Tips Cermat Mengatur Uang Ketika Kredit Mobil

Banyak hal yang menjadi pertimbangan ketika Anda memutuskan untuk mengambil cicilan kredit mobil, hal ini karena jangka waktu pelunasan yang dibutuhkan untuk sebuah kredit mobil akan berlangsung dalam waktu yang cukup panjang. Tidak cukup hanya selama berbulan-bulan saja, rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pelunasan kredit mobil bahkan mencapai puluhan bulan yang cukup panjang dan melelahkan.

Hal ini jugalah yang membuat orang berpikir panjang untuk mengajukan kredit mobil, bukan hanya masalah jangka waktu cicilan saja, namun jumlah uang yang dikeluarkan untuk membeli sebuah mobil juga akan mencapai ratusan juta rupiah, sangat besar bukan?

Bagi orang yang memiliki kemampuan finansial yang stabil dan terencana, barangkali ini bukanlah sebuah masalah yang sangat besar, namun akan berbeda halnya dengan Anda yang hanya memiliki kemampuan finansial yang tidak begitu besar, maka Anda perlu mempertimbangkan dengan matang keputusan untuk mengajukan kredit kepemilikan mobil.

Kredit Mobil Murah

Bila ternyata memiliki sebuah mobil adalah hal wajib yang sudah harus Anda penuhi dengan segera, maka tidak ada salahnya Anda mempertimbangkan untuk melakukan kredit mobil murah. Hal ini akan membantu Anda memiliki sebuah mobil tanpa beban cicilan yang jumlahnya berada di luar jangkauan dan kemampuan yang dimiliki.

Ada 2 pilihan mobil murah yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan, antara lain:

  1. Membeli mobil baru yang harganya tidak terlalu mahal dan masuk dalam kategori mobil murah dengan kisaran harga sekitar Rp100 juta.
  2. Membeli mobil bekas yang harganya tentu sudah lebih murah dari harga kondisi baru, Anda bisa menyesuaikan jenis dan tipe mobil yang Anda inginkan dengan anggaran yang Anda miliki untuk hal ini.

Meski masuk dalam kategori mobil murah, namun tetap saja pembelian sebuah mobil akan melibatkan sejumlah besar uang yang tidak sedikit juga, jadi Anda harus tetap mempertimbangkan dengan matang keputusan yang akan diambil sebelum mengajukan pembelian mobil secara kredit. Di mana hal ini akan mempengaruhi kondisi keuangan Anda secara keseluruhan selama berbulan-bulan ke depan.

Pertimbangan Sebelum Kredit Mobil

Hal utama yang paling sering menjadi alasan kenapa seseorang gagal dalam melakukan pembayaran cicilan kredit mobil dengan baik adalah kurang tepatnya perhitungan awal akan kemampuan bayar yang dimiliki. Oleh sebab itu, cermati beberapa poin di bawah ini sebelum Anda memutuskan untuk mengajukan kredit mobil murah:

1. Tentukan Jenis dan Tipe Mobil

Tentukan Jenis Mobil

Tentukan Jenis Mobil via blogspot.com

 

Menentukan jenis dan tipe mobil adalah hal yang harus Anda tetapkan sejak awal, karena ini akan menjadi tolak ukur perhitungan dalam besaran biaya yang harus Anda keluarkan dalam membeli mobil secara kredit. Jangan buru-buru dalam menentukan hal ini, pertimbangkan fungsi dan manfaat maksimal yang harus Anda dapatkan dari sebuah mobil yang akan Anda beli, jangan sampai Anda membeli sebuah mobil  yang tidak memiliki manfaat maksimal bagi Anda. Bila ternyata Anda telah berkeluarga, maka hal tersebut juga patut menjadi bahan pertimbangan khusus dan ada baiknya untuk mengambil jenis mobil keluarga. Tentu saja mobil yang dipilih harus bisa digunakan secara maksimal untuk kebutuhan Anda sekeluarga.

Baca Juga : Kredit Mobil Bekas, Ini Tahapan yang Mesti Dilewati

2. Lakukan Perbandingan

Buat Perbandingan

Lakukan Perbandingan via dealer.com

 

Setelah memiliki gambaran mengenai jenis mobil idaman yang Anda inginkan, maka langkah selanjutnya adalah mencari mobil tersebut dan mendapatkan informasi tepat mengenai harga pastinya. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara mendatangi beberapa showroom terdekat dan melakukan pengecekan harga. Anda juga bisa mendapatkan informasi tersebut melalui situs online yang memuat informasi otomotif atau iklan penjualan mobil.

Jangan cepat mengambil keputusan, Anda harus melakukan perbandingan antara satu mobil dengan mobil lainnya, hal ini akan membantu Anda mendapatkan penawaran yang paling menguntungkan.

3. Lakukan Simulasi dan Sesuaikan Kemampuan Bayar

Simulasi Pembayaran

Kemampuan Membayar via peerform.com

 

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat sebuah simulasi kredit mobil dan melihat besaran biaya yang akan Anda bayarkan. Bila Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan hal ini ke bank atau lembaga pembiayaan terdekat, maka Anda bisa melakukannya secara online, ada banyak situs keuangan yang menyediakan layanan ini di website mereka. Namun selalu ingat bahwa Anda tetap harus melakukan sebuah simulasi secara langsung di bank atau lembaga pembiayaan saat telah memutuskan untuk membeli sebuah mobil secara kredit. Hal ini akan membuat Anda memiliki besaran yang pasti mengenai segala biaya dan cicilan yang harus dibayarkan.

