Tips Agar Bisa Populer di Tempat Kerja

Bisa Populer di Tempat Kerja Baru
Bisa Populer di Tempat Kerja Baru

Setiap orang tentunya ingin dikenal di mana saja, termasuk di tempat kerja. Apalagi jika orang tersebut terkenal karena suatu hal yang membanggakan, misalnya memenangkan pertandingan skala internasional.

Seiring dengan terkenalnya orang tersebut, maka akan semakin banyak orang yang simpatik kepadanya, bahkan berusaha “cari muka” pada orang tersebut. Hal ini karena mereka ingin sedikit terkena percikan kesuksesan orang tersebut. Dengan begitu tak heran jika banyak urusan juga akan lebih mudah pada orang yang terkenal tersebut.

Jika Anda adalah pekerja kantoran, Anda tak harus terlebih dahulu memenangkan pertandingan skala internasional. Ada banyak hal yang dapat dilakukan agar rekan kerja rata-rata mengenal Anda. Ini dia cara apa saja yang dapat dilakukan agar bisa popular di tempat kerja:

1. Saat Berbicara, Tatap Mata Lawan Bicara dan Tersenyumlah

Jadilah seseorang yang ramah di tempat kerja. Saat sedang berbicara dengan rekan kerja, tataplah matanya. Dengan begitu, rekan kerja akan merasa dihargai dan pernyataan Anda juga akan lebih dipercaya karena mereka yakin bahwa Anda mengatakannya dengan jujur. Selain itu, bangunlah kehangatan saat berbicara.

Tidak ada salahnya untuk tersenyum saat berkomunikasi dengan rekan kerja. Hal ini bisa dilakukan agar suasana tidak terlalu tegang. Apalagi jika Anda adalah seorang pekerja baru di tempat tersebut. Anda masih perlu menunjukkan jati diri dan karakter Anda dan tentunya harus yang positif.

2. Jangan Sungkan Mengatakan bahwa Anda Memiliki Kesamaan dengan Mereka

Di tempat kerja, bangunlah komunikasi sebaik mungkin dengan rekan kerja. Komunikasi yang baik yang dimaksud di sini bukanlah berdasarkan tingkat keseringan berbicara dengan rekan kerja, namun seberapa berkualitas cara Anda dan mereka berkomunikasi.

Anda tidak harus mulu-mulu berbicara mengenai urusan kantor dengan rekan kerja. Sesekali selipkanlah pertanyaan mengenai kegemaran mereka atau hal-hal yang mereka sukai bahkan yang mereka benci. Alangkah lebih baiknya jika memiliki kegemaran yang sama dengan mereka. Dengan begitu, hubungan antara Anda dan rekan kerja bisa lebih mudah terjalin karena sejatinya orang-orang yang memiliki kesamaan akan lebih mudah dihubungkan satu dengan yang lainnya.

Baca Juga: Apakah Bekerja Harus Sesuai Passion? Ini Jawabannya

3. Bekerja dengan “Niat”

Di tempat kerja, tunjukkanlah bahwa Anda melakukan pekerjaan tersebut dengan “niat”. Ketika ada sesuatu yang harus diselesaikan, ajukanlah diri Anda. Meskipun pada dasarnya Anda tidak terlalu memahami bagaimana cara menyelesaikannya, Anda bisa menanyakan hal yang kurang dimengerti tersebut kepada rekan kerja lainnya atau bahkan kepada atasan Anda.

Semakin sering bertanya berarti semakin sering juga Anda berkomunikasi dengan mereka. Akan tetapi, jangan sampai menanyakan hal-hal yang “menjurus” misalnya mengenai kehidupan pribadi mereka. Biarlah mereka saja yang mengetahui keburukan diri dan masalah mereka masing-masing. Jangan ikut campur.

4. Ringan Memuji

Terkadang seseorang merasa pencapaiannya tidak terlalu membanggakan. Dengan memuji hasil karya mereka, berarti Anda membantu menyadarkan mereka bahwa hasil kerja mereka sangat hebat. Lagian siapa yang tidak senang dipuji? Akan tetapi, jangan terlalu memaksakan diri untuk memuji karena sesuatu yang dilakukan dengan terpaksa tidak akan ada baiknya.

Berikanlah mereka pujian yang tulus yang memang berasal dari hati nurani saat melihat hasil karya mereka. Pujian yang Anda berikan juga kemungkinan besar bisa membuat mereka lebih kreatif  dan semangat lagi dalam berkarya. Oleh sebab itu, pekalah terhadap kelebihan rekan kerja. Mungkin kelebihannya yang bisa menyelesaikan pekerjaannya dengan cepat.

 

Baca Juga:  Lakukan 5 Cara Mudah Ini Agar Bisa Memiliki Reputasi Baik di Kantor

Jadilah Pekerja yang Bersahabat

Di tempat kerja, tunjukkanlah pada rekan kerja bahwa Anda adalah orang yang terbuka. Ramahlah terhadap siapapun di tempat kerja, bukan hanya kepada atasan saja. Atasan bukanlah satu-satunya orang yang harus diambil hatinya di tempat kerja. Anda masih membutuhkan rekan kerja untuk menyelesaikan pekerjaan.

Oleh sebab itu, ciptakanlah suasana yang hangat antara Anda dan mereka. Sematkanlah pujian pada setiap pencapaian mereka. Jangan ragu bertanya dengan alasan apapun.

Baca Juga: Ini Dia Beberapa Kualitas Kerja yang Wajib Dimiliki agar Atasan Terkesan