Tipe-Tipe Kartu Kredit yang Mesti Anda Ketahui

Saat ini, ada berbagai macam tipe kartu kredit yang ada di dunia. Apakah Anda sudah mengetahui tipe kartu kredit yang Anda miliki dan apa saja tipe kartu kredit lain yang beredar saat ini?

Berdasarkan sejarahnya dahulu, setiap penerbit kartu kredit hanya mengeluarkan satu kartu beserta fitur-fiturnya. Sekarang, penerbit kartu kredit menyediakan berbagai tipe kartu kredit dengan berbagai tarif, suku bunga, dan keuntungan masing-masing. Jadi, sebelum mengajukan aplikasi, penting bagi Anda untuk mengetahui kartu kredit mana yang paling sesuai dengan kondisi keuangan dan gaya hidup Anda.

Berikut ini akan kami jelaskan secara singkat beberapa tipe kartu kredit yang umum dijumpai. Satu kartu kredit mungkin bisa digolongkan ke dalam satu tipe atau bisa juga gabungan dari beberapa tipe. Silakan disimak penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: 10 Keuntungan Utama Memiliki Kartu Kredit

Tipe Kartu Kredit Berdasarkan Fungsinya

Empat Tipe Kartu Kredit Berdasarkan Fungsinya

Empat Tipe Kartu Kredit Berdasarkan Fungsinya via femaleintel.com

 

I. Kartu Kredit Standar

Tipe kartu kredit ini merupakan yang paling umum dan sebagian besar bank dan perusahaan penerbit kartu kredit menyediakan tipe kartu kredit standar yang seringkali menggunakan istilah kartu kredit silver (perak) atau classic (klasik) ini. Untuk memiliki kartu kredit tipe ini, Anda tidak perlu menyetorkan uang deposit (tidak memerlukan jaminan) dan pagu (limit) kredit ditentukan oleh pihak penerbit kartu kredit. Contoh yang tergolong tipe ini misalnya:

  • Kartu Kredit dengan Bunga Rendah
    Kartu kredit dengan bunga rendah biasanya menawarkan suku bunga yang rendah selama periode tertentu sebagai ”promosi” untuk kemudian naik setelah periode promosi tersebut berakhir. Tetapi ada pula yang menetapkan suku bunga yang rendah secara tetap. Tipe kartu kredit ini cocok bagi nasabah yang berencana melakukan pembelian dalam jumlah besar dan ingin membayarnya secara mencicil selama beberapa bulan hingga satu tahun karena bunganya yang sangat rendah atau bahkan tanpa bunga (nol persen).

  • Kartu Kredit untuk Transfer Balance
    Tipe kartu kredit ini memungkinkan pemegangnya mengalihkan (transfer) saldo tagihan kartu kredit lain yang berbunga tinggi ke kartu kredit yang berbunga lebih rendah itu. Biasanya perusahaan penerbit kartu kredit yang menawarkan tipe kartu ini memberikan tawaran bunga menarik sebesar nol persen selama beberapa bulan hingga satu tahun apabila tagihan kartu kredit lain dialihkan ke kartu kredit tersebut. Syarat dan ketentuan untuk transfer balance ini bisa bervariasi tergantung kartu kreditnya, jadi pastikan Anda membaca dan mempelajarinya dengan teliti.

II. Kartu Kredit Reward

Kartu kredit tipe ini menawarkan berbagai insentif untuk pembelian dengan kartu kredit tersebut, biasanya dalam bentuk uang tunai, poin, atau potongan harga yang diperoleh untuk setiap pembelian jumlah tertentu. Poin-poin yang dikumpulkan, misalnya, nantinya dapat ditukarkan dengan berbagai macam hadiah (reward) sesuai pilihan Anda. Beberapa kartu kredit yang termasuk tipe ini misalnya:

  • Kartu Kredit Cash Back
    Dengan kartu kredit cash back, Anda bisa memperoleh pengembalian berupa uang tunai (cash back) untuk pembelian tertentu. Semakin sering kartu kredit ini digunakan, semakin besar cash back yang Anda terima. Persentase cash back yang lebih tinggi dapat diperoleh seiring dengan semakin besar atau seringnya pemakaian atau untuk jenis pembelian tertentu atau di toko-toko tertentu. Biasanya tipe kartu kredit ini memiliki iuran tahunan yang lebih tinggi, dan cocok untuk Anda yang selalu berkomitmen untuk melunasi tagihan Anda setiap bulannya.

