Ternyata Inilah Pentingnya Kartu Kredit Pertama Saat Memohon Kartu Kredit Lain

kartu kredit

Pertama kali mendengar kartu kredit, orang langsung berpikir apa pentingnya mengajukan kartu kredit untuk pertama kalinya. Kartu kredit memiliki banyak keuntungan dan bisa digunakan sebagai alternatif pembayaran yang mudah dan simple, namun masih banyak orang yang merasa tidak memerlukan kartu kredit. 

Macam-macam produk kredit yang akan memudahkan dalam melakukan berbagai transaksi, seperti: 

  • kartu kredit
  • kredit tanpa agunan (KTA)
  • kredit pemilikan rumah (KPR) 
  • dan berbagai produk kredit lainnya. 

Produk-produk kredit di atas yang akan memudahkan Anda dalam memenuhi kebutuhan, contohnya kredit pemilikan rumah atau KPR yang akan memudahkan dalam membeli rumah, yaitu dengan cara menyicil setiap bulannya. 

Anda tidak akan bisa menyicil rumah apabila tidak memiliki KPR, bagi orang kalangan bawah membeli rumah tanpa menyicil atau cash adalah hal yang berat karena kemampuan finansial yang rendah. 

Berbeda dengan orang kaya yang bisa langsung membeli rumah dengan cash, tapi Anda tahu tidak semua orang Indonesia adalah orang kaya bukan? 

Maka dari itu KPR sangat dibutuhkan oleh masyarakat kalangan bawah, sebelum membuat KPR, Anda harus memiliki produk kredit lain agar pengajuan KPR bisa diterima oleh bank. Anda harus mengajukan terlebih dahulu kartu kredit pada bank sebelum mengajukan KPR. 

Maka dari itu, Cermati.com akan menjelaskan pentingnya kartu kredit pertama untuk pengajuan kredit lainnya.

Baca Juga: Dear Pasutri, Satukan Kartu Kredit Bikin Finansial Aman. Ini Tips Cerdas Mengelolanya!

1. Mempunyai Riwayat Kredit

Bagi kalian yang mempunyai kartu kredit pertama, maka data transaksi penggunaan kartu kredit otomatis akan tercatat di Bank Indonesia. 

Saat mengajukan produk kredit, maka Bank dengan mudah akan melihat data transaksi kartu kredit dan pembayaran tagihan kartu kredit setiap akhir bulan. 

Apabila Anda selalu membayar tagihan kartu kredit selalu tepat waktu maka peluang kemungkinan pengajuan produk kredit berikutnya akan diterima oleh bank. 

Semua itu karena bank telah melakukan analisis kredit pada data transaksi kartu kredit yang akan menjadi pertimbangan saat mengajukan produk kredit lainnya. 

2. Bank Memberikan Anda Kepercayaan. 

Jika memiliki kartu kredit pertama kali, maka secara tidak langsung Bank sudah memberikan kepercayaan dengan menyetujui kartu kredit pertama Anda. 

Dengan kata lain, saat Anda mengajukan produk kredit lainnya maka Bank pun akan menyetujuinya karena sudah mempercayai Anda yang sudah memiliki kartu kredit pertama. 

Berbeda dengan yang belum memilikinya, Bank akan memikirkan berkali-kali untuk memberikannya, karena tak ada riwayat kredit maupun kartu kredit pertama yang dimiliki. 

Bank akan menyetujui produk kredit lainnya jika catatan kredit baik dan pembayaran tagihan lancar, maka bank tak akan segan memberikan kredit lain untuk Anda. 

3. Tidak Cacat dalam Riwayat Kartu Kredit

Poin ketiga hampir sama dengan poin sebelumnya, jika memiliki kartu kredit pertama kali maka Anda akan memiliki riwayat kredit yang akan memudahkan pengajuan kartu kredit. 

Apalagi jika Anda memiliki lebih dari satu kartu kredit, maka peluang pengajuan kartu kredit akan semakin besar diterima dan memiliki nilai plus dari pada yang hanya memiliki kartu kredit pertama saja. 

Bank atau lembaga keuangan, akan merasa bahwa Anda adalah orang yang bertanggung jawab dan selalu melunasi utang dan tagihan saat melihat riwayat kredit. Bank pun akhirnya menyetujui pengajuan kartu kredit berikutnya. 

Tiga point di atas adalah pentingnya kartu kredit pertama untuk kredit berikutnya karena apabila kalian sudah punya kartu kredit pertama otomatis pengajuan kartu kredit berikutnya akan disetujui apabila pembayaran tagihan kartu kredit sebelumnya lancar. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Pilihan Kartu Kredit Pertama Kali

pilihan kartu kredit pertama

Setelah membahas pentingnya kartu kredit pertama kali bagi pengajuan kartu kredit berikutnya, sekarang kita membahas pilihan kartu kredit pertama kali. Saat ingin membuat kartu kredit untuk pertama kalinya maka kalian harus tahu tipe kartu kredit seperti apa yang Anda inginkan. 

Anda juga harus tahu fungsi dari kartu kredit yang diajukan, fasilitas yang diberikan kartu kredit, dan keunggulan-keunggulan kartu kredit agar nantinya Anda lebih mudah menggunakan kartu kredit tersebut. Bisa memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebiasaan atau kesenangan kalian, seperti jalan-jalan atau belanja.

Baca Juga: Bunga Pay Later vs Kartu Kredit, Mana yang Lebih Untung? 

Pilih yang Sesuai dengan Kebutuhan dan Kemampuan Finansial

Terdapat berbagai macam tipe kartu kredit yang memiliki keunggulan masing-masing seperti citibank cash back visa platinum yang memberikan kalian kemudahan dalam berbelanja dan banyak keuntungan untuk Anda. 

Nah bagi kalian yang masih bingung kenapa harus membuat kartu kredit pertama kali, jawabannya sudah saya paparkan dan bagaimana cara memilih tipe kartu kredit.

Baca Juga: Jenis Kartu Kredit yang Mesti Anda Ketahui