Tips Melakukan Liburan Halal dan Negara-Negara Tujuannya

Menikmati liburan ke berbagai tempat baru tentu akan selalu menjadi hal yang menyenangkan bagi semua orang, barangkali termasuk Anda juga. Berlibur memberi Anda kesempatan untuk mengenal berbagai budaya dan juga bertemu dengan orang-orang dari negara lain.

Mendatangi sebuah tempat yang baru memang selalu memberi sebuah sensasi menyenangkan, sehingga tak heran jika belakangan ini sebagian besar orang selalu menyempatkan diri untuk pergi berlibur.

Bukan hanya berbagai wilayah di dalam negeri saja, melakukan liburan ke luar negeri juga menjadi hal yang sangat menarik dan patut untuk dicoba. Hal ini bahkan bisa memberikan banyak kesempatan untuk melihat secara langsung berbagai kebudayaan asing di negeri orang, yang tentu saja sangat mungkin berbeda dengan kebudayaan di Indonesia.

Inilah salah satu keseruan yang akan didapatkan ketika melakukan perjalanan liburan ke luar negeri, di mana Anda dapat berinteraksi dengan orang-orang baru dari berbagai negara berbeda dan juga dengan berbagai kebudayaan yang berbeda-beda pula.

Hal ini dapat memberikan pengalaman yang berharga dalam setiap perjalanan liburan, terutama jika melakukannya ke berbagai negara yang memang ramah dan nyaman bagi berbagai jenis pengunjung untuk mendapatkan rasa nyaman dan aman ketika melakukan liburan.

Lakukan Liburan dengan Tenang

Selama berlibur, Anda akan sangat membutuhkan rasa nyaman dan juga tenang. Bukan hanya dari segi perjalanan saja, namun juga dari segi spiritual. Ini akan menjadi hal yang penting untuk dimiliki selama melakukan liburan, mengingat perjalanan ini tentu dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan kebahagiaan dan juga berbagai pengalaman yang baru.

Berbagai destinasi liburan menarik mungkin ditawarkan oleh banyak negara, tentunya dengan sejumlah keunikan budaya dan juga keindahan alamnya. Namun, tidak semua negara memiliki jaminan kenyamanan bagi turis muslim, meskipun berbagai fasilitas di sana terbilang sangat lengkap dan memadai. Sebagian dari kita tentu justru mengharapkan kenyamanan yang satu ini.

Memilih negara yang tepat sejak awal, akan memberikan rasa nyaman dan aman ketika melakukan liburan di sana. Penting untuk mempertimbangkan hal ini sejak awal, agar semua rencana liburan dapat berjalan dengan lancar.

Beberapa negara mungkin tidak akan sesuai untuk dijadikan sebagai destinasi liburan, terutama jika memang menginginkan kemudahan untuk melakukan kegiatan ibadah di sepanjang perjalanan liburan. Karena itu, selalu upayakan untuk mencari informasi mengenai negara-negara yang ramah untuk kunjungan turis muslim ini sejak awal.

Baca Juga : Tips Travelling Seru Bersama Bayi Anda

Memilih Negara yang Tepat

Sebagaimana penjelasan di atas, tidak semua negara sesuai untuk Anda pilih sebagai destinasi perjalanan liburan halal. Hal ini tentu berkaitan erat dengan kebudayaan dan juga berbagai kebiasaan lainnya di negara tersebut. Ketika akan memilih negara tujuan liburan, maka setidaknya harus memastikan beberapa poin di bawah ini tersedia dan bisa diakses dengan mudah di sana:

1. Makanan Halal

makanan halal

Makanan Halal via misstamchiak.com

 

Ini menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui sejak awal, mengingat selama liburan nanti sudah pasti Anda akan memakan berbagai makanan di negara tujuan liburan Anda tersebut. Pastikan negara yang dipilih memiliki sejumlah restoran yang menyediakan menu makanan halal, sehingga bisa makan dengan nyaman dan tenang.

Selain itu tempat berlibur Anda harus bisa mengakses dan menemukan berbagai pilihan restoran tersebut dengan cukup mudah, agar selama liburan tidak mengalami kesulitan untuk mencari tempat makan yang halal.

Jangan sampai mengalami masalah di dalam liburan tersebut, hanya karena kesulitan untuk menemukan restoran yang menjual berbagai menu halal. Hal ini akan sangat mengganggu, terutama jika ternyata akan berada di negara tersebut untuk masa liburan yang cukup panjang.

2. Ketersediaan Ruang Ibadah

tempat ibadah

Tempat Ibadah via advantour.com

 

Menemukan Masjid di beberapa negara Barat mungkin menjadi hal yang sedikit sulit, terutama jika negara tersebut memang mayoritas penduduknya beragama non-muslim. Namun, penting untuk memastikan bahwa meskipun bukan masjid, setidaknya negara yang akan dikunjungi nanti menyediakan ruang ibadah (mushola) di berbagai fasilitas publik mereka, misalnya: bandara, pusat perbelanjaan, hotel dan juga stasiun kereta api.

