Tips Bijak Alokasi Keuangan di Bulan Ramadan

Bulan Ramadan tiba, Anda harus mempersiapkan segala sesuatu dengan matang, seperti persiapan hati, fisik dan mental. Ketiga hal ini harus dipersiapkan dengan baik agar ibadah puasa Anda dapat berjalan dengan sempurna.

Tak hanya itu, Anda juga harus menjaga dan mempersiapkan keuangan selama sebulan. Walaupun, selama 1 bulan penuh Anda akan lebih jarang makan karena berpuasa, bukan berarti pengeluaran keuangan Anda berkurang.

Masih banyak orang yang pengeluarannya malah menjadi membengkak selama bulan Ramadan. Hal ini dikarenakan mahalnya biaya makan sekaligus ajakan makan bersama di luar menjadi penyebab utama meningkatnya jumlah pengeluaran.

Maka dari itu, jangan lupa untuk tetap mengelola keuangan agar tidak menyesal nantinya. Tapi, bagaimana caranya ya? Mari simak tips bijak alokasi keuangan di bulan pengelolaan keuangan selama Ramadan, berikut ini:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Menabung

menabung
Menabung

Tanamkanlah niat dengan bulat di dalam diri untuk menabung karena akan berguna juga di kemudian hari. Dikarenakan kebutuhan keluarga yang akan membengkak saat mendekati Hari Raya Idul Fitri sekaligus adanya mudik, tentu  perlu biaya yang tidak  sedikit untuk dikeluarkan.

Untuk mengatasi hal tersebut, cara terbaik  yang bisa lakukan adalah menabung. Di tambah lagi, tabungan tersebut juga bermanfaat untuk kepentingan lain yang bersifat darurat.

Baca Juga: Apa Saja Produk Tabungan dan Investasi yang Paling Menguntungkan?

2. Persiapkan Belanja Bahan Makanan

Belanja Bahan Makanan

Sebaiknya, sebelum bulan Ramadan tiba, belilah bahan makanan yang Anda rasa dibutuhkan untuk menghindari adanya lonjakan harga selama bulan Ramadan. Belilah bahan makanan yang awet, misalnya mie instan, tepung, gula, beras, bumbu-bumbu masakan, dan bahan lainnya yang bisa bertahan lama.

3. Membuat Anggaran Belanja Terperinci

anggaran belanja
Anggaran Belanja

Jika Anda termasuk orang sudah biasa dalam membuat rincian anggaran belanja setiap bulannya, jangan lupa untuk menerapkan kebiasaan ini ketika bulan Ramadan tiba. Walaupun, memang anggaran belanja yang direncanakan ini berbeda dari bulan biasa.  

Hal ini dikarenakan, beberapa kebutuhan pokok di pasaran akan mengalami  kenaikan harga. Jika, Anda tidak mengantisipasi hal ini secara cepat, bisa jadi anggaran belanja akan kacau berantakan.  Untuk itu, pastikan anggaran belanja  sesuai dengan harga  yang pasar keluarkan.

Selain itu untuk bisa sekaligus menekan pengeluaran berlebihan dibulan puasa, mulailah mencari tempat-tempat belanja yang murah baik itu offline ataupun online. manfaatkan promo yang ada dan rajin-rajin juga mengecek diskon-diskon yang ada di beberapa toko baik offline dan online.

4. Buka Puasa dengan Menu Hemat

buka puasa bersama

Buka puasa bersama bisa juga dibilang sebagai bentuk memperkuat silahturahmi, jadi tidak ada masalah jika Anda memiliki rencana demikian dengan teman kantor, kerabat dekat, saudara dan keluarga. Tapi perhatikan dulu biayanya. Bagaimanapun buka puasa tetaplah pengeluaran dan bisa sangat boros jika tidak direncanakan dengan baik.

Ingatlah bahwa ada kebutuhan dan prioritas lain yang harus dipenuhi daripada sekedar berbuka puasa bersama. Untuk itu batasi lah acara buka puasa, jangan semua undangan buka puasa diikuti dan pilih acara buka puasa dimana pilihan tempat dan harga makanannya sesuai dengan kantong Anda. Pilih menu hemat atau tempat yang menawarkan paket dengan harga spesial untuk acara buka bersama.

