Tips Cerdas Ajukan Kenaikan Gaji

Bekerja dan mendapatkan gaji yang tinggi merupakan impian hampir semua karyawan, bahkan yang telah memiliki kemampuan keuangan yang baik sekalipun. Semua orang menginginkan uang yang cukup banyak untuk memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya. Bagi para karyawan kantoran, hal ini tentu akan dipenuhi dengan menggunakan gaji bulanan yang diterimanya dari perusahaan tempatnya bekerja.

Besaran gaji yang didapatkan oleh seseorang, sepatutnya sesuai dengan kemampuan kerja serta tanggung jawab yang dimilikinya terhadap perusahaan. Namun hal ini tidaklah selalu bisa terealisasi dengan baik, di mana karyawan kerap menerima gaji yang kecil dan lebih rendah dari yang seharusnya.

Ada banyak perusahaan yang hanya menggaji karyawannya dengan jumlah gaji yang kecil saja, padahal yang bersangkutan memiliki kontribusi yang besar terhadap perusahaan. Jika kondisinya seperti ini, maka karyawan yang bersangkutan harus memiliki inisiatif untuk mengajukan kenaikan gaji kepada pihak perusahaan. Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk ajukan kenaikan gaji ini?

Baca Juga: 8 Tips Mengatur Gaji Untuk Masa Depan Cerah

Ajukan dengan Langkah yang Tepat

Meski telah bekerja lama dan memiliki konstribusi yang cukup besar bagi perusahaan, bisa saja seorang karyawan hanya mendapatkan fasilitas gaji yang pas-pasan. Dalam kondisi seperti ini, mau tidak mau, karyawan harus memberanikan diri untuk mengajukan kenaikan gaji. Pada sebagian perusahaan, hal seperti ini mungkin wajar saja, tergantung pada kebijakan perusahaan itu sendiri.

Namun meski demikian, sangat penting untuk selalu mencermati risiko atas pengajuan kenaikan gaji ini, agar tidak menjadi masalah di kemudian hari. Ajukan kenaikan gaji dengan langkah yang tepat, agar tidak menjadi bumerang yang merugikan diri sendiri.

Simak beberapa tips cerdas berikut ini, yang bisa Anda lakukan untuk ajukan kenaikan gaji kepada pihak perusahaan:

1. Tingkatkan Prestasi Kerja

Meningkatkan Prestasi Kerja
Meningkatkan Prestasi Kerja

Perusahaan tentu akan sangat senang jika seorang karyawan bekerja dengan maksimal dan memiliki prestasi yang baik. Hal ini bisa dijadikan sebagai salah satu langkah cerdas untuk mendapatkan kenaikan gaji dalam waktu yang cepat. Mulailah bekerja dengan lebih baik dan maksimal dari sebelumnya, sehingga pihak perusahaan bisa melihat kinerja serta prestasi yang telah mengalami peningkatan tersebut.

Jika selama ini hanya bekerja sesuai dengan standar saja, maka ada baiknya kebiasaan ini segera diubah dan ditinggalkan. Jangan hanya duduk dan menunggu pekerjaan, sesekali tidak ada salahnya mencari pekerjaan dan membantu rekan lainnya jika sedang tidak sibuk. Hal ini bukan hanya membantu mereka saja, namun juga akan mengasah skill menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dalam kondisi tertentu, bisa saja pihak perusahaan segera berinisiatif untuk menaikkan gaji atas kinerja tersebut.

2. Lebih Rajin dan Mau Belajar

Mau Belajar Lebih Banyak Lagi
Mau Belajar Lebih Banyak Lagi

Ada banyak hal baru yang perlu dipelajari di perusahaan. Hal ini penting, terutama jika terkait dengan pekerjaan yang Anda tangani selama ini. Luangkan waktu untuk mempelajari hal-hal yang baru ini, meskipun begitu sibuk dan hanya memiliki waktu yang sempit untuk melakukan hal tersebut.

 

Dengan belajar lebih banyak dan lebih rajin dari sebelumnya, akan membuat Anda memiliki banyak kesempatan dan peluang untuk meningkatkan skill kerja di kantor. Hal ini tentu secara otomatis akan memberi peluang kerja yang lebih baik dan meningkatkan daya saing di antara karyawan lainnya.

Kinerja di kantor dan juga cara mengelola waktu dengan efisien, akan menjadi nilai lebih di mata perusahaan. Hal ini juga akan berpotensi menambah peluang kenaikan gaji dari perusahaan.

3. Perbaiki Etika Kerja

Menjaga Etika Kerja yang Baik
Menjaga Etika Kerja yang Baik

Semua orang perlu menggunakan etika di dalam hidupnya, termasuk yang telah bekerja pada sebuah perusahaan. Nilai tentu akan sangat dipengaruhi oleh etika yang Anda miliki, jadi sangat penting untuk memastikan bahwa Anda memiliki etika kerja yang baik dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Jika selama ini etika kerja hanya biasa-biasa saja atau bahkan terbilang buruk, maka ada baiknya hal tersebut segera diubah dan diperbaiki. Perusahaan akan menilai keseluruhan diri selama bekerja dengan mereka, termasuk etika kerja yang Anda miliki dan jalankan selama ini.