Hal ini akan membuat Anda dapat beribadah dengan nyaman dan tepat waktu, sehingga perjalanan liburan Anda tetap terasa. Ada baiknya mempertimbangkan untuk berlibur ke negara-negara yang memang memiliki fasilitas ruang ibadah publik yang memadai, khususnya ruang salat (mushola). Hal ini akan membuat Anda tetap bisa berlibur dengan tenang, tanpa meninggalkan ibadah setiap harinya.

3. Kebebasan Berbusana

kebebasan berbusana

Kebebasan Berbusana via theislamicmonthly.com

 

Ini mungkin jarang terjadi, namun beberapa waktu yang lalu sebuah negara yang maju telah menindak seorang wanita muslim yang menggunakan pakaian muslimah di pantai. Tindakan yang cukup mengejutkan dan memalukan dan tentunya tidak perlu terjadi, bukan?

Jangan sampai Anda mengunjungi negara seperti di atas, di mana Anda tidak dapat berbusana dengan bebas sebagaimana yang Anda inginkan, misalnya menggunakan kerudung. Hal seperti ini tentu sebuah pelanggaran bagi kebebasan banyak orang, namun beberapa negara memang tidak ramah untuk pengunjung dengan pakaian tertentu yang mereka anggap kurang tepat.

Hindari untuk mengunjungi negara seperti ini, menyebabkan rasa tidak nyaman selama menjalani masa liburan di sana. Beberapa negara mungkin saja memiliki kualitas yang berbeda-beda terkait dengan hal ini, namun setidaknya ketiga poin di atas haruslah bisa dipenuhi dalam liburan Anda nanti, sehingga perjalanan liburan Anda dapat berlangsung dengan menyenangkan.

Baca Juga : Inilah Tips Memilih Hotel yang Pas Buat Liburan

Daftar Beberapa Negara yang Cocok untuk Liburan Halal

Pertumbuhan turis muslim semakin meningkat setiap tahunnya, sehingga banyak negara yang menganggap hal ini sebagai sebuah peluang untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke wilayah mereka. Hal ini juga tentu akan menjadi sebuah dampak yang positif, di mana akan Anda memiliki sejumlah pilihan negara yang cukup banyak untuk bisa dipertimbangkan sebagai destinasi liburan.

Selama liburan, pastikan Anda merasa nyaman dan aman, sehingga pemilihan destinasi yang tepat akan sangat dibutuhkan sejak awal. Kebutuhan turis muslim berbeda dengan kebanyakan turis lainnya, itulah mengapa sangat penting untuk memilih negara yang ramah bagi turis muslim, agar dapat berlibur dengan perasaan tenang. Setidaknya ada 10 negara di dunia yang paling ramah terhadap turis muslim, simak urutannya di bawah ini:

  • Malaysia.

  • Uni Emirat Arab.

  • Turki.

  • Indonesia.

  • Arab Saudi.

  • Singapura.

  • Maroko.

  • Yordania.

  • Qatar.

  • Tunisia.

Urutan ini disusun berdasarkan beberapa pertimbangan, antara lain: ketersediaan restoran dan makanan halal di negara tersebut, serta kemudahan untuk menemukan ruang ibadah dan melakukan ibadah setiap waktu di berbagai lokasi fasilitas publik.

Indonesia berada di antara sepuluh negara tersebut. Artinya, Indonesia masih menjadi destinasi wisata yang nyaman bagi kunjungan wisata turis muslim, baik itu yang berasal dari dalam negeri atau dari luar negeri.

Sama halnya dengan Indonesia, hampir semua negara yang masuk ke dalam daftar di atas adalah negara-negara yang mayoritas penduduknya muslim. Namun di antara negara-negara tersebut, Singapura menjadi satu-satunya negara dengan penduduk mayoritas non-muslim yang masuk ke dalam daftar tersebut, sebab negara ini memang memiliki kesadaran yang tinggi akan peluang wisata di segmen tersebut.

Singapura berhasil memanfaatkan peluang yang ada dengan menyediakan berbagai restoran dengan menu halal, bahkan kemudahan untuk mengakses ruang ibadah di berbagai fasilitas publik mereka.

Nyaman dan Tenang Selama Liburan

Meski sedang melakukan liburan ke berbagai negara lain, Anda tentu tetap mengharapkan rasa nyaman dan juga tenang. Hal ini berkaitan dengan kemudahan dalam menemukan berbagai restoran halal dan juga ruang ibadah selama berlibur di sana, mengingat selama liburan, tentu tidak ingin meninggalkan waktu beribadah. Pilih berbagai destinasi negara yang ramah bagi turis muslim, agar liburan halal bisa berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

Baca Juga : 10 Tempat Anti-Mainstreem di Bali Yang Wajib Dikunjungi