siang. Begitu pula pada saat sahur, banyak serba-serbi makanan dan minuman yang murah meriah. Mulai dari gorengan seperti tahu isi, risoles, lumpia, tempe goreng yang harganya sekitar Rp1.000-Rp 2.500. Tentunya Anda bisa berbuka dengan nikmat dan hemat, kan?

Untuk Anda yang doyan manis, ada kue lumpur dan pie dengan harga yang tak kalah murah, Rp2.500 per buah. Ditambah pula dengan banyak jenis minuman, kolak, dan bubur. Masjid Raya Pondok Indah ini terkenal akan es kelapa muda dan es sekutengnya. Jadi, jangan lupa untuk mampir berbuka di sini ya. Anda juga bisa loh membeli kue-kue kering untuk lebaran nanti di kawasan ini.

3. Roti Bakar Eddy di Kawasan Kebayoran Baru


tempat makan murah
Roti bakar salah satu jajanan untuk berbuka puasa

Kawasan Jakarta Selatan nampaknya memang banyak terdapat warung makan murah untuk berbuka puasa. Roti Bakar Eddy, misalnya, di Kebayoran Baru, menjadi salah satu tempat bagi umat Muslim yang mau berbuka bersama rekan maupun keluarga Terkenal sejak tahun 80-an, roti bakar Eddy terletak tepatnya di Jalan Raden Patah, belakang Masjid Al-Azhar. Biasanya setelah shalat maghrib berjamaah, Anda bisa berbuka di tempat ini. Kemudian melanjutkan dengan shalat tarawih bersama.

Di sini bisa disantap aneka rasa roti bakar, seperti isi keju, coklat, dan rasa lainnya. Roti Bakar Eddy ini cocok untuk kalian yang mau berbuka nikmat, namun sedang menghemat. Sudah ukuran rotinya cukup besar, harga per porsinya mulai dari Rp12.000. Bukan hanya roti saja, menu lain juga tersedia, seperti nasi goreng dengan banyak pilihan rasa, bubur ayam, siomay, nasi uduk, dan mie telor kornet. Semuanya dijamin halal.

4. Warung Wafa 99 di Kawasan Tebet


Indomie telur kornet via koprol.zenfs.com

Kawasan Tebet tepatnya di Jalan Tebet Utara III, merupakan pilihan lain yang pas untuk berbuka. Terdapat Warung Wafa yang menyediakan makanan ringan dan pengganjal perut, seperti roti bakar, dan indomie telur plus kornet. Harganya tergolong murah, mulai dari harga Rp5.000.

5. Bebek Ginyo di Kawasan Tebet


Bebek goreng via google.com

Bagi yang ingin variasi makanan baik lokal maupun internasional, Bebek Ginyo lah pilihan yang tepat. Restoran ini memiliki menu bebek goreng, bebek bakar, bebek kremes, balado, sambal ijo, dan menu pendukung seperti sayur asem, urap, pepes bebek, tahu, dan tempe. Untuk minuman terdapat es cendol dan aneka jus. Tidak perlu khawatir, karena kisaran harga untuk berbagai jenis bebek di sini mulai dari Rp30.000.

Baca Juga: 5 Cara Berhemat saat Buka Puasa Bersama

6. Nasi Ulam Ibu Yoyo

Nasi Ulam
Nasi Ulam Semur Jengkol via goodindonesianfood.com

Salah satu tempat makanan enak lainnya yang cocok untuk berbuka puasa adalah Nasi Ulam Ibu Yoyo atau yang sering disebut juga Nasi Ulam Pedurenan. Tempat makan ini berlokasi di Karet Pedurenan Gang Dogol Nomor 31 Kuningan, Setiabudi, Jakarta. Di sini Anda bisa mencoba nasi ulam dengan taburan serundeng kelapa, kacang hijau berkecambah, daun kemangi dengan bawang goreng dan ketimun. Untuk harga makanannya mulai dari Rp7.000 sampai Rp20.000-an.

