Tips Agar Presentasi Kerja Berjalan Lancar

Presentasi

Presentasi kerja adalah momen yang sedikit mendebarkan karena Anda harus menyampaikan gagasan pribadi yang akan didengar dan dinilai oleh puluhan bahkan ratusan orang. Merasa gelisah, gugup atau grogi sebelum presentasi dimulai itu sangat wajar. Tapi jangan biarkan perasaan ini membanjiri dirimu saat presentasi berlangsung karena akan mempengaruhi performa Anda di depan banyak orang.

Agar hasil presentasi memuaskan dan menuai banyak pujian, lakukan beberapa tips berikut sebelum presentasi kerja dimulai.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Latih Diri Supaya Lebih Tenang

Perasaan yang tidak tenang akan membuatmu gelisah selama presentasi berlangsung, sehingga apa yang sudah dipersiapkan jadi kacau balau. Agar presentasi menuai hasil positif, buatlah dirimu supaya lebih tenang saat berbicara di depan umum. Berlatihlah di depan cermin satu atau dua hari sebelum presentasi berlangsung untuk menghilangkan rasa gugup saat presentasi dimulai.

2. Menyiapkan Bahan Visual

Menggunakan bantuan saat presentasi sangat penting, mengingat daya ingat manusia yang terbatas. Persiapkan bahan presentasi visual, meliputi gambar, grafik, video, ataupun quotes yang sesuai dengan materi yang akan dipresentasikan. Dengan demikian, proses penyampaian informasi kepada audiens pun jadi lebih mudah.

Hindari tampilan visual yang banyak mengandung kata-kata karena ini akan membuat audiens merasa bosan. Sebaliknya, gunakan gambar atau grafik agar audiens antusias untuk mendengarkan penjelasan atas gambar atau grafik yang dipaparkan.

Baca Juga: Tips Wawancara Kerja untuk Kamu Si Introvert

3. Latih Cara Berbicara yang Baik

Bahan visual yang ditampilkan saat presentasi merupakan objek yang akan mewakili materi yang akan dijelaskan di depan umum. Ini artinya Anda tidak perlu memberikan penjelasan panjang lebar kepada audiens karena tanpa dijelaskan pun, audiens sudah punya gambaran kasar mengenai materi yang akan disampaikan.

Meskipun begitu, tetaplah berlatih cara berbicara yang baik agar proses penyampaian materi jadi lebih enak di dengar. Khususnya untuk materi yang sulit supaya kalimatnya bisa disederhanakan agar audiens lebih mudah mengerti.

4. Libatkan Audiens saat Presentasi

Tips yang satu ini merupakan taktik yang sering dilakukan presenter untuk membangun presentasi yang lebih aktif dan komunikatif. Dengan melibatkan audiens, Anda bisa mengatasi rasa grogi dengan baik. Jalannya presentasi pun jadi lebih enak.

Cara ini juga akan membantu Anda saat lupa pada materi yang sedang dipresentasikan. Waktu yang digunakan untuk berbicara dengan audiens bisa digunakan untuk mengingat materi selanjutnya, sebelum kembali mengambil alih jalannya presentasi.

5. Gunakan Bahasa Tubuh yang Tepat

Berdiri selama berpuluh-puluh menit atau berjam-jam sangat tidak mengenakkan karena membuat urat otot menjadi tegang. Tapi, Anda bisa mensiasatinya dengan bergerak kesana-kemari. Tidak hanya untuk melemaskan otot, tapi juga untuk membuat jalannya presentasi terlihat lebih luwes dan tidak terkesan kaku.

Selain berpindah-pindah tempat, bisa juga menggunakan bahasa tubuh yang tepat untuk mengartikan sesuatu. Misalnya, mengangguk untuk menyatakan iya dan menggeleng untuk mengatakan tidak. Gunakan pula eye contact untuk Anda dan audiens bisa terkoneksi dengan baik selama presentasi berlangsung.

6. Mengatur Pernapasan

Bagi yang sudah gugup duluan sebelum presentasi dimulai, coba atur pernapasan sebaik mungkin sehingga penyampaian materi saat presentasi lebih sempurna. Tarik napas selama 20 kali, lalu hembuskan kembali sampai Anda merasa intonasi suara sudah menjadi lebih tenang. Dengan demikian, Anda bisa melalui presentasi yang menegangkan secara rileks dengan pembawaan yang juga enak dilihat.

Baca Juga: 4 Negara yang Berhasil Maju, Tanpa Karyawan Harus Lembur

7. Usahakan Agar Tetap Fokus

Tujuan utama presentasi adalah menyampaikan gagasan dan ide pribadi yang dapat dijadikan pertimbangan sebelum memutuskan suatu hal. Selain berlatih untuk tenang, Anda juga harus berlatih supaya tetap fokus selama presentasi berlangsung. Hindari pikiran apapun yang tidak ada hubungannya dengan materi presentasi agar dapat mengingat seluruh materi presentasi dengan baik.

Lakukan Persiapan 100% Full!

Seseorang yang mampu menyampaikan materi presentasi dengan luwes melakukan persiapan yang cukup matang sebelum presentasi dimulai. Anda pun harus melakukan hal yang sama. Meski presentasi kelihatan mudah, tapi percayalah kalau prakteknya sangat sulit. Tanpa persiapan yang matang, presentasi pun tidak akan berjalan lancar karena Anda diselimuti oleh rasa gugup dan tegang yang berlebihan.

Baca Juga: 25 Jenis Orang yang akan Anda Temui dalam Mencapai Kesuksesan