Tempat Wisata di Malaysia yang Bisa Bikin Kamu Bahagia

Malaysia merupakan salah satu tujuan wisata masyarakat Indonesia dan wisatawan dari negara lain. Selain wisata alam, Negeri Jiran menawarkan wisata belanja, wisata halal, sampai wisata medis. Pasalnya banyak warga Indonesia yang berobat ke Malaysia lantaran biaya yang terjangkau.

Malaysia sangat cocok buat kamu yang ingin plesiran ke luar negeri untuk pertama kalinya. Di samping jaraknya yang dekat dengan Indonesia, harga tiketnya pun tergolong murah. Kalau beruntung, kamu bisa dapat tiket pergi pulang (PP) Rp650 ribu. Masuk ke Malaysia juga tidak perlu pakai visa, cukup tunjukkan paspor saja.  

Jika sudah punya paspor, tiket dan memesan penginapan di Malaysia, segeralah meluncur. Kamu akan menemukan destinasi atau objek wisata menarik di negeri ini. Sekilas informasi, Malaysia merupakan negara yang sebagian besar wilayahnya terbagi dua bagian.

Pertama, Sabah yang berbatasan langsung dengan Indonesia, tepatnya Kalimantan Utara. Ibu kota Sabah, yakni Kinabalu. Kedua, Sarawak yang berbatasan dengan Sabah di Timur Laut, Kalimantan bagian Indonesia dari Borneo di bagian Selatan, dan berpapasan dengan Brunei Darussalam. Ibu kota Sarawak adalah Kuching.

Negara yang pernah dikolonisasi Kerajaan Britania Raya ini menyimpan banyak tempat wisata yang menarik untuk kamu kunjungi saat liburan. Baik solo backpacker, bersama teman, keluarga atau pasanganmu. Ini tempat wisata di Malaysia yang bisa kamu kunjungi:

Baca Juga: 8 Tempat Wisata Banyuwangi Paling Hits dan Instagramable

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Batu Caves

Batu Caves
Batu Caves

Berada di Selangor, Batu Caves merupakan tempat suci bagi umat Hindu. Di dalam kompleksnya terdapat batu kapur yang terdiri dari tiga gua berukuran besar dan gua kecil lain. Yang paling mencolok, kamu dapat melihat langsung patung Dewa Murugan berlapis emas setinggi hampir 43 meter.

Untuk mencapai gua utama, kamu harus menaiki anak tangga yang jumlahnya 272. Hati-hati tangganya curam dengan suguhan pemandangan tebing dan hutan yang dihuni ratusan monyet. Monyet tersebut dibiarkan berkeliaran. Di lokasi Batu Caves, rutin digelar Festibal Thaipusam untuk umat hindu dari berbagai penjuru dunia.

2. Genting Highland

Genting Highland
Genting Highland 

Kurang lengkap kalau ke Malaysia tidak mengunjungi Genting Highland di wilayah Genting. Tempat wisata ini komplit dengan berbagai jenis hiburan, seperti taman hiburan untuk anak-anak, penginapan ciamik, tempat makan enak, dan tempat belanja yang nyaman. Adapula kasino layaknya di Macau atau Las Vegas. Tak heran Genting Highland dikenal sebagai The City of Entertainment. Untuk sampai ke tempat wisata ini, kamu harus uji adrenalin dengan naik kereta gantung dari Awana.

3. Gunung Mulu National Park

Sebuah taman nasional atau cagar alam di Sarawak yang menyajikan keindahan alam memanjakan mata. Pemandangan dua gua alami yang di bawahnya mengalir sungai jernih. Pertama, Gua Angin atau disebut Cave of The Winds. Kedua, Gua Rusa alias Deer Cave. Masing-masing gua punya daya tariknya tersendiri. Ingin coba ke Gunung Mulu National Park?

4. Kuil Kek Lok Si

Kuil Kek Lok Si
Kuil Kek Lok Si

Kuil Kek Lok Si berlokasi di wilayah Penang. Yakni kuil umat Budha yang memadukan unsur budaya Thailand, Tiongkok, dan Myanmar. Dibangun tahun 1890, kuil Kek Lok Si memiliki pagoda tujuh tingkat yang terdapat 10 ribu patung Budha dari perunggu dan pualam. Ada juga patung Dewi Kuan Yin yang tingginya lebih dari 30 meter.

5. Kuil Sam Poh Tong

Kuil Sam Poh Tong berlokasi di Gunung Rapat, Ipoh, Perak, Malaysia. Kuil ini sangat menarik ditelusuri, karena berada di dalam sebuah gua alami. Bagian dalamnya dihiasi karya alam berupa stalaktit dan stalagmit. Sayangnya, untuk menjelajahi Kuil Sam Poh Tong, para pengunjung diberikan batas waktu satu jam saja.

6. Kuil Sri Mahamariamman

Kuil Sri Mahamariamman
Kuil Sri Mahamariamman

Malaysia punya banyak kuil yang bisa kamu kunjungi, termasuk di Kuala Lumpur.  Adalah Kuil Sri Mahamariamman adalah kuil umat Hindu tertua di wilayah tersebut karena dibangun tahun 1973. Berarti usianya sudah 146 tahun. Kuil ini dirancang dengan desain bangunan yang khas dan memiliki menara lima tingkat.

7. Langkawi Cable Car

Ini sih tempat wisata yang paling sering dikunjungi wisatawan jika sedang jalan-jalan di Malaysia. Ya, Langkawi Cable Car. Dengan menaiki gondola atau kereta gantung, kamu bisa menikmati pemandangan alam dari ketinggian lebih dari 700 meter di atas permukaan laut.