  • Kartu Kredit Point Reward
    Seperti kartu kredit cash back, tipe kartu kredit point reward juga menawarkan pengembalian namun dalam bentuk point reward (poin) yang dapat dikumpulkan setiap kali pembelian tertentu. Poin yang terkumpul dapat ditukar dengan berbagai pilihan seperti tiket pesawat, voucher, gift card, barang seperti elektronik dan perhiasan, dan lain-lain. 
    Kartu kredit tipe ini juga cocok bagi Anda yang melunasi tagihan setiap bulan secara rutin, karena biasanya bunganya cukup tinggi.

  • Kartu Kredit Hotel/Travel Points
    Kartu kredit hotel/travel points seringnya bekerja sama dengan hotel tertentu (co-branded), yang menawarkan poin setiap kali melakukan pembelian dan juga poin bonus apabila menginap di hotel-hotel yang masuk ke dalam jaringannya. Poin yang terkumpul dapat ditukarkan dengan voucher menginap gratis atau upgrade kamar di jaringan hotel yang bersangkutan. Selain di hotel, ada pula yang menawarkan penukaran poin dengan voucher perjalanan dan tiket masuk taman rekreasi yang bekerjasama dengan jaringan hotel tersebut. 
    Tipe kartu kredit ini cocok bagi Anda yang sering atau rutin bepergian ke luar negeri dan menginap di hotel-hotel yang masuk ke dalam jaringannya.

  • Kartu Kredit Retail Reward
    Poin yang dikumpulkan dari penggunaan kartu kredit ini bisa bertambah dua atau tiga kali lipat apabila pembeliannya berupa produk yang dikeluarkan peritel besar yang menerbitkan kartu kredit co-branded tersebut. Poin juga hanya dapat ditukarkan dengan produk atau jasa dari peritel tersebut. Kartu kredit tipe ini juga cenderung memiliki bunga yang tinggi, oleh karena itu cocok bagi Anda yang bisa membayar tagihan secara penuh setiap bulan agar tidak terkena bunga.

  • Kartu Kredit Premium
    Kartu kredit premium sering menggunakan istilah kartu kredit gold (emas) dan platinum ini dimasukkan ke dalam golongan tipe kartu kredit reward karena beragam keuntungan tingkat ”premium” yang ditawarkannya. Apabila Anda berpenghasilan tinggi dan sering menggunakan kartu kredit untuk berbelanja atau melakukan perjalanan, kartu kredit ini cocok bagi Anda karena pagu kredit yang diberikan cukup tinggi. Meski iuran tahunan dan tingkat bunganya juga tinggi, namun sebanding dengan berbagai fasilitas tambahan seperti akses ke ruang tunggu eksekutif (executive lounge), layanan asisten pribadi atau concierge 24 jam, dan lain-lain.

III. Kartu Kredit Penerbangan

Tipe kartu kredit ini sebenarnya merupakan bagian dari kartu kredit reward yang dikhususkan untuk perjalanan menggunakan pesawat. Ini berbeda dengan kartu kredit point reward umum yang poinnya dapat ditukarkan dengan berbagai barang antara lain dengan tiket pesawat. Dengan kartu kredit ini, Anda mengumpulkan apa yang disebut sebagai kredit perjalanan (airline mile credits) setiap kali melakukan pembelian. Biasanya bekerjasama (co-branded) dengan maskapai penerbangan tertentu, namun ada pula yang tidak, contohnya:

  • Kartu Kredit Maskapai Penerbangan
    Kartu kredit ini merupakan kartu kredit co-branded dengan maskapai penerbangan tertentu, dan biasanya poin dikumpulkan dari pembelian dengan kartu tersebut dan terbang dengan menggunakan maskapai penerbangan itu. Berbagai manfaat tambahan juga sering diberikan kepada pemegangnya, antara lain bebas biaya bagasi dan hak untuk didahulukan saat boarding.

