Tips Liburan Hemat dan Murah untuk Melihat Keindahan Pulau Komodo

Keindahan wilayah Timur Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi. Sejumlah destinasi wisata menakjubkan ada di sana, salah satunya Pulau Komodo yang menjadi daya tarik tersendiri wilayah tersebut. Bagaimana tidak, sejumlah pantai yang indah dan juga menawan terdapat di kawasan Pulau Komodo, ditambah dengan beberapa pulau indah yang menjadi habitat asli komodo itu sendiri.

Jika melihat daya tarik di atas, jelas minat wisatawan untuk mengunjungi Pulau Komodo begitu besar, mengingat di bumi ini tidak ada wilayah lain yang serupa dengan kawasan tersebut. Namun sebagaimana destinasi wisata lainnya di wilayah Timur, biaya untuk mendatangi Pulau Komodo juga tidak bisa dibilang murah.

Hal ini dipengaruhi banyak hal, termasuk rute menuju ke sana yang terbilang cukup jauh. Biaya yang tinggi ini kerap menjadi pertimbangan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Komodo, sehingga keindahan pulau yang satu ini hanya dinikmati oleh segelintir orang saja. Sebenarnya jika cermat, maka Anda bisa saja mengatur sebuah perjalanan liburan yang hemat dan murah ke pulau tersebut. Siapkah untuk melakukan perjalanan liburan yang menyenangkan ke Pulau Komodo ini?

Rencanakan Perjalanan dan Budget dengan Matang

Sebagaimana perjalanan liburan lainnya, ke Pulau Komodo juga wajib menyusun rencana dengan baik. Hal ini akan membantu Anda bisa menikmati liburan yang lebih berkualitas dan menyenangkan. Bukan hanya itu saja, perencanaan yang tepat juga akan membuat biaya perjalanan menjadi lebih hemat.

Simak beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan liburan hemat dan murah ke Pulau Komodo berikut ini:

Baca Juga: Tips Jitu Memilih Agen Travel untuk Liburan

1. Lakukan Riset dan Perencanaan Awal

melakukan riset
Melakukan Riset

Melakukan riset awal adalah langkah pertama yang wajib Anda lakukan dalam mengatur liburan ke Pulau Komodo. Hal ini akan membantu menyusun rencana perjalanan dan juga budget yang efisien sejak awal. Gunakan layanan internet untuk mengumpulkan informasi akurat, sehingga bisa memiliki estimasi biaya untuk keseluruhan perjalanan, seperti: biaya penginapan, tiket pesawat, tiket ferry, tiket masuk ke Pulau Komodo, dan yang lainnya.

Jika semua informasi tersebut telah didapatkan, maka bisa mulai merencanakan perjalanan liburan dengan lebih detail. Jangan lupa untuk memilih waktu liburan yang tepat, seperti di bulan tertentu di saat musim dan cuaca sedang sangat mendukung untuk liburan di tempat tersebut.

2. Manfaatkan Tiket Promo

tiket promo
Memanfaatkan Tiket Promo

Beberapa maskapai penerbangan kerap memberikan tiket promo untuk beberapa tujuan destinasi di bulan-bulan tertentu. Jika kunjungan berawal dari Pulau Jawa atau yang lainnya, maka menggunakan pesawat adalah pilihan yang tepat. Ada beberapa titik yang bisa Anda jadikan sebagai tujuan penerbangan dalam liburan ini, misalnya Lombok dan Bali.

Manfaatkan momen promo yang diberikan oleh maskapai penerbangan, sehingga bisa membeli tiket dengan harga yang murah. Hal ini akan menghemat banyak dana liburan. Untuk tiket promo ke Bali, bisa membelinya di kisaran harga Rp500.000,-

3. Gunakan Mode Transportasi yang Murah

  tranportasi murah
Transportasi yang Murah

Tiket pesawat langsung menuju Labuan Bajo memang terbilang mahal, dan hal ini bisa saja membuat biaya liburan membengkak. Setelah penerbangan menuju Bali atau Lombok, maka bisa melanjutkan perjalanan dengan pilihan mode transportasi yang lebih murah dan hemat. Untuk perjalanan hemat ini, setidaknya Anda memiliki 2 pilihan mode transportasi:

  • Jalur darat dengan menggunakan bus malam (kisaran harga Rp 600.000,-).

