Tidak Hanya Bangunannya, Ternyata Isi Rumah Juga Bisa Diasuransikan! Begini Caranya

Rumah menjadi salah satu aset dengan nilai tertinggi yang pada umumnya dimiliki oleh seseorang. Itulah mengapa aset yang satu ini sering dianggap sebagai bentuk pencapaian tertinggi seseorang di dalam keuangan. Harganya yang tidak murah tentu akan menjadi alasan utama hal tersebut, mengingat sebuah rumah bisa saja mencapai harga ratusan hingga milyaran Rupiah untuk setiap unitnya.

Jika melihat kenyataan di atas, jelas memiliki sebuah rumah bukanlah hal yang mudah bagi semua orang. Bila ternyata kini Anda telah memiliki sebuah rumah pribadi, maka merawat dan melindunginya dengan maksimal tentu akan menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. Jangan sampai mengalami banyak kerugian akibat berbagai risiko yang terjadi pada rumah Anda, termasuk pada sejumlah aset yang dimiliki di dalamnya. Untuk mengatasinya hal tersebut, penggunaan layanan asuransi tentu menjadi hal yang wajib untuk dipertimbangkan, bukan?

Asuransi Rumah dan Polis Tambahannya

Asuransi Rumah dan Polis Tambahan
Asuransi Rumah dan Polis Tambahan

Penggunaan layanan asuransi rumah menjadi hal yang tepat untuk dilakukan pada rumah, mengingat Anda memiliki sejumlah risiko terhadap aset tersebut. Namun di dalam praktiknya, asuransi rumah ini hanya akan memberikan perlindungan pada bangunan rumah itu sendiri, dan tidak termasuk isinya. Artinya, sejumlah aset / harta yang Anda miliki di dalam rumah tersebut tidak akan ikut serta di dalam perlindungan asuransi rumah. Sementara di lain sisi, berbagai aset di dalam rumah tentu memiliki nilai yang juga terbilang cukup besar, bukan?

Untuk melindungi berbagai aset/isi rumah, maka Anda wajib membeli polis tambahan yang terdapat pada asuransi rumah. Polis tambahan inilah yang akan menjadi jaminan bagi semua isi rumah, di mana pertanggungan yang akan diberikan tentu akan disesuaikan dengan isi polis yang dibeli. Untuk itu, pastikan Anda memahami dengan baik berbagai ketentuan yang terdapat di dalam polis, sebab bisa saja sejumlah barang / aset tertentu akan masuk ke dalam pengecualian pertanggungan asuransi.

Penggunaan  asuransi isi rumah telah cukup banyak dilakukan, terutama oleh mereka yang memiliki pemahaman yang baik terkait dengan berbagai risiko yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu pada rumah dan isinya. Hal ini juga disambut baik oleh sejumlah perusahaan asuransi, di mana perusahaan-perusahaan ini mencoba untuk memberikan pertanggungan serta layanan yang lebih baik dan sesuai bagi para nasabah yang membutuhkan asuransi rumah tersebut.

Baca Juga: Jadikan Rumah Buat Toko? Beli Asuransi Ruko dan Isi Dagangan

 

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Jenis Perlindungan yang Diberikan Asuransi Rumah

Jenis Perlindungan yang Diberikan Asuransi Rumah
Jenis Perlindungan yang Diberikan Asuransi Rumah

Jika berbicara mengenai layanan asuransi, maka tak lengkap rasanya bila tidak memahami dengan baik jenis perlindungan apa yang akan diberikan oleh perusahaan asuransi kepada Anda. Bagaimanapun juga, Anda bertujuan untuk melindungi rumah, maka sangat penting untuk memberikan perlindungan yang paling maksimal, bukan?

Di antara sejumlah perusahaan asuransi yang ada saat ini, Allianz menjadi salah satu perusahaan terbesar dan telah memiliki pengalaman panjang di dalam bisnis yang satu ini. Allianz menjadi salah satu perusahaan yang memiliki produk asuransi rumah di dalam layanan mereka, termasuk perlindungan pada isi rumah itu sekaligus.

Di dalam praktiknya, Allianz memiliki 2 layanan yang berbeda terkait dengan asuransi rumah yang mereka tawarkan kepada para nasabahnya, yakni:

  • Rumahku Plus-HouseOwner (untuk bangunan).
  • Polis Rumahku Plus-HouseHolder (untuk isi rumah).