8. Legoland Malaysia

Legoland Malaysia
Legoland Malaysia

Tempat wisata ini sangat terkenal di Malaysia, Legoland Malaysia. Taman hiburan berkualitas internasional yang terletak di Johor Bahru. Di Asia, ini Legoland yang pertama lho. Sebelumnya sudah ada lima Legoland di seluruh dunia. Sesuai namanya, Legoland Malaysia menjadi surga wisata buat anak-anak, karena taman hiburan ini didesain bertema mainan legendaris Lego. Wahana yang disediakan pun beragam.

9. Malaka River Cruise

Bila kamu ke Kota Malaka, sempatkan mampir ke Malaka River Cruise. Kamu dapat menikmati keindahan Kota Malaka yang bersejarah dengan berkeliling menggunakan perahu. Untuk sekali perjalanan, butuh waktu sekitar 45 menit.

Baca Juga: Tempat Makan di Malang yang Enak dan Murah Buat Para Penjelajah Kuliner

10. Malaysia National Museum

Malaysia National Museum
Malaysia National Museum

Muzium Negara atau Malaysia National Museum merupakan tempat yang cocok disambangi jika ingin berwisata sembari menambah pengetahuan sejarah Malaysia. Arsitektur bangunan museum ini mirip dengan gaya Minangkabau, Sumatera Barat. Bila mengunjungi Malaysia National Museum, kamu akan ditemani pemandu untuk ikutan tur keliling museum secara gratis.

11. Masjid Putra

Salah satu ikon Malaysia yang dibangun tahun 1997. Letaknya bersebelahan dengan rumah serta kantor Perdana Menteri Malaysia. Masjid ini dijuluki masjid mengapung karena lokasinya yang berada di tepi Danau Putrajaya sehingga kamu bisa melihat keindahan dari sana. Masjid ini seolah mengambang di atas danau.

12. Menara Kembar Petronas

Menara Kembar Petronas
Menara Kembar Petronas

Ini sih tempat wisata wajib dikunjungi kalau liburan ke Malaysia. Menara Kembar Petronas adalah ion utama Negeri Jiran. Biasanya wisatawan yang menyambangi menara tersebut, mengabadikan momen berfoto bersama atau selfie dengan gaya kekinian. Menara ini sempat menjadi menara tertinggi di dunia dari tahun 1998 sampai 2004 sebelum akhirnya dikalahkan bangunan di negara lain, seperti Dubai dan Taiwan.  

13. Penang National Park

Taman Nasional Penang atau Penang National Park berada di Bagian Timur Laut Pulau Teluk Bahang, Penang. Di sini, kamu berpetualang dan membaur dengan alam, seperti melakukan trekking di hutan, kemping, dan aktivitas lainnya. Tenang saja, sudah ada jalur trekking sehingga tidak akan nyasar. Selain itu, kamu juga bisa berkeliling menggunakan kapal, atau melihat pemandangan dari kanopi sepanjang 250 meter dengan tinggi 15 meter. Tempat ini paling pas untuk menikmati matahari terbenam (sunset).

14. Pulau Dayang Bunting

Pulau Dayang Bunting
Pulau Dayang Bunting

Pulau Dayang Bunting yang berada di Langkawi begitu memikat dengan pemandangan pulau yang nampak seperti perempuan sedang mengandung jika dilihat dari atas. Cerita rakyat yang beredar tentang pulau ini adalah seorang dewi yang menikah dengan manusia dan meninggalkan jenazah bayi di pulau tersebut. Bayi itu telah meninggal karena sakit setelah dilahirkan. Terlepas dari hal itu, kamu bisa menikmati pantai dengan pasir bersih, dan air yang biru kehijauan.

15. Pulau Manukan

Pulau yang terletak di Sabah, kawasan Timur Malaysia ini menawarkan keindahan pulau yang sedap dipandang mata. Pulau Manukan memiliki hamparan pasir putih yang terbentang cukup panjang dan menjadi salah satu pulau paling ramai dikunjungi para wisatawan. Di pulau ini, kamu bisa sekedar bermain di pantai hingga berwisata menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling maupun menyelam.

16. Pulau Redang

Pulau Redang
Pulau Redang

Pulau lainnya yang cantik adalah Pulau Redang di Terengganu. Menawarkan keindahan pantai dan keragaman bawah laut. Aktivitas yang bisa kamu lakukan di Pulau Redang adalah dengan snorkeling atau diving.

17. The Habitat Penang Hill

The Habitat Penang Hill merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup populer di Malaysia, khususnya Penang. Selain wisata, kamu akan mendapatkan edukasi berbagai jenis flora dan hutan. Lokasi paling favorit di tempat tersebut adalah canopy walk (sebuah kanopi atau jalur seperti jembatan) yang berada di ketinggian 13 meter dan mengitari lokasi ini. Kanopi tersebut sangat ramah lingkungan karena sama sekali tidak merusak satupun tanaman atau pohon yang dijadikan jalur.

Liburan Melepas Penat

Bila sudah jenuh dengan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari, kamu punya cara untuk melepas penat, salah satunya berwisata. Dengan liburan, pikiran dan tubuh kamu akan kembali segar dan rileks. Rencanakan liburan dari sekarang, menabung, cari promo tiket murah yang menggunakan kartu kredit, serta susun itinerary, bujet, dan jangan lupa ajukan asuransi perjalanan supaya liburan terasa menyenangkan tanpa bikin kantong jebol.

Baca Juga: 11 Tempat Wisata Seru di Thailand yang Wajib Dikunjungi