  • Kartu Kredit Penerbangan Generik (Generic Airline Miles)
    Untuk tipe kartu kredit ini, poin yang dikumpulkan dapat ditukarkan dengan tiket pesawat dari maskapai atau agen perjalanan manapun, sehingga cocok bagi Anda yang tidak mengikuti program frequent flier di maskapai penerbangan tertentu.

IV. Kartu Kredit Khusus

Tipe kartu kredit ini diperuntukkan bagi Anda yang memiliki kebutuhan kredit tertentu, misalnya pelajar atau pengusaha.

  • Kartu Kredit Pelajar/Mahasiswa
    Tipe kartu kredit ini sesuai dengan namanya diperuntukkan bagi mahasiswa perguruan tinggi. Karena pemegangnya masih berstatus pelajar yang biasanya belum memiliki penghasilan tetap, biasanya kartu kredit ini tidak memberikan fitur atau manfaat sebanyak kartu kredit lainnya.

  • Kartu Kredit Bisnis
    Tipe kartu kredit ini diperuntukkan bagi pemilik bisnis dan biasanya menawarkan fitur dan manfaat yang sama seperti kartu kredit lainnya, misalnya program cash back dan frequent flier. Namun selain itu, biasanya terdapat pula keuntungan tambahan khusus untuk dunia usaha, seperti pagu kredit yang lebih tinggi, business rewards khusus, kartu tambahan untuk karyawan, dan sebagainya.

Baca Juga: 9 Tips Memilih Kartu Kredit yang Tepat

Tipe Kartu Kredit Berdasarkan Lingkup Wilayah

Dua Tipe Kartu Kredit Berdasarkan Lingkup Wilayahnya

Dua Tipe Kartu Kredit Berdasarkan Lingkup Wilayahnya via businessinsider.com

 

Tipe kartu kredit juga dapat dibedakan berdasarkan lingkup wilayah di mana kartu kredit ini berlaku.

1. Kartu Kredit Nasional

Tipe kartu kredit ini hanya berlaku di lingkup wilayah tertentu saja, misalnya suatu negara. Biasanya yang menerbitkan tipe kartu kredit ini adalah bank atau perusahaan penerbit kartu kredit yang bekerja sama (co-branding) dengan perusahaan ritel yang membidik konsumen ritel di pasarnya sendiri. Contoh kartu kredit ini misalnya Astra Card, Garuda Executive Card, dll.

2. Kartu Kredit Internasional

Tipe kartu kredit ini dapat digunakan secara internasional, dan kebanyakan dapat diterima sebagai alat pembayaran di seluruh dunia. Didominasi oleh dua merek kartu kredit, yakni MasterCard dan VISA.

  • MasterCard
    Kartu kredit MasterCard merupakan merek kartu kredit dari MasterCard Worldwide, perusahaan yang berkantor pusat di New York, AS. MasterCard tercatat lebih banyak digunakan di negara-negara Eropa dan Amerika, meski juga diterima di wilayah lainnya, dan operasionalnya didasarkan atas lisensi dari MasterCard Worldwide.

  • VISA
    Sementara VISA merupakan merek produk dari Visa International Service Association (VISA Inc.), perusahaan yang berbasis di California, AS. Tipe kartu kredit ini lebih populer di Asia, dan operasionalnya didasarkan pada sistem waralaba (franchise) dari VISA Inc.

  • Diners Club
    Dikeluarkan oleh Citicorp., bekerjasama dengan perusahaan lain melalui sistem waralaba (franchise).

  • American Express
    Kartu kredit yang dikeluarkan oleh American Express Travel Related Services Inc. ini pada prinsipnya merupakan charge card, yaitu kartu pembayaran di mana nasabah harus melunasi seluruh tagihan bulan itu dan tidak bisa dicicil seperti kartu kredit, tetapi dapat memberikan fasilitas credit line kepada pemegang kartu seperti pada kartu kredit pada umumnya.

Kenali Tipe Kartu Kredit, Pilih Sesuai Kebutuhan

Kartu kredit saat ini tersedia dalam berbagai macam tipe, namun tidak semua kartu kredit cocok bagi semua orang. Kenali terlebih dahulu tipe kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda dan Anda pun dapat memetik manfaat yang ditawarkannya secara maksimal.

Baca Juga: Panduan Mengajukan Aplikasi Kartu Kredit Melalui Cermati.com