Mengubah etika kerja dari yang buruk menjadi baik, bisa jadi sebuah hal yang tidak mudah. Anda mungkin saja akan membutuhkan waktu yang cukup panjang, sebab hal ini biasanya sulit diubah secara instan. Namun jika ingin kenaikan gaji dari pihak perusahaan, maka upayakanlah untuk mengubah dan memperbaiki etika kerja ini.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

4. Teliti Besaran Rata-Rata Gaji di Perusahaan Lain

 Mengamati Rata-Rata Besara Gaji di Perusahaan Lain  
Mengamati Rata-Rata Besara Gaji di Perusahaan Lain

Jangan hanya berpikir bahwa gaji kecil, tanpa pernah melihat besaran gaji rata-rata perusahaan sejenis di sekitar. Cukup atau tidaknya gaji tentu akan sangat tergantung pada pola hidup seseorang, begitu juga anggapan besar atau kecilnya gaji itu sendiri.

Sudah langsung menganggap bahwa gaji kecil dan rendah, sementara jumlah tersebut sesuai dengan jumlah rata-rata yang didapatkan oleh karyawan lainnya di perusahaan sejenis di lingkungan Anda. Jika kondisinya seperti ini, maka bisa saja perusahaan belum akan menaikkan gaji selama beberapa waktu ke depan.

5. Sampaikan di Waktu yang Tepat

Mencoba Menyampaikannya di Waktu yang Tepat
Mencoba Menyampaikannya di Waktu yang Tepat

Terkait dengan niat untuk meminta kenaikan gaji, sangat penting untuk melihat kondisi perusahaan tempat bekerja. Jangan sampai meminta kenaikan gaji di saat perusahaan sedang dihadapkan dengan sejumlah masalah, atau bahkan saat sedang terlilit masalah utang. Kondisi seperti ini tentu sangat tidak tepat, terutama jika masalah yang dihadapi perusahaan terkait dengan masalah keuangan.

Jika memiliki keinginan untuk meminta kenaikan gaji, maka pastikan mengajukannya di saat yang paling tepat, sehingga permintaan tersebut memiliki peluang untuk dikabulkan perusahaan.

6. Gunakan Bahasa yang Tepat dan Tidak Berlebihan

Bicarakan dengan Bahasa yang Baik dan Sopan  
Bicarakan dengan Bahasa yang Baik dan Sopan

Bukan hanya waktunya saja yang harus dicermati saat mengajukan kenaikan gaji. Penggunaan bahasa yang tepat juga akan sangat dibutuhkan, terutama jika menyampaikannya secara langsung kepada pihak perusahaan. Penyampaian yang tidak tepat bisa saja menjadi salah penafsiran bagi mereka yang mendengarkan, hal ini juga bisa terjadi saat meminta kenaikan gaji.

Pastikan Anda dalam kondisi tenang dan tidak emosi ketika berbicara kepada pihak perusahaan, sehingga semua keinginan bisa tersampaikan dengan baik kepada mereka. Gunakan kata-kata serta bahasa tubuh yang tepat, tidak berlebihan dan masih dalam kondisi yang formal. Hal ini akan membuat pembicaraan tetap profesional, dan tidak terkesan kaku dan memaksa.

Berilah juga waktu yang cukup kepada pihak perusahaan untuk mempertimbangkan hal tersebut dengan tepat, sehingga mereka bisa memberikan keputusan terbaik untuk keinginan tersebut.

7. Sampaikan Langsung kepada Atasan

 Bicarakan Langsung dengan Atasan  
Bicarakan Langsung dengan Atasan

Menyampaikan pengajuan kenaikan gaji kepada pihak perusahaan, haruslah dilakukan dengan cara yang tepat. Hindari untuk membicarakan hal ini secara langsung kepada pihak HRD, meskipun telah bekerja cukup lama di perusahaan. Akan lebih baik jika menyampaikan pengajuan kenaikan gaji Anda kepada pihak perusahaan melalui atasan langsung, mengingat berbagai urusan kerja akan lebih dipahami oleh yang bersangkutan.

Tidak perlu sungkan, Anda bisa menyampaikan keinginan tersebut secara langsung kepada atasan, sehingga yang bersangkutan bisa menyampaikannya kepada pihak perusahaan (HRD). Hal ini bahkan akan jauh lebih baik, mengingat atasan Andalah yang memahami kinerja serta tanggung jawab yang dipikul selama ini di kantor. Pastikan memiliki hubungan kerja yang baik bersama atasan, agar permintaan kenaikan gaji ini tidak bermasalah dan bisa berjalan dengan lancar.

Baca Juga: Strategi Miliki Tabungan Rp10 Juta Meski Gaji Pas-pasan

Kenaikan Gaji yang Layak dan Sesuai

Untuk sebagian besar karyawan, gaji yang tinggi kerap hanya menjadi angan-angan semata, sebab perusahaan tak kunjung menaikkan gaji mereka. Jika mengalami hal serupa, maka mulailah berpikir dan bertindak cerdas untuk kenaikan gaji Anda. Lakukan berbagai hal yang bisa membawa dampak positif bagi kenaikan gaji tersebut, sehingga tidak sungkan dan bisa mengajukan kenaikan gaji kepada pihak perusahaan.

Baca Juga: Alasan Kenapa Gaji Selalu Tak Pernah Cukup