Baca Juga: Promo Dining Kartu Kredit 2019 ini Cocok untuk Bukber Puasa Ramadhan

 

5. Persiapan untuk Infaq, Sedekah dan Zakat

Dana untuk Infaq
Dana untuk Infaq

Keberkahan sudah pasti akan berlimpah ruah berdatangan di bulan suci Ramadan, untuk itu jangan sampai melewatkan kesempatan ini untuk berbagi dan membersihkan harta dengan berinfaq, bersedekah dan membayar zakat. Persiapkanlah dari sekarang berapa dana yang akan Anda alokasikan untuk infaq, sedekah, zakat mal serta zakat fitrah.

Karena merupakan bagian dari kewajiban, sebaiknya dana untuk berinfaq dan berzakat dijadikan sisihkan terlebih dahulu ketika gaji atau THR sudah cair sebelum rencana anggaran lain. Ingat dalam bersedekan pun tidak boleh berlebihan, harus disesuaikan kemampuan finansial juga. 

6. Persiapan Bingkisan Lebaran

Parsel Lebaran
Parsel Lebaran via inovasee.com

Kalau Anda adalah orang yang biasa dalam memberikan bingkisan lebaran untuk orang-orang terdekat, sebaiknya Anda memilih untuk membeli bingkisan tersebut jauh-jauh hari sebelum lebaran karena bisa saja akan ada lonjakan harga.

Dengan begini, tentu Anda tidak akan merasa khawatir akan harga karena akan jauh lebih murah sekaligus tempat perbelanjaan tidak akan seramai ketika akhir bulan Ramadan.

Selain itu untuk bisa lebih banyak lagi menghemat biaya, Anda bisa juga membuat parcel lebaran sendiri, dengan model yang lebih sederhana tapi juga tetap enak dilihat dan tetap terkesan fancy. Anda bisa mencoba melihat tutorial cara membuat parcel baik dari internet seperti youtube atau sosial media seperti pinterest atau instagram.

7. Komitmen dengan Rencana Keuangan

Rencana Keuangan
Rencana Keuangan

Tetaplah menjaga  komitmen terhadap rencana keuangan yang sudah Anda anggap sesuai dengan budget yang dimiliki. Fokuslah pada daftar rencana keuangan tersebut agar terhindar dari sifat boros untuk membelanjakan uang hanya demi keperluan tidak penting yang hanya didasarkan pada keinginan semata.

Jika sudah berkomitmen dengan serius pada rencana keuangan, pasti kondisi keuangan akan berjalan stabil dan sehat. Jangan lupa untuk mengatur antara tagihan bulanan, tabungan, investasi (jika ada) dan pengeluaran sehari-hari.

Jangan lupa juga untuk menyiasati pengeluaran ketika Hari Raya dengan menekan biaya lain yang bukan prioritas agar finansial pribadi tetap sesuai dengan apa yang direncanakan.

8. Pengolahan Uang THR secara Tepat

Hal yang paling ditunggu-tunggu menjelang hari raya tentu saja adalah bonus ke 13 atau THR. Nah, rezeki tambahan ini bukan seharusnya dijadikan momen untuk berfoya-foya tapi untuk diatur agar semua kebutuhan menjelang hari raya bisa dipenuhi dengan baik.

Buat pos-pos pengeluaran tambahan menjelang hari raya agar pemakaian dari uang THR bisa maksimal dengan baik seperti bahan-bahan makanan hari raya, baju lebaran, alat solat baru, biaya mudik dan pembagian THR ke saudara-saudara terdekat.

Keuntungan Mengelola Keuangan yang Baik

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kebutuhan hidup yang semakin tinggi membuat banyak orang diharuskan untuk memutar otak dalam mengelola keuangan yang dimilikinya dengan baik.

Bagaimana cara agar uang tersebut semakin bertambah, dan bukan sebaliknya yaitu malah habis begitu saja tanpa menguntungkan Anda sama sekali. Untuk mengelola keuangan yang baik tentulah tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Namun jika Anda bisa melakukannya, akan ada begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan yaitu melatih diri untuk hidup hemat, melatih diri untuk hidup tertib dan teratur, mengurangi stres, memudahkan Anda untuk memiliki perencanaan masa depan yang jauh lebih baik, terhindar dari utang, memiliki banyak kesempatan untuk bersedekah dan juga memberikan perlindungan dari kejadian yang tidak terduga.

Baca Juga: Ini Dia ! Makanan Yang Wajib Ada Saat Lebaran