Tips Jitu Memoles CV dan Resume Agar Terlihat Lebih Menjual

CV atau Curriculum Vitae adalah hal yang wajib kamu serahkan ketika melamar pekerjaan. CV itu ibaratkan umpan ketika kamu memancing. Agar umpanmu dimakan ikan, kamu harus memberikan umpan yang lezat. Sama seperti CV. Agar perusahaan mau menilik CV milikmu, buatlah yang sebaik mungkin.  Kamu bisa mencari dari Google jika perlu, dengan berbagai macam desain juga telah disediakan disana. Kamu hanya perlu memolesnya sedikit demi sedikit agar terlihat lebih menarik.

Di zaman sekarang, mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Tidak selamanya orang yang berpendidikan mendapatkan posisi yang layak di perusahaan. Agar bisa mendapatkan posisi idaman, kamu harus bisa membuat CV yang berkualitas. Berikut adalah tips memoles CV agar menjual di mata perusahaan:

Baca Juga: Ini Dia Alasan Kenapa Kuliah Itu Wajib Untuk Karir Kamu!

1. Aktiflah Berorganisasi Ketika Kuliah

Aktif Mengikuti Organisasi di Kampus
Aktif Mengikuti Organisasi di Kampus

Saat duduk di bangku kuliah, jangan mau jadi “kupu-kupu” alias kuliah-pulang-kuliah-pulang. Kalau bergabung pada sebuah komunitas menyita waktu bermainmu, cobalah untuk merenung dan lihat ke depan. Dengan ambil alih pada sebuah organisasi di kampus, itu akan menambah nilai plus bagimu saat menulis CV. Kamu bisa mencantumkan organisasi apa saja yang pernah kamu ikuti selama kuliah. Semakin banyak, semakin baik pula dirimu di mata perusahaan. Apalagi jika kamu berhasil menduduki jabatan penting dalam organisasi tersebut.

2. Mari Kumpulkan Sertifikat

Mengumpulkan Sertifikat untuk Menambah Nilai Plus CV
Mengumpulkan Sertifikat untuk Menambah Nilai Plus CV

Ada banyak kegiatan yang diselenggarakan oleh setiap organisasi di kampus. Entah itu seminar, ataupun workshop. Apapun jenis kegiatannya, sebisa mungkin untuk diikuti. Meskipun kadang kala tidak sesuai bidangmu, coba saja untuk ikut menjadi bagian di dalamnya. Toh tidak ada yang melarangmu untuk melakukan di luar minat dan bakatmu.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

3. Temukan Keahlian dalam Dirimu

Temukan Keahlian Lain dalam Dirimu
Temukan Keahlian Lain dalam Dirimu

Sudahkah kamu mengenal dirimu? Sudahkah kamu mengetahui hal apa saja yang ingin kamu raih di masa depan? Kalau belum, cobalah merenung dan lihat potensi apa saja yang kamu miliki. Misalnya, kamu suka bermain piano. Tidak ada salahnya jika kamu mengikuti kursus piano agar mahir memainkannya. Selain itu, kamu juga bisa mencoba hal-hal baru seperti memasak. Saat menuliskan CV, jangan lupa menambahkan kreativitas yang kamu miliki. Lumayan bisa jadi nilai tambah bagi perusahaan.

4. Sebelumnya Sudah Pernah Bekerja? Jangan Lupa untuk Dituliskan!

Jangan Lupa untuk Menaruh Pengalaman Kerja Sebelumnya
Jangan Lupa untuk Menaruh Pengalaman Kerja Sebelumnya

Mencoba hal baru sangatlah menarik di kalangan mahasiswa, termasuk bekerja. Selain mendapatkan uang, kamu juga bisa lebih mandiri. Sebelum menuliskan CV, coba ingat-ingat apakah kamu pernah bekerja atau magang. Catat dan jelaskanlah rincian pekerjaan yang pernah kamu lakukan. Jangan lupa untuk mencantumkan posisi yang kamu duduki. Pengalaman kerja adalah hal yang penting bagi perusahaan.

5. Isi Waktu Senganggmu dengan Mengikuti Kursus

Mengikuti Kursus
Mengikuti Kursus 

Selain mengisi waktu libur dengan magang di perusahaan, kamu juga bisa mengisi waktu luang dengan mengikuti kursus. Kursus ini juga cocok dilakukan saat kamu menunggu panggilan kerja dari perusahaan. Daripada waktumu terbuang sia-sia, lebih baik ikuti kursus. Lumayan, bisa untuk memoles CV pada lamaran kerja mendatang.

6. Mengikuti Berbagai Kegiatan Sosial

Mengikuti Kegiatan Sosial
Mengikuti Berbagai Kegiatan Sosial

Daripada gabut di rumah, lebih baik isi harimu dengan mengikuti berbagai kegiatan sosial. Misalnya, menjadi relawan untuk korban bencana alam, mengajar di panti asuhan, atau turut serta menjaga kelestarian lingkungan. Ada banyak jenis kegiatan yang bisa kamu jadikan pilihan. Pilihlah kegiatan yang sesuai dengan minatmu, agar kamu tidak cepat bosan ketika melakukannya. Sertakan daftar kegiatan sosial yang kamu ikuti pada CV. Dengan demikian, perusahaan akan melihat kalau kamu termasuk orang yang peduli.

7. Miliki Blog Pribadi

Memiliki Blog Pribadi
Memiliki Blog Pribadi

Teknologi berkembang dengan pesat. Untuk itu, manfaatkanlah perkembangannya ke arah yang positif. Misalnya dengan memiliki dan mengelola blog pribadi. Blog pribadi adalah tempat untuk menumpahkan isi pikiranmu. Kamu bisa menuliskan apa saja dalam blog pribadimu. Sadar atau tidak, krediabilitasmu akan berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Kamu juga bisa semakin mahir dalam merangkai kata-kata. Perusahaan akan melihat siapa dirimu dari apa yang kamu posting pada blogmu.

Baca Juga: Tips Mencari Uang Hanya dengan Menulis

Manfaatkan Waktu Senggang Semaksimal Mungkin

Hidup harus selalu diisi dengan hal-hal berguna. Apalagi ketika kamu duduk di bangku sekolah. Manfaatkan setiap momen di bangku sekolah untuk mengembangkan dirimu. Isi waktu senggang yang ada untuk menambah skill yang bisa berguna nantinya ketika kamu akan mencari kerja. Dengan demikian, CV mu akan terlihat bagus ketika melamar kerja nanti.

Baca Juga: Ayo Bebas Finansial Sejak Masih Mahasiswa! Ini Dia Panduannya