Anda akan melakukan perjalanan ini mulai dari Bali (menyebrang) ke Lombok, menuju Sumbawa, lalu ke Sape, hingga akhirnya tiba di Labuan Bajo. Perjalanan panjang selama 36 jam ini memang cukup melelahkan, sehingga harus menjaga kondisi tubuh tetap fit sebelum dan selama perjalanan.

  • Jalur laut dengan menggunakan Kapal Pelni (kisaran harga Rp235.000,-)

Untuk pilihan kedua, Anda bisa menggunakan jalur laut dengan rute perjalanan dimulai dari Benoa menuju Ampenan, lanjut ke Bima, hingga akhirnya berlabuh di Labuan Bajo. Perjalanan dengan menggunakan Kapal Pelni ini akan dimulai pada pukul : 09 dari Benoa dan akan berakhir keesokan harinya pukul : 17 di Labuan Bajo. Sama dengan perjalanan darat, perjalanan laut yang panjang ini juga akan membutuhkan energi yang prima.

4. Pilih Penginapan dan Tempat Makan yang Murah Meriah

tempat makan
Tempat Makan yang Murah

Pada setiap perjalanan liburan, penginapan juga menjadi hal yang patut untuk dicermati dengan baik. Anda akan berlibur dan menghabiskan banyak waktu di luar, sehingga Anda hanya membutuhkan penginapan untuk tidur dan mandi saja. Upayakan untuk mencari penginapan yang murah, sehingga budget liburan bisa ditekan.

Namun, meskipun demikian, pastikan penginapan yang dipilih bersih, aman dan juga layak untuk ditinggali. Di Labuan Bajo, Anda bisa menemukan beragam pilihan penginapan dengan harga terjangkau, mulai dari Rp50.000 hingga Rp150.000,- per malamnya.

5. Pergi dengan Rombongan

Pergi dengan Rombongan
Pergi dengan Rombongan

Salah satu komponen biaya terbesar yang akan membuat budget liburan ke Pulau Komodo menjadi tinggi adalah harga sewa kapal ferry menuju Pulau Komodo dan juga Pulau Rinca yang menjadi destinasi utama perjalanan ini. Untuk menyewa satu kapal Ferry dibutuhkan dana sekitar Rp1,5 juta bingga Rp2 juta. Akan sangat tepat jika pergi bersama rombongan (sekitar 10 orang), sehingga biaya di atas bisa dibagi bersama.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Budget yang Dibutuhkan

Jika ingin perjalanan hemat dan murah, maka akan sangat baik bila menghitung dan mempersiapkan budget dalam jumlah yang tepat. Berikut ini adalah estimasi biaya yang akan Anda butuhkan untuk berlibur ke Pulau Komodo, dengan asumsi keberangkatan dari Jakarta:

  • Tiket pesawat Jakarta-Bali (pulang pergi)                = Rp1.000.000,-
  • Tiket Kapal Pelni Bali-Labuan Bajo (pulang pergi)     = Rp470.000,-
  • Penginapan                                                           = Rp100.000,-
  • Biaya makan (6 kali)                                              = Rp200.000,-
  • Tiket masuk Taman Nasional Pulau Komodo             = Rp200.000,-
  • Tiket kapal ferry ke Pulau Komodo dan Pulau Rinca    = Rp200.000,-
  • Biaya tak terduga selama liburan                                = Rp330.000,-

                                                                                 Total  = Rp2.500.000,-

Baca Juga: 12 Tips Ampuh Agar Tidak Bangkrut Setelah Liburan

Buat Perjalanan Hemat dan Menyenangkan

Liburan ke Pulau Komodo tidaklah harus selalu mahal, terutama jika bisa mengatur rencana yang tepat sejak awal. Susun rute dan juga rencana perjalanan dengan efektif, sehingga rencana liburan ke pulau tersebut bisa direalisasikan, Meskipun dengan budget hemat.

Baca Juga: Liburan Sendiri vs Grup, Mana yang Lebih Baik?