Tips Jitu Membeli Laptop Baru Sesuai Kebutuhan

Membeli laptop dengan harga terjangkau, spesifikasi sesuai dengan kebutuhan, dan kualitas baik merupakan pertimbangan awal sebelum memutuskan untuk membeli laptop. Yang terpenting adalah menyesuaikan kapasitas laptop sesuai tujuan dan anggaran yang dimiliki.

Ada banyak jenis laptop di pasaran, seperti Netbook, Notebook, dan Laptop itu sendiri. Pahami perbedaan spesifikasi diantara jenis laptop tersebut. Berikut ini gambaran umum perbedaannya:

  • Netbook, ukuran layarnya 6-13 inchi, tidak memiliki spesifikasi tinggi, hanya terdapat processor kelas menengah ke bawah. Ciri lainnya, tidak terdapat DVD ROM.
  • Notebook, ukurannya layar 13.1 inchi, spesifikasi yang ditawarkan sudah mewadahi dan hampir setara PC biasa, terdapat processor cukup memadai, hard disk sudah cukup besar kapasitasnya, dan dibekali DVD-ROM.
  • Laptop, memiliki ukuran lebih besar layar 18 inchi, lebih berat. Namun, semakin kedepan semakin sulit membedakan laptop dengan notebook, karena notebook merupakan regenerasi dari laptop pada masa sekarang.

Penggunaan laptop dalam aplikasi sehari-hari yang paling banyak adalah untuk aktivitas standar perkantoran. Untuk aktivitas ini jenis Standar Performance laptop paling cocok digunakan. Laptop standar ini hanya dipakai untuk kebutuhan komputasi standar, seperti aplikasi Office, aplikasi email, support koneksi ke jaringan, browsing, musik, dan video. Hardware pendukungnya pun standar dan tidak memungkinkan untuk menjalankan pekerjaan seperti yang dilakukan laptop high performance.

Laptop jenis ini cocok untuk user dalam melakukan kegiatan kantor dengan program yang standar seperti email, music and video player, dan juga office. Cocok juga bagi mahasiswa untuk menggunakannya sebagai kebutuhan browsing dan aplikasi standar lainnya dan gaming standar. Setelah memahami jenis laptop di atas, tahap selanjutnya adalah membeli sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

Baca Juga : Tips Lengkap Berhemat Saat Belanja di Supermarket

Tips Membeli Laptop Baru

Sebenarnya, laptop baru mempunyai kualitas dan spesifikasi standar dari pabrik. Anda tidak perlu meragukan hal tersebut. Yang menjadi pertimbangan adalah membeli laptop baru tersebut dan menyesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini terkait dengan harga laptop itu sendiri.

Beberapa tips berikut ini bisa jadi panduan Anda dalam membeli laptop:

1. Membeli Laptop sesuai dengan Kebutuhan

membeli laptop

Membeli Laptop via shutterstock.com

 

Pertama-tama Anda perlu sekiranya mempertanyakan, apa sebenarnya yang benar-benar Anda butuhkan saat ini dalam pembelian laptop. Anda perlu mengetahui keinginan Anda, laptop nantinya akan digunakan untuk hal apa. Oleh karena itu mari kita simak terlebih dahulu 3 pembagian kategori kebutuhan penggunaan laptop sebagai berikut:

  • Laptop untuk Kantoran dan Perkuliahan

Kebutuhan kerjaan kantoran dan perkuliahan dalam tugasnya bersinggungan dengan segala file-file baik untuk membuat surat, makalah, presentasi, penghitungan keuangan, dan lain-lain, khususnya berhubungan dengan jenis pekerjaan kantoran. Mungkin Anda juga menggunakan mendengarkan musik, game, dan membuka internet. Jenis pekerjaan ini tidak butuh laptop dengan spesifikasi tinggi.

  • Laptop untuk Desain Grafis

Kebutuhan design grafis membutuhkan spesifikasi laptop yang tinggi. Pekerjaan ini selalu berhubungan dengan grafik, warna, editing foto, brosur, dan lain-lain. Beberapa aplikasi yang butuh memori tinggi seperti aplikasi Adobe Photoshop, Corel Draw, dan sejenisnya perlu Anda pertimbangkan. Pemakaian laptop untuk jenis pekerjaan ini selalu bersinggungan dengan multimedia sehingga butuh spesifikasi prosesor dan memori yang tinggi.

  • Laptop untuk Permainan atau Gaming

Pemakaian laptop untuk aktivitas game paling banyak membutuhkan memori. Aktivitas permainan game-game berat dengan tingkat waktu lebih lama, membutuhkan performa sistem yang stabil, kualitas tampilan jernih sekaligus tajam.

2. Pahami Jenis dan Merek Laptop serta Reputasinya 

Jenis laptop sangat beragam macamnya, perlu diperhatikan kualitas di dalamnya untuk menemukan pilihan laptop yang tepat. Sesuaikan jenis laptop yang diambil dengan budget Anda dan dengan segala macam kebutuhan aplikasi di dalamnya. Setiap jenis laptop dengan bermacam merek didalamnya biasanya mempunyai reputasi pemakaian. Anda bisa membandingkan reputasi tersebut dengan membaca testimoni yang banyak beredar di internet.

