Tempat Wisata di Lembang yang Oke Banget Dikunjungi saat Liburan

Usai libur panjang Natal dan Tahun Baru 2019, saatnya kembali pada rutinitas sehari-hari. Meski harus bekerja lagi, cari uang lagi, tapi jangan lupa untuk merencanakan liburan tahun ini. Kamu bisa pergi berwisata di weekend Sabtu-Minggu bersama keluarga atau teman ke Lembang, Bandung, Jawa Barat.

Liburan sangat penting lho untuk menjaga kesehatan mentalmu, mengatasi jenuh dan stres setelah sepekan bekerja di kantor. Liburan enggak harus jauh dan mahal. Salah satu destinasi wisata menarik yang biasa dikunjungi warga Jakarta adalah Lembang. Maklum saja, Jakarta-Bandung umumnya hanya memakan waktu 3-4 jam saja menggunakan mobil pribadi maupun travel. Itu kalau tidak macet ya.

Nah dari Kota Bandung menuju Lembang jaraknya sekitar 16 kilometer (km). Walaupun masih agak jauh dari Ibu Kota Jawa Barat ini, Lembang tak pernah sepi. Sebab daerah yang terletak pada ketinggian 1.312 hingga 2.084 meter di atas permukaan laut ini menawarkan hawa sejuk dan pemandangan indah yang sedap dipandang mata. Beragam tempat wisata pun tersedia, tentu saja kebanyakan wisata alam.

Buat kamu yang mau jalan-jalan di hari libur, ini nih rekomendasi tempat wisata di Lembang yang bisa disambangi:

Baca Juga: Tempat Wisata Indonesia Mirip Luar Negeri ini Wajib Milenial Kunjungi!

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha
Observatorium Bosscha via pergidulu.com

Sudah pernah nonton film Petualangan Sherina yang pernah populer di tahun 2000? Film yang dibintangi aktris Sherina Munaf dan Derby Romero ini mengambil salah satu lokasi syuting di Observatorium Bosscha, Lembang. Bosscha merupakan salah satu tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia. Observatorium yang dilengkapi dengan teleskop bintang super besar ini sudah dibangun sejak masa kolonial Belanda, yaitu tahun 1923 hingga 1928. Harga tiket masuk Bosscha Rp15 ribu per orang untuk kunjungan siang, dan kunjungan malam dikenakan harga tiket Rp20 ribu per orang.

2. Taman Begonia

Bagi yang ingin memanjakan mata dengan berbagai jenis bunga warna warni, datang saja ke Taman Begonia. Koleksi bunga di taman ini mencapai ratusan, di antaranya ada bunga salvia, celosia, geranium, melampodium, dan masih banyak lainnya. Enggak perlu khawatir mati gaya di sini, karena kamu bisa berfoto sepuasnya dengan latar belakang bunga nan indah tersebut untuk dipamerkan ke akun sosial mediamu.

Tapi ingat ya, jangan sampai merusak bunga dan tanaman lain di sana. Selain bunga, di Taman Begonia juga terdapat macam-macam sayuran dan buah segar yang dapat dibeli dengan harga terjangkau. Untuk masuk ke Taman Begonia, pengunjung harus membayar Rp10 ribu per orang. Murah kan?

3. Taman Miniatur Kereta Api

Lokasi yang satu ini sangat cocok buat kamu yang ingin wisata bersama anak-anak tercinta. Kamu bisa melihat miniatur kereta api dengan ragam bentuk. Ada lokomotif, LRT, MRT, atau jenis kereta lain berukuran mini yang berjalan di atas rel. Meskipun begitu, mirip lho dengan aslinya. Kamu dan anak-anak dapat belajar bersama seputar kereta api. Mau berkunjung ke tempat wisata edukatif ini? Biayanya hanya Rp15 ribu.

4. Dusun Bambu Lembang

Habis jalan-jalan, pasti lapar kan. Kamu bisa bergeser ke Dusun Bambu Lembang. Dijamin menyejukkan mata dan pikiran karena tempat wisata kuliner ini menyatu dengan alam karena letaknya di bawah kaki Gunung Burangrang. Tapi sebelum menikmati pemandangan di dusun tersebut, kamu harus menempuh jalur atau medan agak ekstrem, seperti batu-batu, tanjakan, turunan, jalan berliku, meski tidak sampai mendaki gunung dan lembah.

Kalau mau bawa mobil juga bisa. Selain restoran, buat yang mau seru-seruan kemping ceria, menginap, Dusun Bambu Lembang rekomended banget. Karena menyediakan area untuk kemping, penginapan, maupun vila. Harga tiket masuk Dusun Bambu Lembang Rp15 ribu per orang.

