Tempat Wisata di Bandung yang Kece untuk Liburan Bareng Keluarga

Bandung menjadi salah satu destinasi wisata yang paling sering dikunjungi masyarakat Jakarta. Itu karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dan akses transportasi yang memadai, mulai kendaraan pribadi, bus, travel sampai kereta dengan harga terjangkau.

Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi  Bersama Keluarga

Bandung yang dijuluki Kota Kembang ini menawarkan beragam destinasi wisata. Mau wisata kuliner ada, wisata belanja tersedia, wisata alam banyak. Nah artikel kali ini akan membahas tempat-tempat wisata di Bandung yang menarik dan bisa Anda kunjungi bersama keluarga.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Indonesia Ini Jadi Tempat Liburan Tamu IMF-Bank Dunia, Mana Saja?

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Kampung Korea (Little Seoul Bandung)

Jika Anda pergi ke Kota Bandung dengan menggunakan kereta, mampir deh ke tempat wisata di Bandung yang bernama Kampung Korea atau yang biasa dikenal dengan Little Seoul Bandung. Terletak tak jauh dari Stasiun Kota Bandung sekitar 3-4 km, Anda dapat menemukan nuansa Kota Seoul di tempat wisata ini. Desainnya benar-benar mirip dengan ibu kota Korea Selatan (Korsel) tersebut. Kuliner yang disajikan di Kampung Korea ini juga makanan khas Korsel yang otentik. Penasaran?

2. Upside Down World

Upside Down World tak hanya ada di Yogyakarta dan Bali saja, di Bandung juga ada. Lokasinya tak jauh dari Little Seoul Bandung, sehingga Anda bisa menyambanginya di hari yang sama. Tempat wisata di Bandung ini instagrammable banget karena Anda dan keluarga dapat berfoto gaya jungkir balik. Untuk masuk ke tempat ini, cukup membayar Rp60.000 untuk dewasa, dan Rp40.000 untuk anak-anak. Tips untuk Anda yang berniat melancong ke Upside Down World Bandung, pastikan datang pagi hari karena pengunjung belum terlalu ramai.

3. Rabbit Town

Rabbit Town terletak di Jalan Rancabentang Nomor 30, Ciumbuleuit, Kabupaten Bandung Barat. Tempat wisata di Bandungi ni sempat menuai polemik lantaran dinilai melakukan plagiarisme terhadap Museum of Ice Cream yang terletak di Los Angeles, Amerika Serikat. Namun demikian, permasalahan tersebut justru membuat nama Rabbit Town semakin dikenal masyarakat.

Rabbit Town cocok buat pengunjung yang gemar foto. Banyak spot untuk selfie atau foto bersama keluarga. Selain tempat untuk hunting foto, ada juga kebun binatang mini untuk wisata edukasi bagi anak-anak. Wahana lainnya adalah Love Rock, Hollywood Land, Cooking Monster, Lala Story, Bambi love, Dragon Fish, Love Light, Jungle Arena, dan masih banyak lagi.

4. China Town

Berada di Jalan Kelenteng, Nomor 41, Kota Bandung, China Town Bandung selalu ramai pengunjung, apalagi akhir pekan. Di tempat wisata ini sering diadakan atraksi Barongsai. Kalau mau masuk China Town, siapkan uang Rp10.000 setiap Senin-Kamis, dan Rp20.000 setiap Jumat-Minggu. Setelah membayar tiket, Anda akan mendapat karcis serta pin yang dapat Anda gunakan sebagai kenang-kenangan.

Sekadar informasi, seluruh transaksi pembelian di China Town serba cashless alias tidak menggunakan uang tunai. Jadi bisa pakai kartu debit, kartu kredit maupun uang elektronik, seperti Flazz BCA.

Di China Town Bandung ada museum Bandung China Town. Di dalamnya berisi informasi mengenai perkembangan China peranakan di Kota Bandung serta sejarah yang berkaitan dengan kebudayaan Tionghoa. Di tempat ini juga menyimpan barang-barang antik bukti sejarah keberadaan kebudayaan Tionghoa sejak zaman dulu di Indonesia. Selain itu, di China town juga terdapat butik atau toko pernak pernik, spot foto, rental kostum, area bermain anak, food court, hingga area tempat ibadah.    