Ada banyak merk yang beredar di pasaran seperti Toshiba, Asus, Acer, Apple, Lenovo, Dell. Pertimbangkan reputasi merek tersebut, misalnya Toshiba terkenal sebagai laptop tahan banting dan mempunyai umur pakai lebih lama dibanding brand lain. Asus memiliki layanan service terbaik dan lain sebagainya.

3. Perhatikan Garansi dan Servis

garansi dan servis

Garansi dan Servis via shutterstock.com

 

Garansi dan layanan service lebih menjamin laptop Anda nyaman untuk digunakan tanpa khawatir jika terjadi masalah di kemudian hari. Misalnya saja laptop Asus, berani memberikan garansi sampai dengan 2 tahun. Dell, ketika laptop Anda rusak akan diganti dengan yang baru. Selain itu, saat membeli laptop Anda perlu memastikan mengenai ketersediaan service centernya.

4. Perhatikan Harga jual kembali dan Ketersediaan Bonus

Anda perlu mencari terlebih dahulu jenis, brand, atau laptop yang terdapat harga jual kembalinya tidak terlalu jauh, bila Anda suatu saat ingin menjualnya kembali dan membeli baru lagi tidak mengalami kerugian yang signifikan. Anda perlu memperhatikan bonus untuk mendapatkan tambahan keuntungan.

Baca Juga : Ini 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Online Shopper

5. Cek Kondisi Laptop dan Spesifikasi Khususnya Konektivitas

cek kondisi laptop

Cek Kondisi Laptop via shutterstock.com

 

Sebelum meninggalkan toko Anda perlu mengecek kondisi laptop terlebih dahulu, ada kecacatan atau tidaknya. Perhatikan konektivitasnya pada USB, HDMI, LAN, Wifi atau Hot spot apakah posisi tersedia atau tidak. Jangan lupa saat Anda membeli laptop untuk mencobanya di tempat agar jika terjadi masalah bisa segera mendapatkan solusinya.

6. Pahami Jenis Laptop Sesuai dengan Perkembangan Jaman Terkini

Di era digital berbasis teknologi internet seperti saat ini, banyak aplikasi yang membutuhkan kapasitas memori, dan prosesor yang canggih. Hal ini diikuti dengan perkembangan laptop yang semakin canggih di kelasnya masing-masing.

Berikut ini beberapa kebutuhan jenis laptop yang sesuai dengan kapasitasnya untuk menjawab kebutuhan laptop canggih di masa depan.

  • Ultrabook

Laptop super canggih dengan desain lebih tipis dan lebih ringan dari laptop biasanya. Ultrabook cocok untuk Anda yang memiliki tingkat mobilitas sangat tinggi. Karena didukung oleh spesifikasi yang tipis, ringan, serta ketahanan baterai yang yang mampu mencapai 4 – 5 jam.

Laptop ini menggunakan teknologi SSD yang mempunyai kemampuan membaca dan menulis data sangat cepat ditambah ketahanannya terhadap guncangan dan faktor lainnya. Ultrabook ini memiliki kekurangan diantaranya dari segi harga yang mahal, dan  kapasitas penyimpanan kecil karena masih belum penggunaan SSD, tidak seperti hard disk yang memiliki beragam kapasitas besar.

  • Notebook Touchscreen

Mirip dengan gadget, jenis laptop ini, cara mengeksekusi program atau aplikasinya langsung menggunakan bersentuhan dengan layar monitor. Tidak seperti jenis laptop lain yang biasanya menggunkan keyboard, mouse ataupun touchpad dalam mengeksekusi program.  Pengoperasiannya hampir sama dengan smartphone zaman sekarang, menggantikan fungsi mouse dan keyboard dengan touchscreen.

Jenis laptop ini sudah dilengkapi dengan processor canggih menggunakan sistem operasi windows 8/8.1. Kelemahannya laptop touchscreen lebih mahal dibanding laptop biasa.

  • High Performance Laptop

Jenis laptop ini memiliki spesifikasi hardware pendukung yang lebih bagus dibanding laptop lainnya. Namun laptop tidak dilengkapi dengan fitur seperti yang dimiliki oleh ultrabook dan notebook touchscreen. Laptop ini didesain khusus untuk pekerjaan yang membutuhkan komputer dengan kemampuan lebih, seperti misalnya multimedia, video editing, desain 3D, dan digunakan untuk memainkan game berat. Namun, harganya sangat mahal.

Spesifikasi perangkat pendukung dari  laptop jenis ini  yang memiliki spesifikasi dan kapasitas luar biasa sebagai berikut:

  • Processor biasanya  menggunakan i7 atau yang terbaru.
  • Memory menggunakan memory generasi terbaru serta kapasitas yang besar
  • Hard Disk menggunakan teknologi terbaru dengan kapasitas 1 TB atau lebih
  • Optical Drive menggunakan blu-ray bukan DVD
  • Video Graphic menggunakan teknologi terbaru dari merk ternama dengan kapasitas yang besar.

Sesuaikan dengan Budget yang Dimiliki

Mengenal kebutuhan standar yang kita butuhkan serta mengetahui spesifikasi laptop yang dijual di pasaran membuat lebih mudah dalam menyesuaikan kebutuhan dengan anggaran yang kita punya. Untuk skala bisnis, hal ini bisa jauh lebih menghemat pengeluaran perusahaan sedangkan untuk skala pribadi, memilih laptop yang tepat bisa mempermudah pekerjaan dengan adanya laptop yang kompatibel sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga : Dari Tipe-tipe Konsumen Ini, Kamu Termasuk yang Mana?