Untuk produk Rumahku Plus yang dimiliki oleh Allianz, layanan ini akan memberikan jaminan pada rumah tinggal yang merupakan bangunan konstruksi kelas I (satu) yang tidak lebih dari 3 lantai. Yang dimaksud dengan konstruksi kelas I adalah bangunan yang terdiri dari beton atau baja, dan tidak termasuk pada bangunan yang terdiri dari kayu. Sedangkan pengertian rumah tinggal itu sendiri merupakan rumah tinggal yang berada di lokasi pemukiman ataupun perumahan, dan tidak termasuk bangunan ruko ataupun rumah tinggal yang sekaligus dijadikan sebagai tempat usaha (bisnis).

Sama halnya dengan asuransi rumah pada umumnya, Rumahku Plus juga akan memberikan beberapa jenis perlindungan, antara lain:

Kerusakan atas Bangunan atau Isi Rumah

  • FLTSEA = Fire, Lightning, Thunderbolt, Subterranean Fire, Explosion, and Falling Aircraft
  • Kerusuhan, pemogokan, perbuatan jahat.
  • Huru-hara, teroris dan sabotase.
  • Asap dan,  atau benturan dengan kendaraan atau lainnya.
  • Pecah atau meluapnya tanki, perangkat, atau pipa air rumah tangga.
  • Pencurian.
  • Badai, siklon, topan, angin topan.
  • Gempa bumi, letusan gunung berapi, tsunami.
  • BANJIR* (termasuk meluapnya air laut) akibat badai, siklon, atau angin ribut; penurunan tanah atau tanah longsor.
  • Kerusakan harta benda (accidental damage).
  • Kerusakan pada cermin**.

Jaminan PLUS

  • Biaya akomodasi sementara
  • Tanggung gugat hukum pribadi
  • Ganti rugi atas kematian tertanggung**
  • Harta milik pembantu**

Keterangan:

* Perlindungan terhadap Banjir mengacu pada keputusan Underwriter, di mana hal ini akan dinilai berdasarkan lokasi obyek pertanggungan itu sendiri.

** Hanya berlaku untuk polis Rumahku Plus – HouseHolder.

Jika melihat keterangan di atas, maka jelas terlihat bahwa polis perlindungan isi rumah adalah pilihan tambahan dan bukan bagian dasar dari asuransi rumah itu sendiri. Bila ingin perlindungan maksimal, maka bisa membeli kedua produk tersebut sekaligus. Namun jika merasa tidak perlu, maka Anda bisa saja membeli asuransi rumahnya saja. Namun untuk asuransi isi rumah, tidak bisa dibeli secara terpisah, sebab layanan ini harus dibeli secara bersamaan dengan asuransi rumah itu sendiri.

Berapa Premi yang harus Dibayarkan?

Cara Menghitung Biaya Premi Asuransi Rumah
Cara Menghitung Biaya Premi Asuransi Ruma
h

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk, maka Anda tentu wajib mengetahui besaran biaya yang akan dibutuhkan untuk hal tersebut. Ini juga berlaku saat akan membeli asuransi. Untuk premi asuransi rumah dan isinya, Allianz menerapkan premi sebesar 0.1295%.

Contoh:

Tattia memiliki sebuah rumah 2 lantai yang layak untuk diasuransikan dengan asuransi Rumahku Plus. Harga rumah tersebut ditaksir bernilai Rp750 juta, sedangkan nilai isinya sekitar Rp350 juta. Berdasarkan data di atas, maka besaran premi yang wajib dibayarkan Tattia adalah sebagai berikut:

(0,1295%) x (Rp 750.000.000 + Rp 350.000.000)  = Rp 1.424.500,-

Baca Juga: Inilah Risiko yang Dijamin dan Dikecualikan dalam Asuransi Kebakaran

Lengkapi Rumah dengan Perlindungan Maksimal

Rumah menjadi aset dengan nilai tinggi dan cukup sulit didapatkan. Hindari risiko atas aset berharga Anda yang satu ini, yakni dengan menggunakan layanan asuransi rumah dan isinya. Pilih asuransi yang paling tepat, agar rumah bisa mendapatkan perlindungan yang paling maksimal.

Baca Juga: Ini Pilihan Asuransi Penting untuk Antisipasi Bencana Alam