Tips Keliling Eropa Lancar dan Aman

Berencana melakukan perjalanan ke luar negeri tentu membutuhkan persiapan yang baik agar liburan menjadi semakin asik dan seru. Ada banyak beberapa hal yang perlu diperhatikan sejak awal bila kita ingin bepergian mengelilingi Eropa.

Bukan hanya tiket penerbangan dan hotel saja, namun asuransi perjalanan juga tak kalah penting dipersiapkan. Bagaimanapun juga akan lebih nyaman bepergian dengan persiapan matang, bukan?

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Pentingnya Asuransi Perjalanan

asuransi perjalanan
Ilustrasi asuransi perjalanan

Asuransi perjalanan menjadi hal yang tidak boleh dilupakan ketika bepergian. Bukan hanya saat berkunjung ke luar negeri, perjalanan di domestik pun juga sangat penting untuk tetap terlindungi.

Asuransi perjalanan untuk menjamin keselamatan selama melakukan perjalanan, mulai dari udara, darat, hingga laut. Asuransi perjalanan ini sifatnya jangka pendek, yang memberikan perlindungan selama perjalanan, di mana durasi perlindungan ini bisa untuk jangka waktu maksimal 6 bulan.

Jika melihat tujuan pengadaannya, jelas produk yang satu ini akan sangat dibutuhkan oleh Anda yang berniat untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Tentu kita tidak ingin sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi. Tapi ada banyak risiko yang bukan tidak mungkin terjadi sewaktu-waktu selama perjalanan.

Sehingga sangat penting untuk memiliki jaminan atas risiko tersebut, mulai dari risiko kecil hingga risiko besar sekalipun. Beberapa jaminan yang bisa diberikan oleh asuransi perjalanan biasanya meliputi biaya perjalanan/pengobatan, pengembalian jenazah (jika terjadi risiko kematian selama perjalanan), jaminan bagasi, keterlambatan penerbangan, dan berbagai risiko lainnya.

Semua jaminan itu tentu akan disesuaikan dengan jenis asuransi perjalanan yang digunakan. Karena itu, sangat penting untuk memahami ketentuan asuransi perjalanan Anda sejak awal.

Baca Juga: Asuransi Perjalanan: Manfaat dan Cara Memilihnya

Ke Eropa, Siapkan Visa Schengen

traveling ke eropa
Dengan visa Schengen akan mudah mengelilingi negara-negara Uni Eropa

Ada banyak negara yang bisa dikunjungi sekaligus ketika memilih liburan ke eropa. Untuk semakin memudahkan perjalanan Anda, miliki visa Schengen. Visa Schengen adalah visa khusus yang harus dimiliki untuk menjelajah negara-negara di eropa.

Dengan visa Schengen, Anda akan mudah explore ke 23 negara eropa, seperti Austria, Belanda, Belgia, Denmark, Estonia, Finlandia, Hongaria,Italia, Jerman, Latvia, Lituania, Luxemburg, Malta, Perancis, Polandia, Portugal, Republik Ceko, Slovenia, Slowakia, Spanyol, Swedia, dan Yunani.

Namun Anda tidak bisa menjelajah 5 negara Uni Eropa, seperti Bulgaria, Kroasia, Siprus, Rumani, dan Irlandia, karena tidak termasuk dalam kerjasama area Schengen ini.

Atau bisa menjelajah ke 3 negara rumpun eropa (mikro eropa dengan cara de facto) yang tergolong area Schengen, yaitu Monaco, San Mario, dan Vatikan.

Juga bisa mengunjungi negara-negara lain sekitar eropa yang telah kerjasama Schengen ini, seperti Islandia, Leichtenstein, Norwegia, dan Swiss.

Bagaimanapun juga, akses yang mudah untuk memasuki sebuah negara akan membuat minat para wisatawan untuk mengunjungi negara tersebut juga semakin besar. Hal inilah yang menjadi tujuan utama perjanjian Schengen itu sendiri. Dijamin puas keliling eropa dengan mengantongi visa Schengen, bukan?

Wajib Punya Asuransi Perjalanan untuk Apply Visa Schengen

Visa Schengen
Ilustrasi visa Schengen

Syarat mutlak untuk memperoleh visa Schengen tentunya kelengkapan data. Tak ketinggalan, salah satu dokumen yang wajib dilampirkan adalah bukti asuransi perjalanan (travel insurance).

Setidaknya, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari asuransi ini antara lain kecelakaan selama perjalanan, kehilangan/masalah bagasi, musibah yang mengakibatkan kehilangan dokumen (baik itu di negara-negara anggota Schengen ataupun saat berada di wilayah perbatasan), serta berbagai masalah/kendala lainnya selama perjalanan.

