Tips Cerdas Membeli Mobil Bekas Langsung dari Tangan Pertama

Memiliki sebuah mobil dan bisa memanfaatkannya sepanjang waktu untuk berbagai kebutuhan kerja merupakan impian banyak orang. Tak peduli tua ataupun muda, hampir semua orang dewasa menginginkan sebuah mobil sebagai sebuah kendaraan pribadi yang akan menunjang segala aktivitas dan kesibukan mereka di luar rumah. Hal ini bisa dilihat dari tingginya angka penjualan mobil di berbagai dealer yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, di mana transaksi bisa saja terjadi sepanjang tahun tanpa jeda waktu. Berbagai merk dan tipe yang dikeluarkan oleh pihak produsen, akan selalu laris manis dan dipenuhi dengan jumlah peminat yang selalu ramai sepanjang tahun.

Meski demikian, keinginan dan permintaan pada mobil-mobil tersebut akan selalu disesuaikan dengan kemampuan keuangan dari para calon pembeli. Meskipun pada kenyataannya seringkali seseorang justru memimpikan sebuah mobil yang harganya jauh di luar kemampuan finansial yang dimilikinya, di mana hal tersebut kemudian akan menjadi sebuah penghalang bagi orang tersebut untuk bisa memiliki sebuah mobil.

Bagi mereka yang memiliki keterbatasan dana dalam memiliki sebuah mobil impian dalam kondisi yang masih baru, maka ada baiknya mempertimbangkan untuk membeli sebuah mobil dalam kondisi bekas. Saat ini ada banyak leasing yang menyediakan beragam tipe mobil bekas dengan harga yang lebih terjangkau, di mana hal tersebut juga mendapat dukungan positif dari berbagai leasing yang menawarkan berbagai macam kemudahan dan layanan purna jual yang lebih menjanjikan. Dengan begitu, tentu saja akan memudahkan para calon pembeli untuk bisa mendapatkan layanan cicilan, service, dan bahkan layanan asuransi yang memadai layaknya seperti saat membeli sebuah mobil dalam kondisi masih baru.

Membeli Mobil Bekas dari Tangan Pertama

Di luar layanan yang diberikan oleh leasing, ada juga penawaran menarik lainnya yang biasanya langsung dilakukan oleh para pemilik mobil bekas yang dengan mudah bisa kita lihat dalam berbagai macam iklan yang ditayangkan melalui media online ataupun media cetak seperti koran. Hal ini juga bisa dijadikan sebagai sebuah pertimbangan, di mana harga yang akan didapatkan tentu saja lebih murah karena mobil tersebut dibeli tanpa perantara dan langsung melalui tangan pemiliknya.  

 

Second car

Mobil bekas via freeimages.com

 

Membeli sebuah mobil dalam kondisi bekas, akan membuat anda membutuhkan kehati-hatian dan kejelian dalam melihat kondisi langsung mobil tersebut. Ada banyak hal yang harus dicermati dalam membeli mobil bekas, di mana Anda dituntut untuk memiliki pengetahuan yang cukup mengenai seluk-beluk mobil dan pengalaman yang lumayan juga dalam menilai kelayakan mobil yang akan dibeli tersebut. Dalam hal ini, bila ternyata Anda tidak memiliki sejumlah pengalaman yang mumpuni, maka sebaiknya Anda menggunakan layanan seorang montir ataupun kenalan yang memiliki cukup pengetahuan di bidang tersebut. Ini akan mencegah Anda mengalami berbagai macam kerugian dan tindak penipuan yang bisa saja terjadi dalam transaksi pembelian yang dilakukan, sebab di luar sana ada banyak orang “nakal” yang mencari peluang untuk mendapatkan berbagai macam keuntungan dari hal tersebut.

Meski hanya akan membeli sebuah mobil dalam keadaan bekas, namun tetap saja hal tersebut akan melibatkan sejumlah uang yang tidak sedikit, karena itu pastikan Anda tidak terjebak dalam tindak penipuan dan mengalami kerugian pada saat akan melakukan pembelian tersebut. Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa Anda jadikan sebagai acuan dalam membeli mobil bekas langsung pada pemiliknya:

1. Jangan Lupa Memeriksa Latar Belakang Kendaraan

Latar belakang kendaraan

Periksa latar belakang kendaraan via freeimages.com

 

Saat akan membeli sebuah mobil dalam keadaan bekas, maka sangat penting untuk memeriksa latar belakang mobil yang diiklankan tersebut. Beberapa hal yang patut Anda cermati mengenai kondisi mobil tersebut, meliputi: apakah mobil tersebut pernah tabrakan atau belum atau apakah mobil tersebut sudah pernah mengalami turun mesin atau belum.

Bila ternyata Anda tidak memiliki sejumlah pengetahuan yang cukup mengenai hal-hal tersebut di atas, maka jangan ragu untuk mengajak rekan Anda yang benar-benar mengerti tentang mobil, terutama mesinnya. Bantuan ini diperlukan untuk mengecek keadaan mobil secara total, apakah masih dalam kondisi prima atau tidak. Ini merupakan hal utama yang wajib untuk Anda lakukan.

2. Jangan Membeli Mobil Bekas dalam Keadaan Tergesa-Gesa

Hal ini adalah salah satu hal paling pantang untuk dilakukan karena membeli sebuah mobil dalam keadaan bekas tentu saja akan sangat berbeda dengan kondisi saat Anda akan membeli sebuah mobil dalam keadaan baru. Anda akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa menemukan jenis mobil dan kondisi yang sesuai dengan keinginan, karena kondisi dan jumlah mobil bekas yang Anda inginkan belum tentu selalu tersedia di pasaran.

