Tips Berhasil Membuat Kartu Kredit Pertama Bagi Milenial

Kartu kredit merupakan sebuah alat transaksi non tunai yang popular di kalangan masyarakat, terutama bagi generasi milenial. Bagaimana tidak? Dengan kartu kredit, para milenial bisa membeli kebutuhan yang dinginkan terlebih dahulu disaat belum terima gajian. Sebagai gantinya para pengguna kartu kredit bisa mencicil tagihannya di setiap bulan.

Bukan hanya itu saja, kartu kredit sangat memanjakan penggunanya dengan seringnya memberikan bonus-bonus menarik. Mulai dari promo, diskon, cashback, point yang bisa ditukarkan, bahkan tak jarang yang memberikan hadiah undian berupa kendaran, uang tunai jutaan rupiah dan sebagainya.

Maka, jangan heran bila sekarang ini banyak generasi milenial yang sudah berpenghasilan mulai membuat kartu kredit di bank-bank yang mereka pilih. Namun sayangnya, tak sedikit yang mengeluh kalau pembuatan kartu kredit susah lantaran pengajuan kartu kredit sering ditolak oleh bank karena tidak memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan.

Tidak perlu khawatir, Cermati.com akan memberikan lima tips dalam mengajukan kartu kredit pertama kali terutama bagi milenial. Bila benar-benar disimak dan dipraktikan dengan baik, kemungkinan besar pengajuan kartu kredit akan berhasil.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Pastikan Memiliki Riwayat Keuangan Baik

riwayat kredit
Pastikan memiliki riwayat keuangan terutama kredit dengan baik

Sebelum mengajukan kartu kredit, sebaiknya sangat perlu melakukan pengecekan kembali terhadap riwayat keuangan. Meski sebelumnya milenial belum memiliki kartu kredit, mungkin saja pernah memiliki kredit lain seperti kredit motor, smartphone, kamera dan sebagainya.

Pastikan dengan benar, kredit yang dilakukan sebelumnya berjalan dengan baik. Artinya, tidak ada kredit yang macet atau bahkan sampai gagal bayar kredit tersebut. Sebab, sebelum menyetujui pengajuan kartu kredit yang dilakukan, pihak bank akan terus melakukan pengecekan riwayat kredit seseorang, kemudian melihat apakah orang tersebut masuk dalam data blacklist Bank Indonesia.

Baca Juga: Jangan Ditunda! Lakukan Kebiasaan Baik Ini Dalam Mengatur Keuangan

2. Pilih Bank yang Menerima Pengajuan Kartu Kredit Pertama

Tidak semua bank menerima pengajuan kartu kredit pertama (first card). Hal ini dikarenakan, bank memiliki kesulitan saat memeriksa riwayat kredit, sehingga pengajuan tersebut ditolak. Agar tidak terjadi penolakan dalam pengajuan kartu kredit lagi, sebaiknya milenial perhatikan dan pilih bank yang memang menerima pengajuan kartu kredit pertama (first card).

Berikut bank-bank pilihan Cermati.com yang menerima pengajuan kartu kredit pertama (first card) serta fasilitas yang diberikan:

Bank

Fasilitas Kartu Kredit

BRI

-     Diterima di seluruh dunia dengan logo VISA atau MasterCard

-     Promo menarik di banyak merchant pilihan BRI

-     Promo Belanja Ringan (BRIng)