5. Floating Market

Mau lihat sampan atau kapal kecil mengapung di sungai seperti yang ada di pasar terapung Banjarmasin? Di Lembang juga ada, namanya Floating Market. Di sini kamu dapat menjumpai kuliner khas Sunda yang menggugah selera. Mau belanja sayur mayur dan buah juga bisa di tempat ini. Sembari si ibu berbelanja, anak dapat bermain sepeda air, perahu, bebek air, kereta air, dan permainan lain. Jika ingin berkunjung ke Floating Market, kamu perlu merogoh kocek Rp15 ribu per orang.

6. Kampung Daun

Tempat wisata kuliner satu ini sudah sangat terkenal. Kamu dapat menikmati aneka macam makanan khas sunda di saung-saung sambil lesehan dengan udara segar. Tempat ini mengusung konsep galeri seni karena memiliki desain interior dan memajang pernak pernik kebudayaan Sunda atau Jawa Barat.

7. Curug Tilu Leuwi Opat

Ingin bermain air? Objek wisata Curug Tilu Leuwi Opat bisa menjadi pilihan. Kamu harus trekking menyusuri hutan, melewati bebatuan, jalanan naik dan turun untuk menemukan sebuah harta karun, yakni spot air terjun yang mempesona. Rasa capek dan lelah seketika terbayar. Curug Tilu Leuwi Opat memiliki pemandangan indah. Pengunjung dapat berenang, dan menikmati permainan outdoor menantang lain, seperti body rafting, dan lainnya. Untuk tiket masuk dibanderol seharga Rp10 ribu per orang.

8. Bandung Treetop Adventure Park

Tempat wisata satu ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai ketinggian dan kegiatan outbound, seperti flying fox meluncur dari satu pohon ke pohon lain yang berjarak beberapa meter. Ada juga kegiatan meniti di atas tali, serta permainan lain yang menguji adrenalin di alam. Jangan khawatir dengan faktor keamanan, karena kamu akan dibekali perlengkapan keselamatan dan diawasi para ahlinya. Ingin menikmati permainan seru di Bandung Treetop Adventure Park, biayanya Rp10 ribu per orang.

9. Taman Wisata Hutan Jayagiri

Berada di ketinggian 1.250 meter dari permukaan laut, Taman Wisata Hutan Jayagiri merupakan lokasi yang tepat untuk menikmati keindahan alam. Taman wisata ini dikeliling pepohonan rindang dan udara cukup dingin sehingga kamu dan keluarga dapat menikmatinya dengan cara berkemah. Di lokasi ini juga terdapat sumber mata air yang mudah dicapai.

10. De Ranch

De Ranch

Kamu seorang penggemar Lucky Luke atau karakter koboi lainnya? Jika demikian, maka tempat ini merupakan lokasi yang harus kamu kunjungi. Tempat ini mengusung konsep ala koboi, di mana pengunjung dapat melakukan aktivitas menunggang kuda, berdandan seperti koboi. Permainna lainnya flying fox, panahan, memerah susu sapi, dan sebagainya. Harga tiket masuk De Ranch yang sedang populer di kalangan wisatawan ini sebesar Rp15 ribu per orang.

Baca Juga: 5 Kartu Kredit Bagi Anda yang Suka Travelling

11. Balitsa Lembang

Wisata edukasi di Lembang cukup banyak. Salah satunya Balitsa Lembang. Balitsa merupakan kependekan dari Balai Penelitian Tanaman dan Sayuran. Di sini kamu bisa mengajak buah hati untuk sama-sama terjun langsung melihat dan belajar penelitian soal tanaman dan sayuran. Untuk masuk ke Balitsa Lembang gratis, kamu dapat menikmati berbagai keindahan flora tanpa biaya sepeserpun.

12. The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya, kawasan reksreasi yang menyuguhkan pemandangan alam hutan pinus. Di sini paling cocok wisata glamour camping. Berkemah, kemudian menjajal berbagai wahana menarik, seperti sky bike, bergaya seperti terbang di udara, dan sebagainya. Selain tiket masuknya Rp20 ribu per orang, kamu bisa mengunjungi The Lodge Maribaya dengan kendaraan umum.

13. Situ Lembang

Tempat wisata Situ Lembang ini bukan di Jakarta lho, tapi berada di Lembang dengan ketinggian 1.567 meter di atas permukaan laut.  Situ Lembang ini merupakan danau buatan tertua di Bandung yang menyajikan hamparan bukit hijau. Sekelilingnya pemandangan Gunung Sunda, Gunung Burangrang, dan Tangkuban Perahu. Cocok untuk aktivits memancing atau sekadar menikmati secangkir kopi hangat sambil mengagumi keindahannya. Harga tiket masuk Situ Lembang Rp10 ribu per orang.