5. Forest Walk

Bandung memiliki ruang terbuka hijau yang terletak di tengah kota, namanya Forest Walk yang letaknya di kawasan Babakan Siliwangi. Meski belum lama dibuka, tempat wisata di Bandung ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, termasuk juga pusat oleh-oleh. Forest Walk gratis untuk umum. Jika sudah puas menikmati suasana ruang terbuka hijau ini, Anda bisa lanjut berwisata ke Cihampelas Walk, Taman Hutan Raya Juanda, Puncak Ciumbuleuit, dan lainnya.   

6. Kampung Dago Pojok

Mirip kawasan Haji Lane di Singapura, Kampung Dago Pojok saat ini disulap menjadi kampung yang dipenuhi mural pada setiap dinding. Lewat seni mural diharapkan dapat menumbuhkan kepedulian dan apresiasi masyarakat terhadap kesenian, serta menjadi media pembelajaran yang efektif. Tak hanya menjadi spot foto, di Kampung Dago Pojok, Anda  bisa belajar membuat wayang, belajar alat musik bambu, hingga menyaksikan berbagai pertunjukan kesenian.

7. Bukit Senyum

Di lereng Gunung Burangrang terdapat Desa Cipada, tepatnya di daerah Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat. Di tempat tersebut terdapat bukit senyum. Bukit Senyum adalah destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam daerah Bandung Barat berupa panorama kebun teh dan deretan hutan pohon pinus yang berjajar rapih.

 

Harga tiket masuk tempat wisata di Bandung ini adalah  Rp5.000, dan Rp5.000 untuk parkir kendaraan motor. Fasilitas yang disediakan obyek wisata ini pun terbilang cukup lengkap di antaranya toilet, tempat ibadah, serta akses jalan yang mulus.  

8. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih Ciwidey

Jika Anda sedang menghindari daerah Lembang lantaran seringkali padat pengunjung, Anda bisa memilih destinasi wisata yang terletak di daerah Bandung Selatan, tepatnya di daerah Ciwidey. Dilihat dari kontur alam, daerah Ciwidey berbentuk pegunungan. Tak heran jika udara di Ciwidey begitu sejuk. Sedangkan kawah putihnya sendiri berwarna kehijauan yang dipenuhi dengan kepulan kabut sebagai bekas dari aktivitas vulkanik gunung Patuha.

Fasilitas di kawasan Kawah Putih Ciwidey, ada pusat informasi, mushola, warung makan, toilet, transportasi, hingga area parkir yang cukup luas. Jika membawa mobil pribadi, biaya parkir dikenakan Rp150.000 untuk parkir di atas, dan untuk parkir di bawah Rp6.000 saja. Kawasan wisata ini buka mulai pukul 07.00-17.00.

9. D’Dieuland

Kalau tetap mau ke Lembang, ada destinasi wisata D’Dieuland yang letaknya berada di kawasan punclut, Dago. Tempat wisata di Bandung ini menawarkan kegiatan outdoor hingga jalan-jalan sambil selfie dengan latar belakang kastil tua seperti di Eropa. Untuk masuk ke kawasan wisata D’Dieuland ini, Anda cukup membayar Rp10.000-Rp15.000.

10. Trans Studio Bandung

Salah satu tempat wisata di Bandung yang cukup mainstream adalah Trans Studio Bandung. Dengan luas mencapai 4,2 hektare (ha), membuat taman bermain indoor ini sebagai taman hiburan terbesar di Jawa Barat. Di Trans Studio Bandung, terdapat 20 wahana seru yang patut dicoba. Harga tiket masuknya Rp180.000-Rp 280.000 saja, tergantung hari berkunjung. Tiket tersebut hanya dibayarkan sekali saja saat Anda masuk ke dalam Trans Studio, selanjutnya Anda bebas bermain wahana yang disediakan.   

