Tips Membeli Mobil Bekas dengan Pertimbangan Finansial Jangka Panjang

Membeli mobil baru membawa banyak keuntungan. Mulai dari jaminan akan kondisi mobil yang masih sepenuhnya 100% sempurna, sampai dengan kebanggaan dari segi moril saat memiliki mobil baru. Tapi, dibalik hal ini, juga ada sisi negatifnya. Terutama dari segi penyusutan nilai mobil saat kembali dijual. Ingat, penurunan harga purna jual mobil bisa mencapai 10-20 % per tahun.

Karena itu, banyak orang memilih cara lain untuk tetap mendapatkan mobil dengan kualitas baik tapi harga yang tak seperti membeli mobil baru. Salah satunya dengan membeli mobil bekas atau second hand dengan usia pakai yang masih belum terlalu tua. Dengan cara ini, kerugian akan penyusutan nilai dapat dihindarkan, sementara keuntungan pemakaian untuk usia mobil yang belum relatif tua masih menyisakan garansi untuk pemakainya.

Kenali mobil bekas yang akan dibeli dengan menerapkan beberapa tips berikut ini:

1. Membeli secara Tunai atau Kredit?

membeli mobil
Membeli Mobil via shutterstock.com

Membeli dengan tunai membawa keuntungan, yaitu Anda tidak perlu bingung memikirkan cicilan tiap bulannya. Kondisi yang harus diperhatikan bila ingin membeli secara tunai diantaranya adalah, berapa dana yang tersedia, serta kondisi pendapatan harus tetap dapat menyokong kebutuhan hidup. Jangan sampai setelah melakukan pembayaran mobil idaman, seluruh tabungan habis dan pendapatan masih kurang untuk menutup kebutuhan.

Bila pertimbangan kecukupan belum ada. Cara kredit bisa dipilih, tetap juga masih ada pertimbangan yang menyertainya. Salah satunya adalah pastikan untuk cicilan setiap bulan tidak lebih dari 1/3 penghasilan tiap bulan Anda. Pastikan bahwa sisa pendapatan masih bisa menutup dari keseluruhan beban cicilan perbulan.

2. Memiliki Asuransi

asuransi mobil
Asuransi Mobil via shutterstock.com

Asuransi penting untuk mobil, agar kendaraan Anda terlindungi secara finansial seandainya terjadi hal negatif. Pastikan untuk mengetahui bahwa mobil yang dibeli telah diasuransikan oleh pemilik sebelumnya. Bila ada, ini adalah satu keuntungan, masih ada sisa waktu asuransi dari mobil tersebut yang dibayarkan pemilik sebelumnya.

Bila tidak ada, mulailah berpikir untuk mengasuransikan. Agar tidak harus keluar biaya perbaikan, apalagi yang menelan jumlah cukup besar. Ingat, mobil merupakan aset bergerak dengan harga mahal yang sangat berisiko terhadap kecelakaan maupun kehilangan.

Baca Juga : 8 Alasan Kenapa Anda Harus Membeli Mobil Bekas

3. Perhatikan Pajak Tahunannya

pajak mobil
Pajak Mobil via shutterstock.com

Selain harus membayar harga mobilnya, Anda juga masih harus mengurusi dokumen kelengkapan seperti bea balik nama, pajak tahunan dan sejenisnya. Bila belum mendesak sebaiknya tunda dulu. Pastikan kondisi keuangan kembali membaik.

Perhatikan pula pajak tahunan mobil tersebut. Tipsnya, pilihlah untuk membeli dari pemilik yang memperhatikan pajaknya. Bila memungkinkan, pilih yang masih berumur 6 bulan sebelum jatuh tempo, dengan cara ini Anda bisa menghemat hingga waktu pembayaran berikutnya, Besarnya pajak tahunan sesuai dengan harga kendaraan, jadi pastikan tidak merasa keberatan saat membayar pajak nantinya.

4. Kondisi Fisik Mobil Masih Baik

periksa fisik mobil
Periksa Kondisi Fisik Mobil via shutterstock.com

Jangan sampai membeli mobil yang kondisi fisiknya sudah dibawah 80%. Ini sangat berkaitan dengan biaya yang harus dikeluarkan selain harga belinya. Untuk itu, lakukan cek fisik bersama orang berpengalaman, montir kepercayaan misalnya, atau bisa juga menghubungi pihak lainnya. Pastikan tidak mengeluarkan lebih banyak uang untuk perbaikan, karena bisa berpengaruh pada kemampuan ekonomi kedepannya.

Jika tidak memiliki pengetahuan yang cukup dalam melihat kondisi kendaraan yang akan dibeli, mintalah bantuan kepada orang yang paham akan kondisi kendaraan agar tidak rugi saat sudah membelinya. Kendaraan di bawah usia 5 tahun biasanya masih memiliki standar servis dari bengkel resmi yang baik. Di luar itu, baru Anda lebih hati-hati dalam memilihnya.

Baca Juga : 7 Tips Memilih Mobil Bekas Yang Berkualitas

5. Lakukan Test Drive, Cobalah dalam Kecepatan Tertentu

test drive
Test Drive via shutterstock.com

Sebelum melakukan pembayaran, lakukan test drive terlebih dahulu. Cek kondisi mobil dalam keadaan kecepatan tertentu, mulai dari sedang hingga tinggi. Ini perlu dilakukan agar kerusakan yang terjadi berkaitan dengan kondisi fisik mobil dapat dideteksi sejak awal.

Teliti Guna Menghindari Kerugian yang Tidak Diinginkan

Membeli mobil bekas ada banyak keuntungannya. Cermat dalam memilihnya jadi satu anjuran utama agar tidak keluar biaya berlebih dalam waktu yang akan datang. Memilih mobil bekas harus dilihat dari dua sisi yaitu berkas kelengkapan surat kendaraan dan fisik kendaraan itu sendiri.

Baca Juga : Perpanjang STNK Online: Info yang Wajib Anda Ketahui