Tips dan Trik Renovasi Rumah untuk Anda yang “Low-budget”

Bagi kebanyakan orang, rumah adalah sesuatu yang sangat diharapkan untuk dimiliki dan menjadi tujuan utama dalam melepas lelah ketika pulang bekerja ataupun melakukan aktivitas lainnya.

Namun, apa jadinya apabila rumah yang sangat Anda sayangi sudah mulai menua dan banyak yang harus direnovasi, sedangkan uang Anda sedang dalam keadaan yang sama mengkhawatirkannya dengan keadaan rumah?

Mungkin Anda harus pintar-pintar memutar otak agar rumah itu tetap terlihat bagus dengan budget yang lumayan terbatas itu. Di sini kami akan sedikit membagikan kumpulan tips dan trik agar rumah Anda dapat direnovasi meskipun dengan budget yang relatif minim dan efektif.

Tidak hanya harus memperhatikan eksterior rumah seperti cat ataupun halaman rumah agar rumah kembali terlihat nyaman, tetapi interior pun memainkan peranan penting dalam penataan dan renovasi rumah Anda. Interior rumah juga menjadi sarana kenyamanan saat bersantai bersama keluarga ataupun pasangan tercinta.

Memang kelihaian Anda sebagai individu yang kreatif akan diuji di sini agar membuat rumah terkesan nyaman kembali tanpa harus mengacaukan tatanan dana yang telah dialokasikan untuk hal lain. Untuk lebih jelasnya, ini beberapa tips dan trik yang bisa Anda gunakan.

1. Telitilah Sebelum Merenovasi

Sebelum Anda memulai merenovasi rumah, ada baiknya untuk meneliti bagian mana saja yang sudah sangat parah dan harus diprioritaskan untuk direnovasi lebih dahulu. Hal ini dapat mencegah Anda membuang uang dengan mengganti barang ataupun merenovasi sesuatu yang sebenarnya masih dapat terpakai ataupun tidak harus direnovasi.

Apabila kurang mengerti, Anda bisa berkonsultasi kepada teman atau pembuat rumah terdahulu soal bagian rumah mana yang memang sudah harus direnovasi.

Semisal Anda memang melihat kusen-kusen pintu ataupun jendela sudah rapuh dan sudah dalam keadaan yang mengkhawatirkan, maka prioritaskan kusen-kusen untuk segera direnovasi.

Ataupun ketika Anda melihat bahwa cat tembok sudah kusam, maka fokuskan dana renovasi Anda untuk membeli cat. Hal lain yang tidak tergolong darurat dalam renovasi rumah Anda sebaiknya jangan dulu dilakukan agar keuangan tetap terkontrol. Lakukan perenovasian rumah secara berkala agar dana Anda terus mencukupi.