Simulasi dilakukan dengan tujuan agar Anda bisa menyesuaikan kemampuan bayar Anda terhadap cicilan mobil yang akan Anda ambil. Ini akan membantu Anda untuk menghindari terjadinya gagal bayar dan penunggakan cicilan di hari yang akan datang. Jangan memaksakan diri mengambil sebuah mobil kredit di luar kemampuan Anda, selalu sesuaikan kemampuan bayar Anda dengan jumlah cicilan yang Anda ambil.

4. Perkirakan Besarnya Cicilan

Perkirakan Besarnya Cicilan

Perkirakan Besarnya Cicilan via credit.com

 

Saat Anda telah mengambil sebuah kredit mobil, maka Anda akan dihadapkan pada sejumlah utang cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Perlu diingat bahwa utang itu belum termasuk tambahan sejumlah biaya dan bunga yang dikenakan sejak awal pengajuan. Pastikan Anda memiliki sebuah disiplin yang tinggi dalam membayar cicilan setiap bulannya. Jangan sampai Anda mengalami penunggakan dan kegagalan dalam melakukan cicilan karena hal tersebut akan membuat masalah baru dan mungkin akan berakhir dengan penyitaan oleh pihak ketiga.

Mengatur Keuangan Selama Masa Kredit Mobil

Dalam melakukan kredit mobil, Anda dituntut untuk memiliki komitmen jangka panjang karena hal ini akan berlangsung selama beberapa tahun ke depan. Bukan sebuah pekerjaan mudah untuk selalu bisa membayar cicilan kredit setiap bulannya, Anda harus disiplin dan memiliki kemampuan lebih dalam mengelola keuangan dengan baik. Jangan sampai kredit mobil membuat seluruh rencana keuangan Anda menjadi berantakan dan berakhir dengan kebangkrutan.

Meski Anda telah memiliki sebuah rencana yang sangat matang saat mengajukan kredit mobil, namun hal tersebut bisa saja menjadi berantakan di tengah jalan, karena itu Anda harus memiliki kemampuan ekstra dalam mengelola semua keuangan yang Anda miliki. Berikut beberapa poin di bawah ini yang bisa membantu Anda mengelola keuangan pada masa kredit dengan baik:

1. Hitung Pengeluaran

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menghitung jumlah pengeluaran yang Anda lakukan setiap bulannya. Miliki jumlah tepat atau pasti yang menjadi pengeluaran tetap Anda setiap bulannya, hal ini akan membantu Anda membatasi atau mengerem pengeluaran yang sifatnya tidak begitu penting dilakukan.

2. Tentukan Jumlah Hutang Maksimal

Anda juga harus memiliki besaran hutang maksimal yang bisa Anda tanggung di dalam keuangan Anda. Jumlah utang tidak bisa melebihi 30% dari jumlah total penghasilan yang Anda miliki, karena hal tersebut akan mempengaruhi keseimbangan keuangan secara keseluruhan. Jadi Anda harus memastikan bahwa cicilan kredit mobil Anda dan hutang lainnya berada di bawah angka 30% tersebut.

3. Tetap Menabung

Meski Anda memiliki sejumlah cicilan dan utang yang harus dibayarkan setiap bulannya, namun Anda tetap harus menabung dan mewajibkan hal tersebut dalam pengaturan keuangan. Besaran tabungan minimal harus mencapai 10% dari total penghasilan setiap bulannya. Tabungan ini adalah sebuah bentuk antisipasi Anda terhadap segala macam risiko keuangan yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu, di mana Anda harus mengeluarkan sejumlah biaya tak terduga untuk mengatasinya.

4. Pisahkan Rekening

Anda juga wajib untuk memisahkan rekening tabungan dengan rekening cicilan utang dan rekening biaya hidup sehari-hari. Hal ini akan membantu Anda untuk membatasi pengeluaran dan mengelola keuangan dengan lebih bijak serta teratur. Khusus untuk rekening utang dan cicilan, Anda bisa menerapkan sistem pembayaran otomatis melalui bank Anda, hal ini akan menghindarkan Anda dari kelalaian pembayaran dan sejumlah bunga serta biaya keterlambatan pembayaran. Selain utang dan cicilan, Anda juga bisa memasukkan beragam tagihan tetap bulanan yang harus  dibayarkan di sana, seperti: tagihan listrik, tagihan telepon, asuransi, dan yang lainnya. Hal ini akan menghemat banyak waktu dan tenaga Anda bila dibandingkan dengan melakukan pembayaran satu-persatu.

Baca Juga : Tips Agar Kredit Mobil Anda Disetujui

Hemat dan disiplin

Pada saat memiliki cicilan dan utang, maka Anda dituntut untuk bisa hidup hemat dan teratur dalam mengelola keuangan. Lakukan pembayaran cicilan dengan disiplin, agar Anda tidak memiliki masalah dan kegagalan dalam melunasi utang kredit mobil yang Anda  miliki.

Baca Juga : Kredit Mobil, Mau Pilih Di Bank Atau Leasing?