Dalam hal ini Anda akan dituntut untuk ekstra sabar dan hati-hati, agar mobil yang anda beli benar-benar sesuai dengan keinginan dan Anda juga tidak mengalami kerugian pada saat membelinya.

 Baca Juga: 7 Tips Memilih Mobil Bekas Yang Berkualitas

3. Jangan Membeli Mobil dengan Kondisi Berikut Ini

Mobil Rusak

Mobil Rusak via maricari.com

 

Saat membeli sebuah mobil dalam keadaan bekas, maka ada saja hal yang akan membuat kita perlu mempertimbangkan kembali keputusan yang bisa kita ambil. Hindari untuk membeli sebuah mobil yang diberi embel-embel “perlu sedikit perbaikan”, karena kata sedikit tersebut sangatlah relatif bagi setiap orang dan tidak bisa diprediksi. Pada umumnya kendaraan yang seperti itu justru akan mengandung risiko berat di kemudian hari, di mana akan menuntut Anda untuk melakukan sejumlah perbaikan dalam berbagai macam hal yang tentu saja akan menguras banyak pengeluaran.

4. Jangan Terlalu Skeptis Terhadap Penjual Mobil Bekas

Meski banyak tindak penipuan yang terjadi di dalam sebuah transaksi pembelian mobil bekas, di mana hal tersebut sudah pasti akan merugikan pihak pembeli, namun Anda tidak bisa menyamaratakan semua penjual mobil bekas identik dengan tindakan tersebut. Jangan bersikap skeptis dan berlebihan, karena di luar sana ada banyak juga pihak leasing dan pemilik mobil bekas yang jujur dan tidak berniat untuk merugikan Anda.

Bersikaplah baik dan sopan pada saat bertemu dengan pemilik mobil, tanyakan segala sesuatu yang ingin Anda ketahui secara sopan dan pantas. Sikap yang tenang dan komunikasi yang lancar tentu saja akan membuat transaksi yang kita lakukan bisa berjalan dengan baik dan lancar. Jika Anda merasa kurang nyaman dengan mendatangi langsung pemilik mobil bekas, maka ada baiknya anda membeli mobil bekas pada penjual yang telah memiliki reputasi baik dan tepercaya.

5. Beli Langsung dari Pemiliknya

membeli mobil langsung dari pemiliknya

Membeli Mobil Langsung dari Pemiliknya via carmudi.co.id

 

Ada banyak kasus, di mana seseorang yang membeli mobil bekas pada sebuah showroom justru tertipu dengan kondisi sebenarnya yang terdapat di dalam mobil tersebut. Hal ini bisa saja terjadi akibat kurang telitinya seseorang saat melakukan pengecekan dan berbagai macam pertimbangan terkait dengan kondisi mobil yang akan dibelinya tersebut, di mana justru banyak pengeluaran yang harus dilakukan untuk perbaikan dan perawatan di bengkel.

6. Jangan Mudah Terjerat Rayuan Marketing

Hal lainnya yang mungkin membuat Anda mengalami kerugian pada saat membeli mobil melalui showroom adalah kepiawaian staf marketing showroom tersebut dalam merayu para konsumen, sehingga Anda membeli mobil bekas dengan harga yang justru jauh lebih tinggi dari pasaran yang berlaku saat itu. Selain hal tersebut, pihak showroom yang telah bergelut di bidang jual beli mobil bekas pasti telah memiliki segudang pengalaman dalam memoles dan mempercantik tampilan sebuah mobil, sehingga mobil tersebut tampak masih mulus dengan kondisi mesin yang juga cukup prima. Ini juga merupakan hal yang seringkali merugikan pihak pembeli mobil bekas, di mana biasanya mobil tersebut akan mengalami berbagai macam gangguan meski hanya digunakan dalam beberapa hari saja.

Baca Juga: Beli Mobil Bekas Tanpa Perantara, Ini Dia Caranya

Lebih Baik Beli Mobil dari Pemilik Asli

Tingginya risiko membeli mobil bekas di showroom, tentu saja akan membuat Anda untuk berpikir membeli sebuah mobil bekas langsung pada pemiliknya bukan? Simak beberapa tahap yang harus Anda lakukan saat akan membeli mobil bekas langsung di pemiliknya:

  • Tentukan jenis mobil yang Anda inginkan, sesuaikan dengan budget dan kondisi keuangan.
  • Cari informasi memadai mengenai mobil yang Anda inginkan, ini bisa dilakukan melalui Internet atau iklan yang banyak dipasang di koran.
  • Temukan penjual mobil bekas yang sesuai dengan kriteria yang Anda inginkan, usahakan memilih penjual yang berlokasi dekat dengan tempat tinggal.
  • Hubungi penjual tersebut dan tanyakan detail mobil yang dijual, termasuk dokumen dan cara pembayaran yang diinginkan.
  • Lakukan pengecekan secara langsung dan jangan lupa tes drive dan memastikan dokumen asli mobil tersebut. Bila Anda tidak memiliki keahlian dalam hal ini, maka Anda bisa mengajak seseorang yang ahli dan bisa dipercaya.

Lakukan dengan Hati-Hati

Membeli mobil dalam keadaan bekas, selalu akan penuh dengan risiko. Untuk itu Anda perlu melakukannya dengan penuh pertimbangan dan kehati-hatian. Pastikan kondisi mobil dalam keadaan layak dan sesuai dengan harga yang anda keluarkan. Semoga artikel ini dapat membantu anda menentukan pilihan terbaik dalam membeli mobil bekas.

Baca Juga: Beli Mobil Bekas? Ini Untung dan Ruginya