Baca Juga: Liburan ke Solo, Inilah Tempat Wisata yang Tak Boleh Dilewatkan

11. Orchid Forest Cikole

Bagi Anda yang ingin melepas kepenatan, cobalah mengunjungi tempat wisata di Bandung bernama Orchid Forest Cikole yang terletak di Jalan Tangkuban Perahu, Lembang. Untuk mencapai tempat wisata ini, Anda bisa menggunakan taksi online maupun kendaraan umum. Kalau pakai angkutan umum, naik angkot jurusan Terminal Lembang dari Stasiun Hall, dan turun di depan pintu masuk Orchid Forest.

Tiket masuknya dibanderol Rp30.000 per orang. Nah jangan khawatir buat Anda yang naik kendaraan umum. Begitu sampai di gerbang masuk Orchid Forest, ada shuttle bus menuju hutan anggrek. Kemudian setelah sampai di atas, bukti pembelian tiket Anda pun akan diperiksa kembali oleh petugas.

Seperti namanya, Orchid Forest ini rencananya akan menjadi taman anggrek terbesar di Indonesia dengan menempati lahan seluas 12 ha. Di tempat ini terdapat 157 spesies bunga anggrek yang dibudidayakan. Anggreknya tidak hanya berasal dari Indonesia, tapi juga dari Venezuela, Amerika Serikat, sampai Peru. Selain berbaur dengan alam, Anda pun dapat belajar mengenai flora, menarik bukan?

12. Ranca Upas

Kembali ke daerah Ciwidey, salah satu tempat wisata di Bandung yang dapat Anda kunjungi selain Kawah Putih adalah Ranca Upas. Ranca Upas adalah bumi perkemahan dengan luas mencapai 251 ha dan menjadi tempat konservasi berbagai macam flora dan fauna langka. Karena letaknya di ketinggian 1.700 mdpl, udara di kawasan Ranca Upas terasa dingin.

Selain menjadi bumi perkemahan, Ranca Upas juga menyediakan berbagai macam fasilitas untuk mendukung aktivitas luar ruangan, seperti kolam renang air hangat, fun games, penangkaran rusa, ATV, waterboom, dan masih banyak lagi. Untuk Anda yang tertarik untuk berlibur di Ranca Upas, tiket masuknya Rp10.000.

13. Bukit Jamur Ciwidey

Masih di daerah Ciwidey tepatnya di Jalan Desa Rancabolang, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Bukit Jamur juga merupakan salah satu destinasi wisata alam yang sayang untuk dilewatkan. Meskipun namanya Bukit Jamur, tapi tempat ini tidak dipenuhi dengan jamur. Justru Anda akan dengan mudah menemukan pohon pinus yang tidak terlalu tinggi dan memiliki bentuk dedaunan menyerupai jamur payung. Untuk masuk ke Bukit Jamur, Anda harus membayar Rp5.000.

14. Green Kenyot Cikahuripan

Green Kenyot Cikahuripan
Green Kenyot Cikahuripan

Tak banyak yang tahu di daerah Bandung Barat ada satu destinasi wisata yang jarang dikunjungi wisatawan bernama Green Kenyot. Green Kenyot adalah tebing menjulang di aliran sungai Cikahuripan dan membentuk ngarai, seperti di Grand Canyon, Amerika Serikat. Untuk dapat masuk ke lokasi wisata ini dikenakan biaya sebesar Rp15.000.

Daya tarik dari Green Kenyot bukan hanya tebing atau ngarai yang eksotis, namun juga airnya yang jernih dan air terjun kecil yang mengalir di bagian ujung Green Kenyot. Untuk Anda yang ingin mengunjungi tempat ini, pastikan tidak sendirian dan tetap menyewa pelampung demi keselamatan karena bendungan Saguling dapat dibuka kapan saja dan airnya dapat memenuhi Green Kenyot.

