Tergiur Cicilan 0 % Kartu Kredit? Ketahui Dulu Informasi Penting Ini Terlebih Dahulu

Memiliki kartu kredit dan aktif sebagai pengguna, kamu tentu familiar dengan berbagai promo yang ditawarkan kartu kredit. Tak bisa dipungkiri jika berbagai penawaran menarik inilah yang menjadi salah satu daya tarik utama kartu kredit, sehingga semakin hari peminatnya semakin tinggi saja. Cicilan 0% merupakan salah satu promo yang paling populer dan hampir semua bank menawarkan yang satu ini di dalam produk kartu kredit mereka.

Di dalam prakteknya, cicilan 0% ini akan memungkinkan kamu melakukan pembelanjaan dalam jumlah tertentu dan dapat melunasinya dalam jumlah tetap untuk masa cicilan yang dipilih tanpa dikenai bunga. Pada umumnya masa cicilan ini antara 3 hingga 24 bulan.

Program cicilan 0% ini memang begitu menggoda, terutama bagi yang hobi belanja. Namun utang tetaplah utang, di mana sejumlah cicilan yang kamu lakukan dengan program 0% ini tetap akan menjadi beban di dalam keuanganmu. Artinya, sangat penting untuk selalu mencermati kemampuan keuanganmu ketika akan menggunakan program yang satu ini, termasuk memahami dengan baik berbagai syarat yang diterapkan oleh pihak bank di dalamnya.

Jangan sampai tujuan kamu menghemat dan memanfaatkan cicilan 0% justru berujung pada pemborosan dan pengeluaran biaya yang tidak perlu, hanya karena kamu tidak jeli mencermati berbagai syarat penggunaannya.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Pahami Syaratnya dengan Baik

baca persyaratannya dengan baik

Sama halnya dengan program kartu kredit lainnya, saat menggunakan cicilan 0% ini harus selalu jeli. Bukan tidak mungkin kesalahan kecil saja, justru membuat kamu terjebak dan mengalami kerugian atas penggunaan program ini. Sebelum akhirnya menggunakan program 0% pada kartu kreditmu, setidaknya kamu harus mencermati syarat penggunaanya, seperti: masa berlaku program, merchant yang bekerjasama, minimal dan maksimal nilai transaksi yang bisa dilakukan, masa cicilan yang tersedia, dan yang lainnya. Semua ini akan menghindari kamu dari masalah setelah melakukan pembelanjaan.

Selain itu, pastikan telah mengaktifkan program cicilan 0% mu dengan tepat. Kebanyakan bank penerbit kartu kredit meminta pengguna kartu mereka untuk melakukan aktivasi program ini melalui layanan telepon ke call center. Hal ini bahkan biasanya harus dilakukan dalam kurun waktu tertentu setelah pembelanjaan dilakukan, sehingga pembelanjaan tersebut diproses untuk layanan cicilan 0%.

Dalam beberapa kasus, pembelanjaan yang tidak disertai laporan (permintaan) langsung yang sesuai dengan waktu yang diberikan oleh bank, akan secara otomatis diproses sebagai pembelanjaan reguler dan bukan program 0%. Jika sudah begini, maka kamu tentu harus melunasinya sebelum jatuh tempo nanti, atau jika kamu mencicilnya maka pembelanjaan ini akan dikenai sejumlah bunga.

Jadi, penting untuk selalu mencermati ketentuan yang satu ini sejak awal, sebab bisa berakibat fatal dan menimbulkan kerugian di dalam keuanganmu.

Baca Juga: Tiba-Tiba Mendapatkan Kartu Kredit Gratis? Simak Tips Ini

 

Sesuaikan dengan Kondisi Keuangan

sesuaikan dengan kondisi keuangan

Sama halnya dengan pembelanjaan lainnya, program 0% ini juga harus disesuaikan dengan kondisi keuangan. Jangan sampai kamu mengalami masalah dalam membayar cicilan, hanya karena tidak melakukan perhitungan yang tepat sejak awal.

Sangat penting untuk menyesuaikan pembelanjaan yang dilakukan dengan limit kartu kreditmu, agar tidak sampai mengalami over limit yang tentu saja akan berakhir dengan sejumlah biaya.

Selain itu, kemampuan keuangan dalam membayar cicilan juga harus dilihat dengan baik. Meskipun cicilan ini tidak dikenakan sejumlah bunga, namun kamu harus membayarnya sesuai dengan tanggal jatuh tempo yang ditetapkan oleh bank. Jika telat, maka kamu tentu akan dikenakan sejumlah bunga dan juga denda keterlambatan. Semua ini tentu akan menjadi masalah di dalam keuanganmu, bukan?

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Kredit Pertama, Apa yang Mesti Diperhatikan?

Pahami dan Gunakan dengan Bijak

Penggunaan program 0 % bisa saja menjadi sesuatu yang menguntungkan, jika bisa memanfaatkannya dengan tepat. Pastikan kamu memahami dengan baik semua aturan terkait dengan program ini, sebelum akhirnya kamu memutuskan untuk menggunakannya. Belanjalah dengan bijak dan memanfaatkan program kartu kreditmu dengan tepat, agar fasilitas tersebut memberikan manfaat maksimal di dalam keuanganmu.

Baca Juga: Kartu Debit vs Kartu Kredit, Mana Pilihan Anda?