Tertarik Berkarir di Bidang Marketing? Cantumkan 6 Poin Ini Pada CV Kerja

cv

Bagi yang tertarik bekerja di bidang marketing, kamu harus tahu bagaimana cara menunjukan daya tarik dan kelebihan kamu ke perusahaan lewat sebuah CV. Tugas ini sama halnya seperti saat menawarkan produk ke konsumen, produk tersebut harus memiliki keunggulan agar dapat bersaing dengan kompetitor.

Sebelum mengirimkan CV ke perusahaan, perhatikan apakah CV tersebut sudah lengkap atau belum. Simak poin penting menuliskan CV berikut ini sebagai bahan penilaian terhadap CV yang telah kamu tuliskan.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Memilih Template CV Kreatif

Abad 20-an bisa dikatakan sudah modern, terutama di bidang teknologi. Tidak perlu repot-repot menuliskan surat lalu mengirimkannya ke kantor pos. Kini sudah ada smartphone dan berbagai aplikasi khusus untuk berkirim pesan. Sama halnya dengan CV. Sekarang kamu bisa membuat CV sekreatif mungkin menggunakan aplikasi dan website yang disediakan secara online.

CV kreatif tentu lebih enak dilihat karena poin-poin penting sudah diatur sesuai kategorinya masing-masing. Misalnya kolom profil berisi profil, kolom skill berisi skill dan lain sebagainya. Pembuatan CV kreatif juga membantu HRD perusahaan untuk mendapatkan informasi penting mengenai dirimu dan memutuskan apakah kamu layak lolos ke tahap berikutnya atau tidak.

2. Mencantumkan Data Diri secara Ringkas

Selain template CV yang kreatif, kamu perlu membuat ringkasan mengenai dirimu sendiri di kolom personal summary. Gunakan kata-kata terbaik yang menggambarkan dirimu yang sebenarnya, lalu kaitkan dengan posisi yang sedang dicari oleh perusahaan.

Selain mengisi nama, tempat dan tanggal lahir, selipkan informasi mengenai prestasi yang pernah kamu raih saat kuliah dulu. Prestasi ini bisa pula dijadikan highlight di bagian bawah personal summary agar lebih mudah dilihat. Susun kata-kata secara ringkas, padat dan menarik untuk dibaca.

Baca Juga: Ini Dia 3 Tipe Orang Sukses Zaman Modern, Anda Termasuk?

3. Menceritakan Pengalaman

Seorang marketing harus tahu siapa yang menjadi target agar aktivitas pemasaran menorehkan hasil yang maksimal. Hal yang sama saat menuliskan CV, informasi yang kamu sajikan harus sesuai dengan keinginan perusahaan agar kamu layak dipertimbangkan oleh HRD.

Misalnya, menambahkan pengalaman organisasi atau pengalaman kerja bagi yang sebelumnya sudah pernah bekerja di tempat lain. Seseorang yang memiliki pengalaman dianggap lebih berkompeten untuk mengerjakan sesuatu. Apalagi jika posisi yang dilamar saat ini sesuai dengan posisi sebelumnya.

4. Menonjolkan Kelebihan Diri

Selain lihai berkomunikasi, seorang marketing dituntut memiliki keahlian lain, seperti kemampuan menulis, menganalisis pasar dan peka terhadap teknologi. Kemampuan ini sangat dibutuhkan selama bekerja nanti agar produk yang dipasarkan oleh perusahaan semakin dikenal oleh masyarakat.

Tuliskan kelebihan dirimu pada lembar CV dalam bentuk poin-poin terperinci. Tuliskan secara jujur tanpa ada kesan melebih-lebihkan. Upayakan agar tetap sesuai dengan bidang marketing agar terlihat kredibel untuk diterima bekerja.

5. Menyampaikan secara Tepat

Kamu tahu kalau CV yang dituliskan nantinya dibaca oleh HRD dan CEO perusahaan. Dibutuhkan strategi khusus agar penyampaian kata-kata dalam CV tepat sasaran, sehingga menghasilkan sebuah CV berkualitas bagi orang yang berkepentingan.

Susun informasi dalam CV secara runtut. Mulai dari data diri, pendidikan, pengalaman, skills dan seterusnya. Buatkan resume yang dapat menggambarkan diri kamu, sehingga HRD dan CEO dapat membayangkan seberapa besar kontribusi kamu di perusahaan nanti lewat resume yang dituliskan.

Baca Juga: Harus Tahu! 10 Profesi yang Menawarkan Gaji Tertinggi Untuk Wanita

6. Berfokus pada Fitur

Seorang marketing tidak hanya berfokus pada keuntungan yang didapat konsumen saat membeli suatu produk, tetapi juga pada fitur yang didapatkan. Dengan begitu, produk yang dibeli memberikan manfaat maksimal bagi konsumen.

Informasi pada CV juga demikian. Jangan terlalu berfokus pada keuntungan yang ingin kamu dapatkan dari perusahaan saja. Berfokus lah pada fitur yang ingin kamu berikan bagi perusahaan, sehingga fitur tersebut memberi manfaat bagi orang-orang yang bekerja di perusahaan.

Buatkan CV Kerja yang Paling Menarik

Pembuatan CV nyatanya tidak sulit, tetapi juga tidak mudah. Pikirkan poin-poin apa yang perlu ditulis agar CV kamu menjadi yang paling menarik di antara CV pelamar lain. Jika diperlukan, korbankan waktumu demi menuliskan CV yang berkualitas.

Baca Juga: 7 Pekerjaan yang Benar-Benar Ada, Tapi Jarang Diketahui