Tips Membeli Sepeda Motor Bekas Berkualitas

Adanya kebutuhan akan kendaraan bermotor menyebabkan permintaan motor bekas sebanding dengan motor baru. Banyak lembaga perkreditan yang menawarkan kemudahan untuk membawa pulang motor tanpa harus melunasinya terlebih dulu. Hal yang sangat wajar apabila kita merasa bimbang ketika kita ingin membeli motor bekas. Ketakutan terbesar akan terus menghantui, mendapatkan barang yang kurang cocok setelah transaksi, penipuan kualitas barang tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Sedangkan apabila kita membeli sebuah kendaraan bekas, maka kita harus benar-benar teliti dalam memilihnya.

Di zaman yang serba modern ini, banyak sekali para penjual memoles motor dengan berbagai cara untuk menutupi kekurangan motor bekas tersebut, agar nilai jual yang mereka tawarkan bisa lebih tinggi. Anda sebagai pembeli sudah sepatutnya melihat suatu barang tidak dari segi luarnya saja, sedangkan kendaraan bermotor harus banyak memperhatikan banyak aspek seperti brand, cover body, mesin, dan kenyamanannya.

Jika dilihat dari segi harga motor bekas memang dari segi harga yang di tawarkan bisa jauh lebih murah dibandingkan dengan yang baru. Pembelian secara kredit akan lebih ringan jika dibandingkan dengan membayar secara tunai. Apalagi dengan sistem kredit, Anda akan jauh lebih leluasa mengatur jumlah pengeluaran setiap bulannya.

Oleh karena itu, sebelum Anda ingin membeli motor bekas baik itu dengan sistem kredit ataupun tunai ada baiknya simak beberapa tips berikut ini, yang bisa membantu Anda dalam mendapatkan motor bekas berkualitas.

1. Budgeting

Budgeting

Budgeting via i0.wp.com

 

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dan juga paling penting dari membeli sebuah motor bekas adalah budgeting atau keuangan yang Anda telah persiapkan. Alangkah lebih baiknya untuk menyesuaikan kemampuan finansial Anda dengan harga jual dari motor bekas yang dinginkan. Apabila kenyataannya Anda hanya memiliki uang sebesar 5 juta, maka jangan mengincar motor bekas dengan harga 10 juta, yang mana tidak mungkin untuk dibeli walaupun terjadi proses tawar menawar. Oleh karena itu, bijaklah dalam mencari motor yang sesuai dengan budget dan kemampuan finansial yang Anda miliki sekarang.

Baca Juga : Tips Cerdas Memilih Leasing untuk Kredit Mobil Bekas Anda

2. Tentukan Fungsi dan Tujuan dari Pembelian Motor Bekas

Tentukan Tujuan Membeli Motor

Tentukan Tujuan Membeli Motor Bekas via wikimedia.org

 

Setelah dari sisi keuangan telah Anda persiapkan, selanjutnya Anda harus memikirkan tujuan dalam membeli motor bekas tersebut. Anda harus mengetahui, untuk apa motor bekas ini ketika nantinya telah dibeli. Untuk dipakai berbisnis ngojek, transportasi sehari-hari, atau hanya untuk koleksi. Tentukan fungsi dan tujuan dari pembelian motor bekas

3. Pilih Jenis Motor yang Diinginkan

Pilih Jenis Motor yang Diinginkan  

Pilih Jenis Motor yang Diinginkan via teropongbisnis.com

 

Setelah mengetahui budget yang dimiliki, dan tujuan dari pembelian motor bekas, langkah selanjutnya adalah Anda untuk menentukan jenis motor yang akan Anda idamkan. Melihat banyaknya jenis motor yang ada di Indonesia. Misalnya mulai dari motor matic, bebek, sport hingga motor offroad sekalipun. Sesuaikan juga motor yang hendak Anda beli dengan kebutuhan atau kesenangan Anda. Pastinya Anda menginginkan motor bekas, murah, serta cocok apabila dibawa untuk menemani segala aktivitas sehari-hari Anda.

4. Cari Tahu Spesifikasi Motor yang Anda Inginkan

Spesifikasi yang Diinginkan

Spesifikasi yang Diinginkan via 1.bp.blogspot.com

 

Apakah Anda Sudah memiliki pilihan motor bekas yang akan Anda pilih? Jika sudah, Anda sekarang dapat mulai untuk mencari spesifikasi lengkap dari motor yang Anda incar tersebut. Carilah sedetil-detilnya supaya Anda tidak menyesal dikemudian hari. Misalnya Anda harus mempertimbangkan CC, kemampuan motor, kelebihan, kekurangan, semua komponen yang berkaitan erat dengan kendaraan bermotor. Motor ini boros atau irit, enak dikendarai atau tidak dan lain sebagainya. Contohnya Anda dapat menemukan berbagai review dari segala macam jenis kendaraan motor, mulai dari review positif hingga yang negatif juga ada.

5. Lakukan Pengecekan Harga Pasar dari Motor Incaran Anda

Harga Motor Bekas

Harga Motor Bekas via i-miracles.inovindo.asia

 

Berikutnya, setelah Anda sudah mengetahui motor incaran Anda termasuk dalam tipe motor apa, dengan kemampuannya seperti apa, serta kekurangannya. Sekarang saatnya Anda untuk mencari tahu range atau rata-rata harga dari motor yang Anda pilih Anda. Apabila harga motor yang akan Anda pilih telah sesuai dengan budget, maka lanjutkanlah dengan mencari di dealer atau mencarinya di media periklanan. Namun apabila kenyataannya tidak sesuai dengan budget, alangkah lebih baik untuk mencari motor lain yang lebih sesuai dengan budget Anda sekarang. Juga paling penting untuk dicermati ialah jangan sampai memaksakan kehendak dan kemampuan finansial Anda. Jika tidak ingin keuangan Anda sampai terganggu dengan keinginan yang hanya bersifat sesaat.

