Tips Belanja Nyaman di Pekan Raya Jakarta

Jakarta Fair atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pekan Raya Jakarta (PRJ) merupakan sebuah momen tahunan yang secara rutin digelar di Jakarta International Expo (JIE), Kemayoran, Jakarta, yang berlangsung dalam waktu satu bulan penuh mulai dari Juni hingga Juli.

Di sini Anda bisa menemukan berbagai pameran, promosi perdagangan, penampilan musik, hingga melakukan aktivitas belanja dari banyaknya tenant yang berpartisipasi. Event ini menjadi acara yang paling dinanti oleh masyarakat Jakarta karena menghadirkan berbagai jenis hiburan serta menjadi ajang belanja murah untuk mendapatkan barang kebutuhan dan keinginan.

PRJ tahun ini menjadi lebih spesial karena pelaksanaannya yang pas di bulan ramadhan hingga hari raya idul fitri nanti. Jadi untuk Anda yang ingin belanja untuk persiapan lebaran dengan lebih hemat seperti baju baru sampai snack-snack khas lebaran bisa mencoba berbelanja di PRJ Kemayoran.

Namun, walaupun harga-harga yang di pasang Jakarta Fair ini relatif murah bahkan miring Anda harus tetap mengontrol nafsu belanja karena godaan diskon dan harga murah dimana-mana. Ini dia tips yang bisa Anda lakukan ketika berbelanja di PRJ agar tidak kebablasan.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Selalu Bawa Uang Tunai

selalu bawa uang tunai

Kenyamanan dalam berbelanja harus menjadi hal utama, salah satunya didukung dengan transaksi pembayaran yang bisa diterima kedua belah pihak, karena pada saat PRJ tidak semua pedagang menyediakan fasilitas mesin untuk pembayaran menggunakan kartu debit maupun debit, alangkah lebih nyaman jika menggunakan uang tunai sebagai metode pembayaran.

Selain untuk membayar barang belanjaan, uang tunai juga lebih praktis digunakan untuk membayar keperluan kecil seperti membeli tiket masuk, makanan dan minuman, hingga membayar karcis parkir kendaraan. Menggunakan uang tunai juga menghindarkan Anda dari kesulitan mencari mesin ATM yang ada di sekitar arena penyelenggaraan PRJ.

2. Pergi dengan Teman yang Pelit Biar Lebih Hemat

belanja dengan teman

Berbelanja sendiri rasanya tidak nyaman bagi sebagian orang. Tidak ada orang yang diajak berbicara dan dimintai pendapat mengenai barang mana yang akan dibeli. Tidak ada salahnya mengajak sahabat maupun keluarga untuk mengunjungi dan berbelanja di PRJ, tapi pastikan orang yang Anda ajak adalah orang yang cukup hemat dan jeli dalam memilih barang. Jangan sampai Anda membawa teman yang justru membuat pengeluaran Anda menjadi lebih mahal karena menyetujui semua pilihan yang akhirnya membuat Anda membeli semua barang yang Anda anggap bagus.

3. Jangan Tinggalkan Daftar Belanja

daftar belanja  

Meski barang dagangan di PRJ relatif murah, kalau Anda tidak cukup pintar dalam memilih barang yang akan dibeli, ujung-ujungnya akan membuat pengeluaran membengkak. Maka dari itu jangan lupa untuk selalu membawa daftar belanjaan yang harus Anda penuhi ketika akan berangkat menuju PRJ. Daftar belanja ini berfungsi menjadi pemandu Anda untuk membeli barang-barang yang benar-benar menjadi kebutuhan, bukan sekadar keinginan apalagi dibeli hanya karena Anda melihat tampilannya yang cukup bagus dan menarik.

Baca Juga : Cara Menghemat Uang Belanja Kebutuhan Pangan

4. PRJ Juga Kesempatan untuk Window Shopping

Windows Shopping

Berkunjung ke PRJ dimaknai sebagai ajang belanja murah bagi sebagian besar orang, tapi bukan berarti Anda tidak bisa hanya melakukan windows shopping di acara ini. Sekedar datang untuk melihat-lihat barang dagangan tidak akan disalahkan. Lepaskan sejenak penat rutinitas kerja dengan berkunjung ke PRJ dan melihat berbagai barang kerajinan dan kebutuhan yang ditawarkan pedagang dengan berbagai penawaran diskon. Siapa tahu Anda menemukan barang yang cocok dan akhirnya dibeli.

5. Hindari Berkunjung di Hari Libur

menetapkan tanggal

Berkunjung ke PRJ di hari libur merupakan keputusan yang sangat tidak disarankan. Pada hari lengang seperti ini, pengunjung PRJ bisa meningkat drastis dan akhirnya justru hanya membuat Anda tidak nyaman berkunjung dan berbelanja di PRJ. Usahakan datang pada hari-hari kerja untuk mendapati kondisi PRJ dengan jumlah pengunjung yang tidak terlalu banyak. Dengan begini, Anda akan lebih nyaman dalam berjalan dan melihat-lihat. Niat datang ke PRJ untuk melepas penat, bukan menambahnya dengan mendapati kondisi acara yang berdesak-desakan.

