Tips Beli Laptop dan Smartphone Bekas Tapi Tetap Berkualitas

Smartphone atau laptop bekas di Indonesia memiliki pangsa pasar yang masih sangat luas. Hal ini mengingat harga smartphone baru (gadget) bisa jadi sangat mahal apalagi yang telah memiliki fitur high-end.

Meskipun statusnya second hand atau bekas pakai, namun kalau kita mau teliti, maka besar kemungkinan kita akan mendapatkan kualitas smartphone atau laptop yang masih bagus. Kriteria gadget bekas yang masih bagus bisa ditandai dengan masih normalnya seluruh fungsi dari gadget tersebut, atau minimal kondisinya masih 70%- 90% dari keseluruhan fitur yang ada pada kondisi normal.
 

Panduan Umum Membeli Smartphone dan Laptop Bekas

laptop dan smartphone
Laptop dan Smartphone

Membeli elektronik bekas memang tidak mudah, terkadang harus mencari bantuan dari orang lain yang mengerti atau sudah terbiasa dengan permasalahan elektronik yang sering muncul. Kita tidak tahu persis asal mula gadget yang dijual tersebut. Apakah dijual karena butuh uang, ataukah dijual karena ada sebagian komponen yang rusak atau bisa juga gadget tersebut dijual karena sudah bosan.

Mengingat perkembangan gadget terjadi begitu cepat, sehingga membuat orang cepat bosan dengan gadget yang mereka miliki. Di sinilah terkadang kita diuntungkan karena bisa membeli barang-barang mereka dengan harga yang lebih bersahabat.

Sebelum kita membahas hal-hal detail mengenai laptop dan smartphone bekas, maka ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut ini agar mendapatkan hasil yang maksimal:

Baca Juga: Cara Hemat Beli Gadget dan Smartphone Impian

1. Cek Harga Pasaran Sekarang

Harga elektronik berubah begitu sangat cepat. Itu berlaku juga untuk smartphone dan laptop. Meskipun demikian pergerakan harga smartphone atau laptop second tidak selalu turun, karena banyak pengaruh naik turunnya harga tersebut. Seperti ketika kurs Dollar naik harga elektronik juga cenderung naik.

Ada banyak sumber untuk mengetahui harga terakhir sebuah gadget seperti lewat majalah, koran, media online ataupun forum-forum jual-beli yang sekarang menjadi tempat nongkrong bagi para seller ataupun buyers. Di dalam forum kita bisa mengetahui harga secara akurat karena baik seller maupun buyer cenderung bersikap jujur dalam menawarkan atau mencari barang yang sedang mereka incar.  

Di forum bahkan bisa juga melakukan penawaran sebagai buyer atau pembeli. Katakan Anda ingin membeli laptop atau smartphone dengan spesifikasi tertentu, maka akan banyak seller atau penjual yang menawarkan barang mereka. Setelah itu selektif dan cermatlah dalam memilih barang bekas. Selanjutnya lakukan perbandingan sematang mungkin.

2. Pertimbangkan Kembali ketika Ingin Membeli Secara Online

Jika ingin membeli barang, maka sebaiknya ketika membeli smartphone atau laptop bekas Anda juga mengetahui barang tersebut secara fisik, walaupun transaksi awalnya secara online. Memang forum-forum online banyak yang menawarkan barang sejenis itu.

Namun sebenarnya, hal itu hanya bisa digunakan sebagai langkah perbandingan saja. Jika berminat dengan barang tersebut, langkah tepat selanjutnya adalah mengajak bertemu atau menggunakan proses Cash on Delivery dengan perjanjian khusus. COD sebaiknya dilakukan oleh penjual yang sudah memiliki reputasi, karena begitu barang tidak sesuai atau rusak dalam pengiriman, Anda bisa mengembalikan barang tersebut.

Mengenai COD itu sendiri, selama ini banyak orang yang salah memahami arti COD. COD dianggap sebagai salah satu metode pembelian dengan langsung bertemu. Padahal tidak demikian, COD artinya Anda baru membayar secara cash ketika barang sudah diantarkan ke tempat, baik secara langsung oleh penjual ataupun lewat jasa kurir.  

Membeli dengan bertemu secara langsung atau COD lebih aman dibanding membeli tanpa ada kesempatan untuk mencoba gadget atau laptop yang dibeli tersebut secara langsung.

