Tips Cerdas Memilih Leasing untuk Kredit Mobil Bekas Anda

Keterbatasan dana seringkali menjadi alasan banyak orang untuk memilih membeli sebuah mobil dalam kondisi bekas. Hal ini tentu sah-sah saja, mengingat tingginya kebutuhan akan sebuah moda transportasi seringkali menjadi hal yang wajib bagi seseorang dalam menjalani segala aktivitasnya di luar rumah.

Mobil bekas tidaklah selalu identik dengan sebuah kondisi yang buruk atau tidak layak lagi, karena di luar sana ada banyak sekali mobil bekas yang dijual dalam kondisi yang masih sangat baik. Jadi jangan selalu berpikir bahwa membeli mobil bekas akan membawa sejumlah kerugian di masa yang akan datang.

Jika beruntung, maka Anda bisa mendapatkan sebuah mobil bekas dengan membeli pada kerabat atau teman yang memang benar-benar Anda kenal dan ketahui dengan jelas mengenai kondisi mobil yang akan dibeli tersebut, dengan begitu Anda tidak akan dirugikan dalam transaksi pembelian tersebut.

Namun, ketika Anda berniat untuk membeli sebuah mobil bekas dari orang yang baru dikenal ataupun melalui dealer, maka Anda perlu lebih jeli dan cermat dalam melihat kondisi mobilnya.

Dalam hal ini akan sangat membantu jika Anda memiliki keahlian untuk menilai kondisi mobil tersebut, tetapi jika memang Anda tidak ahli dalam hal tersebut, maka Anda bisa meminta jasa seorang montir profesional yang dapat dipercaya untuk melakukannya.

Baca Juga: 8 Alasan Kenapa Anda Harus Membeli Mobil Bekas

Kredit Mobil Bekas

Kredit Mobil Bekas

Kredit Mobil Bekas via carproof.com

Meski hanya membeli sebuah mobil dalam kondisi bekas, Anda tetap akan membutuhkan dana yang cukup besar untuk hal ini. Mobil merupakan aset yang bernilai tinggi, untuk mendapatkannya Anda bisa saja harus mengeluarkan dana ratusan juta atau bahkan miliaran, tergantung dari jenis dan tipe mobil yang Anda inginkan. Namun, apa yang akan terjadi jika ternyata untuk membeli sebuah mobil bekas pun, Anda tidak memiliki dana yang mencukupi?

Dengan kondisi dana yang sangat terbatas, maka satu-satunya langkah yang bisa Anda ambil untuk membawa pulang sebuah mobil adalah dengan cara mengajukan kredit. Ada banyak lembaga keuangan yang bisa Anda pilih sebagai sumber pendanaan, hal ini tentu saja disertai dengan sejumlah persyaratan yang mereka tetapkan.

Salah satu persyaratan utama dalam pengajuan kredit mobil adalah pembayaran uang muka yang wajib Anda lakukan, jumlahnya minimal 30% dari harga mobil yang akan Anda beli nanti. Nilai uang muka ini tentu saja akan sangat bervariasi, tergantung pada harga mobil yang akan Anda beli.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Membeli Mobil Bekas Berkualitas

Tips Cerdas Memilih Leasing

Memilih Leasing dengan Baik

Memilih Leasing dengan Baik via blogspot.com

Saat ini, ada banyak sekali leasing yang memberikan layanan kredit kendaraan, termasuk kredit mobil bekas. Dengan begitu, maka Anda akan memiliki banyak pilihan yang bisa dipertimbangkan sebagai sumber dana dalam pembelian yang akan Anda lakukan. Hal ini tentu akan membutuhkan kecermatan dan kehati-hatian, agar Anda tidak dirugikan dalam pengajuan kredit tersebut.

Sebagian leasing mungkin beroperasi secara profesional, namun ada juga leasing yang hanya menginginkan keuntungan besar tanpa dibarengi dengan sebuah layanan yang memuaskan. Hal seperti ini tentu saja akan sangat merugikan para nasabah, termasuk Anda juga. 

Simak beberapa tips cerdas di bawah ini, yang bisa Anda jadikan sebagai acuan dalam memilih leasing terbaik:

1. Sesuaikan Kendaraan dengan Kebutuhan

Mengetahui dengan jelas jenis mobil apa yang paling tepat bagi kebutuhan Anda, inilah hal utama dan yang paling penting untuk Anda pertimbangkan. Jika sejak awal Anda telah salah memilih jenis dan tipe mobil yang Anda butuhkan, maka bisa dipastikan bahwa pembelian yang akan Anda lakukan tidak akan menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Ada banyak jenis dan tipe mobil yang bisa Anda pertimbangkan, artinya ada banyak fungsi dan juga keuntungan berbeda yang akan diberikan oleh mobil-mobil tersebut. Maka sebagai calon pembeli, Anda harus bisa memilih sebuah mobil yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan, termasuk dengan kebutuhan seluruh anggota keluarga jika Anda telah menikah.

Bila ternyata Anda telah berkeluarga dan memiliki seorang bayi, maka tidak efektif jadinya jika Anda membeli sebuah mobil sport yang akan digunakan sebagai satu-satunya kendaraan keluarga.

2. Lakukan Simulasi Awal

Ketika Anda telah mengetahui jenis dan tipe mobil yang paling tepat untuk dibeli, maka selanjutnya Anda harus memiliki gambaran biaya yang akan dikeluarkan untuk mendapatkan mobil tersebut.

Lakukan simulasi awal atas pembelian kredit yang akan Anda lakukan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membuka website leasing atau lembaga keuangan lainnya, di sana biasanya mereka akan menyediakan layanan simulasi online yang dapat dihitung dengan cukup mudah.