Namun tidak semua asuransi perjalanan bisa digunakan sebagai lampiran pengajuan visa Schengen ini. Ada asuransi perjalanan tertentu yang diterima karena sudah ada kerjasama antara kedua belah pihak.

Setidaknya, saat ini ada 27 perusahaan asuransi perjalanan di Indonesia yang diterima untuk mengajukan visa Schengen, yaitu:

- Aca Asuransi

- AIA

- AIG Insurance Indonesia

- AXA

- Wintherthur

- Harta

- Sinar Mas

- ASSIST-CARD GSA Indonesia

- Asuransi Grasia Unisarana

- Zurich Insurance Indonesia

- Asuransi Allianz Utama Indonesia

- CHUBB General Insurance Indonesia

- Mega Insurance

- China Taiping Insurance Indonesia

- Lippo Insurance

- Assurance Adira Dinamika

- Asuransi MAG

- Asuransi Jiwa Generali Indonesia

- Mandiri AXA General Insurance

- Mapfre ABDA Assistance

- Asuransi Tokio Marine Indonesia

- Asuransi Intra Asia

- Sompo Insurance Indonesia

- QBE General Insurance Indonesia

- Asuransi Jasindo

- Asuransi FPG Indonesia

- MNC Asuransi Indonesia

Semua perlindungan ini tentu akan membuat perjalanan Anda menjadi lebih nyaman dan terjamin, bukan? Dan terlebih lagi, pengajuan visa Schengen Anda disetujui!

Syarat Pengajuan Visa

Apply visa
Lengkapi berkas untuk mengajukan visa

Secara umum, ketentuan dan persyaratan pengajuan visa tidak lain adalah melengkapi berkas seperti Paspor, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Akte Kelahiran, Kartu Keluarga (KK), Surat Nikah (jika sudah menikah), pas foto, buku tabungan/rekening koran (untuk menunjukkan kemampuan keuangan Anda) minimal 3 bulan terakhir. Jangan lupa siapkan dana sekitar 60 euro.

Masing-masing negara tentu memiliki kebijakan masing-masing, terutama terkait dengan jumlah minimum dana yang wajib Anda miliki untuk berkunjung ke sana. Hal ini sangat wajar, mengingat besaran biaya hidup di tiap-tiap negara tersebut berbeda-beda.

Bukan hanya itu, jika ternyata negara tujuan Anda tidak hanya satu negara saja, maka sejumlah kebutuhan/biaya hidup Anda selama perjalanan ke negara-negara berikutnya juga perlu diperhitungkan dan disediakan sejak awal.

Setidaknya besaran dana yang Anda miliki ini harus cukup untuk semua biaya tiket perjalanan selama bepergian, termasuk akomodasi, hotel, dan lainnya yang dianggap penting selama perjalanan hingga kembali ke Indonesia.

Baca Juga: Paspor Hilang: Apa yang Harus Dilakukan?

Cara Mengurus Visa Schengen

Aplikasi visa schengen
Contoh formulir pengajuan visa Schengen

Untuk mengurus visa Schengen, Anda bisa melakukannya secara online. Ini akan jauh lebih mudah dan bisa berjalan dengan lancar. Dan yang terpenting lagi, Anda mesti mencari informasi terkini yang perlu dipenuhi sebagai persyaratan pengajuan visa di situs resmi kedutaan negara bersangkutan tujuan perjalanan Anda nantinya.

Pengajuan visa Schengen dilakukan di konsulat kedutaan besar negara yang dituju pertama kali di Indonesia. Misal, bila tujuan Anda pertama kali/kedatangan pertama di Belanda maka permohonan visa di konsulat kedutaan Belanda, bila tujuan awal nantinya di Jerman maka permohonan visanya di kedutaan Jerman.

Berikut beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan untuk mengajukan Visa Schengen:

1. Jerman

Jika mengajukan permohonan visa Schengen di kedutaan Jerman, artinya tujuan utama kunjungan atau kedatangan pertama di negara tujuan adalah Jerman. Anda bisa mengunjungi situs resmi di http://www.jakarta.diplo.de/

Bagian Hukum dan Konsuler Kedutaan Besar Republik Federal Jerman:

Jl. M.H. Thamrin No.1 Jakarta 10310 / Indonesia

Telp. +6221 39855114

Faks. +6221 39855195

E-Mail. visatelle@jaka.diplo.de

Atau di,

Konsul kehormatan, Jl. Abdullah Lubis 47A, Medan 20154 / Sumatera Utara, Telp. (061) 4152323, E-Mail. medan@hk-diplo.de

Konsul kehormatan, Jl. Pantai Karang 17, Batujimbar-Sanur / Bali, Telp. (0361) 288535, E-Mail. sanur@hk-diplo.de