14. Pantai Buatan Kampung Gajah

Ingin menikmati pantai tapi sedang diliputi rasa takut akibat peristiwa tsunami Selat Sunda? Pantai Buatan Kampung Gajah dapat menjadi pilihan. Kamu akan benar-benar serasa di pantai sungguhan dengan ombat buatan. Ini bedanya, kalau di pantai sungguhan biasanya cuaca sangat panas, tapi di Pantai Buatan Kampung Gajah, udaranya sangat sejuk. Harga tiket masuk tempat wisata ini mulai dari Rp150 ribu per orang.

15. Pine Forest Camp

Bagi yang suka kemah, cocok nih ke Pine Forest Camp. Tempat wisata ini dikelilingi ratusan pohon pinus lebat. Dirikan tenda, dan mulai melakukan kegiatan outdoor menarik bersama keluarga atau teman. Bisa juga memasang hammock untuk bersantai. Pine Forest Camp juga cocok untuk foto prewedding. Uh bikin baper deh. Harga tiket masuknya mulai dari Rp150 ribu.

16. Farmhouse

Berkunjung ke Farmhouse, kamu akan merasa seperti tinggal di sebuah peternakan. Menjadi peternak dengan kegiatan beternak tentunya. Kamu dan anak-anak bisa belajar cara ternak unggas, memerah susu sapi, memberi makan, dan aktivitas lainnya. Setelah susu sapi diperah, kamu dapat menyeruput segarnya susu sapi secara gratis. Biaya untuk masuk ke Farmhouse cukup terjangkau sebesar Rp20 ribu per orang.

17. Terminal Wisata Grafika Cikole

Menikmati pemandangan alam memang tiada habisnya. Coba deh ke Terminal Wisata Grafika Cikole yang menawarkan pilihan penginapan, mulai dari pondokan, hotel, sampai tenda agak mewah ada di sini. Penginapan tersebut berada di tengah-tengah hutan pinus. Suasanya masih asri karena menyatu dengan alam. Kalau mau makan kuliner khas Sunda, tinggal pesan dan akan diantar ke tempat penginapanmu. Di Terminal Wisata Grafika Cikole, kamu juga dapat menikmati permainan outbound, seperti flying fox, dan sebagainya. Tiket masuk gratis.

18. Sanghyang Heuluet

Sanghyang Heuluet merupakan wisata air berupa danau. Disebut danau purba lantaran mengandung unsur sejarah dan mitos tertentu. Hal ini menjadi daya tarik utama lokasi wisata tersebut. Buat yang mau berenang, coba deh sensasi melompat dari bebatuan ke danau. Dijamin seru dan menegangkan. Harga tiket masuk ke Sanghyang Heuluet Rp10 ribu per orang.

19. Pemandian Air Panas Ciater

Kalau ke Lembang, belum ke Ciater rasanya kurang afdol. Tempat wisata ini menawarkan sumber mata air panas. Karena mengandung belerang, berendam di air panas tersebut diyakini dapat menyembuhkan penyakit rematik, kulit, mengobati jerawat, dan lainnya. Kalau mau berendam tanpa diganggu siapapun, pihak Ciater menyediakan kolam privat loh. Tiket masuk Ciater dihargai mulai dari Rp15 ribu per orang.

20. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu

Siapa yang tidak kenal Gunung Tangkuban Perahu? Wisata alam yang tersohor karena legenda Sangkuriang. Pemandangan lanskap alam Tangkuban Perahu begitu menakjubkan dengan sejumlah kawah, seperti Kawah Ratu, Kawah Upas, Kawah Omas, dan kawah lainnya. Terdapat pula danau belerang yang warna airnya kehijauan membuat pengunjung terpesona. Harga tiket masuk Gunung Tangkuban Perahu mulai dari Rp20 ribu per orang (weekdays) dan Rp30 ribu (weekend). Jangan lupa bawa masker ya.

Siapkan Bujet untuk Liburan

Jika kamu berencana liburan ke Lembang atau destinasi wisata lain di Indonesia maupun luar negeri, jangan lupa untuk menabung. Mengumpulkan uang dari sekarang, mumpung masih di awal tahun. Jangan sampai kamu berutang hanya untuk jalan-jalan, sehingga bikin morat marit keuanganmu ke depan.

Baca Juga: Tempat Wisata di Jogja yang Cocok Buat Kamu atau Keluarga yang Hobi Travelling