-     BRI Point

-     BRI Travel Service

-     Call Center 24 Jam di 14017 atau (021)1500 017

-     Layanan SMS dan Internet Banking

BCA

-     Pprogram cicilan tetap dengan bunga rendah

-     BCA Autopay

-     BCA Reward Points hingga 5%

-     Pengambilan uang tunai hingga 40% dari limit kartu

-     BCA Credit Life

-     Pelayanan Asuransi

-     BCA Online PIN Activation

-     BCA E-Statement

Bukopin

-     Reward Program

-     Pembayaran melalui e-banking & ATM Bersama

-     Penarikan Tunai via ATM

-     Bukopin One Payment

-     Cicilan 0%

-     Call Center 24 Jam

Mega

-    Mega Reward Point

-    Mega Bill, pembayaran tagihan rutin bulanan

-    Tenor 36 bulan dan bunga ringan 1,25% flat/bulan

-    Loan on Card

-    Balance Conversion

-    Mega Top Up

-    Mega Credit Shield Maksima

Shinhan Indo

-    Poin Hi-Cash

-    Akumulasi poin special

-    Airline Miles

-    Penggunaan Poin Hi-Casha sebagai uang tunai

-    Emergency Replacement Card

BNI

-    Diterima di seluruh dunia

-    Syarat Pembayaran Mudah dan Murah

-    BNI Call 24 jam

-    Kartu tambahan dengan nomor berbeda

-    BNI Dana Tunai

-    BNI Isi Pulsa

-    Perlindungan Asuransi Bebas Premi

-    Perisai Plus

-    BNI Bill Payment

-    Layanan TeleTravel BNI

-    Newsletter Aksen

-    BNI Merchandising

-    Info E-mail

-    BNI layanan mobile

-    BNI Airport Lounge

-    BNI Reward Points

-    BNI Cicilan Tetap


3. Pastikan Pilih Kartu Kredit yang Sesuai Kebutuhan

kartu kredt
Pastikan pilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan

Seperti yang diketahui, setiap bank memiliki jenis kartu kredit yang berbeda-beda. Pada umumnya dibedakan menjadi silver, gold, dan platinum. Dengan begitu, fitur seperti poin, cashback, reward, bunga, dan lainnya yang diberikan juga berbeda tergantung dari jenis kartu kreditnya.

Nah, buat milenial yang baru saja ingin membuat kartu kredit pertama (first card) janganlah asal memilih kartu kredit. Sebab setiap jenis kartu kredit memiliki tanggungan yang beragam. Semakin tinggi tingkatan kartu kredit yang dipilih, maka semakin tinggi juga tanggung jawab pribadi dalam membayar tagihan.

Maka sebelum itu, tak ada salahnya lakukan perbandingan dengan teliti untuk mendapatkan kartu kredit yang sesuai dengan kemampuan keuangan dan kebutuhan. Tak perlu repot membandingkannya satu per satu, dengan mengunjungi laman kartu kredit di cermati.com, milenial bisa melakukan perbandingan setiap jenis kartu kredit pertama (first card) dari berbagai bank dengan amat sangat mudah.

4. Isi Formulir dengan Tepat

Bila sudah menentukan kartu kredit pertama (first card) yang sesuai dengan kebutuhan, segera ajukan kartu kredit. Kemudian ikuti langkah selanjutnya dengan mengisi beberapa pertanyaan yang terdapat pada formulir. Namun, saat mengisi formulir yang diberikan, pastikan diisi dengan baik dan benar. Artinya, data yang milenial input harus sesuai dengan data pribadi.

Seringnya adanya penolakan dalam pengajuan kartu kredit pertama (first card), bisa saja karena pihak bank menemukan adanya ketidaksesuaian pada data pribadi yang di input. Ingatlah, pihak bank akan selalu melakukan pengecekan dengan teliti pada data seseorang yang mengajukan kartu kredit.

Baca Juga: 10 Cara Benar Menggunakan Kartu Kredit

5. Perhatikan Kelengkapan Dokumen

dokumen
Perhatikan kelengkapan dokumen yang dibutuhkan

Selain formulir, juga perlu memperhatikan syarat lainnya dengan detail mulai dari usia minimal haru 21 tahun, berkewarganegaraan WNI atau WNA dan pengaju tidak wajib memiliki kartu kredit sebelumnya. Kemudian, dokumen yang diperlukan ketika mengajukan kartu kredit. Jangan sampai ada satu dokumen yang terlupakan. Maka, siapkan sejak awal dan susun dengan rapi.

Dokumen yang Diperlukan

Karyawan

Wirausaha

Profesional

-    Fotokopi KTP / KITAS

-    Bukti Penghasilan (Slip Gaji / SKP / SPT)

-    NPWP

-    Fotokopi KTP / KITAS

-    Fotokopi Rekening Tabungan (2 bulan terakhir)

-    NPWP

-    Fotokopi akta pendirian / SIUP / TDP

-    Fotokopi KTP / KITAS

-    Bukti Penghasilan (Slip Gaji / SKP / SPT)

-    Fotokopi Surat Izin Profesi

-    NPWP

Segera Ajukan Kartu Kredit Pertamamu 

Bagi generasi milenial yang ingin memiliki kartu kredit pertama kalinya tapi tidak mau repot datang ke bank, pengajuan kartu kredit secara online di cermati.com menjadi solusi yang sangat tepat. Lihatlah informasi secara lengkapnya dengan mengunjungi laman kartu kredit cermati.com mulai dari jenis kartu kredit, fasilitas yang diberikan, fitur utama dan sebagainya. Bandingkan setiap kartu kredit untuk mendapatkan yang terbaik. Hal terpentingnya, gunakan kartu kreditmu dengan bijak agar kartu kredit bisa memberikan kemudahan dan keuntungan lebih dalam memenuhi kebutuhan milenial.

Baca Juga: Alasan Kuno Seseorang Ragu Gunakan Kartu Kredit, Ini Cara Mengatasinya