Ternyata Ini Sektor Bisnis di Indonesia yang Berani Kasih Gaji Tinggi Hingga 300 Juta

Jika dulu profesi elit dengan bayaran tinggi yang terkenal adalah dokter atau pilot, sekarang seiring berkembangnya zaman dan teknologi. Jumlah profesi elit dengan gaji menggiurkan pun semakin luas dan banyak jumlahnya.

Bahkan ada beberapa profesi dimana kamu tidak perlu kuliah mahal-mahal untuk bisa mendapatkan kesempatan yang sama untuk menyandang profesi elit seperti seperti bidang kedokteran, penerbangan atau hukum.

Nah, jika kamu tidak memiliki ketertarikan diantara ketiganya tapi tetap mau menyandang profesi elit dengan bayaran tinggi. Berikut beberapa sektor bisnis yang ternyata mampu memberikan gaji bernilai tinggi kepada karyawannya, berkat beberapa faktor. Baik itu karena kemajuan teknologi, kelangkaannya, atau kepopulerannya.

Bahkan ada yang masih belum banyak diketahui orang banyak, ini dia sektor bisnis berpotensi cemerlang yang bisa menggaji karyawannya tinggi hingga Rp300 juta perbulannya:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Teknologi Informasi

software engineer

Bisnis online sekarang sudah sama besar dan suksesnya dengan sektor bisnis lain. Walaupun terbilang masih baru tapi kepopuleran bisnis ini semakin mantap saja seiring semakin canggihnya teknologi internet saat ini.

Internet sudah menjadi bagian dari gaya hidup sebagian besar masyarakat, mulai dari berbelanja, mencari informasi, hiburan bahkan untuk sekedar mencari ‘ojek’. Semakin pentingnya pengaruh teknologi internet artinya semakin banyak pula tenaga kerja yang ahli dibidang teknologi informasi untuk membangun sebuah website atau mengolah data online.

Software developer atau java programmer adalah profesi yang paling merajai sektor satu ini. untuk setiap profesi masing-masing bisa memberikan gaji mulai dari Rp15- Rp40 juta untuk software developer, Rp10- Rp20 juta untuk seorang java programmer. Dan profesi penting lainnya di sektor ini yaitu Data Analisis sekitar dari Rp11 mencapai Rp27 juta.

Baca Juga: Prospek Profesi Ahli Ilmu Komputer dan Tips Supaya Kamu Bisa Bersaing

2. Otomotif

bengkel

Otomotif memang sudah lama menjadi sektor industri bisnis yang populer terutama oleh para laki-laki. Berkutat dengan berbagai kecanggihan mesin dan diberi kesempatan untuk menciptakan inovasi teknologi baru selalu menjadi daya tarik utama untuk orang-orang yang ingin terjun ke sektor industri ini.

Tapi menjadi bagian dari sektor industri bisnis yang satu ini tidak lah bisa sembarangan, skill dan background pendidikan yang sesuai masih menjadi syarat utama untuk bisa berkarir di duniat otomotif. Selain itu, tingkat kesulitan yang dari pekerjaan yang ada di bidang ini pun yang menjadi faktor kenapa para pekerja di industri ini mendapatkan bayaran yang lumayan mahal.

Untuk seorang Technical Specialist bisa mendapatkan bayaran gaji mulai dari Rp10- Rp25 juta dan untuk posisi R&D manager bisa mendapatkan gaji sekitar Rp27- Rp44 juta.

3. Farmasi dan Kesehatan

farmasi

Siapa yang menyangka bahwa Indonesia telah menjadi salah satu negara yang paling mendominasi pasar bisnis farmasi di Asia Tenggara. Mengalahkan penjualan Malaysia dan Filipina yang digadang memiliki teknologi yang lebih canggih dan sumber daya manusia yang lebih berkualitas. Nyatanya Indonesia lah yang paling banyak menyumbangkan angka pertumbuhan bisnis pada sektor ini yang yang mencapai 12,2% pertahun.

Bergengsi dan mahal, profesi dalam bidang farmasi dan kesehatan tidak pernah main-main dalam urusan gaji. Gaji puluhan juta adalah hal yang lumrah dalam bidang ini. Seorang IT Director bisa dibayar dengan kisaran gaji Rp 80-110 juta per bulan. Bahkan untuk posisi Finace dan Accounting Manager bisa mencapai sekitar Rp55 - Rp85 juta.

Di sektor farmasi untuk jabatan HR director bisa mendapatkan gaji Rp80- Rp150 juta, dan Key Account Manajer Rp25- Rp30 juta per bulan.

Baca Juga: Ingin Kerja dengan Penghasilan di Atas Rata-Rata? Ini Dia 10 Pekerjaan dengan Bayaran Terbaik Tahun Ini

4. Ritel Barang Konsumsi dan Jasa Online

ritel barang konsumsi dan jasa online

Semakin bertambahnya lapak/tempat berjualan baik untuk barang konsumsi langsung atau jasa membuat semakin tingginya permintaan terhadap pengadaan barang konsumsi (sektor ritel) atau jasa. Dengan populasinya yang besar, semakin banyaknya kaum kelas menengah yang tumbuh dan kebiasaan berbelanja yang semakin modern. Sektor ritel ini pun semakin menjanjikan.