Dengan melakukan simulasi, maka Anda akan memiliki gambaran mengenai pembayaran kredit yang akan Anda lakukan nantinya.

3. Sesuaikan dengan Kondisi Keuangan

Jangan memilih sebuah mobil di luar kemampuan keuangan Anda, karena hal ini akan sangat merepotkan dan menjadi sebuah masalah nantinya. Simulasi awal yang Anda lakukan juga akan sangat membantu Anda dalam menyesuaikan jenis mobil dan juga kemampuan keuangan yang Anda miliki.

Tidak perlu memaksakan diri untuk membawa pulang sebuah mobil bekas yang terbilang mewah, atau Anda membawa pulang mobil yang mahal hanya karena Anda memiliki sejumlah uang muka yang cukup untuk hal ini. Tindakan seperti ini hanya akan membuat Anda memiliki masalah dalam melunasinya nanti.

Selalu sesuaikan jumlah cicilan bulanan dengan kemampuan bayar yang Anda miliki, karena pembelian kredit bukan hanya masalah uang muka, namun Anda juga harus memperhitungkan besaran cicilannya juga.

4. Temukan Leasing Terbaik

Tingginya jumlah perusahaan pembiayaan yang memberikan layanan kredit kendaraan akan membuat Anda juga akan sedikit repot dalam menentukan pilihan. Hal ini wajar saja, karena setiap orang tentu menginginkan sebuah layanan terbaik dari perusahaan terbaik pula.

Dapatkan informasi yang lengkap mengenai kinerja serta berbagai penawaran dari leasing. Anda bisa mencarinya melalui layanan internet atau mendatangi langsung kantor leasing tersebut.

Jangan terburu-buru dalam menentukan pilihan, lakukan perbandingan antara satu leasing dengan leasing lainnya, sehingga Anda bisa menemukan sebuah perusahaan leasing yang benar-benar tepat.

5. Pertimbangkan Besaran Bunga Kredit dan Biaya Lainnya

Pembelian kredit yang akan Anda lakukan tentu saja akan menimbulkan sejumlah utang, dan bisa dipastikan jika jumlahnya berada pada angka puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Untuk itu, akan sangat penting mempertimbangkan besaran bunga kredit yang diterapkan oleh leasing pada utang Anda. Jangan sampai Anda harus menanggung sejumlah bunga yang besar, hal ini akan berakibat pada besarnya jumlah cicilan bulanan yang harus Anda bayarkan nantinya.

Selain masalah bunga kredit, sejumlah biaya yang dikenakan oleh pihak leasing juga menjadi hal yang wajib untuk diketahui sejak awal. Ada banyak biaya yang patut Anda cermati di dalam pembelian kredit seperti: biaya administrasi, biaya fidusia, biaya asuransi, biaya keterlambatan pembayaran, biaya penalti, dan yang lainnya.

Satu per satu penerapan biaya ini harus Anda ketahui dengan baik, hal ini untuk mencegah timbulnya kerugian di kemudian hari akibat kelalaian yang bisa saja Anda lakukan.

6. Fitur dan Layanan Leasing

Kredit mobil akan membuat Anda berhubungan dengan leasing dalam jangka waktu yang cukup lama, di mana selama masa kredit berjalan Anda akan selalu membutuhkan layanan dari mereka. Pastikan leasing yang Anda pilih memiliki sejumlah fitur yang bisa memudahkan Anda dalam membayar cicilan setiap bulannya.

Mudahnya akses pembayaran yang dimiliki oleh leasing, akan membuat Anda nyaman dan bisa terhindar dari keterlambatan pembayaran serta waktu yang tersita hanya untuk melakukan pembayaran cicilan setiap bulannya. Pilih leasing yang memiliki banyak opsi pembayaran seperti: pembayaran lewat ATM, internet banking, kantor pos, dan yang lainnya.

7. Siapkan Uang Muka

Ketika Anda telah memiliki sebuah pilihan leasing yang tepat, maka Anda sudah harus mempersiapkan sejumlah uang muka. Jangan berpatokan pada jumlah minimal yang ditetapkan oleh pihak leasing, yakni 30%. Jika Anda memiliki sejumlah dana yang lebih besar dari jumlah minimal tersebut, maka akan sangat baik untuk mengalokasikannya sebagai uang muka.

Dengan membayar uang muka yang besar, maka jumlah utang juga akan berkurang dan secara otomatis Anda akan membayar jumlah bunga utang yang lebih ringan. Uang muka yang besar akan berbanding lurus dengan masa kredit yang singkat, atau cicilan bulanan yang lebih ringan.

8. Sertakan Asuransi

Dalam pembelian kredit yang Anda lakukan, maka Anda wajib menyertakan asuransi. Hal ini akan menghindarkan Anda dari berbagai resiko yang bisa saja terjadi pada mobil Anda nantinya.

Hindari Kerugian Sebaik Mungkin

Pembelian mobil bekas tentu sangat berisiko karena kita tidak dapat mengetahui dengan pasti kondisi mobil yang dijual dan memastikan berapa harga yang paling tepat untuk mobil tersebut. Namun jika Anda jeli dan berhati-hati dalam memilih, maka Anda akan diuntungkan dari pembelian ini.

Pilih mobil bekas dengan kondisi yang terbaik, kemudian hitung dan cermati setiap komponen dalam pembelian kredit yang Anda lakukan, agar Anda terhindar dari kerugian.

Baca Juga: Tips Cermat Memilih Mobil Keluarga