Tips Berburu Tiket Murah untuk Liburan Akhir Tahun

Menikmati liburan akhir tahun tentu menjadi salah satu agenda wajib yang selalu ada di dalam rencana liburan atau mudik. Sebagian besar orang memang selalu ingin menikmati di masa pergantian tahun mereka dengan cara berlibur bersama dengan orang-orang tercinta.

Ini mungkin menjadi momen yang tepat, untuk menikmati semua keberhasilan yang telah didapatkan sepanjang tahun, dan sekaligus mempersiapkan diri untuk menyambut sejumlah tantangan setelah libur akhir tahun nanti. Jadi, wajar saja jika di masa lebaran biaya untuk liburan akan melonjak tinggi, sebab jumlah permintaan akan hal ini juga terbilang sangat besar.

Di antara semua kebutuhan liburan, tiket pesawat menjadi item yang banyak menghabiskan dana liburan. Untuk itu, mengupayakan tiket murah tentu pilihan yang wajib dilakukan, apalagi jika berlibur bersama dengan anggota keluarga lainnya. Sejumlah kebutuhan lainnya juga membutuhkan biaya yang cukup besar, sehingga akan sangat baik jika bisa mendapatkan tiket penerbangan dengan harga yang paling ramah di kantong.

Simak tips berburu tiket murah liburan lebaran berikut ini, yang bisa dilakukan untuk mendapatkan harga terbaik untuk berlibur:

1. Kunjungi Beberapa Online Travel Agent (OTA) Sekaligus

travel agent
Online Travel Agent via shutterstock.com

Membeli tiket tidak lagi sesulit belasan tahun yang lalu, di mana Anda harus mendatangi langsung agen perjalanan dan mencari informasi tersebut di sana. Saat ini, ada banyak OTA yang dapat dikunjungi dengan mudah, bahkan meski hanya dengan menggunakan smartphone saja. Hal ini akan menjadi keuntungan tersendiri, sebab Anda bisa mendapatkan informasi dan penawaran terbaik dengan mudah dan cepat.

Namun meski demikian, membeli tiket di OTA juga harus menggunakan strategi yang tepat, agar Anda bisa mendapatkan penawaran tiket dengan harga termurah. Datangi beberapa OTA sekaligus dan lakukan perbandingan penawaran yang diberikan oleh satu OTA dengan OTA lainnya, sebab penawaran ini bisa saja berbeda-beda. Upayakan untuk bisa mendapatkan informasi penawaran yang paling akurat, sehingga Anda bisa menemukan tiket liburan dengan harga termurah.

Baca Juga : Cara Memilih Paket Tour Murah untuk Liburan ke Luar Negeri

2. Beli di Shoulder Season

Shoulder season adalah waktu antara low season dengan high season, jika dibandingkan dengan dua istilah terakhir, istilah ini memang kurang banyak dikenal. Di lebaran tahun ini, shoulder season ini berada di hari-hari sebelum tanggal sepuluh sampai dua puluh (20) Juni, dan ini menjadi waktu tepat bagi yang ingin mendapatkan tiket liburan murah untuk masa akhir tahun tersebut.

Meskipun penawaran dari masing-masing maskapai akan berbeda-beda, namun di shoulder season ini biasanya tiket untuk liburan liburan akan dijual lebih murah dan terjangkau, dibandingkan dengan tanggal-tanggal lainnya di bulan yang sama.

3. Pilih Tanggal Keberangkatan di Hari Kerja

hari kerja
Tanggal Keberangkatan di Hari Kerja via shutterstock.com

Akhir pekan dan bepergian, ini adalah dua hal yang membuat harga tiket pesawat melambung tinggi, apalagi di musim liburan lebaran nanti. Ada banyak sekali orang yang akan memulai liburan mereka sejak beberapa hari mendekati lebaran tiba. Jika memilih waktu yang sama dengan orang-orang tersebut, maka bisa dipastikan tiket liburan akan jauh lebih mahal.

Pilih tanggal keberangkatan setidaknya beberapa hari sebelum arus puncak mudik datang, agar bisa mendapatkan harga tiket pesawat yang lebih murah. Untuk itu, pastikan semua urusan pekerjaan selesai lebih awal, agar leluasa untuk pergi menikmati liburan akhir tahun lebih awal dari yang lainnya.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

4. Beli Tiket Pulang-pergi Sekaligus

Perusahaan penerbangan biasanya akan memberikan penawaran harga yang lebih murah untuk pembelian tiket pulang pergi sekaligus, bahkan di waktu libur lebaran juga. Membeli tiket liburan pulang pergi ini bukan hanya akan menghemat uang saja, namun juga bisa menghemat tenaga dan pikiran.

Dengan membeli tiket pulang pergi sekaligus, Anda hanya perlu mengurus segala sesuatunya satu kali saja, dan tidak harus repot-repot mencari dan membeli tiket pulangnya di waktu yang berbeda.

5. Jangan Beli Sekaligus (Jika Liburan Rombongan)

beli tiket
Membeli Tiket via shutterstock.com

Bagi yang akan berlibur secara rombongan bersama dengan keluarga atau teman-teman, maka Anda perlu menghindari pembelian tiket secara bersamaan (sekaligus).

Pada umumnya, pihak maskapai penerbangan hanya akan memberikan harga pembelian tiket murah dalam jumlah yang terbatas saja (biasanya 2 tiket untuk setiap pembelian), jadi akan sangat baik jika membelinya secara terpisah. Jika membelinya sekaligus, biasanya akan mendapatkan harga tiket yang lebih mahal, sebab Anda tidak akan diberikan tiket murah untuk pembelian tiket dalam jumlah besar.

6. Ambil Penerbangan Setelah Jam 2 Siang

Bukan hanya cara membelinya saja, jam keberangkatan yang dipilih juga akan ikut serta menentukan harga tiket yang harus dibayarkan nanti. Biasanya orang-orang akan memilih untuk bepergian di pagi hari, sehingga harga tiket di jam-jam seperti ini akan jauh lebih mahal, sebab ada banyak sekali permintaan.

Untuk itu, pilih jam penerbangan yang lebih siang atau bahkan mendekati sore hari dan malam hari, sebab jumlah penumpang justru tidak terlalu ramai di jam-jam seperti ini. Bepergian di atas jam 2 siang adalah waktu yang tepat dan bisa mendapatkan harga tiket yang lebih murah jika terbang di jam-jam setelah jam 2 siang tersebut.

Baca Juga : Tips Bepergian ke Luar Negeri dengan Budget Terbatas

7. Segera Booking di Harga Termurah

membeli tiket
Booking Ticket via shutterstock.com

Sudah menemukan harga terbaik, namun masih saja menunda untuk booking tiket liburan? Hal seperti ini seharusnya tidak dilakukan, sebab bisa saja Anda kehilangan tiket murah tersebut dan harus membayar harga yang lebih mahal. Segera booking tiket liburan di harga termurah, sehingga tidak kehilangan kesempatan untuk liburan dengan hemat.

Rencanakan dan Beli di Waktu yang Tepat

Meski liburan lebaran masih relatif jauh, tidak ada salahnya untuk merencanakannya sejak sekarang. Hal ini akan membuat Anda memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkannya dengan matang, termasuk membeli tiket liburan yang murah. Segera rencanakan dan beli tiket liburan, agar bisa menikmati liburan akhir tahun yang menyenangkan.

Baca Juga : Berburu Tiket Murah Saat Lebaran? Ini caranya!