Dan dengan semakin meningkatnya sektor ritel makan akan secara langsung akan meningkatkan sektor bisnis jasa seperti kurir, pemasaran dan distributor. Melihat potensi yang cukup tinggi ini tentu saja akan memacu semakin banyaknya orang yang terjun di sektor ritel ini yang artinya kebutuhan sdmnya pun semakin diperbanyak dan tentu saja untuk sebuah posisi tertentu jaminan gaji tinggi pun menjadi daya tarik utama dalam sektor ritel  dan jasa ini.

Di sebuah situss e-commerce yang merupakan media paling besar penggerak sektor bisnis ritel yang sedang banyak diminati para generasi millenial. Untuk posisi Digital Marketing gaji yang bisa didapatkan berkisar Rp25 - Rp52 juta, kemudian Account Manager dengan kisaran gaji Rp10 - Rp27, dan IT Operation Manager Rp40 - Rp60 juta perbulannya

Sementara di sektor pendidikan online sebagai salah satu penggerak utama sektor bisnis jasa online, untuk Head of Sales dan Operasi bisa mendapatkan gaji sekitar Rp22 - Rp33 juta dan Sales Manager Rp11 - Rp33 juta. Sementara di FMCG pekerjaan dengan gaji menarik misalnya Key Account Manager dengan kisaran Rp15 – Rp35 juta dan Plant Manager Rp20 - Rp55 juta per bulan.

5. Manufaktur dan Agro Industri

engineer

Industri manufaktur dan agro-industri akan selalu menjadi pendorong ekonomi utama di negara manapun. Tanpa terkecuali Indonesia. Dalam menggerakan sektor industri paling penting ini tentu Engineering atau orang-orang teknik sangat dibutuhkan.

Engineering dibutuhkan tidak hanya untuk membangun sebuah mesin, tapi juga merawat dan mempercanggih. Tujuannya? Tentu saja untuk meringankan pekerjaan produksi, membuat kualitas produk terjaga dan memperbanyak produk sesuai permintaan yang ada.

Ini dia sedikit gambaran berapa penghasilan yang bisa didapatkan untuk mengetahui berapa kisaran gaji yang bisa didapatkan dari bekerja di industri raksasa ini.

Business Development Manager bisa mendapatkan sekitar Rp40 - Rp80 juta dan Accounting Manager Rp20- Rp25 juta per bulan. Sedangkan di sektor pertambangan Heavy Equipment kisaran gaji Rp16- Rp40 juta. Sementara di sektor petrokimia seorang Sales Manager bisa mendapatkan gaji Rp22 - Rp44 juta perbulannya.

Lalu, yang Engineering sendiri dapatnya berapa?

Untuk seorang Engineering, gaji yang didapat bisa mencapai mulai dari Rp35 – Rp80 juta perbulan tergantung dari bidangnya. Yang berada di pertambangan dan perminyakan bahkan bisa mencapai hingga ratusan juta perbulan.

6. Bank dan Keuangan

bank dan keuangan

Nak, kuliahnya ambil ekonomi aja terus kerjanya dibank

Familiar? Tapi kalimat tersebut sering muncul dari para orang tua bukan tanpa alasan. Karena pada kenyataannya bekerja di bida perbankan dan keuangan masihlah dianggap sebagai jalan karir yang bagus, jenjang karir terjamin dan tentunya penghasilan yang tinggi.

Tidak ada perusahaan yang tidak membutuhkan jasa perbankan dan semua perusahaan pasti membutuhkan divisi keuangan. Menjadi bagian vital dalam sebuah bisnis tentu saja banyaknya profesi yang berkaitan di bidang ini pun berani membayar dengan gaji tinggi demi kelancaran arus keuangan perusahaan.

Berikut gambaran jumlah gaji yang bisa didapatkan oleh orang-orang yang bekerja di sektor bisnis perbankan dan keuangan. Misalnya untuk kategori asuransi, untuk seorang Jabatan Chief Information Security Officer  bisa mendapatkan kisaran gaji Rp65 - Rp80 juta perbulannya.

Di Retail dan Corporate Banking, untuk jabatan Head of Credit mencapai Rp88 - Rp130 juta. Sementara untuk Direktur Operasional gaji yang didapatkan bisa berkisar Rp165 - Rp330 dan Relationship Manager dengan kisaran Rp9- Rp25 juta.

Tepat Pilih Jurusan Kuliah bisa Antar Kamu ke Jalan Karir Terbaik

Rata-rata profesi diatas tidak bisa didapatkan begitu saja. Ada tahap perkuliahan dengan jurusan yang terkait yang harus dilalui sebagai persyaratan wajib. Untuk itu buat kamu yang akan baru memasuki dunia perkuliahan pikirkan baik-baik jurusan apa yang akan kamu jalani. Jangan pilih jurusan karena gengsi atau sebuah paksaan. Namun, deskripisi sebuah karir yang sukses tidak selalu karena dari penghasilannya saja.

Baca Juga: Jam Kerja Fleksibel dan Gaji Tinggi, Ini Dia 10 Negara Terbaik untuk Para Pekerja