Tips Hemat Wujudkan Resepsi Pernikahan Impian

Pernikahan adalah momen yang tidak akan dapat terlupakan, bisa dikatakan momen sakral ini akan menjadi momen terindah

Berbicara mengenai pernikahan pasti membuat kita kembali teringat kemeriahan pesta pernikahan artis tanah air Indonesia belum lama ini yaitu Raisa Andriana dan Hamish Daud pada Minggu, 3 September lalu. Pernikahan Raisa dan Hamish yang dikatakan oleh para netizen sebagai #HariPatahHatiNasionalJilid2 ini berhasil menarik perhatian banyak orang tidak hanya karena sensasional di sosial media tapi juga konsep pesta yang mewah dan elegan.

Tentu siapa yang tidak ingin pesta pernikahannya bisa semegah dan semewah seperti Raisa dan Hamish, tapi semua kembali lagi kepada ketersediaan dana yang dimiliki. Boleh saja mengusung tema yang sama, tapi dana juga harus menyanggupi, jika tidak bisa mau tidak mau kamu harus pintar-pintar menyiasatinya sesuai dengan budget yang ada.

Yang terpenting dari sebuah acara adalah kesan yang ditinggalkan, dana pesta boleh seadanya, tapi pesta pernikahan harus tetap berkesan. Ini dia cara hemat wujudkan resepsi pernikahan impian.

Baca Juga: Persiapan Pernikahan: Hindari 7 Kesalahan Ini!

1. Membuat Daftar Tamu

daftar tamu
Daftar Tamu

Hal yang bisa kita lakukan lebih awal adalah mensortir tamu undangan, jangan dianggap remeh. Terkadang daftar tamu inilah yang akan menambah daftar belanja kebutuhan untuk pernikahan kita. Betapa tidak, dengan banyaknya tamu maka akan menambah juga jumlah konsumsi makanan dan juga souvenir yang akan kita produksi. Hal ini yang akan membuat bertambahnya budget kita.

Cobalah untuk memilih tamu yang penting untuk diundang baik dari pihak mempelai putra dan putri. Tamu rekan kerja, teman dekat dan rekan kerja orang tua. Jangan beranggapan kalau mengundang tamu sedikit pernikahan kita tidak akan meriah. Sehingga kita cenderung mengundang begitu banyak tamu.

2. Sebisa Mungkin Menggunakan Lahan Sendiri

menggunakan lahan sendiri
Menggunakan Lahan Sendiri

Tren saat ini, terutama di kota-kota besar adalah menyewa lahan atau restoran. Hal ini adalah solusi alternatif bagi kita yang tinggal di rumah yang kecil dan tidak mempunyai banyak lahan untuk dijadikan pesta pernikahan. Namun, alangkah baiknya jika kita dapat meminjam dan menggunakan lahan milik saudara atau teman dekat untuk digunakan menjadi lahan pesta pernikahan. Selain akan menghemat biaya, cara ini juga dapat mempererat hubungan kekeluargaan.

3. Memilih Menu Lokal

menu lokal
Menu Lokal

Cobalah membuat daftar menu lokal yang akan kita suguhkan kepada tamu. Dan juga gunakan restoran lokal untuk membantu menyediakan konsumsi kita. Menu lokal bisa saja menjadi menu yang sangat menarik apabila kita dapat mengemasnya. Pilihlah menu lokal yang lebih umum sehingga dapat membuat tamu kita lebih nyaman dalam menikmati hidangan untuk pesta pernikahan kita.

Anda Bingung Cari Kredit Motor Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Kredit Motor Terbaik! 

4. Menggunakan Tradisi yang Sudah Baku

tradisi pernikahan
Tradisi Pernikahan

Membuat sebuah pesta pernikahan agar meriah mendorong kita untuk melakukan hal-hal yang kadang di luar dari tradisi yang sudah baku. Bahkan kita sering membuat tradisi yang benar-benar komplit dari A-Z. hal ini tidak bisa disalahkan akan tetapi akan membuat biaya pernikahan kita menjadi membengkak. Maka dari itu cobalah membuat ritual dan tradisi yang sudah menjadi ritual umum dan mengambil intinya saja. Dengan tanpa mengurangi rasa hormat kita kepada tradisi yang sudah ada.

5. Mengoptimalkan Fotografer untuk Event Penting

fotografer
Fotografer

Optimalkan juru foto atau fotografer untuk momen penting saja, dan gunakan jasa teman atau saudara untuk mengambil gambar yang dirasa kurang penting. Dengan kemajuan teknologi mengambil gambar saat ini relatif lebih mudah daripada zaman sebelum ditemukan kamera digital,

Selain biaya untuk membeli 1 rol film kita juga harus berhati-hati karena tidak tahu apakah foto tersebut sudah baik atau bahkan mungkin sebaliknya. Dengan begitu kita dapat menghemat biaya untuk fotografer dan kita masih dapat mempunyai dokumentasi lain dari setiap hal-hal yang tidak penting namun menarik untuk di dokumentasikan.

6. Membuat Sebagian Dekorasi Sendiri

membuat dekorasi pernikahan
Membuat Dekorasi Pernikahan

Membuat dekorasi juga bisa kita perhitungkan. Kita bisa membuat dekorasi dengan kreasi kita sendiri untuk bagian sudut-sudut ruangan yang tidak terlalu penting. Namun untuk dekorasi mempelai kita tetap serahkan sepenuhnya kepada ahlinya. Selain memberikan kepuasan tersendiri membuat dekorasi sendiri juga bisa menghemat banyak anggaran pengeluaran kita.

7. Membuat Album Pernikahan Sendiri

album pernikahan
Album Pernikahan

Tidak ada salahnya kita membuat album pernikahan dengan kreasi kita sendiri. Seperti kita ketahui album dari sebuah album foto pernikahan dengan kemasan yang lebih elegan mempunyai harga yang tidak murah. Maka dari itu membuat album foto dengan kreasi kita sendiri dapat membantu menekan biaya untuk sebuah pesta pernikahan yang tetap meriah.

Baca Juga: Nikah Berkesan dengan Budget Rp20 Juta, Simak Simulasi dan Tipsnya

Pesta Pernikahan Meriah Bukan Ukuran Sakralnya Pernikahan

Boleh-boleh saja kita membuat pesta pernikahan yang sangat meriah, akan tetapi perlu kita ingat. Bahwa jangan sampai kita memaksakan kemampuan finansial kita untuk sebuah pesta yang sangat meriah. Sebuah kesakralan pesta pernikahan adalah bukan dari kemeriahannya akan tetapi dari kekhidmatan dari tujuan sebuah pernikahan itu sendiri.

Baca Juga: Biaya Nikah Dari Pinjaman? Perhatikan Hal Ini