Tips Apply Kartu Kredit Bagi Pemula

Memiliki keinginan untuk bisa mendapatkan sebuah kartu kredit merupakan hal yang lumrah dan sah-sah saja. Hal ini tidak ada salahnya, selama keinginan Anda tersebut memiliki sebuah tujuan yang jelas, yang artinya hal tersebut akan memberi Anda kemudahan dan bukan kesulitan di masa yang akan datang.

Kartu kredit bukan lagi sebuah fasilitas yang sulit untuk didapatkan saat ini, jika Anda memiliki kapasitas dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh bank, maka Anda bisa mendapatkan kartu kredit dengan mudah. Namun, hal yang kemudian patut menjadi pertimbangan Anda dalam pengajuan kartu kredit adalah mengenai manfaat yang Anda harapkan dari kartu kredit itu sendiri. Jangan sampai Anda memiliki sesuatu yang kelak tidak Anda butuhkan dan tidak bermanfaat bagi diri Anda.

Baca Juga: Cara Mengatur Cash Flow dengan Kartu Kredit

Kartu Kredit bagi Pemula

Pertimbangan Kartu Kredit Pertama
Pertimbangan Kartu Kredit Pertama via businesscreditscard.com

“Selalu ada kata pertama untuk semua hal”, maka kalimat tersebut juga berlaku bagi Anda yang belum pernah memiliki sebuah kartu kredit. Saat ini ada banyak fitur menarik yang ditawarkan oleh kartu kredit, dan semua ini tentu akan sangat menarik dan menggoda bagi banyak orang untuk bisa memilikinya, barangkali Anda juga bukan?

Kartu kredit bukan lagi kartu yang hanya bisa digunakan untuk berbelanja saja, namun saat ini bank telah menerapkan sejumlah fitur istimewa di dalam setiap jenis kartu yang mereka terbitkan. Dengan begitu, Anda memiliki banyak pilihan jenis kartu yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda pribadi.

Namun, banyaknya jenis kartu kredit yang bisa dipertimbangkan justru seringkali membuat orang menjadi kebingungan dalam menentukan pilihan, terutama bagi Anda yang akan menjadi pengguna pemula dalam layanan kartu kredit. Hal seperti ini seringkali justru menyulitkan dan membuat Anda merasa kebingungan.

Tips Apply Kartu Kredit

Tips Mengajukan Kartu Kredit
Tips Mengajukan Kartu Kredit via savingadvice.com
 

Bagi Anda yang masih pemula, memilih jenis kartu kredit yang akan Anda gunakan untuk pertama kalinya tentu bukanlah sebuah pekerjaan mudah. Hal ini akan membutuhkan kejelian dan juga pertimbangan yang matang, sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat dari kartu kredit yang akan Anda ajukan. Simak beberapa tips di bawah ini yang bisa Anda pertimbangkan saat akan mengajukan permohonan kartu kredit ke bank.

  • Ketahui Kebutuhan Anda
    Saat ini ada banyak bank yang memberikan layanan kartu kredit, artinya ada banyak jenis kartu kredit juga yang mereka terbitkan dan bisa Anda jadikan pilihan. Hal pertama yang wajib Anda ketahui adalah apa sebenarnya kebutuhan yang akan Anda penuhi dengan menggunakan layanan sebuah kartu kredit?

    Jangan sampai Anda memilih dan mengajukan sebuah kartu kredit yang hanya memiliki layanan standar dan tidak memenuhi kebutuhan yang Anda inginkan sejak awal. Misalnya, Anda memiliki hobi menonton film, maka sebaiknya Anda mengajukan permohonan kartu kredit yang akan memberikan Anda kemudahan dan beragam penawaran menarik dalam menonton film di bioskop.

    Ada banyak bank yang akan memberikan layanan kartu kredit dengan fitur yang hampir sama/sejenis. Oleh karena itu Anda harus benar-benar jeli dan pintar dalam memilih salah satu yang paling tepat di antara mereka. Dengan mengetahui kebutuhan, maka Anda akan lebih mudah dalam memilih kartu kredit yang akan Anda gunakan.
  • Temukan Bank yang Tepat
    Setelah mengetahui kebutuhan/jenis kartu kredit yang Anda butuhkan, maka Anda bisa mulai mengumpulkan informasi mengenai bank yang memiliki layanan tersebut. Selalu pertimbangkan mengenai kredibilitas dan juga reputasi dari bank yang akan Anda gunakan, hal tersebut dapat menjadi jaminan terhadap kinerja dan juga pelayanan yang akan mereka berikan.

    Pilih bank terbaik yang memiliki fasilitas memadai dan juga memberikan Anda kemudahan dalam menggunakan layanan mereka. Dapatkan beragam informasi mengenai bank ini dengan cara mengakses website mereka atau mendapatkan informasi langsung di kantor cabang terdekat di lingkungan Anda. Berikut ini adalah beberapa poin yang wajib Anda pertimbangkan saat akan memilih sebuah bank:

    1. Persyaratan Pengajuan
      Untuk mendapatkan sebuah kartu kredit, maka Anda akan diwajibkan memenuhi segala persyaratan pengajuan yang telah ditentukan oleh pihak bank. Hindari memilih bank yang memiliki beragam persyaratan yang menyulitkan Anda. Di bawah ini adalah beberapa persyaratan standar yang umumnya diminta oleh bank bagi pemohon kartu kredit:
      - Fotokopi KTP, NPWP, serta rekening tabungan selama 3 bulan terakhir
      - Slip gaji/Surat Keterangan Penghasilan (SKP) asli
      - Fotokopi SIUP, TDP (khusus bagi pengusaha)
      - Fotokopi Surat Izin Praktek (khusus bagi profesional)

    2. Besaran Suku Bunga
      Dalam penggunaan kartu kredit, Anda juga akan dikenakan sejumlah bunga jika Anda tidak melunasi tagihan Anda tepat waktu. Maka akan sangat penting untuk mempertimbangkan besaran suku bunga yang ditetapkan oleh bank, hal ini akan sangat membebani kantong Anda, terutama jika Anda nantinya sering menunggak tagihan.