6. Kenyangkan Diri Sebelum Menuju PRJ

makan dulu sebelum pergi

Salah satu cara untuk mengakali pengeluaran yang besar ketika berbelanja di PRJ adalah mengenyangkan diri sendiri lebih dulu. Lapar membuat kita tidak fokus dalam berbelanja dan pikiran kita tertuju pada stand makanan. Padahal, harga yang dibanderol untuk setiap makanan yang dijajakan pada acara seperti ini relatif tinggi dan sayangnya tidak banyak mengenyangkan kita. Maka dari itu, isi perut dari rumah sebelum mengunjungi PRJ agar Anda bisa lebih nyaman dan fokus dalam berbelanja.

Baca Juga: Daftar Belanja yang Tepat Bisa Bikin Belanja Lebih Hemat

7. Jangan Lupa Membawa Bekal Minum

  bekal minuman

Anda akan menghadapi kondisi di mana Anda harus berjalan cukup jauh mengingat area acara PRJ yang cukup luas dan menawarkan berbagai stand yang terdiri dari beberapa sektor. Tentu saja Anda tidak ingin melewatkan kesempatan melihat berbagai barang dagangan yang mungkin berasal dari daerah lain dan sangat jarang Anda temukan di Jakarta. Maka, tetap jaga kesehatan tubuh dengan membawa bekal minum yang cukup selama Anda berkunjung di PRJ. Selain menghindarkan Anda dari dehidrasi ringan, Anda juga akan lebih fokus selama "cuci mata".

8. Pintar-Pintar Menawar

Tawar menawar

PRJ dikenal sebagai ajang belanja murah. Bukan hanya dari harga barang yang dibandrol relatif miring, Anda juga mempunyai kesempatan untuk menawar harga barang supaya lebih rendah sehingga pengeluaran Anda lebih minim. Jangan ragu untuk memberikan penawaran harga barang kepada pedagang, selama tawaran yang Anda berikan juga tidak terlalu rendah guna tetap menghargai usaha para pedagang di PRJ.

9. Coba Datang di Saat Akan Tutup

  tutup

Pada saat acara sudah akan tutup, pedagang cenderung memberikan harga murah dan sesuai dengan keinginan pembeli karena mereka fokus untuk segera membereskan stand. Trik ini bisa Anda terapkan guna mendapatkan barang incaran dalam harga yang relatif murah.

10. Berpakaian yang Nyaman

berpakaian yang nyaman

Tren penggunaan dress untuk sekadar berjalan-jalan di mall nampaknya tidak bisa Anda terapkan ketika akan mengunjungi PRJ. Gunakan pakaian senyaman mungkin, celana panjang dan kaos serta alas kaki seperti sandal maupun sepatu yang nyaman digunakan untuk berjalan jarak jauh.

Informasi Jam Buka dan Harga Tiket PRJ Kemayoran Jakarta 2019

Ini dia informasi jam buka dan tutup PRJ Kemayoran serta harga tiket masuknya. Jangan lupa dicatat biar persiapan belanja dan jalan-jalan di PRJ Kemayorannya lebih baik:

Jam Buka:

  • Senin-Kamis: 15.30-22.00
  • Jumat: 15.30-23.00
  • Sabtu-Minggu: 10.00-23.00
  • Hari Libur Nasional: 10.00-23.00

*LEBARAN TETAP BUKA

Jam Buka Lebaran & Libur Lebaran:

  • 30 Mei – 3 Juni 2019: 10.00-23.00
  • 4 Juni 2019: 10.00-18.00
  • 5 Juni 2019: 14.00-23.00
  • 6 – 9 Juni 2019: 10.00-23.00

Harga TIKET MASUK :

  • Senin : Rp. 25.000,-
  • Selasa – Kamis : Rp. 30.000,-
  • Jumat : Rp. 40.000,-
  • Sabtu – Minggu : Rp. 40.000,-
  • Hari libur Nasional : Rp. 40.000,-
  • KHUSUS tanggal 30 Mei – 03 Juni 2019 : Rp. 40.000,-
  • KHUSUS tanggal 04 Juni 2019 : Rp. 40.000,-
  • KHUSUS tanggal 05 Juni 2019 : Rp. 40.000,-
  • KHUSUS tanggal 06 – 09 Juni 2019 : Rp. 40.000,-

*Khusus Lansia Diatas 60 Tahun GRATIS Tiket Masuk

(Menggunakan e-ktp & hanya berlaku 1x kunjungan)

Maksimalkan Belanja Hemat di PRJ dengan Promo dan Diskon Tambahan

Akan ada ratusan merchant dan tenant yang akan mengisi acara PRJ selama sebulan penuh. Jadi luangkan waktu Anda untuk mencari tahu berbagai promo dan diskon menarik yang ditawarkan nanti di PRJ. Cari tahu apakah kartu kredit dan merchant yang bekerja sama dengan kartu kredit akan menyediakan diskon khusus berbelanja di PRJ.

Selain kartu kredit, cari tahu juga promo-promo menarik yang ditawarkan oleh para aplikasi digital e-wallet dan e-money seperti Dana, Gopay, OVO dan masih banyak lagi. Promo menarik seperti cashback, diskon dan potongan harga spesial akan membuat Anda lebih puas lagi berbelanja di PRJ Kemayoran tahun ini.

Baca Juga: Belanja Bulanan Pas Promo JSM Dijamin Makin Hemat