3. Pastikan Spesifikasi Gadget Dibutuhkan Sesuai dengan Kebutuhan

Ada pepatah dagang yang menyatakan bahwa rupa membawa harga. Artinya barang bagus cenderung punya harga mahal. Pastikan telah memilih gadget yang tepat dengan spesifikasi yang Anda butuhkan. Banyak cara untuk mengetahui spesifikasi sebuah smartphone dan laptop. Salah satu langkah yang bisa dicoba adalah melihat spesifikasi gadget tersebut melalui situs resmi atau website pabrik dari gadget tersebut.

Setelah memahami tentang spesifikasinya baru Anda bisa mencari informasi lebih lanjut di forum-forum dan mengetahui perkiraan harga gadget tersebut berdasarkan kualitas barang yang Anda beli tersebut.

4. Perhatikan Umur Gadget yang Ingin Anda Beli

Elektronik rata-rata tidak berumur lama. Batas maksimal dari sebuah elektronik biasanya adalah 5 tahun. Oleh karena itu carilah barang yang memiliki umur tidak lebih dari 2 tahun. Dengan demikian kemungkinan besar akan mendapatkan barang yang masih bagus dengan kondisi 80% sampai 90%.

Lain hal kalau Anda memiliki sedikit pengetahuan tentang hardware atau software smartphone atau laptop. Jika telah mengerti maka Anda bisa menaksir harga barang tersebut berdasarkan tingkat kerusakannya. Apakah komponen yang rusak itu mudah diganti, berapa harga spare part-nya, dimana kita bisa membeli dan lain sebagainya. Apakah kerusakan terjadi di software atau hardware juga perlu dipertimbangkan.

5. Meminta Bantuan Teman

Jika tidak berpengalaman sama sekali dalam membeli barang bekas, maka carilah bantuan dari orang lain yang sudah terbiasa berjualan, atau malah bisa reparasi laptop atau smartphone. Minta mereka untuk melakukan cek secara komprehensif dan menyeluruh agar Anda benar-benar mendapatkan barang bagus.

Cara Cek Smartphone Bekas

mengecek smartphone
Mengecek Smartphone Bekas

Sebenarnya perusahaan sudah memfasilitasi kita untuk mengetahui apakah ponsel kita dalam keadaan normal atau tidak. Hampir semua ponsel canggih memiliki fitur test tersebut untuk mengetahui apakah semua fungsi ponsel dapat bekerja dengan baik. Dengan memanfaatkan fitur tersebut kita bisa mengecek speaker, touchpad, kecerahan layar, konektivitas dan semua fungsi ponsel.

Karena caranya berbeda-beda maka cara yang paling tepat untuk mengetahuinya adalah melihat manual book atau informasi dari website resmi merek ponsel Anda.

Untuk urusan hardware, Anda bisa mengajak tukang reparasi ponsel atau orang yang sudah berpengalaman dengan ponsel untuk melakukan pengecekan.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Cara Cek Laptop Bekas

mengecek laptop bekas
Mengecek Laptop Bekas

Banyak komponen yang harus di cek mulai dari kenormalan LCD, hardisk, RAM, Soundcard, USB Port, keyboard, touch pad, web camera dan lain lain. Maka untuk mengetahui apakah semua itu berfungsi normal maka lakukan pengecekan secara bertahap pada semua komponen.

Pertama kali hidupkan laptop tersebut, coba mulai dari charger dan baterainya. Apakah charger dapat mengisi baterai, dan apakah lampu indikator menyala ketika di charge. Setelah itu Anda perhatikan bagaimana kinerja laptop tersebut setelah dihidupkan. Apakah ada lag (macet), apakah tampilannya normal. Tes keyboard apakah semua huruf, simbol, dan shortcut semua berfungsi dengan baik.

Cek apakah ada bagian laptop yang pernah diganti dengan memperhatikan segelnya sudah pernah dibuka atau belum. Luangkan waktu barang 1 sampai 2 jam untuk mengecek semua fungsi laptop tersebut. Jangan lupa restart berkali-kali untuk memastikan bahwa laptop mau hidup setelah beberapa kali restart.

Setelah Anda yakin semua berfungsi dengan baik, langkah terakhir adalah melakukan negosiasi harga dan kemungkinan garansi apabila terjadi kerusakan dalam waktu dekat.

Hindari Mendapatkan Barang yang Sudah Rusak dan Tak Layak Pakai

Modus penipuan bisa terjadi kepada siapapun, jangan sampai salah memilih dalam membeli. Harga satuan untuk sebuah gadget bisa dibilang cukup mahal jadi tentu Anda akan sangat dirugikan bukan jika tidak berhati-hati dalam memilih penjual. Banyak mencari informasi mengenai proses transaksi jual-beli gadget bekas, ketahui modus penipuannya agar terhindar dari penipuan.

Baca Juga: Cara Mudah Memulai Bisnis Jual Beli Handphone