Terbang dengan Asiana Airlines Makin Untung, Intip Cara Jadi Member Asiana Club dan Tukar Miles

Apabila Anda termasuk orang yang sering pergi ke luar negeri karena urusan pekerjaan bisnis, pekerjaan atau hanya sekedar travelling, tak ada salahnya Anda bergabung menjadi anggota member di sebuah maskapai penerbangan. Hal ini akan memberikan manfaat yang banyak untuk Anda.

Seperti Asiana Airlines yang menawarkan Program Frequent Flyer, Asiana Club. Anda akan mendapatkan sejumlah miles di setiap kali melakukan penerbangan dengan Asiana Airlines atau salah satu maskapai penerbangan yang bekerja sama atau mitra.

Miles tersebut tentunya dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah berupa layanan penerbangan. Bukan hanya itu saja, dengan menjadi member di Asiana Club, Anda juga bisa menikmati layanan ektra penerbangan yang sangat menguntungkan.

Bagi yang tertarik untuk bergabung di Asiana Club tapi masih mengumpulkan informasi-informasi tentang programnya secara menyeluruh, simak ulasannya berikut ini yang telah dirangkum dari laman resmi Asiana Airlines.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Status Keanggotaan

asiana club
Status keanggotaan Asiana Club

Setelah bergabung dengan Asiana Club, Anda akan menjadi anggota Silver (anggota umum) dan Anda akan ditingkatkan menjadi Gold, Diamond, Diamond Plus, dan Keanggotaan Platinum sesuai dengan jumlah penerbangan yang diambil dan catatan Kartu Afiliasi Asiana.

Dari setiap status tersebut, memiliki manfaat yang akan diberikan kepada anggotanya. Berikut manfaat secara umumnya, antara lain:

  1. Akumulasi miles dapat digunakan untuk pembelian tiket bonus dan peningkatan tempat duduk.
  2. Beragam manfaat dapat digunakan dan miles dapat diakumulasikan melalui mitra.
  3. E-buletin Asiana Club secara teratur memberi tahu anggota tentang status jarak tempuh mereka, sambil memberikan berita dan berita acara Asiana.
  4. Jarak tempuh yang Anda dapatkan berlaku selama sepuluh tahun sejak tanggal keberangkatan atau tanggal akumulasi
  5. Prioritas saat menunggu reservasi
  6. E-newsletter Asiana Club
  7. Konter Check-in
  8. Pemrosesan bagasi prioritas
  9. Tambah tunjangan bagasi gratis
  10. Bonus mile
  11. Kupon
  12. Penggunaan Lounge

Cara Memperoleh Miles

air miles

Sebelumnya mile memiliki masa berlaku yaitu 10 – 12 tahun. Selain itu, jumlah miles yang sedikit untuk mencapai status keanggotaan. yaitu 20.000 miles untuk Gold (Star Alliance Silver) dan 40.000 miles untuk Diamond (Star Alliance Gold).

Nyatanya untuk memperoleh Asian Club Miles, bukan hanya dari melakukan penerbangan saja tapi banyak kegiatan lainnya yang sudah ditentukan oleh Asiana Airline, seperti berikut:

1. Penerbangan dengan Asiana Airlines

Mile akan ditentukan berdasarkan jarak tempuh penerbangan, jadi semakin jauh kota yang dituju maka semakin banyak jumlah mile yang didapat. Setiap anggota Asiana Club bisa langsung mengetaui berapa besar mile yang didapat dari penerbangan yang dilakukan sebab pihak Asiana Airlines telah membuat tabel Earning Standard. Anda bisa melihat tabel mile penerbangan dengan standar kelas ekonomi di link berikut ini https://flyasiana.com/C/ID/EN/contents/mileage-applied-to-each-segment.

