Tips Hemat Saat Bulan Puasa Bagi Anak Kost

Hidup di perantauan memang akan membuat Anda mengerjakan segala sesuatunya sendiri, termasuk saatbulan puasa. Dari buka puasa hingga sahur, anda harus menyiapkannya tanpa dibantu oleh kedua orang tua.

Termasuk pula dalam hal mengatur keuangan, apalagi di bulan puasa seperti ini, banyak sekali godaan-godaan yang datang dan membuat Anda menghamburkan uang tanpa perhitungan yang jelas, sehingga nantinya menimbulkan keborosan yang berakibat buruk kedepannya.

Mengelola keuangan untuk anak kos di bulan puasa tentu bukan hal yang mudah, apalagi bagi yang sudah terbiasa selalu bersama orang tua.

Namun sebenarnya Anda dapat dengan mudah berhemat di bulan puasa tanpa harus merasa tersiksa. Nah berikut ini beberapa tips hemat yang bisa dicoba selama bulan puasa.

1. Buat Menu Makanan Selama Bulan Puasa

Cara hemat yang bisa dilakukan selama bulan puasa adalah dengan membuat list menu makanan selama bulan puasa. Biasanya menu buka puasa pada umumnya, akan membuat anggaran menjadi berlebih. Hal ini sebenarnya wajar karena kebiasaan membeli makanan yang lebih dibandingkan biasanya saat bulan puasa. Namun jika hal ini dibiarkan terus menerus akan menghabiskan uang saku bulanan anda.

Untuk mengakalinya, Anda bisa menyusun menu makanan apa saja yang mengenyangkan dan menyehatkan untuk buka puasa dan sahur. Sehingga hal ini nantinya akan memudahkan Anda untuk mengestimasi biaya pengeluaran selama bulan puasa. Cara ini juga efektif untuk tidak membuat makanan bersisa dan akhirnya terbuang sia-sia.