    3. Beragam Biaya Lainnya
      Kartu kredit juga memiliki sejumlah biaya yang bersifat wajib dan sebagian lainnya bersifat sebagai konsekuensi atas kelalaian Anda dalam memenuhi kewajiban. Ada banyak biaya yang patut Anda pertimbangkan sejak awal, seperti: biaya keterlambatan pembayaran, biaya materai, biaya iuran tahunan, biaya over limit, dan jenis biaya lainnya. Pada dasarnya, tiap bank akan menerapkan kebijakan yang berbeda mengenai biaya tersebut, jadi Anda harus memperhitungkannya dengan cermat sejak awal.

    4. Kemudahan dalam Pembayaran
      Ada banyak bank yang memudahkan nasabahnya dalam melakukan pembayaran tagihan kartu kredit mereka, di antaranya dengan cara memberikan fasilitas auto-debet, internet banking, sms banking dan juga melalui ATM. Ketika Anda menggunakan kartu kredit, maka Anda akan melakukan pembayaran setiap bulannya (tergantung pada transaksi yang Anda lakukan), karena itu pertimbangkan untuk memilih bank yang memberikan kemudahan layanan pembayaran bagi Anda. Jangan sampai Anda harus membuang banyak waktu dan mengantre di teller setiap bulannya, hanya karena bank penerbit kartu kredit menerapkan sistem pembayaran yang sulit Anda akses.

Baca Juga: Fungsi Utama Kartu Kredit dan Cara Bijak Menggunakannya

  • Ajukan Permohonan
    Setelah menemukan sebuah bank yang paling tepat dan juga sesuai dengan kriteria yang Anda butuhkan, maka Anda sudah bisa mengajukan permohonan kartu kredit yang Anda butuhkan. Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti: melakukan pengajuan secara online di website bank, mendatangi bank dan mengajukan permohonan tersebut secara langsung, atau mendatangi tempat promosi kartu kredit di lingkungan Anda (biasanya bank mengadakannya di mall/supermarket). Dalam proses pengajuan ini, simak beberapa hal yang patut Anda cermati di bawah ini:

    1. Lengkapi Semua Dokumen/Persyaratan yang Diminta
      Hal pertama yang wajib Anda bawa pada saat akan mengajukan permohonan kartu kredit adalah semua dokumen persyaratan yang dibutuhkan. Pastikan Anda membawa dan telah melengkapinya sejak awal, sehingga permohonan Anda bisa segera diproses (tidak tertunda).

    2. Isi Formulir Aplikasi dengan Jelas
      Jangan lakukan pengisian formulir aplikasi kartu kredit secara asal-asalan, karena hal ini hanya akan membuat permohonan Anda terancam gagal. Isi semua kolom dengan data yang benar dan sesuai sebagaimana mestinya, jangan lupa untuk membuat salinannya, terutama bagi Anda yang sering kesulitan menghafal nomor telepon keluarga tidak serumah yang Anda ajukan di sana.

    3. Riwayat Kredit yang Bersih
      Pastikan Anda memiliki riwayat kredit yang bersih, yang artinya Anda tidak pernah bermasalah dengan pinjaman kredit di bank/lembaga keuangan lainnya. Hal ini akan diakses oleh bank penerbit kartu kredit melalui Sistem Informasi Debitur yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Dengan begitu seluruh aktivitas Anda terkait dengan bank dan lembaga pembiayaan akan tertera di sana. Jika Anda memiliki skor kredit yang buruk, maka bisa dipastikan aplikasi pengajuan kartu kredit Anda tidak akan disetujui oleh bank.

    4. Berikan Nomor Telepon Fix Line
      Sangat penting bagi bank untuk melakukan verifikasi kepada Anda, pihak kantor, keluarga di rumah, dan juga keluarga tidak serumah yang Anda cantumkan di dalam aplikasi. Berikan nomor telepon yang fix line, agar skor aplikasi Anda baik dan memenuhi kriteria bank. Pastikan Anda memberitahu orang rumah, pihak kantor, dan juga keluarga tidak serumah mengenai pengajuan yang Anda lakukan agar mereka tidak kaget jika sewaktu-waktu dihubungi pihak bank.

Aktifkan dan Gunakan dengan Cerdas

Pada umumnya, bank akan membutuhkan waktu sekitar 14 hari dalam memproses pengajuan kartu kredit. Jika disetujui, maka Anda akan segera menerimanya setelah adanya proses verifikasi dari bank. Aktifkan kartu kredit Anda dengan cara menghubungi pihak bank penerbit melalui sambungan telepon dan jangan lupa untuk menandatangani kartu Anda segera setelah diaktifkan. Gunakan kartu kredit dengan cerdas dan lakukan pembayaran tepat waktu agar Anda terhindar dari berbagai biaya yang dikenakan oleh bank.

Baca Juga: 10 Cara Benar Menggunakan Kartu Kredit