2. Penerbangan dengan Mitra Lainnya

Ingin menggunakan maskapai penerbangan lain namun tetap ingin juga mendapatkan miles, pilihlah mitra Star Alliance atau mitra lainnya. Anda hanya tinggal menunjukkan keanggotaan Asiana Club, maka mile langsung diakumulasikan setelah melakukan pemesanan. Untuk melihat daftar mitra Asiana Airlines, cek di link berikut ini https://flyasiana.com/C/ID/EN/contents/information-on-earning-star-alliance-miles

3. Kartu Kredit

Kartu kredit tak hanya memberikan keuntungan kepada penggunanya dengan berbagai diskon saja, tapi pengguna kartu kredit yang tergabung dalam Asian Club juga akan mendapatkan mile saat melakukan pemesanan tiket, yaitu mulai dari 1 – 5 mile per KRW 1000. Namun dengan catatan, gunakan kartu kredit yang bekerja sama dengan Asiana Airline. Berikut mitra kartu kredit https://flyasiana.com/C/ID/EN/club/partner-earn/creditcard.

4. Hotel

Jangan hanya saat pemesanan penerbangannya saja tapi saat pemesanan hotel juga harus menggunakan Asiana Club. Dengan begitu, mile yang terkumpul akan semakin cepat. Mile yang didapat beragam tergantung dari kebijakan kerjasama antara hotel dengan Asiana Club. Ada yang 1-2 mile per 1 US dollar, 250-500 mile per malam, dan sebagainya. Beberapa mitra hotel yang dapat Anda pertimbangan dan pilih sesuai dengan keinginan. Daftar hotel tersebut bisa dilihat dengan klik link berikut https://flyasiana.com/C/ID/EN/club/partner-earn/hotel.

Baca Juga: Bisa Nginap di Hotel Gratis, Cek Cara Kumpulkan dan Tukar Poin Member Le Club AccorHotels

5. Penyewaan Mobil

Jika lagi di luar negeri jangan bingung soal kendaraan, sebab Anda bisa memanfaatkan Asiana Club dengan sewa mobil di sana. Dari beberapa perusahaan sewa mobil, Anda akan mendapatkan 100 - 500 miles. Untuk melihat daftar perusahaan sewa mobil yang sudah menjadi mitra, bisa klik disini https://flyasiana.com/C/ID/EN/club/partner-earn/rentacar.

6. Belanja

Jika ada barang yang ingin dibeli seperti baju, sepatu, tas, buku atau lainnya, tak ada salahnya belanja dengan menggunakan Asiana Club di mall yang sudah menjadi mitra. Apapun barang yang dibeli akan menambah jumlah mile member. Klik link ini https://flyasiana.com/C/ID/EN/club/partner-earn/shopping untuk melihat mallnya dan klik link berikut https://flyasiana.com/C/ID/EN/club/partner-earn/etc untuk melihat partner lainnya.

Cara Gunakan Mile

anjing
Terbang dengan hewan peliharaan salah satu cara menggunakan miles

Setelah mile yang Anda dapatkan sudah terkumpul banyak, saatnya tukarkan mile tersebut dengan berbagai hadiah yang ditawarkan Asiana Club, seperti berikut:

1. Tiket Penghargaan

Tukarkan mile dengan tiket penghargaan penerbangan. Penghargaan penerbangan tersedia ketika ada kursi kosong di titik keberangkatan penerbangan, tapi untuk kenyamanan dalam merencanakan perjalanan Anda, kursi penghargaan penerbangan dialokasikan terlebih dahulu.

Kursi untuk penghargaan penerbangan dikelola secara terpisah dari kursi untuk tiket reguler, dan jumlah kursi yang dialokasikan untuk penghargaan penerbangan ditentukan sesuai dengan musim, hari dan penerbangan dengan menganalisis sejarah naik.