Konsul kehormatan, Jl. Dr. Wahidin No. 29, Surabaya 60664 / Ostjawa, Telp. (031) 5631871, E-Mail. surabaya@hk-diplo.de

Siapkan berkar-berkas yang dibutuhkan untuk mengajukan Visa Schengen:

Untuk turis,

Ketentuan yang harus disertakan untuk perjalan wisata adalah tujuan perjalanan dan jadwal perjalanan dengan melampirkan:

  • 1 lembar fotokopi reservasi tiket pesawat yang belum dibayar
  • 1 lembar fotokopi jadwal perjalanan di dalam wilayah Schengen (contohnya reservasi tiket pesawat, kereta, atau bis)
  • 1 lembar fotokopi tempat penginapan (konfirmasi hotel atau konfirmasi dari penyewa jika menginap di penginapan pribadi)

Pembiayaan perjalanan:

  • 1 lembar fotokopi dan Asli kartu kredit yang berlaku secara internasional seperti AmEx, VISA, dan MasterCard
  • 1 lembar fotokopi dan Asli rekening koran 3 bulan terakhir atau buku tabungan
  • 1 fotokopi dan Asli surat keterangan kerja dari perusahaan

Proses:

Kelengkapan berkas diperiksa di loket. Proses permohonan visa minimal 3 hari kerja.

Pengambilan visa:

Jika visa Anda disetujui, maka pada saat pengambilan jangan lupa membawa nomor pengambilan yag sudah diberikan oleh petugas pada saat mengajukan berkas sebelumnya. Pengambilan visa setiap hari Senin-Jumat puku 11.00 – 12.00 WIB.

2. Belanda

Untuk mengajukan permohonan Visa Schengen melalui kedutaan Belanda, proses pengajuan visa ditangani oleh VFS Global di tiga kota besar yakni Jakarta, Surabaya, dan Denpasar. Anda bisa melihat informasi lebih lanjut melalui http://indonesia-in.nlembassy.org/

VFS Global Jakarta, di Kuningan City, Lt. 1 No. L2-30/32, Jalan Prof. Dr. Satrio Kav.18 Setiabudi, Kuningan, Jakarta – 12940

VFS Global Surabaya, di Graha Pena Lt. 15, R. 1506, Graha Pena, Jalan Ahmad Yani No. 88, Surabaya – 60234, Indonesia

VFS Global Denpasar, di Benoa Square Lt. 3 No. 14.3/A, Benoa Square, Jalan By pass I Gusti Ngurah Rai No. 21A, Kedonganan, Kuta, Bali – 80361, Indonesia

3. Perancis

Pengajuan visa Schengen melalui konsulat Perancis di Indonesia secara umum sama dengan pengajuan di kedutaan besar negara-negara eropa lainnya. Kedutaan Besar Perancis di Indonesia sudah menunjuk TLScontact sebagai agen perantara pengajuan visa.

Cara mengajukan permohonan visa di Konsulat Kedutaan Besar Perancis adalah:

  • Paspor
  • 1 atau 2 formulir permohonan visa (dilengkapi tanggal dan tanda tangan)
  • 2 pas foto (harus sesuai dengan standar yang ditetapkan pada umumnya)
  • Dokumen penunjang yang diminta, tergantung jenis visa yang diminta

Alamat TLScontact:

Menara Anugerah Lantai 3, Lingkar Mega Kuningan, Jakarta Telp. 021 29852777

Buka setiap hari Senin – Jumat, pukul 08:30 – 16:30 (kecuali hari Jumat tutup lebih awal)

Wajib Diperhatikan Saat Sampai di Eropa

Pajak eropa
Ilustrasi ketentuan pajak di Uni Eropa visa jakarta.diplo.de

Sesampainya Anda di eropa, jangan lupa untuk memperhatikan hal-hal yang menjadi ketentuan di negara-negara tersebut, begitu juga ketika akan kembali ke Tanah Air.

Saat kedatangan di Uni Eropa dan kepulangan dari UE, uang tunai senilai 10.000 euro atau lebih (atau dengan nilai yang sama dalam mata uang lain- wajib dilaporkan.

Puas Jelajah Eropa Tanpa Hambatan

Mempersiapkan segala sesuatunya akan memperlancar rencana maupun berlangsungnya perjalanan Anda menjelajah negara-negara eropa dan sekitarnya. Dilengkapi dengan asuransi perjalanan yang penting keberadaannya untuk mengawal perjalanan Anda, bepergian ke luar negeri akan semakin menyenangkan karena merasa aman dan nyaman.

Baca Juga: 5 Alasan Yang Membuat Klaim Asuransi Perjalanan Ditolak