Tips Berbelanja Online saat Harbolnas Agar Tetap Hemat

Belanja Online sudah merupakan tren di kalangan masyarakat saat ini. Dengan berbagai macam kemudahan dan fasilitas yang ditawarkan mampu membuat Anda betah berlama-lama untuk mengunjungi situs online shop. Itu belum ditambah dengan tambahan diskon yang pasti akan membuat Anda ingin membeli produk yang ditampilkan pada halaman website.

Dengan segala kenyamanan, kemudahan, dan kelebihan yang diberikan oleh situs online shop, terdapat berbagai kekurangan yang mengikutinya. Diantaranya seperti, harga produk yang akan dipatok lebih tinggi daripada harga di toko langsung, ancaman penipuan dan produk yang tidak sesuai dengan harapan.

Menyambut Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional yang akan jatuh pada tanggal 12 Desember 2017 nanti dapat dipastikan akan banyak situs online shop yang ikut memeriahkan Harbolnas tersebut dengan memberi diskon besar-besaran dan kelebihan lainnya. Bahkan sekitar 250 marketplace ikut serta pada Harbolnas 2017.

Bagi Anda yang akan melakukan belanja pada Harbolnas yang mengusung tema "Belanja Bersama" tahun ini pasti berencana membeli beberapa produk secara langsung karena tergiur oleh berbagai diskon yang ditawarkan oleh berbagai situs online shop.

Tapi hati-hati terhadap segala ancaman penipuan dan tindak kejahatan yang akan merugikan Anda saat berbelanja. Berikut adalah beberapa tips yang bisa diaplikasikan ketika Anda akan berbelanja online.

Baca Juga : 9 Cara Menghindari Penipuan Toko Online

1. Berhati-hati dalam Memilih Online Shop

belanja online

Belanja Online via bgr.in

Sebelum akan membeli suatu produk secara online, pasti Anda akan terlebih dahulu mengunjungi situs online shop yang sekiranya menjual produk yang diinginkan. Berhati-hatilah dalam memilih sebuah online shop, karena memilih online shop yang salah dapat berujung terhadap penipuan.

Sebelum membeli, pastikan Anda memilih online shop yang memang sudah dipercaya oleh banyak orang. Tanya kepada keluarga atau kerabat mengenai pengalaman mereka membeli produk secara online dan di situs yang sudah digunakan sebelumnya sehingga Anda bisa membandingkan kualitas masing-masing dari situs online sebelum berbelanja di sana.

Di samping itu, pilih online shop yang mendapatkan banyak review baik, banyak digunakan orang sebagai media untuk berbelanja online, dan review terhadap produknya juga baik. Lebih lanjut, kunjungi situs resmi Harbolnas untuk informasi mengenai marketplace mana saja yang berpartisipasi di harbolnas.com

2. Jeli dalam Memilih Produk

Jika Anda akan berbelanja di sebuah situ e-commerce besar, satu hal yang harus diketahui bahwa kebanyakan situs e-commerce hanya berperan sebagai media para penjual-penjual produk lain, atau dengan kata lain mereka hanya sebagai perantara bagi pedagang lainnya. Itu sebabnya terkadang akan terjadi kesalahan terhadap produk yang Anda beli, baik itu dalam segi kualitas produk atau kesalahan produk yang dikirim.

Contohnya, saat Anda membeli kaos atau kemeja, akan muncul berbagai jenis penjual produk dari kategori tersebut, cara memilih produknya adalah dengan memilih produk yang memiliki rating tinggi, memiliki kualitas gambar yang bagus terhadap produk sehingga Anda bisa membandingkannya dan memiliki review yang bagus dari orang-orang yang telah membeli produk tersebut. Terkadang harga memang menentukan kualitas, jadi jangan ragu untuk membeli barang dengan harga yang sedikit mahal tapi terjamin kualitasnya.

3. Utamakan Pembayaran dengan Cara COD (Cash on Delivery)

cash on delivery

Cash On Delivery via idelivery.sg

 

Selain memperhatikan review dan rating, Anda juga bisa memerhatikan cara pembayarannya. Utamakan memilih cara pembayaran COD jika penjual menyediakan fasilitas cara pembayaran tersebut. Dengan begitu, jika barang yang diterima itu rusak atau tidak sesuai dengan keinginan, Anda bisa mengembalikan barang tersebut langsung tanpa harus membayar. Sehingga Anda tidak perlu melakukan pengembalian barang dan refund yang merepotkan itu.

Baca Juga : 5 Tips Cermat Belanja di Instagram

4. Cara Pembayaran Pihak Ketiga

Fasilitas pembayaran pihak ketiga ini adalah di mana Anda tidak melakukan transfer uang pembayaran langsung ke rekening si penjual, tapi ke rekening situs e-commerce yang menjadi media jual-beli online. Cara ini lebih aman karena menghindari Anda dari penipuan toko online. Karena sistem pembayaran dengan cara ini tidak akan mengirimkan uang langsung ke penjual oleh pihak e-commerce jika status barang belum sampai ke pihak pembeli.

Metode pembayaran ini aman untuk Anda yang berbelanja produk tanpa fasilitas cara pembayaran COD. Juga aman bagi Anda yang berbelanja dengan menggunakan kartu kredit, karena jika memilih e-commerce yang sudah terpercaya, kartu kredit dan data pribadi Anda akan aman.

5. Manfaatkan Diskon dengan Bijak

Berbelanja di saat Harbolnas pasti akan membuat Anda semakin ingin berbelanja walaupun itu merupakan barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Alasannya jelas, karena barang-barang itu ditawarkan dengan embel-embel diskon besar dan bonus-bonus yang banyak diberikan oleh situs online shop. Tapi Anda jangan tertipu dengan hal-hal tersebut. Biasanya produk dengan diskon besar adalah produk dengan kualitas yang kurang baik atau produk lama yang harus segera dihabiskan.

6. Manfaatkan Point Reward

point reward

Point Reward via pointchaser.com

Bagi Anda yang gemar berbelanja online menggunakan kartu kredit, fasilitas diskon yang diberikan situs e-commerce tidak hanya berupa voucher diskon dan potongan harga, tetapi ada juga point reward. Point reward ini adalah salah satu kelebihan yang bisa dinikmati bagi Anda pengguna kartu kredit ketika berbelanja secara online di situs e-commerce yang memiliki fasilitas cara pembayaran melalui pihak ketiga dan kartu kredit.

Point reward dapat digunakan sebagai voucher diskon tambahan. Semakin besar point yang dimiliki, maka semakin besar juga potongan harga yang akan didapatkan. Jadi hal ini dapat membuat Anda lebih hemat ketika berbelanja online.

Tidak Menggebu-gebu

Harbolnas memang hanya akan diadakan sekali dalam setahun, namun bukan berarti Anda ceroboh dalam menentukan barang yang akan dibeli. Prioritaskan barang yang memang sedang Anda butuhkan. Jangan tergoda oleh diskon-diskon besar yang ada pada barang-barang yang memang tidak butuhkan. Harbolnas harusnya dimanfaatkan untuk berbelanja lebih hemat bukan sebaliknya.

Baca Juga : Belanja Online Jadi Hemat dengan Kartu Kredit dengan 8 Cara Ini