Lakukan pendaftaran terlebih dahulu jika Anda ingin memesan penghargaan penerbangan, antara lain:

  • Tentukan tanggal dan tujuan
  • Periksa mile ditebus dan mile pribadi
  • Reservari
  • Penerbitan tiket penghargaan

2Bayar Bagasi

Anggota dapat menggunakan mil yang diperolehnya untuk membayar biaya bagasi berlebih untuk bagasi yang melebihi batas bagasi gratis. Kadaluwarsa dan ketentuan penggunaan dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya. Untuk itu, silakan periksa kebijakan sebelum digunakan. Berikut ketentuan bagasi berdasarkan rute:

  • Rute Amerika
  • Rute Non-Amerika
  • Zone 1: Rute dengan penerbangan 1,5 jam dari Korea (Fukuoka, Weihai, Yantai, Dalian, Qingdao)
  • Zone 2: Korea - Japan, Cina, Northeast Asia
  • Zone 3: Asia
  • Zone 4: Eropa dan Oceania

3. Lounge

Ini adalah program yang memungkinkan anggota Asiana Club untuk menggunakan lounge Asiana Airlines dengan menebus Asiana Club Miles. Hanya tersedia bila Anda memegang boarding pass untuk penerbangan yang dioperasikan oleh Asiana Airlines. Sebelum itu, lihat dulu kriteria penggunaan lounge di link berikut https://flyasiana.com/C/ID/EN/contents/additional-airline-services.

Baca Juga: Skypass Korean Air: Gabung dan Kumpulkan Miles Biar Dapat Bonus Keliling Dunia

4. Perjalanan Anak Tanpa Pendamping

Bagi Anda yang memiliki anak dan ingin merasakan perjalanan tanpa pendamping, tukarkan saja mile dengan hadiah layanan yang satu ini. Adapun ketentuan yang harus dipenuhi, yaitu:

  • Hanya dapat digunakan pada penerbangan Asiana biasa yang dioperasikan oleh Asiana Airlines.
  • Anak: Layanan ini ditawarkan kepada penumpang yang berusia antara 5 - 12 tahun yang bepergian tanpa wali.
  • Remaja: Layanan ini ditawarkan kepada penumpang berusia antara 12 - 17 tahun yang bepergian tanpa wali.

5Penerbangan dengan Hewan Peliharaan

Bagi Anda yang ingin melakukan penerbangan dengan hewan peliharaan tersayang, tukarkan saja Asian Club Mile yang sebelumnya telah Anda kumpulkan. Perhatikan, lakukan konfirmasi kepada pihak Asiana Airlines terlebih dahulu sebelum hari keberangkatan. Konfirmasi ini bisa dilakukan pada website https://flyasiana.com/. Berikut ketentuannya yang perlu diperhatikan:

  • Penerbangan internasional
  • Penerbangan Domestik

6. Tempat Duduk

Anda dapat membayar kursi yang dipilih dengan jarak tempuh Anda. Pastikan untuk mengkonfirmasi terlebih dahulu, sebab tergantung pada ketersediaan kursi pada tanggal keberangkatan di bandara. Kursi yang dipilih dapat dibayar dengan jarak tempuh hanya untuk penerbangan Asiana Airlines yang dioperasikan oleh Asiana Airlines. Untuk selengkapnya cek di link ini https://flyasiana.com/C/ID/EN/contents/additional-airline-services.

Gabung dan Nikmati Manfaatnya

Bagi Anda yang sudah mantap ingin menikmati segala manfaat dari Asiana Club, segera bergabung menjadi membernya. Pendaftarannya ini bisa dilakukan melalui online di laman resmi Asiana Airlines atau mobile website atau juga melalui aplikasi yang diunggah di smartphone dan offline dengan berkunjung langsung ke kantor cabang. Selain itu dapatkan informasi lengkap dan terbarunya di website dan media sosial resmi milik mereka mulai dari facebook, twitter, dan instagram.

Baca Juga: Asia Miles: Cara Daftar Jadi Anggota, Kumpulkan dan Tukar Poinnya Biar Makin Untung