7. Lapangan Blok S, Jakarta Selatan

Es Podeng
Es Podeng Blok S via blogspot.com

Bagi kalangan pekerja kantor dan masyarakat sekitar Jakarta Selatan mungkin sudah tidak asing lagi dengan Lapangan Blok S, Jakarta Selatan. Tempat ini memang terkenal dengan tempat makan yang ramai dikunjungi saat makan siang, jadi tidak mengherankan jika pada bulan puasa tempat ini bertambah ramai pengunjung. Menu yang disediakan bermacam-macam mulai dari siomay, sate padang, bakso, nasi goreng, dan masih banyak lainnya dengan harga murah.

8. Pasar Bendungan Hilir

Pasar Takjil Benhil
Pasar Benhil via beritadaerah.co.id 

Pasar bendungan hilir atau sering juga disebut Benhil adalah salah satu tempat buka puasa paling populer di Jakarta. Di tempat ini, Anda bisa menemukan berbagai macam makanan seperti sate padang, es buah, batagor, siomay, es sirup, dan masih banyak lain. Ragam makanan khas daerah juga dapat Anda temukan di sini, mulai dari gudeg jogja, rujak cingur asal Jawa Timur, bubur kampiun Padang, soto Makassar, es pisang ijo khas Makassar, hingga pempek Palembang.

Untuk harga makanan yang ditawarkan cukup terjangkau mulai dari Rp1.000 sampai Rp30.000. Sementara untuk minuman harga yang ditawarkan mulai dari Rp5.000. Pasar benhil ini dapat menjadi alternatif bagi Anda untuk berbuka puasa.

9. Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng

Masjid Agung Sunda Kelapa
Kulineran di depan Masjid Sunda Kelapa, Menteng via fragajah.com

Tempat berburu takjil atau berbuka puasa lain, coba datang ke Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat. Persisnya di belakang kantor Bappenas. Di depan masjid ini, banyak pedagang makanan dan minuman. Ada kolak, dim sum, somay, batagor, soto mie bogor, sate dan tongseng kambing yang terkenal maknyus, serta makanan lain. Minumannya tersedia es kelapa ukuran gelas besar, jus buah, dan sebagainya. 

Harga makanan dan minuman di sini masing-masing mulai dari Rp10.000-an dan Rp5.000. Setelah menikmati kuliner, Anda bisa solat maghrib dan tarawih di Masjid Sunda Kelapa. Jika ingin bercengkrama sebentar atau merasakan suasana malam dan nyemil tahu gejrot, tinggal jalan 10 menit sudah sampai di Taman Suropati. Enak kan dunia akhirat dapat semua. 

10. Pasar Santa

Pasar Santa
Pasar Santa via republika.co.id

Kalau sedang berada di kawasan Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, mampir deh ke Pasar Santa. Pasar yang disulap jadi tempat nongkrong muda mudi. Anda bisa ngabuburit di sana sambil melihat atau membeli barang-barang unik dan kekinian, seperti jam tangan, pakaian, buku impor, piringan hitam, dan barang lainnya. Jika sudah waktunya berbuka puasa, Anda dapat dengan mudah menemukan takjil dengan harga murah meriah. 

11. Jalan Panjang, Jakarta Barat

Jalan Panjang
Jalan Panjang Jadi Sentra Berburu Takjil via merdeka.com

Tinggal di Jakarta Barat? Enggak usah bingung cari tempat berbuka puasa. Di kawasan Jalan Panjang, berderet sepanjang tepi jalan pedagang takjil dadakan. Kalau sudah puas nyemil kolak dan es buah, tapi masih mau menikmati makanan berat, ada banyak tempat makan di Jalan Panjang.

Pastinya cocok untuk keluarga dan harganya enggak bikin kantong jebol. Di antaranya Ayam Bersih Berkah, Bebek Goreng H. Slamet, Sate Palmerah/Kim Tek, Soto Kudus Kedoya, Bebek Goreng Haji Yogi, Nasi Uduk Kebon Kacang Zainal Fanani, dan masih banyak lainnya.

Berbuka di Bulan Ramadan

Jadi, sekian daftar beberapa tempat makan untuk kalian berbuka puasa dengan murah. Puasa bukan hanya menahan lapar dan haus saja, namun yang paling penting dari puasa itu sendiri merupakan menahan nafsu dan godaan. Selamat berpuasa bagi Anda yang menjalankannya.

Baca Juga: Nikmati Banjir Promo Cashback dari 10 Kartu Kredit Ini