6. Jangan Hanya Terpaku Pada Satu Jenis dan Juga Merk Saja

Jenis Motor Bekas

Jenis Motor Bekas via otomagz.com

 

Saat ini merk dan jenis motor bekas sudah sangat banyak dan mudah untuk ditemui. Maka ada baiknya Anda untuk memiliki daftar lain dari jenis dan merk motor yang dapat Anda pilih sebagai cadangan persiapan. Karena pada dasarnya tidak semua motor yang Anda pilih berada dalam kondisi baik, dan sebaliknya, mungkin ada beberapa merk atau jenis motor bekas lain yang memiliki spesifikasi hampir sama yang memiliki kondisi lebih baik. Oleh karena itu, upayakan untuk selalu memberikan pilihan lain dalam daftar pilihan Anda, namun jangan terlalu banyak, agar nantinya Anda tidak kebingungan sendiri dalam menentukannya.

7. Cari di Berbagai Dealer Motor Bekas Terpercaya

Dealer Motor Terpercaya

Dealer Motor Terpercaya via truelocal.com.au

 

Bisnis jual beli motor saat ini telah menjamur dimana-mana dan juga mudah untuk dijumpai. Diantaranya banyak dealer yang menyajikan promo menarik, seperti halnya kredit motor bekas, harga di bawah pasar, dan juga masih banyak lagi. Intinya adalah, ketika Anda hendak memutuskan untuk membeli motor bekas di dealer motor bekas, pastikan terlebih dulu Anda untuk dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dari dealer tersebut. Disinilah pentingnya Anda mengetahui harga pasar dari motor yang Anda incar. Dengan begitu Anda tidak mudah tertipu dengan segilintir dealer yang sengaja menaikkan harga motor yang Anda pilih. Selain itu, jangan mudah tergiur dengan promo-promo menarik dari dealer motor bekas. Namun demikian membeli motor bekas di dealer cukup menguntungkan, selain terdapat program cicilan, biasanya dealer juga menyediakan jasa pengurusan surat-surat secara resmi.

8. Mencari Iklan Penjualan Motor di Berbagai Media

Iklan Motor

Cari Melalui Iklan Motor di Berbagai Media via wallpapersxl.com

 

Bagi Anda yang  kurang percaya dengan dealer motor bekas, atau merasa takut untuk mempercayakan keinginan tersebut, Anda juga bisa mencoba menghubungi penjual secara langsung, dengan cara melihat iklan-iklan penjualan motor di berbagai media, baik itu media cetak maupun elektronik. Biasanya transaksi pembelian seperti ini cukup menguntungkan, karena Anda bisa melakukan proses tawar menawar

9. Lokasi Pembelian Tidak Jauh dari Tempat Anda 

Dealer Motor Bekas

Dealer Motor Bekas Terdekat via truelocal.com.au

 

Usahakan agar Anda membeli motor yang surat-surat serta lokasinya tidak terlalu jauh dari tempat dimana Anda tinggal. Hal ini harus diperhatikan, karena biaya pengurusan surat-surat kendaraan dari luar daerah cukup menguras isi kantong, dan lagi apabila motor bekas tersebut dibawa dari daerah yang cukup jauh, biaya pengirimannya pun harus diperhitungkan. Lebih baik carilah motor bekas yang dijual di lokasi sekitar Anda, agar bisa menerapkan prinsip LSB. Lihat, Senang, dan Bawa Pulang.

10. Riwayat Kendaraan Haruslah Baik

Riwayat Kendaraan

Riwayat  Kendaraan via 4.bp.blogspot.com

 

Setelah semua beres dan Anda juga telah menemukan penjual yang memiliki motor bekas sesuai dengan kondisi finansial dan urgensi Anda, maka sekarang saatnya melihat histori dan riwayat motor bekas tersebut. Pastikan, motor bekas tersebut bukanlah motor curian, motor sitaan, motor yang sedang dijaminkan, atau pun motor orang lain. Pastikan juga apakah motor tersebut pernah mengalami kecelakaan dan kerusakan yang cukup parah. Apabila pernah, maka lebih baik untuk mencari penjual lain dengan riwayat motor yang lebih baik. Namun apabila tidak, Anda harus bisa menerima konsekuensinya apabila Anda mengambil motor tersebut.

Baca Juga : 7 Tips Kredit Motor Bekas Tanpa Repot

Anda Bingung Cari Kredit Motor Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Kredit Motor Terbaik! 

Jadilah Konsumen yang Cerdas

Beberapa tips diatas dapat  membantu Anda dalam membeli motor bekas, karena pastinya Anda tidak inginkan kalau sampai salah dalam memilih, dan yang pasti akan berakibat kerugian karena harus mengeluarkan biaya pengeluaran lagi untuk memperbaikinya. Maka dari itu, jadilah konsumen yang cerdas dalam setiap memilih barang yang akan dibeli.

Baca Juga : Tips Tukar Tambah Motor Lama dengan Motor Baru