15. Curug Cimahi

Secara geografis, Kota Bandung dikelilingi oleh perbukitan. Hal tersebut membuat keindahan alam Bandung tiada duanya. Jumlah curug pun cukup banyak, salah satunya Curug Cimahi yang berada di Desa Ketawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

Curug Cimahi disebut-sebut memiliki ketinggian mencapai 87 meter dan berhulu di Situ Lembang, kemudian mengalir sampai Cimahi. Daya tariknya adalah instalasi lampu yang menghiasinya yang  akan dinyalakan pada malam hari sehingga membuat air yang jatuh mengalir berwarna warni seperti pelangi. Kalau ingin berwisata ke Curug Cimahi, harga tiket masuknya sebesar Rp15.000. Jam bukanya pukul 08.00-21.00.

16. Amazing Art World 3D

Tempat wisata di Bandung yang instagrammable lainnya, adalah Amazing Art World 3D yang baru buka tahun 2017 lalu. Tempat ini berisi sekumpulan art berbentuk 3D yang dapat dimanfaatkan untuk berfoto. Hasil fotonya seolah-olah gambar tersebut seperti nyata.

Tempat ini menyediakan 3 zona utama yang dapat Anda eksplorasi. Di antaranya adalah dinosaurus zone, aqua zone, dan love zone. Harga tiket masuk Amazing Art World 3D sekitar Rp 80.000-Rp130.000. Memang cukup mahal, tapi dijamin puas dengan hasilnya.

17. Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda

Hobi trekking berkilo-kilo meter? Coba masukkan Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda ke dalam bucket list Anda. Selain trekking, di hutan wisata seluas 590 ha ini, Anda bisa menemukan berbagai spesies tanaman dengan total mencapai 2.500 spesies. Meski berfungsi sebagai kawasan konservasi, namun Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda selalu ada saja pengunjungnya.

Luas tempat wisata ini membentang dari kawasan Pakar hingga Maribaya. Di Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda, Anda pun bisa menemukan beberapa curug dan tempat makan dengan latar belakang rindangnya hutan. Jika ingin menjelajah lebih dalam, ada Goa Belanda, Goa Jepang, Tebing Keraton, Penangkaran Rusa, Monumen Ir. H. Juanda, Prasasti Batu Raja Thailand, dan masih banyak lagi. Untuk masuk ke sini, wisatawan lokal dikenakan retribusi sebesar Rp20.000.

18. Stone Garden

Stone Garden menawarkan pemandangan eksotis dengan latar belakang pegunungan batu dan hamparan rumput luas. Dengan teknik pengambilan foto yang tricky, hasil foto Anda akan terlihat seperti foto di Sumba. Stone Garden Geopark terletak di Kampung Girimulya, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Untuk bisa mendapatkan foto menarik, Anda harus menyiapkan tenaga untuk mendaki, meski medannya tak terlalu terjal. Saat mencapai puncak, Anda dapat menikmati fasilitas yang disediakan pengelola kawasan wisata, mulai dari hammock, panjat tebing, dan berfoto di jurang. Tak perlu khawatir, seluruh peralatan di spot foto tersebut telah dijamin keamanannya.

19. Perkebunan Teh Rancabali

Perkebunan Teh Rancabali di kawasan wisata Ciwidey menawarkan pemandangan hijau nan sejuk. Di tempat ini, Anda bisa melakukan tea walk atau berjalan-jalan di sela-sela perkebunan teh sehingga dapat mengembalikan mood Anda setelah penat bekerja.

20. Taman Lembah Dewata

Taman Lembah Dewata di kawasan Lembang merupakan tempat wisata yang menyajikan danau tadah hujan. Tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada akhir pekan. Lokasi Taman Lembah Dewata ini tepatnya berada di kawasan berkuda Ganesha Equestrian, Lembang.

Pacu Semangat Baru dengan Berlibur

Aktivitas pekerjaan yang begitu padat kerap membuat Anda lelah dan kehilangan semangat. Ayo munculkan semangat baru dengan berlibur. Jika Anda tinggal di Ibu Kota, Bandung bisa menjadi tujuan wisata yang pas untuk mengisi akhir pekan. Lupakan sejenak pekerjaan, dan nikmati waktu bersama pasangan, keluarga, maupun sahabat. Selamat berlibur.  

Baca Juga: 6 Tempat Wisata Murah di Jakarta dan Sekitarnya